Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No.98, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Berkunjung ke Kota Bandung memang tak akan membosankan. Banyak sekali destinasi wisata yang keren bisa Anda kunjungi, salah satunya Wot Batu. Wisata alam ini memang memiliki pemandangan yang memesona dengan adanya taman batu yang menjadikannya semakin unik dan berbeda. Wisata satu ini memang memiliki nilai dan karya seni tersendiri untuk memanjakan para pengunjung.

Wot Batu adalah salah satu destinasi di Kota Kembang yang sarat akan unsur budaya dan seni. Jika Anda ingin mengunjungi wisata unik nan berbeda di kota Bandung, maka berkunjung ke taman batu ini bisa memberikan liburan yang berkesan. Karya seni miliki seniman senior bernama Sunaryo ini memang sangat pantas untuk diapresiasi.

Daya Tarik Wisata Wot Batu

Daya Tarik Wot Batu
Image Credit: Google Maps (Dewi Purwanti)

1. Karya Seni yang Menyandang Predikat UNESCO

Ketika Anda berkunjung ke tempat satu ini, Anda pun akan disuguhkan dengan berbagai macam karya seni yang sangat indah dan unik. Namun, ternyata tak hanya indah saja melainkan karya seni yang dipajang di Wot Batu ini memang telah memiliki anugerah sebagai kota dengan predikat kreatif dari UNESCO.

Disini, Anda pun akan bisa menikmati berbagai macam karya seni batu. Berbagai jenis batu yang tertata dengan indah dan sangat cantik ini pastinya akan sangat pas untuk menjadi latar belakang foto atau sekedar memotretnya tanpa perlu ada orang di depannya. Bagi Anda yang menyukai seni, wajib untuk datang dan mengunjungi wisata satu ini.

2. Indahnya Karya Seni Batu yang Memukau

Pada lahan seluas 2000 meter persegi, Anda pun akan disuguhkan dengan berbaai macam karya seni batu hasil karya seniman senior yakni Sunaryo. Ketika Anda berjalan jalan di lokasi satu ini, Anda pun akan mendapati adanya kurang lebih 11 instalasi bebatuan. Dimana peletakannya pun terkesan sangat natural dan menyatu dengan alam.

Sehingga, bagi Anda yang berkunjung ke tempat satu ini maka ketenangan yang nantinya akan Anda dapatkan ketika Anda melihatnya. Sekitar 135 bebatuan yang ada di lokasi satu ini diambil dari batu vulanik yang ada di daerah Bandung dan juga Jawa Barat. Bahkan ada pula batu batuan yang diambil dari Gua Hira.

Akan tetapi, untuk ukuran dari batu tersebut tidak sebesar batu yang diambil di daerah Jawa Barat. Perlu Anda ketahui bahwa meskipun karya seni yang ada di lingkungan satu ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Akan tetapi, batu yang digunakan pada Wot Batu Bandung ini dipajang tanpa mengubah bentuk aslinya.

Hal ini memiliki tujuan agar tetap bisa menampakkan sifat asli dari batu batu tersebut. Sehingga, meskipun Anda mendapati batu batu yang ada di lokasi ini memiliki keindahan tersendiri, namun Anda pun perlu tahu bahwa ukuran dari batu batu dan bentuknya tidak berubah. Hanya penyusunannya saja yang ditata sedemikian rupa hingga menghasilkan karya seni yang luar biasa estetik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Alamat Menuju Lokasi Wisata
Image Credit: Google Maps (Jimmy Marpaung)

Setelah mengetahui indah dan nyeninya tempat wisata satu ini, pasti Anda pun akan berkeinginan untuk mengunjunginya. Lokasinya sendiri berada di Jalan Bukit Pakar Timur no 98. Tepatnya berada di daerah Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat. Sehingga bagi Anda yang ingin kesini bisa menuju ke alamat tersebut.

Saat perjalanan kesini, Anda pun bisa mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Anda hanya perlu mengetikkan lokasi Wot Batu di peta digital, maka nantinya Anda pun akan langsung bisa menemukan tempat wisata yang sangat indah satu ini. akan tetapi, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk berkunjung kesini.

Sebab, terdapat angkutan yang bisa Anda naiki untuk mengunjungi Wot Batu. Diantaranya Anda bisa menggunakan angkot dengan jurusan Ciroyom – Ciburial. Selain itu, bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi ojek online, juga bisa langsung saja mengetikkan alamat tersebut ke aplikasi yang Anda miliki.

Harga Tiket Masuk Taman Batu

Harga Tiket Taman Batu
Image Credit: Facebook.com @ulik.adam

Jika Anda ingin mengunjungi destinasi wisata satu ini, harga tiket masuk yang harus Anda bayarkan masih cukup terjangkau. Selain itu, meskipun begitu Anda tetap harus membayar tiket masuk. Hal ini dikarenakan karya seni adalah salah satu hal yang terbilang sangat berharga.

Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika pengunjung memberikan apresiasi. Apabila Anda ingin mengunjungi galeri satu ini, Anda pun diharuskan untuk menunjukkan kartu identitas sebelum memasuki area di dalam monumen. Adapun tiket umum yang bisa Anda bayarkan untuk memasuki wisata ini adalah sekitar 50 ribu rupiah.

Selain itu, apabila Anda datang secara berkelompok lebih dari 15 orang, maka masing masing orang hanya perlu membayar sekitar 30 ribu rupiah saja. sedangkan bagi Anda yang merupakan pelajar, seniman dan anak dibawah 5 tahun, juga cukup membayar sekitar 30 ribu rupiah saja. dan bagi Anda yang lansia di atas 70 tahun, Anda pun tidak akan dipungut biaya memasuki kawasan satu ini.

Apabila Anda ingin berkunjung ke Wot Batu, maka Anda juga perlu untuk memperhatikan jam dan waktu kunjungan anda. Sebab, wisata satu ini tidak buka setiap hari, melainkan hanya hari Selasa hingga Minggu saja. sedangkan hari Senin dan libur nasional, tempat wisata ini tutup. Anda pun bisa datang mulai pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Wot Batu

Aktivitas di Wot Batu
Image Credit: Twitter.com @constantane

1. Hunting Foto

Jika Anda memiliki hobi selfie atau hunting foto, maka tempat wisata satu ini memiliki karakteristik tersendiri. Hal ini dikarenakan Anda bisa berfoto dengan latar belakang yang sangat apik sekaligus estetik. Tak heran beberapa pengunjung yang datang kesini, langsung mengabadikan momen di Wot Batu.

Tak hanya itu saja, bagi Anda yang memang menyukai seni, hasil foto yang Anda ambil di lokasi ini tentunya akan sangat apik. Mengingat penataan batu batu yang ada di tempat wisata di Bandung ini memang sangat apik. Anda pun bisa membawa pulang momen yang berharga di dalam hidup anda.

2. Melihat Berbagai Bentuk dan Jenis Karya Seni Batu

Berada disini, Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan berupa batu batu yang disusun dengan apik. Ada beberapa karya seni batu yang ada di tempat wisata satu ini. diantaranya adalah Batu Gerbang yang menjadi karya seni untuk menyambut para pengunjung yang datang.

Adanya batu batu ini berfungsi untuk menyambut wisatawan yang datang ke monumen. Dengan membentuk lorong dan juga adanya pilar dan kanopi tentunya akan sangat menarik. Seakan akan dengan hadirnya pilar dan kanopi tersebut menjadi gerbang pemisah antara batu-batu yang ada dengan lingkungan di luarnya.

Selain itu, Anda pun juga akan menemukan Batu Musholla. Keberadaan batu satu ini cukup spesial, lantaran batu yang ada disini sengaja diambil dari Gua Hira. Kemudian, di spot satu ini Anda juga akan menemukan kaca yang berisi tulisan yakni Surat Al Fatihah di atasnya. Batu ini pun memiliki filosofi yakni sebagai penghubung antara Wot Batu dengan Makkah.

Anda juga bisa menemukan Batu Air. Spot satu ini menjadi favorit pengunjung yang datang. Sebab, jika Anda melihatnya dari kejauhan akan nampak seperti Stonehenge namun berdiri di atas air. Uniknya lagi, batu ini pun berdiri di kolam air tanpa batas. Sehingga Anda pun akan melihat batu berdiri secara alami dan menyatu dengan air yang ada di kolam.

Perjalanan selanjutnya, Anda pun akan menemukan spot Batu Abah Ambu. Batu ini melambangkan sifat yang feminim dan maskulin. Sehingga dapat diartikan sebagai sepasang batu yang merepresentasikan asal muasal kehidupan. Selain itu, simbol ini juga berarti dua elemen yang kontras dan juga harmoni.

Anda pun juga akan mendapati adanya Batu Mandala. Batu Mandala ini terbilang menjadi salah satu batu dengan bentuk yang unik. Dimana memiliki bentuk yakni persegi dan tidak beraturan. Dengan adanya pahatan yang melingkar dan berada di tengah ini akan membuat garis simetris. Dimana memberikan narasi adanya hubungan manusia dan juga manusia yang lain.

Kemudian, Anda pun akan menemukan karya seni lainnya yakni Antara Bumi dan Langit. Disini, Anda pun akan melihat dua komposisi dari bebatuan yang menjadi satu. Sehingga hal satu ini akan memiliki arti yakni adanya keseimbangan antara bumi dan juga langit. Lalu, Anda pun akan menemukan Batu Angin, yang mana memiliki representasi antara manusia dengan Tuhan.

Ada pula bebatuan yang unik dan diberi nama yakni Lawang Batu. Batu ini memang memiliki bentuk menyerupai pintu. Bahkan bagi Anda yang memiliki tubuh kecil pun bisa masuk di dalamnya. Ketika melihat batu satu ini, Anda pun pastinya akan langsung teringat dengan kartun yang memiliki judul yakni The Flinstone.

Batu yang terletak di tengah tengah Wot Batu ini memang seakan akan berfungsi sebagai pintu yang mana membuka jalan dari kehidupan menuju ke kematian. Bahkan senimannya sendiri yakni Sunaryo juga memberikan cap jari yang ada di atasnya. Hal ini memiliki tujuan sebagai catatan atas adanya peradaban yang modern.

Aktivitas Menarik di Wot Batu
Image Credit: Google Maps (William Ariowibowo Kadar)

3. Menikmati Pemandangan Alam yang Indah

Bandung memang dikenal sebagai kota dengan pemandangan yang indah. Oleh karena itu, apabila Anda sedang berada di Wot Batu, pastinya Anda pun juga akan disuguhkan dengan pemandangan dan panorama alam yang sangat indah. Oleh karena itu, Anda pun bisa melihat bebatuan dengan latar belakang alam yang mempesona.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Wot Batu Bandung

Fasilitas di Wot Batu Bandung
Image Credit: Google Maps (Samiur Bhuiyan)

Tempat wisata satu ini memang mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu, tidak heran apabila fasilitas yang tersedia pun juga semakin lengkap. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengunjungi destinasi satu ini, tak perlu khawatir akan fasilitasnya. Sebab, disini terdapa toilet dan juga tempat parkir. Bahkan setia satu jam sekali akan ada panduan pameran bagi Anda dan wisatawan yang berkunjung.

Bagaimana tertarik mengunjungi wisata yang sarat akan karya seni dan budaya satu ini? apabila Anda tertarik, maka ketika berlibur ke kota Bandung jangan lupa untuk singgah sejenak dan menikmati karya seni yang estetik satu ini. Bagi Anda yang memang menyukai seni, pastinya wajib untuk mengunjungi destinasi wisata Wot Batu yang ada di Bandung.