Woodland Kuningan, Kawasan Wisata Alam Favorit Liburan Keluarga

Woodland Kuningan, Kawasan Wisata Alam Favorit Liburan Keluarga
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ragasakti No.130, Desa Setianegara, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Woodland Kuningan merupakan salah satu destinasi yang sedang naik daun di Jawa Barat. Meski baru berdiri di tahun 2019, wisata alam ini hampir selalu dipadati wisatawan. Pengunjung yang datang akan disuguhkan pemandangan alam sekitar yang masih indah dan asri. Daya tarik Woodland cukup beragam seperti hutan pinus rindang yang indah serta sejuk.

Pemandangan tempat wisata alam ini memang memanjakan mata pengunjung. Banyaknya pohon pinus akan membuat udara sekitar menjadi sejuk menyegarkan. Belum lagi dengan adanya berbagai macam fasilitas seru sebagai penunjang. Wisatawan dapat menikmati beragam kegiatan seru seperti kegiatan outbound, camping, dan masih banyak lagi.

Woodland Kuningan seolah menjadi jawaban untuk kepenatan wisatawan. Sebab berada di tengah kota dan tidak terlalu jauh dari ibukota Jakarta. Anda dapat mampir sejenak ke wisata alam ciamik ini untuk menyegarkan pikiran sembari berlibur. Banyaknya pepohonan akan membuat pengunjung seolah sedang berada di kawasan Perhutani.

Daya Tarik Woodland Kuningan

Wisata Alam Woodland Yang Mempesona Dan Menarik Di Kuningan
Photo by Google Maps Chandra Pratiwi

Woodland beralamat di Jalan Ragasaki No 130, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Lokasi yang strategis membuat banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung. Wisata alam ini memperlihatkan keindahan tempat wisata yang dibaluti dengan desain yang menarik. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan sehingga mengundang daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

1. Pemandangan Indah Menyejukan

Berkunjung ke Woodland Kuningan menjadi tempat yang cocok untuk cuci mata. Hal itu tak terlepas dari keindahan tempat wisata yang satu ini. Meskipun tergolong belum lama di buka, wisata alam menawarkan kesan yang berbeda dari yang lain.

Anda akan melihat deretan pohon pinus menjulang tinggi. Pepohonan tersebut akan menambah kesan indah dan menyejukan suasana. Selain keindahan terlihat dari deretan pepohonan pinus, wisatawan juga akan melihat kenampakan lain yang memanjakan mata.

Misalnya dengan adanya jembatan dengan desain khusus di tengah destinasi wisata. Jembatan demikian banyak di jadikan spot foto oleh banyak wisatawan. Maka dari itu Anda akan semakin betah berlama-lama di lokasi wisata cantik ini.

2. Cocok untuk Berlibur Bersama Keluarga

Wisata alam ini juga bisa direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga. Sebab tempat indah satu ini cocok untuk segala umur. Anda juga dapat menjadikan tempat ini sebagai wisata edukasi untuk anak kecil.

Photo by Google Maps Ade Riski
Photo by Google Maps Ade Riski

Hal itu tak terlepas dari banyak pepohonan di taman yang lebat. Apalagi ada juga fasilitas berupa kolam ikan, permainan anak-anak yang akan membuat betah. Berjalan-jalan di tengah hutan pinus akan menjadi pengalaman yang seru.

Apalagi medan wisata di buat semenarik mungkin sehingga wisatawan tak akan pernah bosan. Untuk pengunjung yang gemar berenang ada pula kolam renang yang bisa di kunjungi. Di situ Anda dapat menghabiskan waktu berlibur dengan semakin seru dan tidak akan terlupakan.

3. Deretan Pohon Pinus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Woodland Kuningan menampilkan banyak deretan pohon pinus di dalamnya. Pepohonan indah yang terawat dengan baik akan menambah kesan sejuk dan asri.

Hal seperti itu jelas dibutuhkan wisatawan terutama yang berdatangan dari perkotaan. Lokasi wisata alam asri ini juga tak jauh dari perkotaan sehingga pas untuk Anda menghilangkan penat.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alam Woodland Kuningan
Photo by Google Maps Dimas Harya

Sebelum pergi berlibur pasti Anda memperhatikan dahulu mengenai alamat dan rute destinasi wisata Demikian halnya dengan Woodland Kuningan yang memiliki akses jalan yang super mudah. Pengunjung yang datang tidak akan kesulitan untuk menuju ke lokasi wisata indah ini.

Semua terkait akses menuju lokasi sudah semakin dipermudah agar perjalanan wisatawan semakin lancar. Nama Woodland kian melambung dari hari ke hari. Hal itu juga yang membuat pihak penyelenggara mempermudah segala sesuatu termasuk akses jalan.

Adapun papan petunjuk jalan sudah tersedia sehingga akan mempermudah wisatawan yang hendak jalan. Akses jalannya pun oke dan aman. Pengunjung dapat berkunjung baik menggunakan sepeda motor ataupun roda empat seperti mobil.

Woodland sendiri beralamat di Jalan Ragasakti No 130, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lokasi Woodland sangatlah strategis sebab hanya berjarak kurang lebih 27 kilometer.

Jadi Anda hanya butuh waktu 40 sampai 1 jam untuk sampai ke destinasi wisata alam ini. Semua akses jalan aman dan wisatawan dapat menggunakan Google Map untuk memperlancar.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Masuk Di Wisata Alam Woodland Kuningan
Photo by Google Maps akhmad sutrisno

Wisata alam Woodland semakin ramai di padati wisatawan. Beberapa pengunjung yang menunjukan hasil jepretan di media sosial membuat tempat ini semakin viral. Meskipun semakin di padati pengunjung, untuk tiket masuk destinasi wisata ini terbilang murah.

Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar 10.000 per orang saja. Harga akan berbeda menjadi 15.000 apabila wisatawan hadir di akhir pekan. Patokan harga tiket Woodland Kuningan jelas terlihat murah. Apalagi ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selama berkunjung.

Banyak aktivitas seru bisa dilakukan bersama keluarga yang datang. Hal itu tentu menambah nilai positif pengunjung. Suasana wisata alam yang sejuk akan menghilangkan rasa penat setelah lelah bekerja. Tambahan harga dapat wisatawan dapatkan apabila menikmati beberapa aktivitas menarik yang ada di tempat wisata ini.

Misalnya wisatawan berkenan untuk berkuda, maka penyewaan kuda bisa di pilih. Bila belum mahir jangan panik sebab akan ada petugas yang senantiasa mendampingi. Aktivitas lain seperti kegiatan outbound juga ada biaya tambahan meski begitu akan menambah keseruan liburan Anda.

Ragam Aktivitas yang Menyenangkan

Aktivitas yang Menyenangkan Di Wisata Alam Woodland Kuningan
Photo by Google Maps Panji Herlambang

1. Jalan-jalan Santai

Berkunjung ke Woodland Kuningan memang bikin nyaman. Apalagi ada banyak kegiatan menarik yang bisa di ikuti wisatawan. Kegiatan simpel seperti jalan-jalan santai juga tidak boleh dilewatkan.

Dengan wisata alam yang begitu luas tentu membuat ada banyak hal yang bisa di lihat. Akses jalan pun mudah di lalui dan pemandangan alam yang indah jelas menambah mood pengunjung.

2. Berenang

Woodland tidak melulu soal hutan pinus saja. Sebab masih banyak kegiatan seru yang tidak boleh wisatawan lewatkan. Seperti halnya dengan berenang. Wisata alam cantik ini juga menyediakan kolam renang untuk pengunjung. Kurang lebih ada dua kolam renang berbeda yang mana khusus anak kecil dan juga orang dewasa.

Berenang di kelilingi alam yang sejuk jelas menjadi impian banyak wisatawan. Apalagi ada juga pilihan kolam untuk anak-anak. Maka dari wisata alam ini bisa dibilang sangat cocok untuk segala usia. Adanya kolam renang tentu akan menambah suasana liburan semakin menyenangkan. Kesejukan destinasi yang berada di kota Kuningan ini pun semakin terasa.

3. Berkuda

Kegiatan berkuda merupakan aktivitas seru yang tidak boleh Anda lewatkan. Mungkin menaiki kuda bukan sesuatu yang bisa dilakukan semua orang namun hal itu akan menjadi pengalaman seru tersendiri. Apalagi track/ jalan yang dilewati terbilang indah dengan pepohonan di sekitar. Pengalaman berkuda jelas akan semakin membuat berkesan wisatawan.

Bila wisatawan hendak berkuda tetapi belum terbiasa janganlah panik. Pihak penyelenggara selalu senantiasa mendampingi Anda. Tak lupa menunggang kuda pula dapat menjadi objek foto anti mainstream pengunjung.

Aktivitas Lainnya yang Menyenangkan Di Wisata Alam Woodland Kuningan
Photo by Google Maps cahya utama

4. Kegiatan Outbound

Datang ke Woodland Kuningan belum lengkap bila tidak melakukan kegiatan Outbond. Bagaimana tidak, wisata alam ini begitu strategis untuk kegiatan di luar ruangan. Terhitung ada beberapa pilihan fasilitas seru yang bisa Anda lakukan. Kegiatan outbound seperti flying fox dan berbagai macam permainan anak-anak jelas akan menambah keseruan selama berlibur.

5. Terapi Ikan

Wisata alam Woodland tidak hanya menyediakan kolam renang saja. Sebab ada pula fasilitas seperti kolam ikan hias dan juga terapi ikan. Datang ke terapi ikan dipercaya beberapa orang sebagai metode yang pas untuk bersantai. Sensasi di gigit ikan dengan pelan seperti membuat siapa pun merasa betah.

6. Spot Foto Kece

Alasan utama banyak wisatawan datang ke Woodland Kuningan ialah untuk memperoleh stok foto keren. Hal demikian tidaklah salah mengingat ada banyak sekali pilihan spot yang bisa pengunjung pilih. Di antara banyaknya spot, spot foto underwater merupakan salah satu yang terpopuler. Di situ wisatawan akan mendapatkan hasil jepretan yang maksimal.

Ada pula beberapa tempat lain yang tak kalah indah. Sebut saja di jembatan yang ada di tengah wisata alam. Ada pula beberapa desain rumah pohon yang menambah nilai keindahan. Berbagai spot foto dengan latar belakang pepohonan pinus jelas menjadi nilai tambah yang semakin memperindah hasil jepretan.

7. Camping

Untuk pecinta petualangan datang ke wisata alam Woodland merupakan keputusan yang tepat. Di situ Anda tidak hanya dapat berlibur melainkan dapat pula memilih untuk tempat camping. Woodland Kuningan memang memiliki beberapa camping ground yang bisa di pilih oleh wisatawan. Berada di tempat yang sejuk dengan pemandangan indah jelas menjadi nilai plus.

Fasilitas di Kawasan Woodland Kuningan

Fasilitas Di Wisata Alam Woodland Kuningan
Photo by Google Maps Zeni Zuniar SW

Keberadaan Woodland Kuningan kini mulai di lirik banyak wisatawan. Hal itu pula yang membuat Anda tak perlu ragu mengenai fasilitas yang ditawarkan. Fasilitas yang tersedia sangatlah lengkap mulai dari fasilitas umum hingga penunjang lainnya. Fasilitas umum seperti area parkir, toilet hingga mushola tersedia di sini.

Jadi Anda tidak akan kebingungan selama berkunjung. Ada pula banyak gazebo yang akan menjadi tempat pas untuk bersantai. Lokasi gazebo yang berada di area wisata alam tentu menambah betah. Bila Anda merasa lelah dan ingin mengisi perut juga tak perlu bingung. Ada warung ataupun resto yang menyediakan beragam pilihan makanan.

Lokasi resto yang tak jauh dari destinasi jelas menjadi keuntungan tersendiri untuk wisatawan. Lebih jauh beberapa fasilitas pendukung lain juga akan membuat siapa pun yang datang betah. Sebut saja kolam renang, taman ikan, jogging track, camping ground dan lain-lain.

Belum lagi beberapa fasilitas outbound seru yang tentunya tidak boleh wisatawan lewatkan. Berbagai fasilitas yang lengkap tentu menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda yang berminat untuk berkunjung ke wisata indah ini.

Itu dia beberapa informasi menarik mengenai daya tarik, rute dan kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Woodland Kuningan. Wisata alam indah ini menyajikan pemandangan yang memukau sehingga siapa pun yang datang akan terpesona. Apalagi ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan. Fasilitas yang lengkap pula akan membuat wisatawan kian betah.