Bentang alam yang ada di Tasikmalaya begitu menawan, termasuk wisata baharinya. Inilah rekomendasi wisata pantai di Tasikmalaya yang menawarkan beragam pesona, mulai dari hamparan pasir pantai, bebatuan dan pepohonan rindang.

Tasikmalaya merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang terkenal dengan objek wisata baharinya. Hal ini dikarenakan secara geografis, Tasikmalaya memiliki garis pantai yang membentang panjang. Sehingga, kota ini memiliki berbagai potensi wisata bahari menawan yang mampu memikat hati pelancong. Jika penasaran, yuk simak deretan pantai populer di Tasikmalaya yang bisa dimasukkan dalam list liburan Anda.

1. Pantai Pamayangsari

Pantai Pamayangsari
Image Credit: Google Maps (Gagan Gunawan)

Memiliki letak yang strategis di jalur selatan, pantai yang satu ini tak pernah sepi dari para pengunjung. Terlebih jika musim liburan telah tiba, maka pantai ini akan dipadati oleh para pelancong, baik dari sekitar Tasikmalaya maupun luar daerah. Pasalnya pantai ini menawarkan berbagai macam keindahan yang memukau dengan kekayaan laut melimpah.

Bagi Anda yang suka dengan kuliner bahari, maka pantai ini sangat cocok untuk dijadikan alternatif. Di sini Anda bisa berburu seafood segar hasil tangkapan nelayan dengan mudah. Di sekitar pantai juga banyak warung warung yang menawarkan hidangan hasil laut yang beragam. Anda bisa menyantap hidangan seperti ikan bakar, ikan asap, cumi, dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sindangkerta, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

2. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan
Image Credit: Google Maps (Subhan Parid)

Wisata selanjutnya yang bisa dijadikan alternatif liburan yaitu Pantai Karang Tawulan. Pantai ini memiliki kontur pantai menawan yang tidak bisa ditemukan di wisata bahari lainnya. Pasalnya, pesona indah Pantai Karang Tawulan berasal dari tebing yang sedikit menjorok ke tengah dengan pasir sedikit tersembunyi. Tak heran, banyak para pelancong yang melirik wisata ini.

Selain bentuk kontur pantai yang unik, Karang Tawulan memiliki ciri khas tersendiri dengan warna pantai berwarna hitam bersih. Hal ini menambah pesona eksotis yang dimiliki wisata bahari di Tasikmalaya ini. Destinasi pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan, setelah sibuk menghabiskan kepenatan dari aktivitas sehari hari.

Harga Tiket: Rp 3.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cimanuk, Kalapagenep, Kec. Cikalong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

3. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas
Image Credit: Google Maps (Budi Wicaksono)

Pantai Batu Karas memiliki nuansa alam yang begitu sejuk dengan gelombang laut yang begitu bersahabat. Selain itu, ada juga deretan pepohonan yang rindang terbentang di sepanjang garis pantai. Tak ayal jika pantai ini menjadi andalan yang bagi para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

BACA JUGA:  15 Air Terjun (Curug) di Tasikmalaya yang Paling Indah & Hits

Pantainya yang landai dengan air laut yang begitu tenang sangat cocok untuk digunakan berenang atau sekedar bermain air yang segar. Bagi Anda yang tidak ingin menyentuh air, maka bisa bersantai di sekitar pantai sambil menikmati angin yang sepoi sepoi. Bahkan, Anda juga bisa menyewa perahu untuk melihat keindahan Pantai Batu Karas dari dekat.

Tidak berhenti sampai di situ saja, ada juga berbagai macam fasilitas yang disediakan oleh pengelola, seperti mushola, kamar mandi, tempat makan, dan arena bermain. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika menghabiskan waktu seharian di Pantai ini. Karena Anda bisa menggunakan fasilitas yang sudah disediakan tersebut.

Harga Tiket: Rp 1.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batukaras, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

4. Pantai Tanjungkerta

Pantai Tanjungkerta
Image Credit: Wisatalengkap.com

Rekomendasi pantai selanjutnya yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan yaitu Pantai Tanjungkerta. Meskipun tergolong baru, wisata bahari ini terkenal dengan keindahan yang begitu menawan. Salah satunya yaitu pasir putihnya yang membentang luas, tebing di sekitar pantai dan juga pepohonan yang begitu rindang.

Tak heran jika banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan pantainya. Terlebih pada saat menjelang sore, banyak kaum milenial yang duduk sambil menikmati sunset di pinggir pantai. Kegiatan ini akan semakin lengkap sambil menyantap lezatnya hidangan khas laut yang banyak dijual di warung pantai dan segelas minuman hangat yang menyegarkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanjungkerta, Kec. Pagerageung, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

5. Pantai Madasari

Pantai Madasari
Image Credit: Google Maps (Objek Wisata Pantai Madasari)

Wisata bahari di Tasikmalaya yang tak kalah indahnya yaitu Pantai Madasari. Pantai ini mulai ramai dikunjungi para pelancong lokal hingga mancanegara karena pesonanya yang begitu menawan. Di sini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai dari bermain air di tepi pantai, menikmati sunset, dan juga pemandangan yang masih alami.

Panorama alamnya yang begitu menawan membuat siapa saja yang datang ke wisata bahari ini tidak sabar untuk segera menikmati kesegaran airnya. Ombak laut yang cukup besar tersebut juga membuat wisatawan dari mancanegara jauh jauh datang untuk merasakan sensasi hempasan ombaknya. Sehingga, kawasan ini menjadi para peselancar untuk menyalurkan hobinya.

Tidak hanya pesona dari ombaknya saja yang bisa dinikmati di pantai ini. Sebab, ciri khas lainnya yang bisa ditemukan di Pantai Madasari yaitu pulau pulau kecil yang ada di sekitarnya. Setidaknya ada 11 pulau kecil yang berada di sekitar pantai dengan pemandangan batu karang yang cantik.

BACA JUGA:  15 Cafe & Tempat Nongkrong di Tasikmalaya yang Unik & Instagramable

Bagi pecinta fotografi, pantai ini akan sangat cocok untuk menyalurkan hobinya karena ada berbagai keindahan yang bisa diabadikan. Selain panorama ombak dan pantai yang memesona, berkemah juga menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Biasanya pengunjung yang datang menghabiskan waktu camping sambil melihat keindahan pantai di malam hari.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

6. Pantai Bubujung

Pantai Bubujung
Image Credit: Google Maps (Akhmad Nur Ikhsan)

Pantai unik selanjutnya yang bisa dikunjungi di Tasikmalaya yaitu Bubujung. Pantai yang satu ini memiliki pemandangan pesisir pantai memukau dengan air laut yang begitu tenang. Terlebih jika Anda berada di sini saat sunset tiba, keindahannya dijamin menghipnotis Anda untuk tidak meninggalkan Pantai Bubujung.

Selain itu, kontur pantai ini sangat unik dengan pepohonan rindang, bebatuan besar dan pasir putih yang menghiasi pantai. Ditambah lagi terdapat sebuah telaga, rawa, dan perkebunan di sekitar pantai, membuat suasana menjadi lebih sejuk. Anda bisa menikmati keindahan pantai ini dengan mudah karena lokasinya dekat sekali dengan akses jalan raya.

Sehingga pantai ini biasanya ramai dikunjungi bagai pelancong dari luar daerah yang ingin beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan pantai. Ada juga berbagai fasilitas yang disediakan, seperti mushola, toilet, warung tenda, dan juga kios oleh oleh khas. Tak heran jika wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan Tasikmalaya maupun luar daerah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ciheras, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

7. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta
Image Credit: Google Maps (Poros Elektro)

Selain memiliki pantai pasir putih yang begitu bersih dan putih, wisata bahari Sindangkerta ini sangat istimewa. Sebab, pasir putihnya membentang sejumlah 20 hektar dengan ditumbuhi tanaman khas pinggir pantai. Terlebih jika air laut sedang surut, taman laut yang dihiasi dengan terumbu karang ini seolah memikat pengunjung untuk terus memandangnya.

Bagi pengunjung yang ingin melepas penat di pantai indah ini juga bisa duduk santai di bawah pohon kelapa. Hal ini semakin lengkap jika menghabiskan waktu dengan menyantap makanan khas pantai tersebut. Anda bisa mendapatkan hidangan laut di warung yang berjajar di sekitar pantai dengan menu yang tentunya memanjakan lidah.

Bagi Anda yang suka berswafoto, pesona Sindangkerta menjadi pilihan tepat untuk mengabadikan momen. Anda bisa mendapatkan latar belakang foto yang indah dengan air laut yang biru dihiasi pasir putih yang jernih. Apalagi jika Anda menunggu pada saat menjelang matahari terbenam, dijamin hasil potret semakin menarik.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sindangkerta, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

8. Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah
Image Credit: Google Maps (Alfath Akbar)

Pantai Cipatujah memiliki pesona yang menawan dan tidak bisa ditemukan di wisata bahari lainnya. Apalagi jika pengunjung mendengar gulungan ombak gemuruh yang begitu menawan. Meskipun tidak dianjurkan untuk berenang di pantai, Anda masih bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya yang tak kalah seru.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Tasikmalaya yang Terkenal Lezat

Wisatawan bisa melakukan kegiatan yang disukai bersama keluarga, sahabat, maupun kerabat terdekat untuk menghabiskan liburan yang berharga. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di pinggir pantai yaitu piknik. Sambil bersantai di pinggir pantai, Anda bisa menikmati santapan bekal yang sudah disiapkan dari rumah sebelumnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cipatujah, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

9. Pantai Santolo

Pantai Santolo
Image Credit: Instagram.com @pantai_santolo

Untuk sampai ke pantai yang satu ini Anda harus melewati beberapa trek yang begitu terjal. Meskipun begitu, perjuangan Anda akan terbayar apabila telah tiba di lokasi yang satu ini. Sebab, Pantai Santolo memiliki pemandangan yang begitu menakjubkan dan eksotis. Pantai ini memiliki air laut biru yang begitu jernih. Sehingga mampu membuat pengunjung berlama lama di pantai.

Selain itu, ombak birunya yang begitu tenang juga kerap kali menjadi sarana pengunjung untuk menghabiskan waktu seru. Wisatawan bisa menikmati segarnya air laut dengan menyewa ban yang ada di sekitar pantai. Sehingga sangat aman bagi Anda yang ingin berenang bersama keluarga tercinta ataupun kerabat terdekat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pesisir Pantai, Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat.

10. Karapyak Pasir Putih

Karapyak Pasir Putih
Image Credit: Google Maps (Aditia HUsen)

Menikmati akhir pekan menjadi lebih seru jika berkunjung ke Pantai Karapyak Pasir Putih. Seperti namanya, pantai ini menawarkan keindahan pasir yang begitu putih dan bersih. Selain pesona pasirnya, Anda akan disuguhi dengan keindahan laut yang begitu memukau dengan deburan ombak yang tak kalah memesonanya.

Ketika sore hari, keindahannya semakin memukau karena batuan karang mulai terlihat dengan surutnya air laut. Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pesona sunset yang memukau ditemani dengan santapan lezat. Bagi Anda yang suka foto, maka bisa mengabadikan momen tersebut dengan latar belakang matahari terbenam memesona.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Itulah deretan wisata pantai terbaik di Tasikmalaya memiliki berbagai pesona yang tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Kontur pantai yang unik, dijamin membuat siapa saja terpanah dan tidak ingin meninggalkan tempat wisata tersebut. Pengunjung juga akan disuguhi dengan sederet pemandangan yang begitu memukau, terlebih jika menjelang sore hari untuk menikmati sunset.