Kota Sukabumi memiliki deretan destinasi wisata pantai yang terkenal dengan pesona alamnya.bisa mengunjungi beberapa Kawasan bahari tersebut untuk liburan yang lebih berkesan.

Bagiyang hendak menghabiskan waktu liburan, maka kota Sukabumi bisa menjadi pilihan liburan kali ini. Kota yang terletak di provinsi Jawa Barat ini terkenal dengan bentangan pantainya yang sangat cantik. Keindahan itulah yang menjadikan liburanlebih berkesan.

Lalu mana saja pantai yang bisakunjungi? Berikut deretan wisata pantai terindah di Sukabumi yang bisapilih untuk liburan seru dan menyenangkan.

1. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu
Image Credit: Google Maps (Simple Hayati)

Ketika berada di Sukabumi tentunyatidak boleh melewatkan destinasi yang satu ini. Begitu memasuki bibir pantaiakan disuguhi dengan keindahan panorama alam yang memukau. Kondisi lingkungannya masih bersih dan terkesan alami, membuatnyaman berada di sini. Ditambah lagi hamparan pasir putihnya yang lembut saat berjalan di atasnya.

Pantai ini terkenal memiliki ombak yang bagus sehingga cocok untuk beraktivitas surfing disini.bisa mengunjungi beberapa spotnya mulai dari Karang Haji, Karang Sari, Ujung Genteng hingga Cimaja. Selain itujuga bisa menyusuri sepanjang bibir pantai dengan menaiki kuda. Jika sudah lelah beraktivitas tinggal mengisi perut di tempat makan pinggir pantai.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok – Pelabuhanratu, Citepus, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

2. Pantai Cibuaya

Pantai Cibuaya
Image Credit: Google Maps (Kebluk Mancing)

Dulunya pantai ini merupakan tempat tinggal buaya muara, sehingga tercetuslah nama Pantai Cibuaya. Namun kini sudah tidak bisa ditemukan lagi hewan reptil tersebut. Kondisi lingkungannya sangat bersih, dengan panorama air laut biru. Ombaknya sangat tenang dan memiliki biota laut yang masih terjaga. Sehinggabisa melakukan aktivitas snorkeling di sini.

Anda disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari, sebab Pantai Cibuya terkenal dengan sunrise dan sunset yang menawan. Di sekitar pantai juga terdapat penjual kuliner khas laut yang memanjakan lidah. Apabila kurang puas berlibur di salah satu pantai indah di Sukabumi ini, pengelola pantai menawarkan penginapan dengan harga terjangkau.

Lokasi: Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

3. Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu
Image Credit: Google Maps (Ayi Siti Khoerunisa)

Para wistawan sering menjuluki pantai ini sebagai replika Tanah Lot di Bali. Hal ini karena Pantai Amanda Ratu memiliki pulau-pulau kecil di tengah perairan. Untuk sampai ke destinasi bahari iniharus menggunakan kendaraan pribadi. Sebab letaknya cukup jauh dari pusat kota, namun fasilitas yang disediakan sudah sangat memadai.

Pantai ini cocokkunjungi ketika ingin menyegarkan pikiran dan melepas jenuh sejenak. Karena Pantai Amanda Ratu mempunyai pemandangan pohon kelapa yang cantik serta pantai yang masih bersih. Menjelang waktu senjaakan mendapatkan panorama matahari tenggelam yang paling menakjubkan.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Jl. Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

4. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi
Image Credit: Rudinazar.com

Pantai Cicaladi memberikan pesona pantai yang berbeda dengan yang lain. Hal ini karena panorama pantai berupa bukit rerumputan yang luas dan dikelilingi tebing tinggi. Kemudian terdapat karang bolong yang menjadikan keunikan tersendiri. Oleh sebab itu pantai ini ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan pesonanya.

Namun wisatawan dihimbau untuk tidak berenang maupun bermain air, sebab kondisi ombak cenderung besar yaitu sekitar 15 meter. Meskipun begitu jangan khawatir,tetap bisa menikmati suasana pantai untuk refreshing sejenak.disarankan untuk datang ketika pagi atau siang hari, sebelum air laut mulai pasang.

Lokasi: Sukatani, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

5. Pantai Keusik Urug

Pantai Keusik Urug
Image Credit: Pariwisata-sukabumi.blogspot.com

Rata-rata para wisatawan masih asing dengan nama pantai cantik satu ini. Disiniakan menemukan panorama laut biru yang indah. Udaranya sejuk dengan angin sepoi-sepoi serta bebas dari pencemaran. Kondisi ombak cenderung tenang sehinggabisa bebas bermain air ataupun berenang.

Anda juga bisa melihat perahu nelayan yang berjejer di pinggir pantai. Perahu tersebut disewakan bagiyang ingin berkeliling di sekitar laut. Uniknya Pantai Keusik Urug tidak memiliki pasir putih seperti tempat lainnya. Warna pasirnya hitam tetapi memiliki kandungan besi. Liburanmenjadi lebih lengkap apabila sudah mencicip kuliner di sekitar pantai.

Lokasi: Buniasih, Kec. Tegal Buleud, Kab. Sukabumi.

6. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng
Image Credit: Wisatabagus.com

Suasana pantai ini masih terasa alami dan terjaga baik karena jarang dijamah manusia. Meskipun terkenal tetapi pantai di Sukabumi ini belum banyak pengunjungnya. Padahal di sini hamparan pasir putihnya sangat cantik. Ditambah dengan gradasi laut biru jernih yang melengkapi pesonanya. Jangan lupakan dunia bawah laut yang membuatsemakin berdecak kagum.

Di Pantai Ujung Gentengjuga bisa melihat puing-puing dermaga peninggalan zaman Belanda, lengkap dengan Mercusuarnya. Selain itu beberapa fasilitas modern tersedia, termasuk penangkaran penyu yang cocok untuk edukasi anak-anak. Namun saat berenang di laut inidiharapkan untuk berhati-hati, karena ombaknya terbilang cukup besar.

Lokasi: Desa Gunung Batu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

7. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu
Image Credit: Google Maps (Bambang Priyo Cahyono)

Di bagian selatan Kota Sukabumi terdapat pantai dengan ombak yang cenderung besar. Berkat keunggulan tersebut Pantai Karang Hawu sering dijadikan sebagai lokasi berselancar. Bentuk pantai yang luas dan bukit karang yang menjorok ke luar, menjadi ciri khas dari wisata bahari ini. Belum lagi hamparan pasir putih di sepanjang garis pantai yang akan memanjakan mata.

Ketika sedang surutdapat melihat keindahan karang, bahkan bisa menjumpai rumput laut. Paduan panorama bebatuan dan tebing karangnya dapat menjadi background foto yang mengagumkan. Bisa dibilang pantai ini menjadi pilihan tepat bagiyang ingin menikmati liburan bersama keluarga atau teman-teman.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Caringin, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

8. Pantai Cikembang

Pantai Cikembang
Image Credit: Google Maps (Dede Eko S.)

Beberapa meter dari kawasan Pelabuhan Ratu terdapat pantai yang namanya populer. Letak persisnya berada di perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dan Banten. Pantai Cikambang menyuguhkan kondisi lingkungan yang belum tercemar. Sehingga suasana yang dihadirkan sangat tenang dan damai, cocok bagiyang ingin refreshing dari aktivitas monoton.

Anda bisa belajar berselancar disini karena ombak yang dihasilkan cenderung besar. Di samping itubisa membeli hasil laut di perkampungan nelayan. Lokasinya berada di pintu masuk sebelum memasuki kawasan pantai. Apabilakurang puas dan ingin singgah sebentar di tempat wisata ini,dapat mengunjungi penginapan di pinggiran pantai.

Lokasi: Pasir Baru, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

9. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja
Image Credit: Travelvit.com

Bagiyang sedang mencari spot foto pantai instagramable, maka Pantai Cimaja menjadi jawabannya. Pasalnya di bibir pantai terdapat bebatuan kali ukuran kecil hingga besar, sehingga memberi sentuhan estetika pada background foto. Momen keindahan matahari tenggelam menjadi salah satu panorama yang paling menakjubkan.

Lokasi: Desa Cimaja, Kec. Cikakak, Kab. Sukabumi.

10. Pantai Karang Sari

Pantai Karang Sari
Image Credit: Google Maps (Tubagus EDC)

Posisi pantai terbilang tersembunyi namun masih dapat diakses dengan mudah. Disinibisa mencoba beragam wahana air yang menyenangkan. Mulai dari banana boat, baggie board, dan arung gelombang yang dapat dimainkan seru-seruan bersama keluarga. Ditambah lagi Pantai Karang Sari mempunyai ombak yang cukup besar, jadi bisa dimanfaatkan untuk surfing.

Lokasi: Pelabuhanratu, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

11. Pantai Minajaya

Pantai Minajaya
Image Credit: Google Maps (FARID MUTAQIEN)

Kehadiran batu karang yang diselimuti tumbuhan menjadi daya tarik dari Pantai Minajaya. Selain itu kawasan pantai memiliki perkampungan nelayan, di sanajuga bisa membeli hasil tangkapan para nelayan. Tidak seperti pantai lainnya, ombak Pantai Minajaya tidak terlalu besar. Sehinggatetap merasa aman saat anak-anak bermain air di bibir pantai.

Lokasi: Desa Pasiripis, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

12. Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh
Image Credit: Storify.com

Nama pantai ini diambil sesuai dengan jumlah ombak yang memiliki tujuh gulungan, dan datang secara bergantian. Ombak di pantai ini mempunyai ketinggian rata-rata mencapai 6 meter, dan cocok bagiyang ingin beraktivitas surfing. Tak hanya itujuga bisa melihat akuarium alami, berisi ikan kecil atau biota laut beragam dengan batu karang yang cantik.

Meskipun populer di deretan pantai di Sukabumi, tetapi Pantai Ombak Tujuh cenderung sepi pengunjung. Hal ini karena lokasi wisata yang masih tersembunyi, sehingga membutuhkan bantuan warga sekitar untuk tiba di sini. Namun rasa lelahakan terbayar setelah disuguhi pesona alam yang ciamik.

Lokasi: Ujung genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

13. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan
Image Credit: Google Maps (robby arsy)

Di pantai inipunya kesempatan untuk bertemu dengan penyu hijau. Hal ini karena Pantai Pangumbahan merupakan kawasan penangkaran penyu. Jika beruntungdapat menyaksikan telur-telur penyu yang menetas. Selain ituakan mendapatkan pengalaman istimewa yaitu melepaskan penyu ke alam bebas.

Lokasi: Jl. Cipinang-Gunung Batu, Pangumbahan, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai Dekat Bandung yang Paling Hits Buat Liburan

14. Pantai Penganten

Pantai Penganten
Image Credit: Kurniayusup.blogspot.com

Pantai ini dinamakan demikian karena di dalam pantai terdapat dua pulau kecil, yang diibaratkan sebagai pasangan pengantin.bisa bersantai disini sembari menanti matahari tenggelam, yang terbilang sangat cantik panoramanya. Oleh karena itu destinasi ini sering dijadikan sebagai lokasi untuk pengambilan foto pre-wedding.

Lokasi: Desa Puswasedar, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

15. Pantai Cipatuguran

Pantai Cipatuguran
Image Credit: Google Maps (RegitaSevenfold)

Apabilamasih berada di kawasan Pelabuhan Ratu, maka perlu bergeser sedikit untuk menuju ke pantai ini. Sepanjang perjalanan ke Pantai Cipatuguranakan dihadirkan pemandangan yang indah. Setelah tiba panoramanya jauh lebih mengesankan,dapat menikmati keindahannya dengan menyewa perahu sampan.

Lokasi: Jl. Pelita – Cipatuguran, Pelabuhanratu, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

16. Pantai Cibangban

Pantai Cibangban
Image Credit: Google Maps (artha pramono)

Disini akan menemukan bebatuan yang terdampar di pinggir pantai. Tentunya area tersebut langsung menjadi spot foto favorit. Ombak yang dimiliki Pantai Cibangban cenderung tenang, sehingga bisa dimanfaatkan untuk berenang.juga bisa melihat sisi pesona yang lain saat matahari mulai terbenam, sembari menghabiskan waktu untuk bersantai.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok, Pasir Baru, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

17. Pantai Cibongkok

Pantai Cibongkok
Image Credit: Ksmtour.com

Pesona pantai di Sukabumi satu ini memang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya destinasi ini memiliki keindahan yang luar biasa. Terletak pada hamparan laut yang biru jernih dan pasir putih yang bersih.bisa mengunjunginya bersama keluarga atau mengajak teman-teman. Sekaligusdapat untuk membangun tenda dan camping bersama disini.

Lokasi: Cimahpar, Kec. Kali Bunder, Kab. Sukabumi.

18. Pantai Citepus

Pantai Citepus
Image Credit: Google Maps (Yanti Herawati)

Meskipun warna pasir pantainya cenderung kecoklatan, namun Pantai Citepus tidka pernah sepi pengunjung. Hal ini karena kondisi air lautnya bebas dari pencemaran, serta ombaknya cenderung tenang. Tidak hanya fasilitas yang menunjang kenyamanan wisatawan, disinijuga bisa mengunjungi tempat makan yang menyediakan masakan laut dan air kelapa.

Lokasi: Citepus, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

19. Pantai Cipanarikan

Pantai Cipanarikan
Image Credit: Google Maps (Rizky M Akbar)

Pantai ini merupakan muara dari Sungai Cipanarikan dan termasuk wisata di Sukabumi yang sepi pengunjung. Hal ini karena lokasinya lumayan jauh serta akses jalannya terbilang sulit. Namun jangan salah panorama yang disuguhkan sangat mempesona, dengan hamparan pasir luas serta bebatuan yang menambah kesan estetika.

Lokasi: Gunungbatu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

20. Pantai Batu Naga

Pantai Batu Naga
Image Credit: Penjajakata.com

Wisata pantai di Sukabumi ini memiliki keindahan unik berupa bebatuan besar yang megah. Deretan batuan ini menjadikan Pantai Batu Naga mempunyai pesona yang berbeda. Biasanya para wisatawan memanfaatkan panorama tersebut sebagai objek fotografi.pun bisa mengambil foto disini dengan background batuan yang sangat instagramable.

Lokasi: Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

Saat berkunjung ke Kota Sukabumi coba sempatkan mampir ke beberapa tempat wisatanya. Salah satu destinasi favorit ialah kawasan pantai yang memiliki banyak keindahan.boleh berlibur sejenak bersama keluarga atau teman-teman, sembari refreshing setelah penat dengan banyak aktivitas. Sudah tertarik untuk mengunjunginya?