Pangandaran salah satu tujuan favorit bagi pecinta wisata bahari, karena kabupaten ini menyuguhkan beragam pantai dengan pemandangan yang eksotis. Inilah rekomendasi wisata pantai di Pangandaran yang mampu memajakan mata pengunjung.

Berwisata di Pangandaran, tentu saja akan membuat Anda bisa menikmati berbagai macam pantai yang indah. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di selatan Pulau Jawa membuatnya identik dengan suasana wisata bahari yang eksotis. Apa saja destinasi wisata bahari yang menarik disana? Berikut daftar pantai terindah di Pangandaran yang bisa Anda kunjungi.

1. Pantai Pangelek

Pantai Pangelek
Image Credit: Facebook.com @wonderhill.jojogan.3

Ketika berada di Pangandaran, maka Anda pun bisa mengunjungi Pantai Pangelek. Disini, Anda akan disuguhkan dengan indahnya matahari terbenam dan juga matahari terbit ketika berada di lokasi ini. Dengan memiliki ombak yang cukup tenang dan tidak begitu besar, membuat Anda bisa bermain dengan lebih leluasa ketika berada di destinasi satu ini.

Selain itu, apabila Anda sedang mencari wisata pantai yang masih memiliki suasana alami dan juga sepi, maka Pantai Pangelek menjadi wisata yang wajib Anda kunjungi. Berada disini, Anda pun akan bisa menikmati tenangnya suasana pantai dan juga suara deburan ombak yang mampu menyegarkan pikiran.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Batukaras, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

2. Pantai Muaragatah

Image Credit: Instagram.com @lufanukrias_12

Destinasi pantai berikutnya yang bisa Anda singgahi ketika berada di Pangandaran adalah Pantai Muaragatah. Berada disini, Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan cantik yang akan membuat Anda terpukau. Bagaimana tidak, adanya perbukitan dan indahnya bebatuan karang yang ada di sekitar pantai menjadi pemandangan yang bisa Anda dapatkan disini.

Uniknya lagi, ketika air laut sedang surut maka Anda pun bisa menemukan ikan ikan kecil yang berada di bebatuan karang. Kemudian, apabila Anda ingin melanjutkan penjelajahan maka Anda pun bisa singgah di goa alam yang berada tak jauh dari pantai. Dan bagi Anda yang memiliki hobi memancing, maka Anda pun bisa menuju ke sungai yang bermuara ke laut di pantai ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Ciamis, Jawa Barat.

3. Pantai Cikaracak

Pantai Cikaracak
Image Credit: Instagram.com @sukaesihesih

Berada di pantai ini, Anda pun akan disambut dengan pemandangan berupa ombak yang menghantam batu karang. Suasana tersebut tentu saja akan menambah kesan eksotis dari pantai satu ini. Di pantai ini, Anda juga akan menemukan deretan pohon yang berada di area pantai. Dengan adanya pohon ini akan menjadi tempat berteduh bagi wisatawan.

Keindahan lain yang bisa Anda dapatkan di pantai ini adalah adanya tebing karang yang mempunyai air terjun mini. Tentu saja, hal tersebut akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh wisatawan. Selain itu, ketika senja tiba Anda jangan terburu buru untuk beranjak, sebab pemandangan sunset yang ada disini akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Kertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Baratt.

4. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih
Image Credit: Google Maps (Luke El Hakeem)

Saat menginjakkan kaki di kota Pangandaran, maka wisata bahari akan menjadi destinasi yang wajib untuk Anda singgahi. Untuk itu, Anda pun bisa singgah sejenak di Pantai Pasir Putih yang memang banyak diminati oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan pantai tersebut memiliki pesona yang tak kalh indah dengan pantai yang ada di Bali.

Disini, Anda pun bisa bermain di pasir pantai yang halus. Bahkan Anda pun bisa bersantai dan duduk di pasir pantai sembari menikmati indahnya laut. Bagi Anda yang menyukai aktivitas snorkeling, maka Pantai Pasir Putih yang ada di Pangandaran ini akan menjadi lokasi yang tepat. Sebab, di pantai ini juga tersedia tempat untuk menyewa peralatan snorkeling. Sehingga Anda tak perlu membawanya dari rumah.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Ciamis, Jawa Barat.

5. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran
Image Credit: Instagram.com @pantai_pangandaran

Pantai selanjutnya yang bisa Anda kunjungi ketika berada di kota ini adalah Pantai Pangandaran. Wisata satu ini menjadi destinasi populer yang menyajikan pemandangan alam memukau. Pantai ini juga menjadi salah satu lokasi yang pas untuk Anda yang ingin melihat indahnya matahari terbenam. Semburat warna orange tersebut akan sangat indah untuk Anda nikmati di tempat satu ini.

Pantai Pangandaran memiliki karakteristik yakni menjorok k tengah laut. Sehingga, kontur tersebut juga membuatnya menjadi lokasi yang tepat untuk melihat matahari terbit. Selain itu, apabila Anda ingin menikmati pantai dalam suasana yang lebih tenang, maka Anda pun bisa bersantai pada sisi timur pantai satu ini.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

6. Pantai Karang Tirta

Pantai Karang Tirta
Image Credit: Google Maps (Avonturismo Akka)

Bagi Anda yang ingin mencari destinasi wisata pantai yang tenang, maka Pantai Karang Tirta menjadi pilihan untuk anda. Disini, Anda akan menemukan pantai yang memiliki pasir putih nan kecoklatan. Pasirnya yang bersih dan tidak memiliki karang membuat Anda akan betah untuk bermain pasir.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika berada di pantai ini. Mulai dari berenang, mencari kerang maupun biota laut yang terdampar di tepi pantai, hingga memancing. Setelah itu, apabila Anda lelah bermain maka Anda pun bisa mencicipi kuliner khas dari kota Pangandaran yang bisa Anda temukan di sekitar pantai.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukaresik, Kec. Sidamulih, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

7. Pantai Lembah Putri

Pantai Lembah Putri
Image Credit: Google Maps (Marco Balaaw)

Menikmati liburan akhir pekan menjadi salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Sebab Pantai Lembah Putri menawarkan banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Disini, Anda bisa berkemah, memancing dan juga mencoba gantole. Bahkan pengunjung juga bisa untuk menaiki tangga untuk menuju bukit.

Biasanya bukit tersebut sering kali disebut dengan miniatur tembok China. tak hanya itu saja, tangga yang digunakan untuk menaiki bukit tersebut juga menjadi salah satu spot yang banyak digunakan pengunjung untuk berfoto. Tak hanya menikmati wisata pantainya saja, di lokasi ini Anda juga bisa untuk mengunjungi Goa Ronggeng yang berada tak jauh dari pantai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Putrapinggan, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

8. Pantai Pananjung

Pantai Pananjung
Image Credit: Google Maps (Hermawan Suryadi)

Destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai ‘Pananjung. Wisata bahari satu ini juga menawarkan pasir patihnya yang sangat lembut. Uniknya lagi, ketika berada disini Anda juga bisa bertemu dengan kera kera yang ada di wilayah pantai. Hal tersebut dikarenakan Pantai Pananjung merupakan kawasan konservasi yang ada di Pangandaran.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan ketika berada di pantai ini. Sebut saja mulai dari berselancar hingga bermain snorkeling dapat Anda lakukan disini. Selain itu, kondisi lautan yang ada di pantai ini pun juga masih sangat terjaga. Sehingga, Anda pun bisa melihat dengan jelas kehidupan biota laut saat berlibur di lokasi ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

9. Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini
Image Credit: Google Maps (Yuris Ipunk)

Pantai Karang Nini juga menjadi salah satu andalan wisatawan ketika bertandang ke Pangandaran. Saat berada disini, Anda pun akan langsung disuguhkan dengan indahnya karang yang tentu saja menjadi daya tarik utama dari wisata bahari ini. Indahnya batu karang yang memecah ombak tersebut akan menjadi panorama eksotis yang bisa Anda dapatkan ketika berlibur ke tempat ini.

Selain itu, bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata dengan suasana yang masih asri dan tenang, maka pantai ini menjadi lokasi yang tepat. Sebab, Anda pun akan bisa menikmati pantai dengan tenang. Tentu saja akan mampu mengisi liburan Anda di akhir pekan dan sebagai tempat untuk menjernihkan pikiran.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

10. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas
Image Credit: Instagram.com @pantaibatukaras

Pantai satu ini kerap kali dilirik oleh surfer lokal maupun mancanegara. Hal tersebut dikarenakan Pantai Batu Karas memiliki ombak yang cukup besar dan sangat cocok digunakan untuk olahraga selancar. Bahkan bagi Anda yang ingin belajar surfing, disarankan untuk menugunjungi pantai satu ini.

Tak hanya menjadi lokasi yang pas untuk bermain selancar, saat berada disini Anda pun juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang cantik. Setelah lelah berjalan jalan, maka Anda pun bisa mencicipi berbagai kuliner olahan laut di warung yang berada di sekitar pantai. Tentu saja akan menjadi liburan yang sangat pas.

Harga Tiket: Rp 1.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Batu Karas, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

11. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak
Image Credit: Google Maps (Kankan Wungkul)

Pemandangan laut yang ada di pantai ini sangatlah eksotis. Sebab, kesan alami yang Anda temukan di wisata satu ini akan membuat Anda bisa mendapatkan pantai dengan suasana yang tenang. Fasilitas yang ada di tempat satu ini juga masih sangat terbatas. Akan tetapi, Anda tetap bisa untuk mengabadikan momen berharga saat berlibur ke destinasi satu ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

12. Pantai Keusik Luhur

Pantai Keusik Luhur
Image Credit: Traverse.id

Salah satu pantai yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan adalah Pantai Keusik Luhur. Pantai satu ini memiliki ombak yang cukup tinggi. Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan keindahan yang berbeda dari pantai ini, Anda bisa menikmati hempasan ombak dari atas bukit. Saat berada disini, Anda juga bisa berfoto di perbukitan dengan latar belakang ombak yang cantik.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukaresik, Kec. Sidamulih, Kab. Ciamis, Jawa Barat.

13. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu
Image Credit: Instagram.com @asep_virdaus

Destinasi wisata bahari selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Batu Hiu. Saat berada disini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang dikelilingi oleh tebing indah. Untuk melihat indahnya pantai, pengelola menyediakan gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bersantai ataupun sekedar menikmati bekal yang dibawa dari rumah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Ciliang, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Itulah beberapa destinasi wisata pantai hits yang wajib untuk Anda singgahi ketika berada di Pangandaran, Jawa Barat. Saat Anda sedang suntuk atau penat, beberapa alternatif wisata tersebut dapat Anda gunakan sebagai tempat untuk bersantai. Pasalnya, pantai yang ada di kabupaten ini memiliki pemandangan yang eksotis dan juga mempesona.