Ingin Liburan ke Pantai? Inilah Daftar Wisata Terindah di Garut, Jawa Barat. Destinasi Wisata Bahari Populer, Eksotis dan Paling Hits yang Menarik Anda Eksplor Ketika Rencana Berlibur ke Garut.

Garut menjadi salah satu daerah Jawa Barat yang memiliki pesona tidak kalah dengan daerah lainnya. Anda yang ingin merasakan petualangan yang menarik dan seru, Anda bisa mengunjungi jajaran pantai menawan yang cocok untuk liburan di kota Garut.

Deretan pantai tersebut tidak hanya indah, tetapi juga menawarkan banyak wahana maupun fasilitas yang memanjakan pengunjung. Untuk itu, berikut rekomendasi wisata pantai terbaik di Garut yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Google Maps (Anita Yuliani)

Perjalanan menjelajah bahari di kota Garut bisa dimulai dengan mengunjungi Pantai Sayang Heulang. Pantai satu ini memiliki alam yang mempesona dengan pasir putihnya yang lembut. Bisa dikatakan jika pantai ini menjadi salah satu pantai paling indah di Kota Garut. Begitu Anda tiba, Anda bisa langsung menikmati panorama alamnya yang mempesona.

Laut jernih, pasir putih yang lembut akan membuat indera penglihatan Anda dimanjakan. Ketika pasang, pantai ini terbilang memiliki ombak yang cukup besar. Meskipun demikian tetap aman untuk melakukan berbagai kegiatan. Termasuk untuk mengintip bawah lautnya yang begitu menakjubkan. Selain itu Anda juga bisa camping atau piknik di pantai satu ini.

Lokasi: Desa Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Kab. Garut.

2. Pantai Manalusu

Pantai Manalusu
Image Credit: Bandung-tour.com

Pantai Manalusu bisa Anda jadikan tujuan selanjutnya untuk Anda yang ingin menjelajah setiap sudut bahari Garut. Pantai Manalus menjadi pantai yang belum banyak diketahui banyak orang. Sehingga ketika Anda mengunjungi objek wisata bahari ini, Anda akan menemukan pantai yang indah namun tenang. Sangat cocok untuk melepas penat ataupun bersantai di pantai.

Lokasi: Cigadog, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

3. Pantai Santolo

Pantai Santolo
Image Credit: Garuttrip.com

Objek wisata pantai yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Garut adalah Pantai Santolo. Pantai yang memiliki pasir putih ini akan menawarkan liburan yang tidak terlupakan. Bagaimana tidak, jalanan menuju Pantai Santolo terbilang menantang. Rute yang sempit terutama untuk pengguna kendaraan roda empat ini akan mengambil alih fokus Anda.

Semua perjuangan Anda akan dibayar lunas ketika Anda sudah menginjakkan kaki di pantai satu ini. Hamparan pasir putih yang merupakan daya tariknya memang tidak bisa ditawar. Seakan mengundang Anda untuk segera berlarian di atasnya atau sekedar bermain. Deburan ombak yang dimiliki pantai ini juga tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk bermain air.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Alam di Purwakarta yang Populer Buat Liburan

Pengunjung juga aman untuk berenang di pantai satu ini asalkan tetap mengutamakan keamanan. Bersantai di pinggir pantai sembari menikmati sepoi anginnya juga bukanlah ide yang buruk. Di pantai ini terdapat gundukan karang Besar dan bisa melihat ikan ikan hias yang berenang di antara terumbu karang. Anda juga bisa mencicipi olahan seafood lezat di pantai ini.

Lokasi: Pantai Santolo, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

4. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje
Image Credit: Google Maps (Muhammad Iqbal)

Pantai Karang Paranje digadang gadang merupakan pantai yang mirip dengan pantai Tanah Lot di Bali. Batu kerang kokoh yang ada di tepi pantai menjadi daya tariknya. Ombak yang membentuk karang ini juga menjadi daya tarik lainnya. Mengunjungi pantai ini, Anda bisa berenang, memancing hingga hunting foto.

Salah satu spot yang paling menjadi favorit adalah foto dengan latar belakang bebatuan karang. Anda bisa mengarahkan kamera Anda pada deburan ombak yang dekat dengan karang. Ketika senja tiba, hal yang paling mengesankan adalah menikmati sunset yang begitu menawan. Pantai satu ini akan memberikan Anda ketenangan dan rileksasi yang ampuh.

Lokasi: Karyasari, Kec. Cibalong, Kab. Garut.

5. Pantai Cicalobak

Pantai Cicalobak
Image Credit: Google Maps (urbani elisya)

Pantai Cicalobak memang tidak dianugrahi dengan pasir putih yang lembut. Karena pantai ini memiliki pasir hitam yang tak kalah eksotis. Mengunjungi pantai Cicalobak bisa menjadi destinasi selanjutnya untuk melepaskan penat. Pantai satu ini memang belum banyak terjamah sehingga suasana yang ada di sekitar pantai ini begitu alami dan menawan.

Lokasi: Desa Mekarsari, Kec. Garut, Kab. Garut.

6. Pantai Cidora

Pantai Cidora
Image Credit: Google Maps (Rizkhi Transfort)

Bagi Anda yang ingin merasakan liburan ke pantai yang masih sepi tetapi bersih, maka Pantai Cidora bisa menjadi tujuan berikutnya. Objek wisata pantai yang memiliki pasir putih ini akan membuat siapapun terpukau dengan keindahannya. Salah satu daya tarik yang tidak bisa dilewatkan selain pasir putihnya adalah panorama sunset yang akan membuat Anda terpana.

Lokasi: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut.

7. Pantai Cijayana

Pantai Cijayana
Image Credit: Instagram.com @dangdeb

Pantai Cijayana memang memiliki jarak yang sedikit jauh dari pusat kota, tetapi pantai satu ini layak untuk Anda kunjungi. Pantai satu ini memiliki ombak yang terbilang tinggi tapi kecantikannya sayang untuk dilewatkan. Untuk Anda yang ingin menikmati pesonanya bahari sembari mengambil beberapa foto cantik. Selain itu di pantai ini juga ada Nyakawena yang menarik.

Lokasi: Desa Cijayana, Kec, Bungbulang, Kab. Garut.

8. Pantai Manalusu

Pantai Manalusu
Image Credit: Facebook.com @ilhamsukmanasakti04

Melanjutkan perjalanan bahari anda, kini saatnya Anda mengunjungi pantai Manalusu. Dengan menempuh perjalanan sekitar 4 jam, Anda sudah bisa menemukan pantai menawan. Pantai satu ini juga termasuk pantai yang penuh ketenangan, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin refreshing dari penatnya aktifitas.

Pantai ini dinamakan dengan Pantai Manalusu karena penemuannya bernama Karl Manasulu. Pemandangan yang akan Anda nikmati begitu tiba adalah udara khas pantai yang sejuk. Batu karang yang kokoh dipenuhi lumut dengan jajaran pohon kelapa yang membuatnya sejuk. Anda bisa berenang ataupun mencari ikan ikan kecil di pinggir pantainya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Alam di Kuningan yang Populer Buat Liburan

Lokasi: Cigadog, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

9. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Image Credit: Topijelajah.com

Pantai Rancabuaya mendapatkan julukan sebagai surga tersembunyi, karena memang untuk menuju pantai ini Anda membutuhkan waktu yang panjang. Perjalanan panjang tersebut akan dibayar lunas dengan panoramanya. Yang paling menarik, Anda akan menemukan air terjun yang lokasinya dekat pantai. Sekalipun lokasinya jauh, tapi fasilitas yang tersedia sudah lengkap.

Lokasi: Pantai Rancabuaya, kec. Caringin, Kab. Garut.

10. Pantai Cijeruk

Pantai Cijeruk
Image Credit: Tempatwisata.pro

Jika Anda masih belum puas dengan pesona bahari Garut, Anda bisa mengunjungi Pantai Cijeruk Indah yang masih terbilang baru. Kendati demikian Anda akan dimanjakan dengan pesonanya yang tak mengecewakan. Hamparan laut tenang, dengan udara yang sejuk semakin eksotis dengan pasir hitamnya. Anda bisa mengambil beberapa foto cantik di pantai satu ini.

Lokasi: Sagara, Kec. Pameungpeuk, Kab. Garut.

11. Pantai Karang Tepas

Pantai Karang Tepas
Image Credit: Instagram.com @waragan_rahman

Jika Anda mampir ke Pantai Rancabuaya, Anda bisa sekalian melanjutkan perjalanan ke Pantai Karang Tepas. Pantai dengan tebing tebing menjulang yang kokoh ini siap untuk menyambut Anda. Di pinggir pantai Anda juga bisa menemukan batu karang yang makin membuat pesonanya luar biasa. Pantai ini akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Lokasi: Kp. Cikajar, Karangwangi, Kec. Mekarmukti, Kab. Garut.

12. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha
Image Credit: Instagram.com @mefi_as

Pantai satu ini semakin dikenal berkat dijadikan latar tempat dalam novel Perahu Kertas. Pemandangan yang unik membuat siapapun tak bisa menolak pesonanya. Dimana Anda akan menemukan tebing yang langsung berbatasan dengan laut lepas. Di Pantai yang memiliki banyak gua ini, Anda bisa menikmati sunset atau sekedar berburu foto instagramable.

Lokasi: Sinarjaya, Kec.  Bungbulang, Kab. Garut.

13. Pantai Gunung Geder

Pantai Gunung Geder
Image Credit: Facebook.com @arip.hensamamal

Keindahan ombak yang menggulung lengkap dengan suara deburannya, dan angin laut sepoi sepoi memang menjadi idaman. Pantai Gunung Geder akan memberikan pemandangan dan suasana tersebut. Sekalipun Anda harus menantang diri untuk bisa sampai di pantai cantik ini. Tangga yang berada di rimbunnya pepohonan menjadi tantangan yang harus Anda takhlukkan.

Lokasi: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

14. Pantai Karang Papak

Pantai Karang Papak
Image Credit: Instagram.com @titharochimat

Bisa dikatakan jika pantai satu ini merupakan tetangga dari Pantai Santolo. Namanya mungkin masih asing di kalangan wisatawan. Karena pantai satu ini masih tergolong pantai perawan yang masih asri dan tak banyak pengunjung. Namun meskipun demikian pantai satu ini justru menjadi pantai yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Pantai Karang Papak memiliki pasir putih dengan air laut yang begitu bersih. Sehingga tidak akan membuat Anda kecewa dengan pemandangan yang diberikan. Pantai lembut ini seakan mengajak pengunjung untuk melepas sepatu atau sandalnya. Tidak hanya itu, pantai ini juga bisa dijadikan tempat liburan dengan berbagai kegiatan yang menarik.

Anda bisa mengambil banyak foto instagramable untuk diunggah ke media sosial Anda. Setelah itu, Anda juga bisa bermain air di tepian pantainya dengan tetap hati hati. Pantai satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat melepas penat. Jika Anda ingin lebih lama berada di pantai ini, Anda bisa menginap di beberapa hotel terdekat.

BACA JUGA:  15 Air Terjun (Curug) di Sukabumi yang Paling Indah & Hits

Lokasi: Pantai Karang Papak, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

15. Pantai Bukit Sodong Bodas

Pantai Bukit Sodong Bodas
Image Credit: Google Maps (risma muharram el mubarok)

Bila Anda berencana mengunjungi pantai yang memiliki bukit dan langsung berhadapan dengan laut, maka Anda bisa mengunjungi Pantai Bukit Sodong Bodas ini. Bukit dengan rerumputan hijau ini memang langsung berhadapan dengan laut. Panorama yang dimiliki pantai ini akan membuat Anda terkesima. Selain itu juga memiliki fasilitas yang lengkap serta memadai.

Lokasi: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut.

16. Pantai Sancang

Pantai Sancang
Image Credit: Google Maps (Dikki Juliandri)

Pesona bahari yang dimiliki Garut memang masih asri dan juga mempesona. Sama halnya dengan pantai Sancang yang cocok sebagai destinasi liburan selanjutnya. Pantai ini memiliki alam yang begitu cantik dan menakjubkan. Anda pecinta fotografi akan dimanjakan dengan spot spot yang ada. Menjadi bagian cagar alam, alam yang dimilikinya akan membuat Anda terpana.

Lokasi: Sancang, Kec. Cibalong, Kab. Garut.

17. Pantai Citanggeuleuk

Pantai Citanggeuleuk
Image Credit: Facebook.com @Atuk46bc

Pantai satu ini memang belum banyak dikenal, tetapi akan memberikan atraksi yang tak terlupakan. Panorama perbukitan yang berkolaborasi dengan pesona pantainya sangat sayang untuk dilewatkan. Pantai satu ini begitu eksotis dengan pasir kecoklatan dan juga batu karangnya yang kokoh. Anda bisa camping, bermain air, hunting foto ataupun sekedar bersantai.

Lokasi: Kp. Citanggeuleuk, Karangwangi, Kec. Mekarmukti, Kab. Garut.

18. Pantai Sodong Lalay

Pantai Sodong Lalay
Image Credit: Google Maps ( en hoei jo)

Garut masih akan memberikan Anda pengalaman bahari yang tak kalah menarik dengan mengunjungi Pantai Sodong Lalay. Pantai yang masih asri ini memiliki panorama perbukitan yang akan menyejukkan indera penglihatan Anda. Pantai dengan pasir hitam dan karang karang megah ini sangat cocok untuk Anda pecinta fotografi. Masih relatif sepi Anda bisa menenangkan diri di pantai ini.

Lokasi: Kp. Cigoa, Karangwangi, Kec. Mekarmukti, Kab. Garut.

19. Pantai Cipunaga

Pantai Cipunaga Garut
Image Credit: Facebook.com @kuntadi1

Objek wisata bahari Pantai Cipunaga memiliki pantai yang masih bersih dan juga asri. Hamparan pasir putih luas dengan air laut yang jernih siap untuk menyambut Anda. Memiliki pohon rindang di tepian membuat pantai ini memiliki udara sejuk. Anda bisa menemukan bongkahan karang besar yang cocok jadi tempat berfoto. Anda tak akan menyesal mengunjungi pantai ini.

Lokasi: Sancang, Kec. Cibalong, Kab. Garut.

20. Pantai Karang Sebrotan

Pantai Karang Sebrotan
Image Credit: Facebook.com @garutselatannet

Pantai Karang Sebrotan akan menjadi penutup perjalanan menjelajah bahari Garut yang fantastis. Pantai ini merupakan kawasan yang dimanfaatkan untuk budidaya walet. Untuk itu jumlah pengunjung menjadi dibatasi. Ombak yang dimiliki pantai ini terbilang besar, dan ketika menghantam karang akan memberikan pemandangan yang begitu cantik.

Lokasi: Karangwangi, Kec. Mekarmukti, Kab. Garut.

Itulah beberapa pantai populer di Garut yang bisa Anda kunjungi. Beberapa pantai memang sudah kondang bahkan menjadi ikon pariwisata Garut. Namun ternyata masih ada banyak pantai cantik yang belum terlalu terekspos. Tetapi pesona yang disajikan akan membuat Anda puas, sekalipun harus takhlukkan medan yang menantang. Sudah siap jelajah bahari Garut?