Ingin Liburan di Cirebon? Periksa List Wisata Pantai Terindah di Cirebon, Jawa Barat. Objek Wisata Bahari yang Eksotis, Populer dan Paling Hits untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Cirebon merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan wisata religi dan sejarah. Tetapi sebenarnya, kota ini juga memiliki berbagai destinasi wisata alam yang memesona dan menarik untuk dikunjungi salah satunya pantai. Di sini Anda bisa melakukan serangkaian aktivitas seru mulai dari sekedar bersantai, menikmati keindahan alam sekitar, hingga berwisata

Untuk menjawab rasa penasaran Anda terkait keindahan wisata baharinya, berikut beberapa rekomendasi wisata pantai di Cirebon yang wajib dikunjungi ketika liburan.

1. Pasir Putih Losari

Pasir Putih Losari
Image Credit: Sanjayatour.com

Ketika berada di Cirebon, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata pantainya. Salah satu rekomendasi pantai yang patut dikunjungi adalah Pasir Putih Losari. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak bisa ditemukan di kota lainnya. Pasalnya, pantai ini merupakan tempat bermuaranya sungai besar sehingga menyebabkan kontur pantai yang menjorok ke arah laut.

Selain itu, hamparan pasir putih dengan ombak yang begitu tenang membuat pantai ini semakin memesona. Karena pantai ini tidak memiliki ombak yang terlalu besar, maka pantai ini sangat tepat menjadi pilihan liburan bersama keluarga atau kerabat terdekat untuk sekedar bermain air, bahkan berenang di air laut.

Sebenarnya lokasi pantai ini berada di perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, tetapi banyak warga Cirebon yang menjadikannya sebagai destinasi wisata favorit. Tiket masuknya terbilang cukup murah meriah, sehingga banyak wisatawan tertarik mengunjunginya. Namun karena lokasi pantainya berada di tengah laut, maka Anda harus membayar biaya tambahan untuk naik perahu.

Lokasi: Karangdempel, Kec. Losari, Kab. Brebes.

2. Pantai Baro Gebang

Pantai Baro Gebang
Image Credit: Google Maps (De Ade Yogi Elplamet)

Pantai eksotis selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Pantai Baro Gebang. Untuk menikmati keindahan laut dari pantai tersebut, Anda dapat menyewa perahu dengan membayar tarif yang cukup terjangkau. Selain itu Anda juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti menyantap aneka hidangan laut, memancing, hingga bersantai di sekitar pantai.

Akan lebih baik jika Anda tidak terburu buru meninggalkan lokasi pantai ini. Sebab, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit atau tenggelam dan aktivitas lainnya bersama keluarga, teman teman, bahkan komunitas. Tak hanya itu saja, lokasi sekitar pantai Baro Gebang juga kerap kali dijadikan area untuk berlatih mobil atau motor jenis off road.

Lokasi: Gebang Mekar, Kec. Gebang, Kab. Cirebon.

3. Pantai Glayem

Pantai Glayem
Image Credit: Instagram.com @maylafida

Objek wisata Pantai Glayem merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling favorit di kalangan masyarakat sekitar Jabar. Lokasinya yang sangat strategis dengan berbagai pilihan tempat makan, mendukung banyaknya wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut. Tentunya hal ini membuat Pantai Glayem tak pernah sepi pengunjung.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata Alam di Bogor yang Populer Buat Liburan

Ketika menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan disuguhi dengan panorama alam yang eksotis. Kontur pantai yang untuk memungkinkan pengunjung untuk melakukan berbagai macam aktivitas seru dan mengasyikkan. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti menikmati keindahan ombak, hunting foto, hingga menyantap hidangan kulinernya.

Lokasi: Juntinyuat, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

4. Pulau Biawak

Pulau Biawak
Image Credit: Infocirebon.com

Tidak perlu jauh jauh ke luar pulau Jawa jika ingin menemukan fauna unik biawak. Pasalnya, Anda bisa menemukannya di Cirebon dengan nama wisata Pulau Biawak. Pulau Biawak memiliki luas sekitar 120 hektar yang membuat pulau ini tidak hanya dihuni oleh biawak saja, melainkan juga ditinggali oleh banyak kawanan reptil lainnya.

Selain itu, masih ada pesona yang ditawarkan pantai ini yaitu hutan bakau dan pantainya. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Anda akan disuguhi dengan hamparan pasir putih yang luas dan indah. Tidak hanya itu saja, pulau ini juga menyuguhkan keindahan bawah laut yang begitu eksotis dan menawan.

Lokasi: Kepulauan Biawak, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

5. Pantai Balongan

Pantai Balongan
Image Credit: Facebook.com (Pantai Balongan Kesambi)

Pantai Balongan juga menjadi destinasi yang paling diminati bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Sebab, lokasi ini pernah dijadikan sebagai tempat pertandingan selancar PON 2016. Kepopulerannya pun masih berlanjut hingga saat ini, karena lokasinya yang mudah untuk diakses dan strategis jika dikunjungi.

Lokasi: Jl. Raya Balongan, Kec. Balongan, Kab. Indramayu.

6. Pasir Putih Pangandaran

Pasir Putih Pangandaran
Image Credit: Indonesiakaya.com

Jika Anda memiliki hobi untuk menyelam, snorkeling atau berselancar, maka salah satu pantai yang patut dikunjungi adalah Pasir Putih Pangandaran. Pantai ini menyuguhkan keindahan alam bawah laut yang begitu menawan dengan pasir putih yang bersih. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat kekayaan fauna di sekitar pantai seperti kera, dan burung burung.

Lokasi: Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Ciamis.

7. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan
Image Credit: Instagram.com @ulhaqeltsyam

Objek wisata selanjutnya yang memiliki panorama yang indah dan menawan dan terkenal di kota Cirebon adalah Pantai Kejawanan. Di lokasi wisata ini menawarkan pemandangan laut biru dengan latar belakang Gunung Ciremai. Hal tersebut menjadi suguhan yang akan memanjakan setiap pengunjung yang menyaksikannya.

Selain dapat menikmati kontur pantai yang unik, Anda juga bisa melakukan serangkaian aktivitas menarik lainnya. Misalnya saja, duduk santai di pinggir pantai pada sore hari untuk menikmati sunset, atau mencoba kuliner laut yang khas di sekitar wisata pantai tersebut. Hal ini tentunya akan menambah kesan romantis, terlebih jika datang bersama pasangan.

Lokasi: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

8. Pantai Mundu

Pantai Mundu
Image Credit: Facebook.com @ari.wijayanto.773776

Pantai yang satu ini memang masih belum cukup terkenal di kalangan wisatawan karena masih baru saja dibuat untuk kawasan wisata hutan bakau. Namun, keindahan yang begitu menawan membuat Pantai Mandu cocok untuk dikunjungi bagi Anda yang membawa kerabat atau komunitas untuk berlibur di wisata alam tersebut.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Cikarang Bekasi Terbaru & Terhits Buat Liburan

Terdapat beberapa fasilitas pendukung untuk menunjang kebutuhan wisatawan. Fasilitas tersebut meliputi transportasi yang memadai, tempat kuliner, hingga fasilitas umum lainnya. Pesisir Pantai Mundu diharapkan menjadi destinasi wisata yang diminati oleh para pengunjung, mengingat potensi yang ada di sekitar lokasi sangat menjanjikan.

Lokasi: Setupatok, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

9. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan
Image Credit: Facebook.com @nirwana.m.new

Seperti halnya Pantai Mandu, Pantai Bandengan juga termasuk dalam deretan pantai yang menyuguhkan destinasi wisata berupa hutan bakau. Pesisir pantai ini merupakan salah satu yang patut dikunjungi jika Anda singgah di Kota Cirebon karena pesona alamnya tidak bisa diragukan lagi. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menikmati keeksotisan kontur pantai yang menawan.

Lokasi: Bandengan, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

10. Pantai Wurud Umur

Pantai Wurud Umur
Image Credit: Instagram.com @endangsippith

Pantai yang satu ini merupakan objek wisata yang terkenal bagi wisatawan, baik masyarakat sekitar maupun luar daerah. Pasalnya, pantai Wurud Umur menyajikan keindahan pantai dengan hutan mangrove yang memesona. Tidak berhenti sampai disitu saja, Anda bisa menikmati berbagai macam olahan kuliner laut yang tentunya akan memanjakan lidah.

Lokasi: Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

11. Pantai Citemu

Pantai Citemu
Image Credit: Tribunnews.com

Pantai Citemu menyuguhkan pemandangan hamparan laut luas dengan suara deburan ombak yang begitu menenangkan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas, mulai dari menikmati keindahan alamnya, mencoba hidangan kuliner laut, hingga berbelanja kerajinan dari warga lokal yang dapat dibeli sebagai buah tangan yang menarik.

Lokasi: Citemu, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

12. Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya
Image Credit: Radarcirebon.com

Untuk sampai ke lokasi Pantai Tirtamaya, Anda harus menghabiskan waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota Cirebon. Karena lokasinya yang cukup tersembunyi, pantai ini hadir dengan panorama yang sangat indah. Meskipun memiliki ombak yang cenderung besar, pantai ini tetap aman jika digunakan untuk mandi atau sekedar bermain air laut.

Lokasi: Juntikedokan, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

13. Mangrove Kasih Sayang

Hutan Mangrove Kasih Sayang
Image Credit: Google Maps (wisnu prayoga)

Sesuai dengan namanya, di sepanjang pantai ini dikelilingi subur oleh hutan mangrove yang begitu menawan. Destinasi wisata pantai yang satu ini memiliki pemandangan terbaik yang dilengkapi oleh fasilitas pendukung. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang berbondong bondong mengunjungi lokasi wisata alam ini, untuk berlibur atau sekedar bersantai.

Lokasi: Mundupesisir, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

14. TPI Bondet

TPI Bondet
Image Credit: Google Maps (Kadija Jo)

Cirebon berada di pesisir pantai utara atau lebih dikenal dengan istilah pantura, membuat kota ini tak mau kalah jika diperbincangkan tentang wisata pantai atau lautnya. Salah satu pantai yang berada di pesisir pantai yang memiliki banyak pengunjung adalah TPI Bondet. Lokasi ini menjadi populer di kalangan wisatawan karena berlokasi tidak jauh dari pusat kota.

Lokasi: Mertasinga, Kec. Gunungjati, Kab. Cirebon.

15. Pantai Trungtum Tanjung Pura

Pantai Trungtum Tanjung Pura
Image Credit: Kompasiana.com

Pantai yang satu ini menjadi salah satu alternatif wisata alam bagi Anda yang ingin melihat hamparan lautan luas yang memesona. Pantai Trungtum Tanjungpura berada di kawasan Indramayu yang tidak jauh dari pusat kota Cirebon. Hal ini membuat banyak sekali pengunjung yang datang dari luar daerah Cirebon karena aksesnya yang mudah dijangkau.

BACA JUGA:  20 Air Terjun (Curug) di Bogor yang Paling Indah & Hits

Selain itu, di pantai ini Anda juga dapat melakukan serangkaian aktivitas seru, seperti bermain pasir, menikmati keindahan panorama sekitar, hingga berswafoto. Bagi pecinta kuliner yang ingin mencicipi kuliner lezat, wisata satu ini bisa menjadi lahan berburu yang tepat untuk menikmati olahan seafood atau kudapan dari hasil tangkapan bahari.

Lokasi: Sukra, Kec. Sukra, Kab. Indramayu.

16. Pantai Lestari Karangsong

Pantai Lestari Karangsong
Image Credit: Instagram.com @fajarhw

Ketika Anda mengunjungi Pantai Karangsong, Anda tidak hanya akan disuguhi dengan pemandangan yang indah. Sebab, Anda bisa mendapatkan pengalaman baru untuk berkeliling hutan bakau dengan menggunakan fasilitas yang sudah tersedia. Tidak berhenti sampai disitu saja, Anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti memancing, diving hingga berkuliner.

Lokasi: Karangsong, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

17. Pantai Eretan Wetan

Pantai Eretan Wetan
Image Credit: Google Maps (Rivaldie setiawan)

Pantai Eretan Wetan bisa dikatakan sebagai objek wisata alam yang baru di daerah Cirebon. Pantai ini bisa dijadikan sebagai alternatif wisata bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan berbeda. Pasalnya di sekitar pinggir pantai terdapat gazebo yang berjejer untuk disinggahi. Selain itu, ada juga deretan perahu nelayan yang bersandar di tepi pantai.

Lokasi: Eretan Wetan, Kec. Kandanghaur, Kab. Indramayu.

18. Pantai Cibugel

Pantai Cibugel
Image Credit: Iklantravel.com

Pantai yang satu ini merupakan lokasi yang menjadi muara untuk Sungai Bugel. Hal tersebut membuat aliran ombak menjadi lebih menggelegar. Meskipun begitu, Pantai Cibugel tidak pernah sepi pengunjung karena masih banyak keindahan yang bisa dinikmati. Misalnya saja pemandangan sunset dan hamparan pasir putih menawan yang ada di pantai tersebut.

Lokasi: Sukahaji, Kec. Patrol, Kab. Indramayu.

19. Pantai PLTU Sumuradem

Pantai PLTU Sumuradem
Image Credit: Facebook.com @ivan.novianto.144181

Ada satu lagi pantai yang bisa dijadikan alternatif wisata untuk mengisi waktu liburan Anda. Pantai yang dikenal dengan sebutan PLTU Sumuradem, akan memberikan pengalaman yang indah dan bisa dijadikan solusi untuk melepas kepenatan. Anda dapat menikmati keindahan matahari terbenamnya dengan hembusan angin semilir yang menyejukkan.

Lokasi: Sumuradem, Kec. Sukra, Kab. Indramayu.

20. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan
Image Credit: Youtube.com (Andri Bambang St)

Pantai selanjutnya yang bisa menjadi referensi liburan Anda bersama keluarga adalah Pantai Karang Tawulan. Pantai yang berada di perbatasan Cirebon dengan Tasikmalaya ini termasuk wisata alam yang masih alami. Salah satu yang menjadi pesonanya adalah ombak yang tidak terlalu besar, sehingga aman jika bermain air di sekitar pantainya.

Lokasi: Cimanuk, Kalapagenep, kec. Cikalong, Kab. Tasikmalaya.

Itulah deretan wisata pantai terbaik di Cirebon dan sekitarnya yang bisa menjadi referensi liburan terbaik bagi Anda. Selain menawarkan keindahan bahari yang memesona, pemandangan alam sekelilingnya juga tak kalah rupawan. Sehingga jika Anda berada di kota Cirebon tak ada salahnya untuk singgah dan menikmati panorama alamnya.