Cianjur memiliki berbagai objek wisata bahari yang memesona dan menarik untuk dijelajahi. Inilah rekomendasi wisata pantai di Cianjur yang bisa dipilih untuk petualangan liburan yang lebih berkesan.

Berlibur memang menjadi hal yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi kegiatan satu ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk melepaskan beban dan penat. Indonesia sangat kaya akan wisatanya yang tersebar di berbagai daerah. Salah satunya adalah Cianjur, yang mana menjadi salah satu kota dengan beragam destinasi wisata bahari yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Berikut deretan pantai terindah di di Cianjur yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Batu Kukumung

Pantai Batu Kukumung
Image Credit: Google Maps (Ramdan Sapurta)

Objek wisata alam pertama yang wajib untuk Anda kunjungi saat berada di Cianjur adalah Pantai Batu Kukumung. Kawasan wisata ini menjadi salah satu pantai yang dipercayai menjadi sebuah tempat untuk petilasan Prabu Siliwangi. Pada daerah wisata satu ini menyuguhkan sebuah pemandangan alam yang sangat indah dan asri. Terlebih lebih pantai ini memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikannya sebuah keunikan.

Terdapat sebuah batu karang berjajar dan bentuknya terlihat seperti suatu kursi. Yang mana batu karang tersebut dipercaya sebagai tempat ritual Prabu Siliwangi. Batu karang tersebut lebih dikenal dengan sebutan sebagai Situs Batu Kukumbung. Tak hanya itu, pada batu tersebut juga terdapat sebuah telapak kaki Prabu Siliwangi dan Harimau. Terlepas dari hal tersebut, kawasan pantai ini memiliki pesona pantai yang unik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karangwangi, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

2. Pantai Ciujung

Pantai Ciujung
Image Credit: Google Maps (Eki Sapura)

Bagi Anda para pecinta wisata alam, rasanya kurang lengkap bila tak menyempatkan waktu berkunjung di sebuah tempat wisata baru. Sebagai salah satu contohnya adalah Pantai Ciujung, yang mana wajib masuk kedalam daftar kunjungan wisata. Hal ini dikarenakan pantainya yang masih tergolong baru dan memiliki pesona alam luar biasa indahnya. Terlebih lagi, kawasan pantainya masih sepi pengunjung.

Pantai satu ini juga sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat berlibur keluarga. Dikarenakan memiliki ombak pantainya yang sangat tenang. Sehingga sangat cocok bagi Anda dan buah hati atau anak-anak untuk bermain pasir atau bahkan berenang. Selain itu, di sekeliling pantainya terdapat pepohonan kelapa yang dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk berteduh dan beristirahat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jayagiri, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur Selatan, Jawa Barat.

3. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti
Image Credit: Instagram.com @triazsandika

Wisata bahari selanjutnya yang dapat Anda datangi adalah Pantai Jayanti. Kawasan wisata satu ini menjadi salah satu tempat yang terkenal dan populer di telinga para wisatawan. Tak dapat dipungkiri kawasan pantai satu ini menyuguhkan sebuah pemandangan alam yang sangat indah. Pasir pantainya sedikit berbeda jika dibandingkan dengan daerah pantai lainnya. Hal inilah yang menjadikan Pantai Jayanti memiliki keunikan.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah di Cianjur yang Populer & Memiliki Fasilitas Terbaik

Hamparan pasir hitam dan campuran kecoklatan yang sangat luas serta dipadukan dengan batuan karang menjadi sebuah hal yang sangat indah untuk dipandang mata. Ombaknya yang besar dan bertabrakan dengan batu karang, menimbulkan suara deburan ombak yang indah. Hal ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu sarana untuk menenangkan diri dan melepaskan segala beban dan penat pikiran.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur Selatan, Jawa Barat.

4. Pantai Agrabinta

Pantai Agrabinta
Image Credit: Facebook.com @heru.permana

Saat pertama kali mendengar namanya, mungkin akan sangat asing di telinga para wisatawan. Pantai Agrabinta merupakan salah satu kawasan wisata bahari yang sangat asri. Pantai satu ini menawarkan sebuah panorama pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Yang mana pemandangannya tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai lainnya. Hal tersebut akan membuat Anda merasa betah dan nyaman.

Dengan suasana alamnya yang sangat asri, menjadi tempat yang cocok untuk Anda yang sedang mencari kedamaian dan ketenangan. Terlebih lagi udara yang ada di kawasan ini sangat segar dan sejuk. Bahkan ada beberapa hammock, yang mana dapat Anda gunakan untuk duduk atau tiduran santai di pinggir pantai. Dengan begitu, Anda dapat menikmati suara deburan ombak dan panorama pantai dengan tenang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mekarsari, Kec. Agrabinta, Kab. Cianjur Selatan, Jawa Barat.

5. Pantai Lugina

Pantai Lugina
Image Credit: Instagram.com @deppiapey

Cianjur menjadi salah satu kota yang unggul dalam berbagai destinasi wisata alamnya. Salah satunya adalah Pantai Lugina, yang mana menawarkan sebuah pemandangan alam dan dapat menyejukkan mata Anda. Berada di lokasi yang sedikit tersembunyi dan tak banyak orang mengetahuinya. Menyebabkan kawasan wisata bahari satu ini masih sangat alami dan asri serta bersih dari sampah.

Tak hanya itu, kawasan pantai ini sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat untuk mendapatkan sebuah ketenangan dan kedamaian. Hal ini dikarenakan panorama pemandangan alam yang disuguhkan sangat memukau dan menakjubkan. Terlebih lagi tempat wisata alam ini dapat Anda jadikan sebagai spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam dan terbit.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wanasari, Kec. Agrabinta, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

6. Pantai Cipanglay

Pantai Cipanglay
Image Credit: Facebook.com @Komunitaspedulicianjurselatan

Objek wisata pantai di Cianjur lainnya yang wajib untuk Anda kunjungi adalah Pantai Cipanglay. Kawasan wisata satu ini menjadi destinasi wisata dengan panorama alam yang masih sangat asri. Sehingga saat Anda berkunjung ke tempat ini dapat menikmati pemandangan yang sangat sejuk dan segar. Bahkan udara dan nuansanya sendiri sangat tenang. Dengan begitu akan membuat Anda merasa nyaman dan damai.

BACA JUGA:  16 Air Terjun (Curug) di Cianjur yang Paling Indah & Hits

Selain itu, pesona pemandangan saat matahari terbit dan terbenam menjadi sebuah spot menarik dan wajib untuk Anda saksikan. Dengan begitu, Anda dapat menikmati pemandangan alamnya mulai dari pagi hingga malam hari. Untuk lokasinya sendiri yang berada berdekatan dengan Pantai Jayanti. Nantinya akan membuat Anda dimudahkan untuk menemukan dan menjumpai kawasan wisata bahari satu ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

7. Pantai Sarongge

Pantai Sarongge
Image Credit: Google Maps (Rudi Setiadi)

Pantai Sarongge adalah salah satu destinasi wisata bahari yang belum banyak orang mengetahui. Meskipun begitu, sebenarnya kawasan wisata ini menawarkan sebuah pemandangan pantai yang memukau. Tak hanya pemandangan alamnya yang indah, saat berada di sini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang dapat membuat betah dan nyaman. Mulai dari bermain pasir hingga berenang.

Kawasan wisata pantai satu ini menjadi salah satu tempat yang kerap kali dipakai untuk lokasi hunting foto. Mempunyai hobi berfoto, maka Anda dapat menyalurkan hobi dengan memotret seluruh pemandangan dan panorama alam yang ada. Bahkan adanya beberapa perahu yang berjejer akan menambahkan kesan keindahan dan keunikan yang eksotik dari Pantai Sarongge ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mekar Sari, Kec. Cikalongkulon, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

8. Pantai Cigebang

Pantai Cigebang
Image Credit: Google Maps (Abufaiz GuN@ONe)

Bagi Anda yang menyukai petualangan, maka tak ada salahnya untuk menyempatkan waktu berkunjung di Pantai Cigebang. Berada di lokasi yang sangat strategis, nantinya akan membuat Anda mudah untuk menemukan lokasi wisata bahari satu ini. Kawasan pantainya sangat terkenal dengan ombak yang tenang. Nantinya Anda dapat menikmati suara deburan ombak yang sangat tenang.

Selain itu, pemandangan alam yang disuguhkan juga tak kalah indahnya. Terlebih lagi, panorama alam saat matahari terbenam menjadi salah satu pesona yang kerap kali dijadikan sebagai alasan untuk datang ke tempat wisata ini. Cahaya kemerahan dan jingga yang disuguhkan akan menghadirkan sebuah pemandangan langit yang sangat indah. Terlebih lagi suasananya yang asri menambah kesan keindahan tersendiri.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karangwangi, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

9. Pantai Maleber

Pantai Maleber
Image Credit: youtube.com

Kawasan wisata pantai selanjutnya adalah Pantai Maleber. Tempat wisata bahari ini menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pemandangan dan suasana bahari yang sangat asri. Tak hanya itu, saat berada di sini nantinya Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang sangat menarik. Dengan begitu, nantinya Anda akan dibuat merasa nyaman dan betah berlama-lama disini.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Cianjur yang Terkenal Lezat

Bagi pemilik hobi memancing, Anda wajib berkunjung di pantai ini. Bahkan Anda juga dapat berkeliling dengan perahu guna menikmati seluruh pemandangan pantainya secara dekat. Untuk fasilitasnya sendiri sudah sangat lengkap. Mulai dari adanya kamar mandi, area parkir, dan tempat ibadah. Sehingga Anda dapat menggunakannya dan merasa nyaman ketika sedang berlibur.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Maleber, Kec, Karangtengah, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

10. Pantai Karang Potong

Pantai Karang Potong
Image Credit: Google Maps (Hendrik Septian Septian)

Kawasan wisata bahari selanjutnya yang wajib untuk Anda kunjungi adalah Pantai Karang Potong. Wisata bahari satu ini menawarkan sebuah keindahan alam yang sangat menakjubkan bahkan juga menyajikan sebuah nuansa yang romantis. Terlebih lagi menjelang waktu sore hari, pemandangan sunset yang ditawarkan tak kalah indahnya. Ditambah lagi dengan deburan ombak pantai yang menenangkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Saganten, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

11. Pantai Apra

Pantai Apra
Image Credit: Google Maps (Usep Farhan)

Wisata bahari terakhir yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk berlibur adalah Pantai Apra. Kawasan wisata pantai satu ini memiliki ombak yang sangat tinggi. Sehingga menjadi salah satu tempat yang pas untuk dijadikan sebagai area selancar. Tak hanya itu, kawasan wisata pantai satu ini juga menawarkan sebuah pemandangan alam yang tak kalah indah dan menakjubkan dibanding pantai lainnya.

Bahkan pantai ini menjadi sebuah lokasi untuk muara dari Sungai Ciseda. Dengan begitu, saat Anda berada di kawasan ini nantinya dapat menyaksikan secara langsung keindahan pantainya dan berpadu dengan muara serta batuan karang yang kokoh. Tak hanya itu, kawasan pantai ini juga terkenal memiliki musim ipun. Yang mana musimnya ikan kecil-kecil. Sehingga menambah kesan keunikan dan keindahan Pantai Apra.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Saganten, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

Itulah beberapa wisata pantai hits yang menarik dijelajahi di Cianjur. Kota satu ini tak hanya terkenal dengan berbagai wisata kulinernya, melainkan terdapat banyak objek wisata pantai di daerah ini yang cukup bagus untuk didatangi. Yang mana kawasan wisata alam tersebut dapat dijadikan sebagai lokasi untuk melepaskan lelah dan penat pikiran. Jadi, sudah tertarik untuk berkunjung di pantai yang mana?