Tertarik Liburan di Pantai? Periksa List Wisata Pantai Populer di Bekasi, Jawa Barat. Destinasi Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Paling Hits yang Menarik Anda Eksplor Saat Liburan.

Dijuluki sebagai Bekasi memang tiap harinya selalu dipadati dengan masyarakat yang lalu lalang. Tak heran jika kota Bekasi ini dikenal dengan kemacetannya. Namun siapa sangka, kota dengan kemacetannya ini menyimpan sejuta pesona wisata bahari yang patut dikunjungi.

Bagi Anda yang berkunjung ke Kota Bekasi, pastinya akan melihat deretan mall yang berjejer di sepanjang jalan. Tak hanya itu saja, Kota Industri ini terletak tidak begitu jauh dengan ibukota Jakarta terkenal dengan kemacetannya. Meski terlihat lebih banyak bangunan tinggi pencakar langitnya, bukan berarti Bekasi tidak memiliki pesona bahari yang patut dipertimbangkan.

Kota Bekasi ini ternyata menyimpan berbagai wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi dan melakukan kegiatan liburan yang seru. Berikut deretan wisata pantainya.

1. Pantai dan Hutan Mangrove Muara Gembong

Pantai dan Hutan Mangrove Muara Gembong
Image Credit: Google Maps (Risaldy Jaya)

Apabila Jakarta memiliki taman mangrove di kawasan Pantai Indah Kapuk atau PIK, maka Bekasi juga mempunyai taman mangrove di Muara Gembong yang tak kalah menariknya. Tak hanya terdapat taman mangrove, di Muara Gembong pula terdapat pantai dengan panoramanya yang menakjubkan. Para pengunjung yang datang ke destinasi ini akan mendapatkan suasana yang masih alami dan menyegarkan.

Suasana tersebut ditimbulkan dari pepohonan bakau yang terdapat di sekeliling pantai. Pemandangan dari pepohonan tersebut tentunya mampu memanjakan mata para pengunjung yang datang. Muara Gembong sendiri merupakan salah satu kecamatan yang terdapat di Kota Bekasi. Pada Kecamatan Muara Gembong ini terdiri enam desa yakni Desa Pantai Bahagia, Desa Pantai Bakti, Desa Pantai Mekar, Desa Pantai Sederhana, Desa Pantai Harapan Jaya, dan Desa Jaya Sakti.

Menariknya lagi, para pelancong yang datang ke Pantai Muara Gembong ini bisa menikmati fasilitas sampan yang ditawarkan oleh pengelola wisata. Setiap pengunjung bisa menelusuri hutan mangrove dengan menggunakan sampan sambil menikmati suasana yang begitu asri dan menyejukkan. Hutan mangrove di Pantai Muara Gembong ini memiliki panjang hingga 17 kilometer.

Lokasi: Kec. Muara Gembong, Kab. Bekasi.

2. Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting
Image Credit: Instagram.com @pampam_budhy

Meski terkenal dengan kota yang padat dan semrawut, Bekasi juga memiliki pantai yang indah seperti Pantai Muara Beting. Masih satu kecamatan dengan Pantai dan Hutan Mangrove Muara Gembong, Pantai Muara Beting ini terletak di Desa Pantai Bahagia. Destinasi wisata ini memiliki pasir pantai berwarna kecoklatan serta deburan ombak yang cukup deras. Dengan pesona tersebutlah mampu membuat para pengunjung yang datang merasa nyaman untuk berlama lama disini.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Bekasi Terbaru & Terhits Buat Liburan

Namun sayangnya, pantai ini masih belum dikelola secara profesional sehingga terdapat beberapa fasilitas yang kurang memadai. Meskipun begitu, potensi keindahan yang dimiliki oleh Pantai Muara Beting ini sangat memanjakan para pelancong yang datang. Keindahan pasir pantainya dan suara deburan ombak dari Laut Jawa tersebut dapat mengobati segala kepenatan setelah beraktivitas seharian.

Pantai Muara Beting ini sendiri cukup landai, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tempat bermain para pengunjung. Sama halnya dengan Pantai dan Hutan Mangrove Muara Gembong, pantai ini pula terdapat hutan bakau seluas kurang lebih 70 hektar yang bisa dijelajahi oleh para pelancong. Bagi Anda yang ingin berkunjung kesini, disarankan pada saat bulan September hingga Februari, karena nantinya Anda bisa menyaksikan sekumpulan burung terbang untuk bermigrasi.

Lokasi: Pantai Bahagia, Kec. Muara Gembong, Kota Bekasi.

3. Pantai Muara Bendera

Pantai Muara Bendera
Image Credit: Kompasiana.com

Masih berada di kawasan Muara Gembong, pantai yang menawarkan pesona menakjubkan lainnya ialah Pantai Muara Bendera. Letak lokasi dari Pantai Muara Bendera ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari Pantai Muara Beting. Bahkan secara administratif, pantai ini masih termasuk ke dalam wilayah Desa Pantai Bahagia. Pantai Muara Bendera ini bisa dibilang sebagai pantai di Bekasi yang paling tenang dibandingkan pantai lainnya.

Dengan keindahannya yang masih begitu alami tersebut, mampu menghipnotis para pelancong yang berkunjung ke Pantai Muara Bendera ini. Dikarenakan pengunjungnya yang masih cenderung lebih sepi, tak heran pantai ini cocok digunakan untuk orang yang ingin mencari ketenangan di tengah padatnya Kota Bekasi. Fasilitas yang terdapat pada Pantai Muara Bendera ini masih belum lengkap karena berada dalam tahap proses pengembangan.

Oleh karena itulah, para pengunjung disarankan untuk membawa segala perlengkapan sendiri dari rumah sebelum menuju ke pantai ini. Misalnya saja pelampung untuk berenang dan bekal, mengingat di Pantai Muara Bendera ini minim penjual yang menjajakan makanan ataupun minuman. Bagi pengunjung yang ingin berenang, diharapkan untuk berhati hati sebab terdapat banyak ubur ubur yang hidup di pantai ini.

Lokasi: Pantai Bahagia, Kec. Muara Gembong, Kota Bekasi.

4. Pantai Mekar

Pantai Mekar
Image Credit: Ihategreenjello.com

Objek wisata bahari Bekasi selanjutnya ialah Pantai Mekar yang berlokasi tidak jauh dari Pantai Muara Gembong, lebih tepatnya di Desa Pantai Mekar. Pesona yang ditawarkan pun hampir sama dengan beberapa pantai lainnya di Bekasi yaitu hutan mangrove yang dilindungi. Uniknya, Pantai Mekar ini memiliki gazebo yang berada di lepas pantai. Meski terletak di tengah laut, gazebo tersebut sudah diklaim memiliki kekuatan yang cukup karena terbuat dari kayu, bambu, dan atap jerami.

BACA JUGA:  10 Hotel Murah Dekat Stasiun Bekasi Dengan Fasilitas Terbaik

Biasanya gazebo ini digunakan para pengunjung untuk memancing atau sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan serta desiran angin laut yang menyegarkan. Selain itu, para pengunjung juga bisa melihat muara Sungai Gembong yang merupakan anak Sungai Citarum dari pantai ini. Pantai Mekar ini pula dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, musholla, dan area parkir yang cukup luas.

Lokasi: Desa Mekar, Kec. Muara Gembong, Kota Bekasi.

5. Pantai Marunda dan Jembatan Cinta

Pantai Marunda dan Jembatan Cinta
Image Credit: Google Maps (NGAPAK berklintung)

Pantai Marunda terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota, lebih tepatnya di perbatasan Bekasi dengan Jakarta Utara. Akses untuk bisa mencapai Pantai Marunda ini sendiri tidaklah terlalu sulit, sehingga para pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Pantai Marunda yang berada di Bekasi ini memiliki pemandangan yang sangat cantik dan mempesona, sehingga mampu menyihir siapa saja yang datang.

Para pengunjung akan menemukan jembatan yang dikenal dengan sebutan Jembatan Cinta, selama perjalanan menuju Pantai Marunda. Jembatan Cinta yang berada di Pulau Tidung ini merupakan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) Kabupaten Bekasi. Dermaga cantik tersebut bertujuan untuk memudahkan proses restorasi hutan mangrove yang sudah rusak, serta mengedukasi warga setempat agar bisa bersama sama merawat dan melestarikan ekosistem muara.

Lokasi: Segarajaya, Kec. Tarumajaya, Kab. Bekasi.

6. Pantai Mutiara

Pantai Mutiara
Image Credit: Galeriwisatapantai.rikhania.id

Meski tidak berada tepat di Kota Bekasi, namun lokasi dari Pantai Mutiara ini tak terlalu jauh jika ditempuh dari pusat Kota Bekasi. Pantai Muara menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dengan hamparan lautnya yang luas, ditambah pula dengan suara deburan ombak yang mampu membuat siapa saja terasa nyaman jika berada disini. Oleh sebab itulah pantai ini sangat cocok digunakan untuk pengunjung yang ingin menenangkan pikirannya dari segala aktivitas seharian.

Apalagi saat matahari akan terbenam, pemandangan yang disuguhkan Pantai Mutiara ini dapat menghipnotis siapa saja. Dengan langitnya yang perlahan berubah menjadi warna orange dan refleksi sunset di permukaan air akan memberikan ketenangan tersendiri dari pantai ini. Tak heran jika Pantai Mutiara selalu ramai akan pengunjung ketika menjelang petang. Selain itu para pengunjung pula dapat menyaksikan pemandangan berupa kapal yang bersandar di Pantai Mutiara.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Bekasi yang Paling Terkenal

Lokasi: Pusakajaya Utara, Kec. Cilebar, Kab. Karawang.

7. Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis
Image Credit: Ayopurwakarta.com

Secara administratif, Pantai Tanjung Pakis memang terletak di Kecamatan Pakis Jaya Kabupaten Karawang. Namun secara geografis pantai ini letaknya sangat dekat dari Jakarta yaitu berada di perbatasan antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang. Pesona keindahan Pantai Tanjung Pakis ini berasal dari hamparan pasirnya nan putih dan bersih. Tak hanya itu, ombaknya yang tenang pula mampu menciptakan suasana nyaman di pantai ini.

Dengan berbagai pesonanya tersebut, tak heran jika Pantai Tanjung Pakis ini menjadi salah satu pantai yang paling diminati oleh banyak pelancong. Bagi Anda yang ingin datang ke Pantai Tanjung Pakis ini disarankan datang ketika menjelang sore hari atau petang hari, karena pemandangan yang disuguhkan pada saat itu sangatlah apik. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai spot foto yang instagenik.

Bahkan banyak pula para pengunjung yang datang berlibur kesini untuk menenangkan pikirannya dari hiruk pikuk aktivitas perkotaan yang sungguh melelahkan. Wisatawan yang datang kesini tidak akan rugi begitu saja, karena mereka akan dijamu dengan keramahan penduduk sekitar yang mampu menciptakan suasana lokasi wisata ini menjadi lebih nyaman untuk dikunjungi.

Lokasi: Tanjungpakis, Kec. Pakisjaya, Kab. Karawang.

8. Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru
Image Credit: Google Maps (Indra Pradana)

Destinasi wisata pantai satu ini letaknya hampir berdekatan dengan Pantai Tanjung Pakis. Pantai Tanjung Baru sangat cocok dikunjungi bersama keluarga maupun teman teman. Dengan panorama alamnya yang begitu indah ampuh menghilangkan penat di pikiran. Tak hanya itu saja, dengan pasir kecoklatannya tersebut menjadi suatu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Pantai Tanjung Baru.

Para pelancong pula akan disuguhkan dengan aneka kuliner laut yang dijajakan oleh para penjual di sekitar pantai. Aneka kuliner laut tersebut memiliki rasa yang khas dan lezat dibandingkan dengan lainnya. Bahkan dengan citarasanya tersebut mampu membuat para pengunjung ingin datang kembali ke destinasi pantai satu ini. Ombaknya yang cukup tenang tersebut pula biasanya digunakan untuk bermain para pengunjung.

Lokasi: Desa Pasir Jaya, Kec. Cilamaya Kulon. Kab. Karawang.

Dengan melihat beberapa destinasi wisata pantai yang berada di Bekasi, bisa dijadikan sebagai referensi Anda saat liburan tiba. Sebenarnya kota industri ini pula masih menyimpan sejuta pesona mempesona di berbagai wisata alamnya yang tersebar luas. Tak hanya wisata alam saja, namun terdapat wisata modern atau kekinian serta bersejarah lainnya yang mampu memanjakan para pengunjung selama musim liburan.