Tasikmalaya termasuk salah satu kota yang menyimpan segudang wisata kuliner lezat dengan harga terjangkau, sehingga jangan sia-siakan kesempatan untuk menjajal deretan kulinernya selagi bertandang kesana.

Selama berkunjung ke Tasikmalaya, wisatawan tidak akan pernah kesulitan menemukan tempat makan terbaik untuk mengisi tenaga kembali. Sebab kota yang dijuluki sebagai sang mutiara yang berasal dari Pariangan Timur ini, menyimpan kekayaan wisata kuliner yang sayang dilewatkan. Berikut daftar tempat kuliner favorit di Tasikmalaya yang wajib Anda kunjungi.

1. Pecel Oranye

Pecel Oranye
Image Credit: Google Maps (Marni Purmala)

Mencari sarapan lezat di Tasikmalaya? Anda bisa mengunjungi tempat makan bernama Pecel Oranye. Warung makan populer ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, atau dibangun sekitar tahun 1925 silam. Hingga saat ini, bangunan ini masih siap menyambut para tamu yang datang untuk menyantap satu porsi kuliner lezat sebelum memulai hari.

Citarasa pecel yang disajikan sedikit berbeda dari daerah lainnya. Pasalnya kuliner satu ini memiliki cita rasa asin, manis, namun juga asem yang bercampur menjadi satu. Anda bisa merasakan kelezatannya dengan harga ramah di kantong. Selain menawarkan pecel, disini pelanggan juga bisa memesan berbagai menu kuliner lainnya yang tidak kalah lezat.

Lokasi: Jl. Empang No.27, Empangsari, Tawang, Yudanagara, Kec. Cihideung, Kab. Tasikmalaya,

2. Mie Baso Cicim

Mie Baso Cicim Tasikmalaya
Image Credit: Google Maps (Febri Suryana)

Rindu dengan satu mangkok hangat saat berkunjung ke Tasikmalaya ? Tidak perlu khawatir, karena hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunjungi Mie Baso Cicim. Satu porsinya tampak serupa dengan mie bakso pada umumnya, namun yang membuatnya istimewa yaitu bakso goreng serta lacupannya. Lacupan adalah makanan yang diolah dari tepung beras bak otak otak.

Kuliner lezat ini disajikan dengan dua varian yang bisa dipilih sesuai selera, yaitu bakso yamin serta bakso kuah. Jika Anda bertanya mana yang paling lezat, tentu saja para tamu memiliki selera berbeda dan menganggap keduanya sangat lezat. Inilah mengapa Mie Baso Cicim masuk dalam deretan warung makan hits di kalangan masyarakat Tasikmalaya.

Lokasi: Jl. Empangsari, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya.

3. Mie Bakso Laksana

Mie Bakso Laksana
Image Credit: Google Maps (Arun Hazard )

Bagi pecinta bakso, tampaknya tidak boleh melewatkan kesempatan mengunjungi Mie Bakso Laksana ketika menapakkan kaki di Tasikmalaya. Tempat makan ini sudah terkenal akan kelezatan rasanya, dan termasuk sebagai wisata kuliner legendaris yang wajib dicoba. Tidak mengherankan jika masyarakat lokal merekomendasikan wisatawan berkunjung kesana.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Bekasi yang Terkenal Enak

Sajian dalam satu mangkoknya hampir serupa dengan mie bakso pada umumnya. Namun yang membedakannya dengan mie bakso pada umumnya, terletak pada penambahan sambal bawang yang dicampurkan menjadi bumbu sambal kulinernya. Sekali mencobanya, siapapun akan dibuat terbuai dengan rasanya.

Lokasi: Jl. Pemuda No.5, Yudanagara, Kec. Cihideung, Kab. Tasikmalaya.

4. Bubur Haji Pataruman Zaenal

Bubur Haji Pataruman Zaenal
Image Credit: Google Maps (Gareth Ina Ragil Wicaksana)

Bubur termasuk salah satu makanan yang banyak ditemukan di kota Tasikmalaya, namun belum ada yang bisa menduakan kelezatan satu mangkok Bubur Haji Pataruman Zaenal. Tempat makan ini kerap menjadi rekomendasi terbaik bagi para pelancong yang ingin memuaskan perut kelaparan, dengan harga murah dan rasa nikmat.

Bubur Haji Pataruman Zaenal sudah berdiri sejak tahun 1969 lalu, dan hingga kini tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya. Hal ini menandakan bahwa kelezatan rasanya sudah dikenal oleh masyarakat luas. Disini Anda akan disajikan dengan satu mangkok bubur ecer yang dilengkapi dengan aneka topping yang berhasil meningkatkan nafsu makan.

Mulai dari suwiran daging ayam, cakwe, ati ampela, bawang goreng, serta ati ampela akan menjadi topping pelengkap buburnya. Perpaduan rasa yang dihasilkan dari semua makanan tersebut, akan bersatu padu untuk melahirkan cita rasa tiada banding. Satu mangkoknya dipatok dengan harga sekitar 20 ribuan rupiah saja, namun sudah berhasil membuat perut merasa puas.

Lokasi: Jl. R. Ikik Wiradikarta No.33, Tawangsari, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya.

5. Soto Ayam Pataruman

Soto Ayam Pataruman
Image Credit: Google Maps (Didit Dwi Subagio)

Soto termasuk kuliner yang bisa ditemukan di berbagai kota, salah satunya di Tasikmalaya. Jika Anda tertarik mencicipi kelezatan satu mangkok soto hangat, silahkan berkunjung ke Soto Ayam Pataruman. Disini pelanggan akan disajikan dengan sebuah soto dengan aneka jenis isian yang siap membuat nafsu makan meningkat sejak mencium aroma wangi dari kuah soto.

Jenis isian yang bisa dipilih antara lain ati ampela, dada, ceker, kepala, kulit, serta ceker ayam. Jika soto lainnya mengandalkan daging ayam potong, maka disini pelanggan akan disajikan dengan daging ayam kampung yang terkenal akan kelezatannya. Suwiran daging ayam kampung inilah yang membuat cita rasa soto semakin nikmat nan gurih.

Lokasi: Jl. Pataruman, Yudanagara, Kec. Cihideung, Kab. Tasikmalaya.

6. An’ Cafe

An’ Cafe
Image Credit: Google Maps (Riyan Bayu)

An’ Cafe merupakan destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi selama berada di Tasikmalaya. Disini pelanggan bisa memesan beberapa menu masakan khas Korea yang akan disajikan langsung dalam satu panci panas. Harga yang ditawarkan juga cukup bersahabat, sehingga banyak anak muda mudi yang tertarik mengunjunginya.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.29, Kahuripan, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya.

BACA JUGA:  15 Air Terjun (Curug) di Tasikmalaya yang Paling Indah & Hits

7. Raja Sate Maranggi

Raja Sate Maranggi
Image Credit: Google Maps (Yulia Sofiani)

Bertandang ke Tasikmalaya akan terasa kurang puas jika belum mampir ke Raja Sate Maranggi. Disini pelanggan akan disajikan dengan beberapa tusuk sate yang dibuat dari potongan daging sapi cukup besar, lalu dibakar dan disiramkan dengan bumbu kecap. Rasanya semakin nikmat ketika disajikan bersama dengan satu lontong atau nasi hangat.

Lokasi: Jl. Taman Harapan No.5, Kahuripan, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya.

8. Kedai Pelangi

Kedai Pelangi
Image Credit: Google Maps (Gilbert Gattang)

Pecinta olahan mie, tampaknya wajib mengunjungi wisata kuliner di Tasikmalaya yang bernama Kedai Pelangi. Disini para pelanggan akan disajikan dengan satu mangkok yang berisikan dengan aneka mie berwarna warni, sesuai dengan pemberian nama warungnya sendiri. Mie warna warni bak pelangi ini aman dikonsumsi, karena menggunakan pewarna alami.

Soal rasa tampaknya tidak perlu diragukan, mengingat tempat makan ini tidak pernah sepi dikunjungi para penggemarnya. Satu porsi mie warna warni hanya dipatok mulai dari 13 ribuan saja. Selain mie warna warni, Anda juga bisa memesan menu kuliner lainnya yang tidak kalah lezat seperti mie cokelat atau bakso jumbo tulang muda.

Lokasi: Jl. BBK Selakaso, Cilembang, Kec. Cihideung, Kab. Tasikmalaya.

9. Kafe Romie Susanti

Kafe Romie Susanti
Image Credit: Google Maps (Romie Susantie)

Kafe Romie Susanti adalah salah satu tempat makan hits yang banyak didatangi oleh para pemuda Tasikmalaya. Menyediakan aneka masakan lezat dan varian minum melimpah, menjadi alasan mengapa Kafe Romie Susanti cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong bersama dengan teman maupun keluarga tercinta.

Lokasi: Jl. BKR, Kahuripan, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya.

10. Takara Kitchen

Takara Kitchen Tasikmalaya
Image Credit: Google Maps (Siti Kania Sudiawan)

Takara Kitchen adalah tempat makan terbaik dikunjungi bagi wisatawan yang ingin mencicipi kelezatan dari aneka menu masakan Asia. Aneka jenis ramen merupakan menu andalan yang banyak dipesan para tamu yang datang. Satu porsi ramen sudah bisa memuaskan perut yang sedari tadi berbunyi.

Soal harga tidak perlu dipertanyakan, karena Anda bisa memesannya tanpa perlu takut isi kantong akan ludes seketika. Tempat makan ini juga buka setiap hari mulai dari jam 10 pagi hingga 9 malam, sehingga Anda bisa datang kapanpun disaat perut mulai memberontak. Sedangkan dari segi rasa, kemungkinan Anda tidak akan berhenti mengunyah sebelum habis tanpa sisa.

Lokasi: Jl. Paseh No. 8, Nagarawangi, Tuguraja, Kec. Cihideung, Kab. Tasikmalaya.

11. Nasi Cikur Penyeturan

Nasi Cikur Penyeturan Tasikmalaya
Image Credit: Google Maps (Ricky Wijaya)

Bertandang ke kota Tasikmalaya, tentu Anda harus mampir ke tempat makan populer bernama Nasi Cikur Penyeturan. Kedai yang dimiliki oleh Ny Iyen ini telah menyambut para tamu sejak puluhan tahun lamanya. Selama itu pula, sudah banyak wisatawan yang mengakui kelezatan rasa yang ditawarkan dalam porsinya.

Warung makan yang dibuka mulai dari jam 6 pagi hingga 8 pagi ini tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya. Justru jumlah pelanggan akan semakin meningkat ketika memasuki hari libur atau akhir pekan. Sekali mencoba mencicipinya, di saat itu pula Anda akan dibuat jatuh hati terhadap kelezatannya. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk mengunjunginya segera.

BACA JUGA:  20 Makanan Khas Cirebon yang Terkenal Lezat

Lokasi: Jl. Panyerutan, Nagarawangi, Kec. Cihideung, Kab. Tasikmalaya.

12. Nasi TO Tasik

Nasi TO Tasikmalaya
Image Credit: Google Maps (Hastomo Dian)

TO (Tutug Oncom) adalah masakan khas Sunda yang cukup populer di kalangan masyarakat Tasikmalaya. Jika Anda tertarik mencoba kelezatannya, bisa langsung berkunjung ke wisata kuliner Nasi TO Tasik. Dalam satu porsinya akan ditambahkan dengan aneka lauk mulai dari daging ayam, bihun, mentimun, oseng sayur, serta telur goreng yang menambah kelezatan rasanya.

Lokasi: Jl. R. Ikik Wiradikarta No.30-56, Tawangsari, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya.

13. Waroeng Kopi Lawas E18

Waroeng Kopi Lawas E18 Tasikmalaya
Image Credit: Google Maps (Wulandari Dahlan)

Berlibur ke Tasikmalaya akan kurang lengkap jika belum berkunjung ke Waroeng Kopi Lawas E18. Warung kopi satu ini cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong santai bersama dengan kerabat atau keluarga tercinta. Selain lokasinya yang nyaman, disini pengunjung juga bisa menikmati aneka sajian kopi lezat yang berasal dari berbagai penjuru tanah air.

Lokasi: Jl. Empang No 18, Empangsari, Kec. Cihideung, Kab. Tasikmalaya.

14. Kupat Tahu Mangunreja

Kupat Tahu Mangunreja
Image Credit: Google Maps (Diaf Family)

Kupat Tahu Mangunreja termasuk wisata kuliner legendaris lainnya yang dimiliki oleh kota Tasikmalaya. Tempat makan ini bahkan sudah berdiri sejak penjajahan Belanda, dan hingga kini masih setia menemani penggemarnya yang merasa kelaparan. Satu porsinya terdapat potongan kupat, sayuran, dan tahu yang disiramkan bumbu kacang.

Cita rasa kuliner satu ini terasa sedikit berbeda dengan kupat tahu pada umumnya. Pasalnya sang pemilik memasaknya dengan cara tradisional, dimana kayu bakar yang akan menjadi api pemanas utamanya. Inilah mengapa kupat tahu satu ini memunculkan aroma khas yang membuat siapapun merasa ingin mengkonsumsinya segera.

Lokasi: Jl. Raya Garut Km 2,  Kec. Mangunreja, Kab. Tasikmalaya.

15. Susu Murni Si Doel

Susu Murni Si Doel
Image Credit: Google Maps (Puspa Nurcahyani)

Seperti pemberian namanya, disini pengunjung bisa menikmati satu cangkir susu khas Tasikmalaya yang baik bagi kesehatan. Selain susu segar saja, Anda juga bisa memesan menu makanan sebagai pendampingnya. Buka setiap hari mulai dari jam 10 pagi hingga 9 malam, di waktu itu pula Anda bisa mencicipi kelezatan rasanya.

Lokasi: Jl. BKR No.9A, Kahuripan, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya.

Tasikmalaya termasuk dalam daftar kota yang asyik dijadikan sebagai tempat berburu kuliner lezat dan nikmat bagi para pelancong. Mulai dari makanan legendaris hingga masakan populer, atau makanan pedas hingga manis bisa Anda temukan semuanya disini. Tempat wisata kuliner Tasikmalaya manakah yang sudah pernah Anda kunjungi ?