Sudah bukan rahasia lagi jika Sukabumi menyimpan keindahan alam bak surga dunia. Karunia tersebut semakin lengkap dengan adanya ragam wisata kuliner khas yang dimiliki Sukabumi.

Sukabumi merupakan salah satu daerah yang letaknya berada di kawasan pesisir selatan. Ada begitu banyak daya tarik yang dimiliki Sukabumi dan menjadikannya tujuan wisata para pengunjung. Aneka kudapan yang sangat lezat juga semakin membuat daerah ini sangat menakjubkan. Berikut daftar rekomendasi tempat kuliner di Sukabumi yang bisa Anda pilih.

1. Butler Bar And Resto

Butler Bar And Resto
Image Credit: Google Maps (Louis Li)

Wisata kuliner yang satu ini memiliki konsep ruangan dengan perpaduan modern dan retro. Tempat makan ini sangat cocok jika digunakan sebagai tempat pertemuan keluarga dan teman teman. Di setiap ruangan, Anda akan melihat berbagai pernak pernik menarik yang bisa digunakan sebagai latar belakang foto. Mulai dari foto jadul hingga ornamen klasik bisa Anda temukan di sini.

Adapula dinding yang berhiaskan pajangan retro klasik sebagai penambah daya tarik. Dengan demikian, Anda tentu akan betah untuk berlama lama di tempat makan yang satu ini. Sajian kudapan yang ditawarkan pun sangat beragam dan tentu menggugah selera. Salah satu menu yang wajib Anda coba ialah Lasagna Roll bertabur keju lezat di atasnya.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.111, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

2. Kazoku Tei

Kazoku Tei
Image Credit: Google Maps (Liliana Axiang)

Teruntuk Anda yang gemar menyantap makanan khas Jepang, Kazoku Tei bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Wisata kuliner di Sukabumi ini menyajikan makanan khas Negeri Sakura yang wajib untuk dicoba. Konsep dan penataan ruangan dibuat sedemikian rupa hingga sangat mirip dengan Negara Jepang. Makanannya pun cukup lengkap.

Bagi Anda penggemar kudapan Jepang, rasanya tidak lengkap jika belum mengunjungi wisata kuliner Kazoku Tei ini. Ada begitu banyak makanan khas Jepang mulai dari Sushi, Ramen, Udon, hingga Shabu Shabu. Menu makanan yang disajikan dimasak oleh chef terkenal yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Oleh sebab itu, cita rasanya pun sangat ciamik.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi wisata kuliner ini, silakan menuju ke Jalan Selabinyana, Kota Sukabumi. Di lokasi tersebut, Anda bisa mencicipi kuliner sajian khas Jepang dengan harga yang ramah di kantong. Jadi, seusai mengitari Kota Sukabumi Anda bisa mengisi perut yang lapar dengan mencicipi sajian kuliner Jepang di Kazoku Tei ini.

Lokasi: Jl. Selabintana No.36, Warnasari, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

3. Praline Coffee Shop And Patisserie

Praline Coffee Shop And Patisserie
Image Credit: Google Maps (Tjoema Asri)

Jika Anda mencari wisata kuliner yang cozy dan cocok untuk digunakan sebagai tempat nongkrong, Praline Coffee Shop And Patisserie adalah pilihan yang sangat tepat. Tempat kuliner tersebut memiliki konsep yang mengusung tema elegan dan klasik. Di tempat tersebut Anda bisa memilih ruangan sesuka hati, ruangannya terbagi berdasarkan indoor dan outdoor.

Sesuai dengan namanya, wisata kuliner ini menawarkan beragam jenis kopi dan kue yang lebih condong ke makanan Barat. Wisata kuliner yang terletak di Jalan Surya Kencana, Sukabumi ini setiap harinya selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Bahkan, Anda juga akan menemukan beberapa turis asing yang sedang menikmati waktu bersantainya di tempat tersebut.

Lokasi: Jl. Surya Kencana No.82, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

4. Bandros Ata

Bandros Ata
Image Credit: Google Maps (Wendi Kusdinar)

Salah satu wisata kuliner yang wajib Anda jajal di Kota Sukabumi ialah Bandros Ata. Letaknya yang strategis karena berada di dekat Stasiun Sukabumi, membuat wisata kuliner ini banyak dikunjungi wisatawan. Bandros Ata sendiri menjajakan kue khas Sukabumi yang membuat siapa saja pencicipnya merasa jatuh hati. Rasanya, kuliner ini sayang jika tidak dicicipi.

Kue yang dijajakan memiliki cita rasa manis dan sedikit gurih, dijamin Anda akan ketagihan dan ingin mencicipinya lagi. Tak hanya itu, kue yang dijual memiliki tekstur lembut dan meleleh ketika digigit. Kudapan yang satu ini sangat cocok jika di santap baik siang maupun malam hari. Jika berminat, silakan kunjungi Jalan Gudang Kebonjati, Kota Sukabumi.

Lokasi: Jl. Gudang No.4, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

5. Piscok Cakra

Piscok Cakra
Image Credit: Google Maps (Nyai Nurjanah)

Salah satu tempat kuliner di Sukabumi yang menjajakan Piscok autentik ialah Piscok Cakra daerah Cikole. Rasa pisang yang manis dipadukan dengan coklat dan keju yang membuat cita rasanya semakin nikmat. Di bagian luarnya, Anda akan merasakan kerenyahan dan kegurihan yang begitu nikmat. Ketika digigit, coklat dan pisang di dalamnya begitu lumer di mulut.

Lokasi: Jl. A. Yani No.8, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

6. Udin Ramen

Udin Ramen
Image Credit: Google Maps (Wega Gunawan)

Wisata kuliner ini bisa dikatakan sangat cocok untuk Anda yang gemar menyantap kuliner pedas. Jika berminat, Anda bisa berkunjung ke Jalan Siliwangi Kebonjati, Sukabumi. Sesampainya di sana, suasana Negeri Jepang begitu kental terasa. Pasalnya, pihak pengelola menata setiap titik ruangan di lokasi tersebut dengan dibuat semirip mungkin suasana Jepang.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.44, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

7. Mr.Topi Kitchen

Mr.Topi Kitchen
Image Credit: Google Maps (Surya Gan)

Berbicara mengenai kuliner Sukabumi memang tidak ada habisnya. Bagi Anda pencinta Steak, wajib mencoba sajian Steak nikmat di Mr. Topi Kitchen. Perlu Anda ketahui, wisata kuliner yang satu ini sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru Sukabumi. Bahkan, tidak sedikit para wisatawan luar daerah hingga mancanegara yang berkunjung ke tempat makan ini.

Menu yang wajib Anda coba ketika mengunjungi Mr.Topi Kitchen antara lain Wagyu Beef. Daging sapi pilihan yang berkualitas dipadukan dengan bumbu rahasia yang semakin membuat cita rasanya begitu nikmat. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir. Wisata kuliner yang satu ini menyajikan kudapan Steak yang dipatok mulai dari Rp 40 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Sriwidari No.92, Sriwidari, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

8. Mamih Ungu Cafe

Mamih Ungu Cafe
Image Credit: Google Maps (Cecep Yoesmadi)

Mencoba kuliner yang unik khas Sukabumi menjadi hal yang patut Anda lakukan. Mamih Ungu Cafe menyajikan menu kudapan makanan Nasi Uduk yang begitu nikmat. Jika biasanya Nasi Uduk berwarna putih dan diberi lauk ayam goreng, telur dadar, sambal kentang, dan urap, di sini Anda akan melihat nasi yang diberi warna ungu.

Nasi Uduk Ungu terbuat dari saripati ubi dan buah bit yang dimasak dengan bumbu khusus, sehingga rasanya begitu lezat. Bagi Anda yang tertarik untuk mencicipi Nasi Uduk Ungu, silakan berkunjung ke kedai yang beralamat di Jalan Brawijaya, Kota Sukabumi. Harga untuk setiap porsi juga sangat ekonomis, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 30 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Brawijaya No.16, Sriwidari, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

9. Bubur Ayam Bunut

Bubur Ayam Bunut
Image Credit: Google Maps (Erwin Muniruzaman)

Bubur ayam merupakan salah satu kuliner yang bisa ditemukan di mana saja. Sajian kuliner yang satu ini juga bisa Anda temukan di Kota Sukabumi. Salah satu kedai yang menyajikan menu bubur ayam nikmat ialah Bubur Ayam Bunut. Jika Anda mengunjungi lokasi tersebut, pastikan untuk mencicipi kornet khas Sukabumi yang kerap kali disajikan sebagai menu tambahan.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.93, RT.01/RW.04, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

10. Resto Sunda Rasa

Resto Sunda Rasa
Image Credit: Google Maps (Agustine Fitriyah Muchlis)

Setelah puas menyusuri wisata di Sukabumi, kini saatnya Anda untuk memanjakan lidah dengan mencicipi kuliner khas Sunda di Sukabumi. Salah satu wisata kuliner Sunda yang bisa Anda kunjungi adalah kedai yang berlokasi di Jalan Siliwangi, Sukabumi. Suasananya yang nyaman membuat pengalaman santap Anda semakin berkesan dan menyenangkan.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.68, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

11. Gado Gado Ujang

Gado Gado Ujang
Image Credit: Google Maps (GADO – GADO “KANG MAMAN”)

Bagi Anda pencinta Gado Gado, sayang rasanya jika belum mencicipi Gado Gado Ujang. Sajian Gado Gado yang dijual sedikit berbeda dengan kuliner Gado Gado pada umumnya. Di dalamnya, terdapat bermacam sayuran segar yang dipadukan dengan bumbu kental yang khas. Setiap porsinya, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 15 ribuan saja.

Lokasi: Jl. A. Yani, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

12. Baso Cenghar

Baso Cenghar
Image Credit: Google Maps (mira shalik)

Teruntuk Anda pencinta makanan pedas, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner Sukabumi yang bernama Baso Cenghar. Pada dasarnya, baso ini memiliki tampilan yang hampir mirip dengan kuliner Seblak khas Bandung. Untuk dapat mencicipi Baso Cenghar, Anda bisa mengunjungi resto yang terletak di Jalan Karang Tengah, Kota Sukabumi.

Lokasi: Jl. Palasari, Karang Tengah, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

13. Mie Goreng Sukabumi

Mie Goreng Sukabumi
Image Credit: Google Maps (Squad Girl)

Wisata kuliner yang juga wajib Anda kunjungi adalah Mie Goreng Sukabumi. Sesuai dengan namanya, tempat makan tersebut menawarkan kudapan Mie Sukabumi yang begitu lezat. Sajian Mi Goreng dilengkapi dengan sayuran segar dan dipadukan berbagai macam topping. Satu porsi Mie Goreng Sukabumi dibanderol dengan harga sekitar Rp 15 ribuan saja.

Lokasi: Jl. A. Yani No.212/232, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

14. Warung Leor Daging

Image Credit: Putratravel.net

Makanan khas Sukabumi yang wajib Anda coba ialah Leor atau pipi sapi. Pipi sapi diolah dengan berbagai macam bumbu dan rempah yang menciptakan cita rasa gurih dan lezat. Anda bisa mencicipi kuliner Leor Daging yang dibanderol sekitar Rp 40 ribuan saja. Rasanya akan semakin nikmat jika Anda menambahkan sambal ke dalam kuah Leor Daging.

Lokasi: Jl. Gudang No.38B, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

15. Roti Priangan

Roti Priangan
Image Credit: Google Maps (Lcy K)

Wisata kuliner yang menyajikan makanan khas Sukabumi ialah Kedai Roti Priangan. Sesuai dengan namanya, tempat kuliner tersebut menyajikan beragam jenis roti legendaris khas Sukabumi. Teksturnya yang lembut tersaji ke dalam beberapa varian rasa mulai dari coklat, kismis, hingga gula susu.

Untuk dapat mencicipi roti legendaris Sukabumi ini, Anda bisa berkunjung ke Jalan Parigi, Warudoyong, Sukabumi. Harga yang dibanderol untuk setiap jenis roti pun sangatlah murah, yakni mulai Rp 6 ribu rupiah saja. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda bisa menjadikan roti legendaris ini sebagai oleh oleh khas Sukabumi.

Lokasi: Jl. Parigi, Nyomplong, Kec. Warudoyong, Kota Sukabumi.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner yang ada di Kota Sukabumi. Seusai menyusuri keindahan Sukabumi, saatnya memanjakan lidah dengan mencicipi kuliner yang disajikan dalam wisata kuliner dalam ulasan tersebut. Meski memiliki rasa yang sangat nikmat dan ciamik, kuliner yang disajikan dibanderol dengan harga terjangkau yang pas di kantong.