Terkenal sebagai kawasan wisata paling ramai di Bandung, Lembang seperti tak pernah kehabisan pesona. Selain pesona alamnya, Anda juga bisa berkunjung ke tempat wisata kuliner yang populer di Lembang untuk menikmati hidangan lezat.

Lembang Bandung, menjadi salah satu bagian yang tak pernah sepi dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Memiliki pemandangan yang menakjubkan, kawasan ini juga memiliki udara yang sejuk. Selain itu, Lembang juga menjadi daerah yang cocok untuk berburu kuliner. Berikut beberapa tempat wisata kuliner favorit di Lembang Bandung yang bisa Anda pilih.

1. Saung Pengkolan

Saung Pengkolan
Image Credit: Google Maps (tia ayya)

Di Lembang ada banyak tempat kulineran yang menawarkan pemandangan asri. Begitu juga dengan Saung Pengkolan yang memiliki panorama yang mempesona. Selain itu, tempat makan satu ini juga menyediakan banyak menu makanan yang enak. Anda bisa mencicipi menu andalannya yakni ikan gurami dengan sambal andalannya.

Perpaduan rasa gurih di guraminya akan pas disandingkan dengan sensasi pedas yang nampol. Tidak hanya bisa mencicipi menu ikan, Anda juga bisa mencicipi rujak buah yang juga menjadi favorit. Tempat makan satu ini sangat cocok untuk makan bersama dengan keluarga. Di Lembang sendiri ada beberapa cabang yang bisa Anda jadikan pilihan.

Lokasi: Jl. Raya Lembang-Bandung No.KM12,3, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kota Bandung, Jawa Barat.

2. Kampung Daun

Kampung Daun
Image Credit: Google Maps (Muhamad Rezi)

Jika ingin kuliner di tempat nyaman, Kampung Daun tidak boleh Anda lewatkan. Khususnya bagi Anda yang ingin makan malam di Lembang. Tempat wisata kuliner di Lembang ini menawarkan banyak menu yang nikmat. Waktu paling tepat mengunjungi Kampung Daun memang saat malam, karena pesonanya akan berkali lipat lebih cantik.

Ada beberapa gubug dan juga spot yang cocok untuk mengambil foto cantik. Suasana yang tradisional juga sangat terasa di Kampung Daun ini. Ketika Anda perlu untuk memanggil pelayan, Anda tinggal memukul kentongan yang ada. Para pelayan juga menggunakan pakaian tradisional yang akan membuat suasananya berbeda.

Lokasi: Jl. Villa Triniti, Cigugur Girang, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

3. Sapu Lidi

Sapu Lidi
Image Credit: Google Maps (Victor Timothy)

Tempat kulineran satu ini mengusung konsep cafe, resto dan Galeri Seni. Dengan jargon Makan di Sawah, Anda memang akan diajak untuk menikmati berbagai kudapan di tengah sawah. Seperti Anda sedang berada di pedesaan, begitulah suasana yang akan Anda anda dapatkan Anda nantinya.

BACA JUGA:  15 Cafe & Tempat Nongkrong di Purwakarta yang Unik & Instagramable

Menu andalan yang bisa Anda pesan adalah ayam kahaseupan, ayamnya begitu lembut dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam. Selain menu tersebut, Anda juga bisa mencicipi ayam bakar daunnya. Atau menu seperti sapi gigibrig atau ayam bakar warisan yang sangat pedas. Sapu Lidi terbilang nyaman dan harga makanannya sesuai rasanya.

Lokasi: Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

4. Dusun Bambu

Dusun Bambu
Image Credit: Google Maps (Ulfani Nur Mawaddah)

Masih merupakan tempat makan dengan menghadirkan suasana asri khas pedesaan, Dusun Bambu tak boleh dilewatkan. Di Dusun Bambu Anda bisa mengunjungi dua spot kuliner yakni di cafe burangrang dan di restoran purbasari. Keduanya sama sama menghadirkan menu khas Sunda yang memiliki rasa luar biasa. Menu modern lainnya juga bisa Anda temukan di Dusun Bambu.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

5. Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking
Image Credit: Google Maps (Hafidz Rido)

Gubug Makan Mang Engking menjadi tujuan wisata kuliner selanjutnya yang juga menjadi favorit. Tempat satu ini terkenal dengan suasana makan romantis dengan berbagai sudut spot yang cantik. Kehadiran menu menu yang istimewa juga menjadi alasan mengapa Anda harus kulineran di sini. Anda juga bisa memilih berbagai ruangan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Menu yang paling populer dan memiliki banyak penggemar adalah Udang Bakar Madu. Madunya meresap hingga kebagian daging udangnya yang membuat lidah bergoyang. Menu lainnya yang juga diakui rasa nikmatnya adalah tumis kangkungnya. Di Gubug Mang Engking, Anda bisa menghemat karena ada menu yang ditawarkan secara paket.

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Perahu KM.1 No.68, Cibogo, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

6. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang
Image Credit: Google Maps (Tahu Susu Lembang)

Jika Anda sedang liburan di Lembang, Anda wajib mengunjungi Tahu Susu Lembang. Tahu susu ini memiliki tekstur yang lembut dan tentu saja rasanya lebih gurih. Selain bisa menikmati tahu susu langsung di tempat, Anda juga bisa menjadikan Tahu susu Lembang sebagai buah tangan. Karena dijual dalam keadaan mentah dan bisa dijadikan buah tangan.

Lokasi: Jl. R.E Martadinata No.47 A, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

7. Sindang Reret Hotel and Restaurant

Sindang Reret
Image Credit: Google Maps (Taufik Jatmiko)

Tidak hanya menyediakan hotel yang nyaman untuk bermalam, tempat satu ini juga cocok untuk kulineran. Anda bisa mencicipi nikmatnya berbagai menu khas Sunda. Restoran ini juga sangat cocok untuk mengadakan makan malam yang formal di sini. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap, tetapi harganya termasuk ramah kantong.

Lokasi: Jl. Surapati No.53, Kec. Sadang Serang, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

8. Natural Resto and Strawberry Land

Natural Resto and Strawberry Land
Image Credit: Google Maps (Kusumo B.N.)

Mengunjungi Natural Resto and Strawberry Land tidak hanya bisa mencicipi berbagai makanan yang nikmat. Tetapi, Anda juga bisa memetik strawberry secara langsung di perkebunan yang ada. Tentu saja hal ini akan menjadi kegiatan yang menarik, terutama jika Anda mengajak si kecil dan keluarga. Mengingat resto ini memang memiliki perkebunan sendiri.

BACA JUGA:  Dago Dream Park, Taman Hiburan Kekinian di Lembang Bandung

Pemandangan dan suasana yang ditawarkan di sekitarnya juga akan membuat Anda betah berlama lama. Untuk menu makanan yang ditawarkan ada banyak pilihan, mulai dari makanan khas Jawa Barat hingga makanan kekinian. Terdapat menu andalan yang bisa Anda coba yaitu ikan gurami. Kulineran di tempat satu ini juga tak perlu merogoh kantong terlalu dalam.

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu No.109, Cibogo, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

9. Imah Seniman

Imah Seniman
Image Credit: Google Maps (Dionysia Dewa)

Imah Seniman termasuk tempat wisata kuliner yang terkenal. Sudah ada sejak tahun 2001, Anda akan dimanjakan di tempat satu ini. Slogan yang diusungnya cukup unik, yakni tidur di danau, makan di hutan. Memiliki luas sekitar 15 hektar, Anda juga bisa sekalian menginap di tempat satu ini. Karena Anda bisa melakukan berbagai aktivitas sesuai slogannya.

Makan di hutan di sini Anda akan berada di tempat yang begitu asri. Pepohonan rindang membuat udaranya begitu sejuk. Imah Seniman menawarkan berbagai menu yang menarik untuk Anda cicipi. Menu mulai dari ayam kahaseupan, ikan bakar daun, buncis ka oncoman dan juga sayur asemnya. Masakan sunda di tempat satu ini memang sangat luar biasa.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.8, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

10. Ikan Balap Resto

Ikan Balap Resto
Image Credit: Twitter.com @Ikan_Balap

Tempat kuliner populer di Lembang yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Ikan Balap resto. Berbagai makanan khas Sunda bisa Anda temukan di restoran satu ini. Nama restoran satu ini terbilang unik, dimana ikan balap memiliki akronim ikan sambal dan lalap. Begitu mengunjungi resto ini, Anda akan mencium sedapnya ikan segar yang dimasak di dalam bambu.

Ikan ini kemudian akan dipanggang di atas api dan dijadikan dengan penyajian yang tradisional juga modern. Selain makanan beratnya, Anda juga tidak boleh melewatkan bajigurnya. Minuman tradisional ini memang sangat pas dikonsumsi ketika di Lembang. Tempatnya termasuk nyaman sehingga cocok untuk makan rombongan atau bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.305, Kayuambon, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

11. Warung Sate Kelinci Pak Sapri

Warung Sate Kelinci Pak Sapri
Image Credit: Google Maps (Ferdinand Dian)

Selain menikmati berbagai makanan Sunda, Anda juga bisa mencicipi nikmatnya sate kelinci saat di Lembang. Datang saja ke Warung Sate Kelinci Pak Sapri, tempat makan satu ini sudah terkenal. Sehingga Anda tak perlu khawatir soal rasa ketika mengunjungi warung sate ini. Tak heran jika warung sate satu ini selalu dibanjiri pecinta kuliner.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Banjar yang Terkenal Lezat

Sate kelinci yang disajikan memiliki daging yang lembut dan tidak amis. Tesktur daging kelincinya seperti ayam, namun lebih gurih dan juga kenyal. Layaknya sate pada umumnya, sate kelinci juga akan disajikan dengan sambal kacang. Selain bisa menikmati satenya, Anda juga bisa mencicipi gulai kelinci. Harga yang ditawarkan juga terbilang ramah kantong.

Lokasi: Jl. Raya Lembang-Bandung, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

12. RM Brebes Lembang

RM Brebes Lembang
Image Credit: Google Maps (Ika Mahardikawati)

Tempat kuliner yang tak boleh dilewatkan adalah RM Brebes Lembang. Makanan satu ini tentu tidak asing bagi Anda yang pernah mengunjungi RM Ampera Lembang. Lokasinya memang sangat berdekatan, Anda bisa menikmati berbagai menu khas Sunda di tempat satu ini. Soal rasa Anda tentu tak perlu khawatir karena sudah terkenal enak.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.272, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

13. Rumah Makan Kayu

Rumah Makan Kayu
Image Credit: Google Maps (Adjie Sukma)

Melanjutkan perjalanan kuliner Anda, Anda bisa mengunjungi rumah makan Kayu. Rumah makan satu ini kerap kali dijadikan tempat untuk melakukan berbagai kegiatan. Karena mampu menampung banyak orang. Untuk menunya beragam, mulai dari sayuran, seafood, ikan hingga ayam. Harganya juga cukup bersahabat, sehingga Anda tak perlu menguras dompet Anda.

Lokasi: Jl. Wira No.22, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

14. Restoran Burgundy

Burgundy Dine
Image Credit: Google Maps (Burgundy Dine & Wine)

Ingin mencicipi berbagai makanan western? Jika iya maka Anda wajib mengunjungi Restoran Burgundy. Anda akan menemukan berbagai menu yang membuat liur Anda menetes. Mulai dari grilled norwegian salmon, berbagai macam steak, apple strudel hingga chicken quesadillas. Restoran satu ini tak pernah sepi pengunjung dan bisa Anda jadikan referensi.

Lokasi: Jl. Maribaya No.163, Langensari, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

15. Dapur Lembang

Dapur Lembang
Image Credit: Google Maps (KinsyAnne 11)

Dapur Lembang juga tempat yang sangat cocok untuk mencicipi berbagai kuliner yang rasanya luar biasa. Bukan rahasia lagi jika tempat satu ini memang menyediakan banyak makanan yang menggoyang lidah. Menu yang disajikan beragam dan juga wajar jika tidak pernah sepi pengunjung. Jika datang ke Lembang jangan lupa untuk singgah di tempat wisata kuliner Lembang Bandung ini.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.175B, Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Itulah beberapa tempat kulineran di Lembang, Bandung yang bisa Anda jadikan tujuan petualangan rasa Anda di kota Kembang. Ada banyak tempat yang tak hanya menyajikan makanan enak, tetapi juga suasana yang begitu memanjakan. Beberapa juga sangat cocok untuk makan bersama keluarga karena dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang.