Karawang menyuguhkan beragam wisata kuliner yang menarik untuk Anda cicipi. Tersedia pilihan menu makanan berat, aneka seafood, hingga camilan yang ditawarkan dengan harga sangat terjangkau.

Karawang terkenal dengan segudang wisata kuliner yang siap memanjakan lidah Anda. Tak heran bila mengelilingi kota industri ini, maka Anda akan menemukan banyak spot tempat makan enak. Ketika Anda telah menjelajahi beberapa tempat wisata di Karawang, setelah perut keroncongan barulah menikmati aneka makanan yang disajikan. Berikut beberapa tempat wisata kuliner di Karawang yang paling direkomendasikan untuk menikmati sajian lezat.

1. Warung Mandiri

Warung Mandiri
Image Credit: Bhinnekashuttle.com

Bagi Anda yang sedang berburu kuliner pedas di Karawang, maka perlu mampir ke Warung Mandiri. Di tempat makan ini tersedia ikan gabung picung yang merupakan masakan khas kota ini. Lokasinya berada di daerah Tanjungpura dan jaraknya tidak jauh dari pusat kota. Warung Mandiri selalu ramai pengunjung setiap harinya, terutama saat liburan akhir pekan.

Menu ini terbuat dari ikan gabus yang diolah dengan bumbuh pedas, lalu disiram kuah berwarna coklat gelap. Saat pertama kali mencicipi rasanya gurih dan lezat menjadi satu di dalam lidah. Paling mantap jika disantap bersama nasi putih hangat serta es jeruk. Anda bisa menikmati kuliner enak ini dengan harga 7 ribu rupiah per porsinya.

Lokasi: Jl. Pangkal Perjuangan No.48, Tanjungpura, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang.

2. Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk

Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk
Image Credit: Google Maps (salman putra)

Restoran ini sudah menemani para pecinta masakan Sunda selama 10 tahun. Track recordnya sangat baik di bidang kuliner dan populer di kalangan wisatawan. Ada banyak menu yang ditawarkan disini mulai dari sop iga bakar, nasi liwet, hingga gurame bakar cobek. Semua masakan tersebut bisa Anda nikmati dengan rentang harga sekitar 10 ribu sampai 100 ribu.

Meskipun sudah berkiprah hampir satu dekade, namun rumah makan ini tetap menonjolkan sisi tradisionalnya.Pemilik rumah makan hanya menyediakan tempat lesehan untuk para pengunjung. Suasana tradisional Sunda sangat terasa ketika memasuki tempat kuliner satu ini. Jika ingin merasakan lezatnya masakan disini Anda bisa berkunjung ke daerah Sukaluyu.

Lokasi: Jl. Raya Perumnas No.1, Wadas, Sukaluyu, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang.

3. Sorabi Kuntilanak M. Kasim

Sorabi Kuntilanak M. Kasim
Image Credit: Google Maps (Januidi STP)

Namanya mungkin terdengar unik dan sedikit horor, namun cita rasanya bisa diacungi jempol. Jajanan tradisional ini berwarna hijau yang terbuat dari pewarna alami berupa daun suji. Cara pengolahannya pun masih tradisional sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Ada dua varian rasa yang bisa Anda cicipi yaitu sorabi gula jawa dan sorabi durian.

Kuliner dari Karawang ini lebih nikmat dimakan dengan saus manis yang terbuat dari campuran gula. Untuk satu porsinya berbeda harga setiap rasa, rasa original gula jawa sekitar 15 ribu dan sorabi rasa durian 20 ribu. Jika ingin mencicipi jajanan pasar yang manis ini Anda bisa mampir ke daerah Rengasdengklok Utara.

Lokasi: Jl. Kalijaya, Rengas Dengklok Utara, Kec. Rengas Dengklok, Kab. Karawang.

4. Soto Tangkar Mang Nean

Soto Tangkar Mang Nean
Image Credit: Google Maps (Wiro Budhiarko)

Bisa dibilang kuliner satu ini sudah legendaris di kalangan masyarakat Karawang. Bahkan menjadi menu santapan yang selalu diburu oleh para wisatawan. Resepnya sudah ada sejak tahun 1980-an lalu diwariskan ke anak-anak sang pemilik. Uniknya cita rasa masakan tidak berubah meskipun sudah bertahun-tahun berdiri.

Dalam satu porsi soto berisi kikil, daging, kulit sapi kemudian disiram kuah berwarna kuning kemerahan. Cara memasaknya masih tradisional sehingga rasa yang dihasilkan sangat lezat dan punya ciri khas. Anda bisa menyantapnya bersama makanan pendamping seperti jeroan atau sate. Untuk bisa menikmati kelezatannya Anda cukup mengeluarkan budget sekitar 16 ribu.

Lokasi: Jl. Dewi Sartika No.23 – 38, Nagasari, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang.

5. Pepes Jambal Walahar

Pepes Jambal Walahar
Image Credit: Google Maps (Asep Riyadi)

Tempat wisata kuliner milik Haji Dirja ini sudah terkenal di kalangan wisatawan. Tak heran bila rumah makan ini selalu ramai pengunjung terutama saat weekend. Letaknya berada di sekitar bendungan Walahar sekitar daerah Kutapohaci. Wisata kuliner ini menyajikan berbagai jenis pepes lezat, salah satu menu favoritnya ialah pepes jambal.

Selain pepes jambal, Anda juga bisa mencicipi aneka masakan khas Sunda lainnya. Rasa olahannya tidak kalah lezat dan membuat nafsu makan Anda bertambah. Satu porsinya dipatok harga kisaran 10 ribu untuk menu pepes, sedangkan masakan lain mulai harga 7 ribu. Suasana sejuk dengan pepohonan rindang akan Anda rasakan selama berkunjung disini.

Lokasi: Jl. Bendungan Walahar, Kutapohaci, Kec. Ciampel, Kab. Karawang.

6. Restoran Sindang Reret

Restoran Sindang Reret
Image Credit: Google Maps (Rena Yulianti)

Ketika masuk ke dalam restoran Anda akan mendapati konsep interior unik. Suasana tradisional sangat terasa dengan nuansa kayu dan bambu yang mendominasi. Menu andalan tempat ini ialah makanan sederhana khas Sunda. Biasanya pengunjung memesan gurame mangga muda, pepes, hingga olahan ikan. Harga yang dibanderol tidak terlalu mahal sekitar 10 ribu sampai 100 ribu.

Lokasi: Jl. Tarumanagara No.KM. 3, Wadas, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang.

7. Ratu Penyet

Ratu Penyet
Image Credit: Google Maps (Pijayanti Mala)

Beragam makanan penyetan akan Anda temukan di rumah makan ini, seperti ayam penyet hingga iga penyet. Dengan tambahan sambal yang pedas, santapan Anda kali ini terasa pas di lidah. Soal harga tidak usah khawatir karena cukup terjangkau sekitar 10-30 ribu saja. Untuk merasakan kelezatan masakannya langsung saja ke daerah Karawang Kulon.

Lokasi: Jl. Kertabumi No.16, Karawang Kulon, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang.

8. Seafood Teh Empop

Seafood Teh Empop
Image Credit: Google Maps (Median Nova)

Di daerah Karawang Kulon terdapat restoran seafood yang ramah di kantong. Konsep tempatnya pun terlihat instagramable, jadi cocok untuk tempat nongkrong. Anda bisa menikmati beragam makanan laut segar disini mulai dari lobster, udang, sampai cumi-cumi. Menunya ditawarkan dalam bentuk paket dengan harga antara 75 ribu hingga 200 ribu.

Lokasi: Karangpawitan, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang.

9. Tahu Bumbu Sari Rasa

Tahu Bumbu Sari Rasa
Image Credit: Google Maps (Mushonnifun Faiz Sugihartanto)

Jika Anda enggan menyantap makanan berat, boleh mencoba camilan tahu bumbu satu ini. Kedainya sudah dibuka sejak tahun 1980-an, dan hingga kini sajiannya banyak digemari orang. Anda bisa menikmati tahu bumbu bersama nasi hangat atau lontong, lalu disiran saus kacang pedas. Satu porsinya dapat Anda santap dengan harga murah sekitar 10 ribu rupiah.

Lokasi: Nagasari, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang.

10. Bebek Kaleyo

Bebek Kaleyo
Image Credit: Google Maps (Priyanto Akhmad Solihin)

Setelah lelah berkeliling tempat wisata di Karawang, saatnya Anda mengisi perut yang sudah kosong. Anda bisa menuju ke daerah Purwadana tepatnya dekat jalur Tol Karawang Barat. Di rumah makan ini Anda dapat menikmati menu olahan bebek yang menggiurkan. Masakannya diolah dengan bumbu rahasia lalu disantap bersama tumis dan sambal.

Satu porsi Bebek Kaleyo dibanderol dengan harga 25 ribu, cukup terjangkau untuk mendapatkan sensasi lezatnya. Tidak hanya bebek, restoran ini juga menawarkan beragam olahan ayam dan aneka minuman. Apabila tidak ingin kehabisan Anda harus datang sebelum pukul 8 malam. Anda juga harus rela mengantre karena pengunjungnya tak pernah sepi.

Lokasi: Jl. Akses Tol Karawang Barat, Purwadana, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang.

11. Lesehan Mang Ajo

Lesehan Mang Ajo
Image Credit: Google Maps (Twin 14)

Saung Lesehan Mang Ajo layak masuk dalam list kunjungan wisata kuliner di Karawang. Pasalnya, konsep lesehan berbentuk gubuk-gubuk kecil dan menyatu dengan nuansa alam. Uniknya lagi ada spot kolam pemancingan dimana Anda bisa memancing sendiri ikannya. Kemudian hasil tangkapan boleh dimasak di tempat atau langsung dibawa pulang.

Anda tidak mengolahnya sendiri, koki di tempat makan ini yang akan memasakkannya. Pengunjung tinggal duduk di salah satu gubuk sambil menikmati suguhan panorama alam. Jika kurang berminat dengan olahan ikan, Anda bisa memesan nasi goreng atau sop. Rentang harga menunya mulai dari 3 ribu sampai 80 ribu.

Lokasi: Jl. Tol Karawang Barat, Margakaya, Kec. Telukjambe Barat, Kab. Karawang.

12. Ayam Panggang M. Ochit

Ayam Panggang M. Ochit
Image Credit: Google Maps (Reza Aditya)

Salah satu kuliner khas Karawang ini memiliki cita rasa khas dan banyak dicari penggemarnya. Anda bisa memesan ayam panggang untuk dimakan di tempat atau sebagai oleh-oleh. Apabila makan langsung di kedai tambahkan nasi timbel dan sambal agar rasanya lebih nikmat. Satu ekor ayam panggang ini dipatok harga sekitar 100-150 ribu.

Lokasi: Sirnabaya, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang.

13. Es Walikota

Es walikota
Image Credit: Tempatwisataindonesia.id

Sebenarnya nama kedai ini yaitu Es Warung Lingkungan Kota, namun lebih dikenal dengan singkatannya saja. Pengunjung dapat memilih sendiri menu es, buah, roti, dan snack dalam ukuran mangkuk tertentu. Paling segar dinikmati saat siang hari ketika matahari kota Karawang sedang terik. Untuk satu porsinya ditawarkan dengan harga mulai 10-30 ribu.

Lokasi: Jl. Ir. Haji Juanda No.47, Cikampek Timur, Kec. Cikampek, Kab. Karawang.

14. Telaga Traditional Resto

Telaga Traditional Resto
Image Credit: Google Maps (kiky kertas)

Meskipun lokasinya berada di kawasan industri, namun pemandangan telaga di resto ini begitu asri. Pengunjung dapat memilih saung-saung yang sudah disediakan sesaui jumlah rombongan. Jika enggan makan di luar boleh menyantap hidangan di dalam rumah makan. Selama menyantap hidangan Anda akan ditemani semilir angin sejuk yang menenangkan.

Ada beragam menu yang ditawarkan mulai dari olahan gurame, tumis, dan aneka masakan Sunda lainnya. Rentang harganya cukup terjangkau kisaran antara 7 ribu sampai 100 ribu. Salah satu menu andalannya ialah ikan gurame bakar, yang nikmat disantap bersama nasi putih hangat. Untuk varian minumnya juga tak kalah lezat, mulai dari es degan sampai jus buah.

Lokasi: Jl. Permata Raya, Puseurjaya, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang.

15. Rumah Makan Pawon Sae

Rumah Makan Pawon Sae
Image Credit: Google Maps (Ariadne Sakura Haruno)

Tempat kuliner ini menyediakan berbagai menu masakan Sunda dan Indonesia. Anda bisa memilih menu seperti olahan seafood, sup, atau aneka tumisan. Soal rasa tidak perlu diragukan karena siap memanjakan lidah para pengunjung. Untuk menyantap hidangan disini Anda cukup mengeluarkan budget berkisar 20 ribu sampai 50 ribu.

Lokasi: Jl. Kresna, Sukaharja, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang.

Karawang terkenal dengan wisata kulinernya yang lezat dan menggugah selera. Ada banyak tempat makan enak yang bisa Anda jelajahi selama liburan di kota ini. Harganya pun tidak terlalu mahal, rata-rata menawarkan harga yang ramah kantong. Mulai dari makanan berat, olahan seafood, hingga camilan dapat Anda cicipi saat kulineran di Karawang.