Selain menawarkan pesona alam memukau, Garut juga terkenal dengan kuliner khasnya yang mampu menggoyang lidah. Tak heran, banyak wisatawan yang datang berburu wisata kuliner di Garut untuk menikmati kudapan lezatnya.

Sembari menikmati keindahan destinasi wisatanya, jangan lupa untuk mencicipi kudapan lezat khas Garut. Ada begitu banyak wisata kuliner di Kota Garut yang bisa Anda pilih untuk mencicipi makanan khas Jawa. Beberapa wisata kuliner asal Garut berikut ini, dijamin akan membuat Anda puas. Bahkan, kebanyakan harga yang dibanderol tiap porsinya juga murah.

1. Seruling Bambu

Seruling Bambu
Image Credit: Google Maps (Wahyu Samuel Dyson)

Seruling Bambu merupakan wisata kuliner di Garut berupa Kampung Sampireun yang berisi restoran. Di lokasi wisata kuliner tersebut, Anda akan disajikan dengan keindahan alam yang masih segar dan asri. Konsep tempat yang dibuat terbuka semakin membuat para pengunjung nyaman, sehingga betah berlama lama di wisata kuliner Seruling Bambu ini.

Suasana asri kian bertambah tatkala gemericik air turut menghias alam sekitar lokasi ini. Pepohonan yang masih rindang dengan dominasi warna hijau juga menjadi nilai tambah Seruling Bambu ini. Tak hanya suasananya yang menjadi jawara, menu kuliner yang disajikan juga tak kalah menarik. Tak heran wisata ini menjadi primadona para wisatawan.

Mengenai makanan, Anda tak perlu bingung. Seruling Bambu menyediakan berbagai makanan yang bisa dipilih, mulai dari makanan Jawa, Western, Chinese, tersedia di wisata kuliner yang satu ini. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Seruling Bambu, silakan menuju ke Jalan Raya Samarang Kamojang, Garut, Jawa Barat.

Lokasi: Jl. Unnamed Road, Pakuwon, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

2. Nasi Liwet Asep Stroberi

Nasi Liwet Asep Stroberi
Image Credit: Google Maps (Dwi Anto)

Bagi Anda yang bertempat tinggal di Garut dan sekitarnya, mungkin sudah tidak asing lagi mendengar nama Nasi Liwet Asep Stroberi. Sesuai dengan namanya, wisata kuliner ini memiliki menu andalan berupa Nasi Liwet khas Garut yang begitu nikmat. Tempat kuliner ini sudah berhasil membuat banyak orang merasa jatuh hati dengan kelezatannya.

Lokasi: Jl. Raya Kadungora No.245, Talagasari, Kec. Kadungora, Kab. Garut.

3. Pujasega

Pujasega
Image Credit: Google Maps (PUJASEGA Family Restaurant)

Pujasega ialah wisata kuliner di Garut yang juga wajib Anda kunjungi. Daya tariknya tak hanya terletak pada sajian menu yang ditawarkan saja, melainkan ciri bangunannya yang begitu unik dan khas. Jika dilihat dari segi desain bangunannya, Pujasega adalah wisata kuliner modern yang dipadukan dengan budaya daerah Sunda yang begitu kental.

BACA JUGA:  16 Air Terjun (Curug) di Garut yang Paling Indah & Hits

Lokasi: Jl. Tarogong Kaler, Cimanganten, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut.

4. Soto Garut Ahri

Soto Garut Ahri
Image Credit: Google Maps (UDAR1DER CHANNEL)

Secara visual, Soto Garut Ahri nampak sama dengan kuliner soto pada umumnya. Namun, daging sapi yang digunakan terasa lebih lembut. Hal ini dikarenakan, pembuatan soto ini menggunakan sapi muda bersama rempah rahasia. Tak heran, rasanya begitu gurih dan lezat. Untuk dapat mencicipinya, Anda bisa kunjungi Jalan Raya Cimanuk, Garut.

Lokasi: Jl. Mandalagiri No.10, Ciwalen, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

5. Jemanii Resto

Jemanii Resto
Image Credit: Google Maps (Siti Maelani)

Bagi Anda pencinta bunga, mungkin sudah tidak asing mendengar nama Jemanii. Namun, Jemanii Resto di Garut ini bukanlah sejenis tanaman, melainkan wisata kuliner. Meski belum cukup populer seperti wisata kuliner di Garut lainnya, bukan berarti Jemanii Resto memiliki kualitas terbelakang. Justru, tempat kuliner ini memiliki daya tarik dan keunikannya tersendiri.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Jemanii Resto ialah lokasinya yang sangat dekat dengan objek wisata Cipanas. Tak hanya itu, desain arsitekturnya yang sangat unik juga semakin menjadi nilai tambah wisata kuliner ini. Jika sedang berkunjung ke wisata Cipanas, pastikan untuk menyempatkan diri mengunjungi Jemaniii Resto guna memanjakan lidah.

Adapun menu yang ditawarkan oleh Jemanii Resto ini antara lain, Chinese Food, Westers, hingga masakan khas Sunda. Cita rasanya yang begitu lezat seakan layak diadu dengan wisata kuliner mana pun. Berbicara mengenai harga, wisata kuliner Jemanii Resto membanderol setiap menu kudapannya dengan harga yang sangat pas di kantong.

Lokasi: Jl. Raya Cipanas No.88, Cimanganten, kec. Garut Kota, Kab. Garut.

6. Dapur Setia Kawan

Dapur Setia Kawan
Image Credit: Google Maps (Nazwa Catering/Dapur Nazwa)

Salah satu menu andalan Dapur Setia Kawan ialah berbagai olahan ikan dan udang bakar. Menariknya, Anda bisa melihat secara langsung proses pengolahan ikan dan udang yang dibakar. Untuk bisa mencicipi menu menu yang ditawarkan Dapur Setia Kawan, Anda bisa mengunjungi wisata kuliner yang terletak di Jalan Raya Cipanas Baru, Garut ini.

Lokasi: Jl. sukawarni 2 kamp, Babakanloa, Kec. Cibatu, Kab. Garut.

7. Sate Marangi Pa’ Nur

Sate Marangi Pa’ Nur
Image Credit: Google Maps (Eriandra Budhisurya)

Ketika Anda mengunjungi beberapa objek wisata seperti Kampung Sampireun, Kebun Mawar Situ Hampa, atau Kamojang Green Resort, maka sempatkanlah untuk mampir ke Sate Marangi Pa’ Nur. Jadi, setelah puas menikmati keindahan beberapa wisata di Garut Anda bisa mengisi perut yang lapar dengan menyantap hidangan sate yang begitu nikmat.

Menu andalan yang menjadi jawaranya ialah sate sapi dan kambing. Pengolahan sate kambing yang tidak tepat dapat membuat dagingnya terasa alot dan bau prengus. Namun, hal tersebut tidak akan Anda temukan di dalam menu Sate Pa’ Nur. Pasalnya, daging diolah dengan tepat dan menggunakan bumbu rahasia yang menciptakan rasa lezat.

BACA JUGA:  Kampung Sampireun, Resort Unik Bernuansa Alam di Garut

Lokasi: Jl. Raya Samarang No.119, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut.

8. Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang

Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang
Image Credit: Google Maps (Rizal H.)

Salah satu wisata kuliner di Garut yang juga wajib Anda kunjungi ialah, R.M. Sari Cobek Cangkuang. Ketika berkunjung ke tempat kuliner ini, Anda akan langsung diperlihatkan dengan gaya arsiteknya yang begitu luar biasa. Pemandangan alam yang masih asri, dipadukan dengan gaya klasik yang sedikit modern.

Selain gaya arsiteknya yang begitu luar biasa, R.M Sari Cobek Cangkuang tentu memiliki tawaran menu hidangan yang tak kalah mengagumkan. Salah satu menu yang menjadi andalannya ialah Gurami Cobek. Gurame Cobek ini dimasak dengan menggunakan bumbu rempah pilihan, yang menghasilkan rasa nikmat di lidah.

Seakan menambah kenyamanan pengunjung, di sekitar area wisata kuliner ini juga terdapat penginapan untuk para wisatawan. Jika Anda ingin lebih lama di lokasi tersebut, amak bisa memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh pihak pengelola. Jangan lupa ajak orang orang tersayang untuk turut ikut merasakan berlibur di wisata kuliner Sari Cobek Cangkuang.

Lokasi: Jl. Unnamed Road, Cangkuang, Kec. Leles, Kab. Garut.

9. Graha Sindang Reret

Graha Sindang Reret
Image Credit: Selerakita.id

Umumnya, saat melakukan kegiatan berwisata akan mengajak 5 hingga 10 lebih orang. Oleh sebab itu, mencari wisata yang luas untuk menampung banyak orang juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Teruntuk Anda yang sedang berlibur di Garut bersama rombongan dan sedang mencari tempat makan, maka Graha Sindang Reret adalah jawaban yang tepat.

Lokasi: Jl. Patriot No. 13-14, Sukagalih, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

10. Rumah Makan Cibiuk

Rumah Makan Cibiuk
Image Credit: Google Maps (Ozon)

Wisata kuliner Rumah Makan Cibiuk juga patut Anda kunjungi. Di lokasi tersebut, Anda bisa memesan beragam menu andalan mulai dari Nasi Timbel, Ayam Khas Sunda, Bebek Goreng, Gurame, dan Sayur Asem. Bagi Anda pencinta pedas, bisa memilih sambal dengan tingkat kepedasan sesuai selera. Untuk bisa mencicipinya, silakan menuju ke Jalan Otto Iskandar Dinata, Garut.

Lokasi: Jl. Otista No.321, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut.

11. Rumah Makan Pananjung

Rumah Makan Pananjung
Image Credit: Google Maps (Fajar Mulyawan)

Wisata kuliner di Garut yang juga tak kalah populer ialah Rumah Makan Pananjung. keistimewaan tempat ini adalah hidangan daging domba yang begitu nikmat dan menggugah selera. Jika dilihat dari tampilan luarnya, konsep rumah makan ini mengusung tema lesehan dan saung. Cocok sekali jika digunakan sebagai tempat jamuan makan bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Raya Limbangan No.2, Cigagade, Kec. Balubur Limbangan, Kab. Garut.

BACA JUGA:  Puncak Darajat Pass, Menikmati Keindahan Alam Garut dari Ketinggian

12. Mie Bakso Parahyangan

Mie Bakso Parahyangan
Image Credit: Google Maps (Jahyan Tan)

Bagi Anda pencinta mie dan bakso, jangan lupa mampir dan mencicipi Mie Bakso Parahyangan, Garut. Tempat kuliner ini menyediakan makanan Mie Bakso yang begitu lezat. Tak hanya itu, Anda juga bisa mencicipi varian menu lainnya seperti Mie Kuah, Bihun Kuah, Lo Cu Pan, Nasi Tim Ayam, Nasi Goreng Cina, Mie Yamin, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Ciledug No.35, Regol, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

13. Baso Aci Ceu Imas

Baso Aci Ceu Imas
Image Credit: Google Maps (Yosep Nugraha)

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan kuliner Jawa Barat bernama Baso Aci. Baso yang terbuat dari daging dan tepung aci ini sudah menjadi kudapan yang disukai berbagai kalangan. Jika berkunjung ke Garut, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi Baso Aci asli khas Jawa Barat. Kudapan ini bisa Anda temukan di wisata kuliner Baso Aci Ceu Imas.

Satu porsi Baso Aci dibanderol sekitar Rp 25 ribuan. Seporsi bakso aci ini berisi tahu kering, ceker ayam, tetelan, aci, batagor, dan masih banyak lagi. Meski terkesan sedikit mahal, namun menyantap satu porsi Baso Aci dijamin akan membuat perut Anda kenyang. Jika berminat, Anda bisa kunjungi kedai yang terletak di Jalan Karacak, Garut ini.

Lokasi: Jl. Karacak No.49, Kota Kulon, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

14. Pasar Ceplak

Pasar Ceplak
Image Credit: Google Maps (Hayi Yusuf)

Selagi berada di Kota Garut, usahakan untuk melipir ke Pasar Ceplak. Di lokasi tersebut, Anda akan menemukan beragam jenis kuliner yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Ada banyak sekali jenis kuliner Sunda yang lezat dengan harga yang sangat murah. Untuk bisa menikmati ragam jajanan khasnya, silakan kunjungi pasar yang terletak di Jalan Siliwangi, Garut ini.

Lokasi: Jl. Rayaz Cikajang No.33-55, Regol, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

15. Es Goyobond

Es Goyobond
Image Credit: Google Maps (ES GOYOBOD GARUT ASLI)

Puas menikmati kuliner khas Sunda, kini saatnya Anda melegakan tenggorokan dengan mencicipi Es Goyobond Sunda. Dari segi tampilannya, penganan ini mirip seperti es campur pada umumnya. Tapi soal rasa, Es Goyobond bisa diadu. Tertarik mencoba? Silakan kunjungi Jalan Kiansantang, Garut, dan dapatkan semangkuk Es Goyobond dengan harga Rp 5 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.299, Kota Wetan, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

Itulah beberapa wisata kuliner di Garut yang patut Anda kunjungi untuk menikmati sajian lezat. Garut sendiri ialah sebuah daerah di Jawa Barat yang menyimpan pesona wisata yang begitu memukau. Tak hanya bidang pariwisata, ragam kuliner khasnya juga mengundang decak kagum banyak orang. Mulai dari kuliner pedas, manis, dan gurih bisa Anda temui di Kota Garut ini.