Berkunjung ke Kota Bogor, Anda bisa mencicipi makanan tradisional hingga makanan kekinian yang menggoyang lidah. Selain dikenal enak, inilah beberapa wisata kuliner populer di Bogor yang wajib untuk dicoba.

Kota Bogor atau yang juga dikenal dengan kota Hujan ini memang selalu berhasil mencuri perhatian. Tidak hanya karena memiliki deretan wisata yang mengagumkan, Bogor ternyata juga cocok untuk wisata kuliner. Dijamin lidah dan juga perut Anda akan dimanjakan dengan aneka sajian yang ditawarkan di kota dengan hawa sejuk ini. Untuk rekomendasi kulinernya, simak ulasan berikut.

1. Bubur Ayam Kabita

Bubur Ayam Kabita
Image Credit: Google Maps (Andi Prabowo)

Untuk mengawali perjalanan kuliner di kota Bogor, Anda bisa menjadikan Bubur Ayam Kabita sebagai tujuan awalnya. Menikmati satu porsi bubur ayam tentu akan sangat pas sebagai menu sarapan anda. Dan tempat kulineran untuk bubur ayam yang wajib Anda coba adalah Bubur Ayam Kabita. Tempat kulineran ini sudah melegenda dan telah ada sejak tahun 1971.

Dengan perjalanan panjang tersebut, setiap porsi yang dihadirkan selalu berhasil membuat siapapun merasa puas. Jika melihat tampilannya, bubur ayam ini memang tampak sama dengan bubur pada umumnya. Satu mangkuk bubur ayam akan disajikan dengan berbagai toping mulai dari kedelai goreng, suwiran ayam hingga kerupuk.

Hanya saja begitu Anda menyuapkan bubur ayam satu ini, maka Anda bisa merasakan perbedaan yang mendasar. Dimana bubur ini memiliki kuah kaldu yang begitu istimewa. Rasa rempahnya yang cukup kuat akan membuat Anda ingin terus mencobanya lagi. Selain itu dalam sajiannya juga ditambahkan dengan banyaknya daging ayam yang membuatnya menggiurkan.

Tenang saja, mengkonsumsi menu sarapan ini Anda dijamin akan merasa kenyang. Perpaduan rasanya yang nikmat dengan porsi yang cukup besar memang akan membuat siapapun tergoda. Buka hingga tengah hari, pastikan Anda tidak melewatkan bubur ayam Kabita yang memang sudah legendaris dan terkenal dengan rasanya yang tidak mengecewakan.

Lokasi: Gunungbatu, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor.

2. Lumpia Basah Suryakencana

Lumpia Basah Suryakencana
Image Credit: Google Maps (Mokhammad Umar)

Setelah menikmati bubur ayam kondang di Bogor, kini Anda bisa menjadikan lumpia Basah Suryakencana sebagai ganjalan sembari menunggu makan siang. Perlu Anda tahu jajanan satu ini sudah ada mulai tahun 1972 silam. Jajanan sederhana ini merupakan lumpia yang diisi dengan bengkoang, tauge, telur dan tahu goreng. Anda wajib mencicipi jajanan satu ini saat di Bogor.

Lokasi: Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

3. Soto Kuning Pak Yusuf

Soto Kuning Pak Yusuf
Image Credit: Google Maps (Johann Sanjaya)

Kota Bogor tidak bisa dipisahkan dengan soto kuningnya yang membuat siapapun ketagihan. Apabila sebelumnya Anda belum berkesempatan mencicipinya, kini saatnya Anda mengunjungi Soto Kuning Pak Yusuf. Soto satu ini tak hanya cocok untuk menu makan siang namun juga akan memanjakan lidah Anda dan tidak akan mengecewakan.

Soto ini sudah ada sejak 1977, sehingga soal rasa dan kualitasnya tak perlu lagi untuk Anda ragukan. Antrian yang panjang menjadi pemandangan yang biasa ketika Anda ingin mencicipi kuliner satu ini. Kuah soto kuning yang begitu lezat dan gurih, disajikan dengan daging yang melimpah. Walaupun soto ini adalah makanan kaki lima, soal rasa jangan ragu untuk mencicipinya.

Lokasi: Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

4. Sop Buah Pak Ewok

Sop Buah Pak Ewok
Image Credit: Google Maps (Gatot Adhi Wibowo)

Ketika siang melanda, Anda bisa melepas dahaga dengan mengunjungi Sop Buah Pak Ewok. Sop buah yang sudah berdiri sejak tahun 80an ini kini sudah memiliki dua cabang. Sehingga Anda bisa mengunjungi salah satunya, karena rasanya sama enaknya. Perpaduan buah segar yang beragam dengan susu akan membuat Anda puas. Pecinta durian, wajib mencoba sup durian andalannya.

Lokasi: Jl. Prof. DR. H. Andi Hakim Nasoetion, RT.02/RW.05, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

5. Martabak Encek Suryakencana

Martabak Encek Suryakencana
Image Credit: Facebook.com @AnekaStreetFood

Jalan Suryakencana di Bogor memang terkenal dengan ragam kuliner yang siap memanjakan lidah dan perut anda. salah satu tempat yang tidak boleh Anda lewatkan adalah martabak Encek Suryakencana. Buka jam 2 siang, pelanggan setianya bahkan sudah mengantri dan memenuhi sebelum sang kakek membuka gerobaknya. Martabak ini memang begitu istimewa.

Proses memasaknya yang masih menggunakan cara tradisional, yakni dengan menggunakan arang membuat cita rasanya tak perlu diragukan. Rasa yang ditawarkan juga tidak beragam, hanya coklat, keju dan kacang, namun rasa otentik inilah yang membuat Anda harus menjajalnya. Tapi pastikan Anda sabar untuk mengantri di martabak legendaris satu ini.

Lokasi: Jl. Suryakencana No.289, RT.01/RW.07, Babakan, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

6. Toge Goreng Hj. Omah

Toge Goreng Hj. Omah
Image Credit: Facebook.com (Toge Goreng Ibu Hj Omah Bogor)

Sebelum malam menjelang, Anda harus menyempatkan untuk mengunjungi Toge Goreng Hj. Omah sebagai tempat kulineran selanjutnya. Kuliner satu ini termasuk jajaran kuliner legendaris di Bogor yang tak boleh Anda lewatkan. Menu toge goreng ini memang terkenal di Bogor sehingga Anda harus menjajalnya agar tahu lezatnya kuliner ini.

Satu toge goreng disajikan dengan taoge rebus yang ditambahkan dengan mie. Setelah itu disiram dengan kuah yang dibuat dari oncom merah, kecap manis dan tauco. Perpaduan rasa gurih dan juga manis dari toge goreng ini akan membuat para pecinta kuliner merasa begitu puas. Apalagi harga yang dibandrol juga sangat ramah kantong anda.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No. 23 A, Pabaton, Bogor Tengah, RT.02/RW.04, Sempur, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

7. Sate Sumsum Pak OO

Sate Sumsum Pak OO
Image Credit: Google Maps (Sate Sapi Pak OO)

Sate menjadi salah satu kuliner yang begitu familiar d lidah para pecinta kuliner. Mengunjungi kota Bogor jangan sampai terlewat untuk mengunjungi sate sumsum Pak Oo yang berdiri sejak 1965 lalu. Sate sumsum legendaris dari Bogor ini, Anda akan disajikan lima tusuk sate sumsum dan juga lima sate ginjal. Bumbu kacangnya yang melimpah menjadi perpaduan yang lezat.

Lokasi: Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

8. Soto Mie Mang Ohim

Soto Mie Mang Ohim
Image Credit: Google Maps (Adib Wicaksono)

Tenang saja, perjalanan rasa Anda di kota hujan ini masih belum selesai. Masih ada banyak tempat kulineran yang siap untuk memanjakan lidah dan perut anda. silahkan saja arahkan kendaraan Anda menuju Soto Mie Mang Ohim. Soto mie satu ini sudah dijamin rasanya lezat dan juga akan membuat Anda tak menyesal sudah mencobanya.

Satu porsi soti mie akan disajikan lengkap dengan kentang, wortel, mie, bihun, lobak, potongan risol dan kikil. Adanya potongan risol inilah yang menjadikan tampilan soto mie mang Ohim ini berbeda. Isian tersebut akan disiram dengan kuah bening dan ditambahkan dengan potongan daun bawang. Satu porsi soto mie ini sangat cocok disantap saat hujan turun.

Lokasi: Jl. Raya Taman Cimanggu No.22, RT.02/RW.02, Kedung Waringin, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor.

9. Bakso Kikil Pak Jaka

Bakso Kikil Pak Jaka
Image Credit: Facebook.com @gegegraddyy

Tidak ada yang bisa menolak nikmatnya bulatan daging yang dikenal dengan bakso ini. Di Bogor bakso Kikil Pak Jaka menjadi kuliner legendaris yang tak boleh diabaikan. Yang menjadikannya spesial adalah bakso kikilnya yang empuk dan tidak ulet. Ditambahkan dengan kuah kaldunya yang khas, dijamin akan membuat perjalanan kuliner Anda semakin lengkap.

Lokasi: Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

10. Kedai Kita

Kedai Kita
Image Credit: Google Maps (JWP)

Malam tiba, kini saatnya kulineran sembari nongkrong menikmati sejuknya kota Bogor. Anda bisa menjadikan Kedai Kita sebagai tujuan untuk kulineran di malam hari. Menu andalan dari kedai yang tak pernah sepi adalah Pizza Tungkunya. Walaupun masih banyak menu lain seperti Mie Pangsing Goreng atau Mie Lada Hitam yang tak kalah lezat.

Hidangan pizzanya memang menjadi primadona, karena selain enak juga menawarkan banyak topping. Anda bisa mencicip pizza margarita, marinara, sayuran sampai pizza spice beef dan quatro. Dimana pizza quatro adalah pizza yang langsung menggabungkan 4 topping langsung. Kedai Kita juga menawarkan harga setiap menunya dengan harga terjangkau.

Lokasi: Jl. Pangrango No.21, Babakan, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

11. Cungkring Pak Jumat

Cungkring Pak Jumat
Image Credit: Tribunnews.com

Makanan tradisional khas Bogor ini memang sudah lumayan sulit untuk Anda temukan. Namun tenang saja, Anda bisa menemukan makanan ini di Jl. Suryakencana Bogor. Cungkring Pak Jumat ini sudah ada sejak tahun 1975 , cungkring atau kikil sapi dengan kuah kuning yang ditambahkan dengan lontong, rempeyek dan tempe goreng lengkap dengan bumbu kacang.

Lokasi: Suryakencana, Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

12. Soto Bogor Pak Salam

Soto Bogor Pak Salam
Image Credit: Google Maps (Ajie Kusumah)

Menemukan soto di Bogor memang bukanlah hal yang sulit, dan Anda harus merasakan nikmatnya soto Bogor satu ini. Walaupun Soto Bogor Pak Salam berada di pinggir jalan dan merupakan warung tenda, kelezatannya tidak perlu diragukan. Sejak tahun 80an lalu, pelanggannya bahkan tidak pernah berkurang dan makin melimpah.

Sejak siang sudah terjadi antrian untuk menikmati lezatnya soto legendaris ini. Yang membuat soto ini begitu nikmat, Anda bisa memilih sendiri isian yang Anda inginkan. Anda bisa memilih kikil, babat, usus, paru dan juga limpa. Lauk pendamping, Anda bisa memilih sate kentang, perkedel hingga sate jengkolnya yang semuanya jempolan.

Lokasi: Jl. Siliwangi, Sukasari, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

13. Waroenk Tallubi

Waroenk Tallubi
Image Credit: Google Maps (NASI BOX DAN TUMPENG MINI WARUNK TALLUBI)

Tempat kulineran selanjutnya yang bisa Anda singgahi ketika mengunjungi kota Bogor adalah Waroenk Tallubi. Mengusung tema Resep Masakan Oma, Anda akan bisa merasakan makanan nikmat sembari menjelajah setiap ruang nostalgia dari masakannya. Anda bisa menemukan banyak menu ketika makan di tempat satu ini.

Menu seperti ayam goreng, nasi lengkap dengan pecel, ayam bakar hingga jeroan yang bervariasi. Dari semua menu tersebut, yang menjadi andalan adalah menu nasi uduk dan ayam bakarnya. Yang membuatnya berbeda adalah bumbu terasi yang khas dari kampung Oma. Dengan begitu Anda akan merasakan ayam bakar khas yang sangat menggoda.

Selain ayam bakar menu lain seperti ayam goreng yang akan disajikan dengan kremesan basah maupun yang kering. Perpaduan ayam bakar dengan nasi uduk yang pulen dan wangi tentunya tidak akan bisa ditawar oleh siapapun. Waroenk Tallubi ini akan buka hingga malam hari, sehingga Anda bisa menjadikan tempat untuk makan malam.

Lokasi: Suryakencana, Gudang, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

14. Asinan Sedap Gedung Dalam

Asinan Sedap Gedung Dalam
Image Credit: Google Maps (Wendi Prameswari)

Mengunjungi Bogor tanpa mencicipi asinannya rasanya memang kurang lengkap. Tempat menikmati asinan yang terkenal adalah di Gedung Dala,. Tak hanya menjadi sebagai kawasan bersejarah, tempat satu ini juga menawarkan banyak kuliner yang menggugah. Sudah ada sejak tahun 1970an, bisa dikatakan jika asinan satu ini termasuk legendaris.

Terdapat dua jenis asinan yang Anda jajal, yakni asinan buah dan asinan sayur. Seperti namanya, yang membedakan keduanya adalah isiannya. Asinan sayur berisi kol, taoge dan juga wortel, sementara untuk asinan buah berisi beragam buah mulai dari pepaya, ubi, nanas hingga bengkuang. Perpaduan rasa asam dan pedas membuat makanan ini begitu banyak penggemar.

Lokasi: Jl. V Point No.1, RT.04/RW.01, Sukasari, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

15. Laksa Kampung Cincau

Laksa Kampung Cincau
Image Credit: Google Maps (nadia sanjaya)

Sajian bihun putih yang ditambahkan dengan tahu kuning serta telur ini memang begitu menggoda. Dan sajian tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Laksa Kampung Cincau. Panganan yang memanjakan lidah ini telah hadir mulai tahun 1950an silam. Sehingga wajar jika hingga saat ini masih menjadi makanan dengan banyak penggemar.

Laksa yang dulunya dikenal dengan Laksa Mang Ocim merupakan perpaduan kuliner Melayu dan Tionghoa. Laksa umumnya menggunakan kuah santan yang ditambahkan dengan kaldu ayam. Tetapi di Kampung Cincau Anda akan disajikan laksa yang tanpa kaldu dan juga tanpa suwiran daging ayam. Karena letak keistimewaannya justru ada pada bihunnya yang lebih tipis.

Perpaduan mie bihun dengan santan kuning ditambahkan dengan serundeng kelapa, taoge dan daun kemangi akan membuat siapapun ketagihan. Berada di kawasan Suryakencana, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat kulineran terkenal ini. Hanya saja, Anda harus datang di pagi hari karena makanan satu ini memang cocok untuk sarapan.

Lokasi: Jl. Ranggagading, Kampung Cincau, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

16. Lasagna Gulung

Lasagna Gulung
Image Credit: Google Maps (Shafar Sz)

Lasagna merupakan kuliner khas Italia yang di Bogor disajikan dengan cara digulung. Sebelumnya diisi dengan berbagai topping yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Isian mulai dari tuna, chicken, kerang hingga beef pada lembaran pasta dan krim yang menggugah. Perpaduan ini memang sangat sayang untuk Anda lewatkan ketika ke Bogor.

Umumnya dalam satu gulung lasagna akan diisi banyak isian, mulai dari telur rebus, daging, sayuran hingga keju. Bagian luarnya ditambahkan dengan saus tomat dan juga oregano agar semakin khas. Teksturnya yang lembut dengan rasanya yang nikmat memang akan membuat siapapun ketagihan. Satu lasagna ini bisa dinikmati oleh 3 sampai 4 orang karena panjang.

Lokasi: Jl. Salak No.20, RT.03/RW.04, Babakan, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

17. Doclang Pak Odik

Doclang Pak Odik
Image Credit: Google Maps (Riyadi Prakoso)

Berdiri sejak tahun 1976, Anda akan dihadirkan dengan kuliner doclang yang tak boleh dilewatkan ketika menginjakkan kaki di Bogor. Warung sederhana ini, tak hanya mampu memikat lidah wisatawan tetapi juga memikat kalangan artis hingga pejabat. Doclang sendiri merupakan makanan tradisional yang mirip dengan ketupat tahu di beberapa daerah Jawa Barat.

Dalam satu porsi doclang Anda akan menikmati irisan tahu goreng ditambahkan pesor atau lontong maupun ketupat. Untuk menambah cita rasa ditambahkan dengan bumbu kacang, telur rebus, kentang rebus dan juga kerupuk agar makin nikmat. Doclang Pak Odik menambahkan kecap legendaris dengan cap Zebra yang membuat rasanya makin khas dan nikmat.

Lokasi: Jl. Pasir Kuda No.23, RT.01/RW.03, Pasir Jaya, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor.

18. Sop Buntut Ma’Emun

Sop Buntut Ma’Emun
Image Credit: Google Maps (Adityawarman Arioseno)

Pecinta sop buntut harus mampir dan mencicipi sendiri nikmatnya Sop Buntut Ma’ Emun ini. Sudah buka sejak tahun 60an, rasa yang ditawarkan akan membuat lidah siapapun bergoyang. Sajian sop buntut dengan daging yang disajikan dengan kematangan sempurna memang tidak akan bisa ditawar. Dagingnya yang kemerahan menunjukkan jika dagingny segar dan bumbunya meresap.

Lembutnya daging dipadukan dengan kuah kaldu sapi yang kental membuat rasa sop buntut ini semakin menggugah. Ditambahkan dengan beberapa sayuran, tentunya membuat nilai gizinya seimbang. Hangatnya sop buntut jika ditemani oleh nasi hangat akan membuat Anda tidak berhenti mengunyah.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.56, RT.01/RW.03, Sempur, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

19. Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar
Image Credit: Google Maps (Riandi Noor)

Ingin menikmati jagung bakar dengan cara berbeda, Anda bisa mengunjungi kuliner yang dekat stasiun Bogor ini. Asinan Jagung Bakar yang sudah turun temurun ini akan membuat Anda tak sabar mencicipinya. Jagung bakar diserut kemudian ditambahkan air cabai dan cuka. Agar makin nikmat ditambahkan juga dengan gula pasir menghasilkan paduan rasa manis dan segar.

Lokasi: Suryakencana, Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

20. Bir Kotjok Abah Acep

Bir Kotjok Abah Acep
Image Credit: Google Maps (Nur Mulyana Mustari)

Tak hanya makanan, di Bogor juga banyak menawarkan kuliner berupa minuman yang wajib Anda coba. Bir Kotjok Abah Acep ini contohnya, tidak akan membuat Anda mabuk karena dibuat dari bahan tradisional. Minuman yang meraciknya dengan dikocok ini, begitu kondang sehingga rasanya tak lengkap jika tidak mampir.

Lokasi: Suryakencana, Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

Itulah beberapa wisata kuliner andalan di kota Hujan Bogor yang akan membuat perjalanan liburan Anda semakin lengkap. Beberapa di antaranya juga merupakan kuliner legendaris yang sudah bertahan hingga 3 dekade. Mencicipi deretan kuliner melegenda tersebut akan memberikan Anda pengalaman kulineran yang tak terlupakan.