Kota Banjar, Jawa Barat memiliki segudang kuliner unik dan nikmat yang menarik untuk dijajal. Inilah beberapa tempat wisata kuliner favorit di Banjar untuk menikmati hidangan lezat.

Kota Banjar merupakan salah satu kota yang berada di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sehingga, olahan makanannya pun memiliki cita rasa yang unik yakni perpaduan dari kedua provinsi tersebut. Apabila Anda sedang bertandang ke kota satu ini, tak ada salahnya mampir untuk mencicipi wisata kuliner yang enak dan pastinya membuat Anda ketagihan. Berikut daftar tempat kulineran terbaik di Banjar yang bisa Anda pilih.

1. Soto Banyumas Kubangpari

Soto Banyumas Kubangpari
Image Credit: Facebook.com @dian.bachtiar.5

Bagi Anda penggemar masakan soto, tentu saja rumah makan Soto Banyumas Kubangpari, wajib Anda coba saat sedang berada di kota Banjar. Pasalnya, soto satu ini dianggap sebagai kuliner yang paling enak di daerah Banjar. Untuk Anda yang ingin mencicipinya, maka lokasinya sendiri yakni berada di sekitar MTS Kubangpari.

Warga sekitar beranggapan bahwa soto satu ini mempunyai karakteristik tersendiri yang beda dengan soto lain. Salah satunya bahan yang digunakan, yakni memakai mentok atau ayam kampung. Sehingga akan memiliki rasa yang khas. Untuk Soto Kubangpari ini sendiri memang diracik secara langsung oleh orang Banjar yang merupakan Banyumas.

Lokasi: Kec. Banjar, Kota Banjar.

2. Mie Ayam Kampung Nambo

Mie Ayam Kampung Nambo
Image Credit: Cookpad.com

Selanjutnya, apabila Anda kurang menyukai sajian soto maka mie ayam dapat menjadi alternatif lain yang bisa Anda cicipi saat berada disini. Sebab, di kota Banjar terdapat Mie Ayam Kampung Nambo yang memiliki ciri tersendiri. Uniknya, mie yang dijual di tempat ini dibuat sendiri oleh pemiliknya. Sehingga memiliki tekstur yang lebih kenyal dibanding biasanya.

Selain itu, mie ayam ini juga menggunakan daging ayam kampung yang akan menambah kenikmatan dari rasa yang ada. Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan ketika membeli mie satu ini adalah harganya yang sangat murah. Tentu saja tidak akan membuat kantong Anda menjadi jebol meskipun membelinya dalam jumlah yang banyak.

Sebab, Anda hanya akan dikenakan harga sekitar 10 ribu hingga 12 ribu rupiah per porsi saja. Dengan harga yang sangat terjangkau tersebut akan membuat Anda bisa menikmati mie ayam dengan rasa yang sangat enak. Ditambah lagi, perut Anda juga akan menjadi kenyang setelah mengkonsumsi mie ayam tersebut.

BACA JUGA:  20 Wisata Kuliner di Bekasi yang Enak & Diburu Wisatawan

Lokasi: Kec. Banjar, Kota Banjar.

3. Batagor Kuah Depan Kantor Pos Banjar

Batagor Kuah Depan Kantor Pos Banjar
Image Credit: Google Maps (Teabo Sigarantang)

Wisata kuliner selanjutnya yang bisa Anda nikmati saat berada di Kota Banjar adalah Batagor Kuah yang berada di depan kantor pos Banjar. Sebagian besar dari Anda pastinya telah sering untuk mengkonsumsi jenis makanan batagor. Namun, batagor kuah mungkin akan masih sangat asing untuk Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa mencicipinya ketika berada di kota satu ini. Batagor Asep menjadi salah satu rekomendasi yang bisa Anda coba. Pasalnya, rasa dari batagor ini sangatlah khas dan akan membuat Anda ketagihan. Ditambah lagi rasanya yang renyah sekaligus lembut akan membuat Anda ketagihan.

Batagor satu ini terdiri dari kuah yang berisi batagor, telur ayam hingga tetelan atau tulang lunak. Namun, apabila Anda menyukai jenis batagor yang kering maka tentunya di tempat ini juga tersedia. Untuk satu porsinya sendiri, Anda nantinya hanya akan dipatok dengan harga sekitar 12 ribu rupiah saja. Walaupun terletak di tenda, namun rasanya sangat enak.

Lokasi: Hegarsari, Kec. Pataruman, Kota Banjar.

4. Rumah Makan Prima Rasa

Rumah Makan Prima Rasa
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Tujuan wisata kuliner selanjutnya adalah Rumah Makan Prima Rasa. Dapat dikatakan jika rumah makan ini merupakan restoran khas yang ada di kota Banjar dan sangat terkenal di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Untuk Anda yang ingin bersantap disini, maka Anda bisa mencoba hidangan yang populer disini yakni ikan cobek karuhun.

Bagi Anda yang penasaran akan rasanya, maka menu satu ini merupakan ikan mas atau bisa pula ikan gurame yang nantinya akan dihidangkan dengan bumbu khusus. Bumbu tersebut diantaranya adalah campuran dari bawang putih, bawang merah, kacang tanah, kecombrang, jahe, kencur, cabai rawit.

Ketika mencicipi kuliner satu ini, maka sensasi rasa pedas akan langsung bisa Anda rasakan. Akan tetapi, bagi Anda yang tidak menyukai kuliner pedas tak perlu khawatir. Sebab, Anda tetap bisa memesan soto Banjar yang memiliki kuah bening dan tentunya sangat segar. Untuk isiannya sendiri yakni terdiri dari daging sapi atau daging ayam serta campuran bihun dan tauge.

Lokasi: Jl. Dr. Husein Kartasasmita,  Kec. Banjar, Kota Banjar.

5. Acip Lama Banjar

Acip Lama Banjar
Image Credit: Google Maps (Ririn Ambar)

Apabila Anda ingin mengkonsumsi bakso saat berada disini, maka Anda pun bisa mencoba untuk mengunjungi Acip Lama Banjar yang menyediakan menu satu ini. Pasalnya, menu bakso yang ada di rumah makan ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai menu kuliner bakso. Pangsitnya pun juga memiliki cita rasa lezat yang akan membuat Anda ketagihan.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Tasikmalaya yang Terkenal Lezat

Lokasi: Hegarsari, Kec. Banjar, Kota Banjar.

6. Baso Sari Rasa H Ayo Sunaryo

Baso Sari Rasa H Ayo Sunaryo
Image Credit: Google Maps (rifai idris)

Selain Acip Lama Banjar, bagi Anda yang ingin mengkonsumsi makanan berupa bakso saat berada di kota ini tentu saja akan memiliki pilihan yang beragam. Salah satunya Anda bisa mengunjungi Baso Sari Rasa H Ayo Sunaryo. Kedai bakso satu ini menjadi yang paling legenda dan tentunya favorit dari warga Banjar dan sekitarnya.

Hal ini tak hanya bualan belaka. Sebab, terbukti ketika Anda mampir ke tempat makna satu ini maka Anda akan bisa mendapatkan pemandangan berupa orang orang yang mengantri. Bahkan pemiliknya pun menyediakan dua lapak sekaligus untuk menghindari antrian yang panjang. Untuk itu, tak ada salahnya untuk mencoba mencicipi kuliner satu ini ketika berada di Banjar.

Lokasi: Jl. Dr. Husein Kartasasmita No.1, Kec. Banjar, Kota Banjar.

7. RM Sari Rasa

RM Sari Rasa
Image Credit: Google Maps (Widya Prasetyanti)

Untuk Anda yang sedang mencari rumah makan yang pas ketika makan siang, maka Rumah Makan Sari Rasa dapat menjadi jawabannya. Hal ini dikarenakan saat berada disini Anda akan disuguhkan dengan beragam menu yang beragam dan tentu saja dengan rasa yang sangat enak.

Namun, kelebihan lain yang bisa Anda temukan disini adalah harganya yang cukup terjangkau dan tidak membuat kantong jebol. Untuk itu, meskipun rasanya telah terkenal akan kelezatannya, Anda bisa mencicipinya dengan harga yang murah. Biasanya, rumah makan ini akan banyak dikunjungi oleh pecinta kuliner ketika jam makan siang tiba.

Lokasi: Kec. Banjar, Kota Banjar.

8. Mie Ayam OSIS Kenanga

Mie Ayam OSIS Kenanga
Image Credit: Google Maps (Ibnu Faisal)

Pecinta mie ayam, pastikan Anda untuk mampir ke Mie Ayam OSIS Kenanga saat sedang berada di Kota Banjar. Pasalnya, mie ayam satu ini memiliki rasa yang sangat enak dan menggoda. Untuk itu, Anda pun bisa mencicipinya ketika sedang berlibur ke kota satu ini. Anda bisa menemukannya di sekitar jalan Hamara Efendi atau Jalan Gudang.

Untuk urusan rasa, tentu saja Anda tak perlu untuk meragukannya lagi. Sebab, mie ayam satu ini akan mempunyai cita rasa khas yang akan menggugah selera makan anda. Mie ayam ini awalnya sangat ramai dikunjungi oleh kalangan anak SMA. Sehingga akhirnya diberikan nama yakni Mie Ayam OSIS Kenanga.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Cirebon yang Terkenal Enak

Lokasi: Jl. Hamara Efendi, Kec. Pataruman, Kota Banjar.

9. Sate Nikmat Putra

Sate Nikmat Putra
Image Credit: Google Maps (Purnama)

Anda merupakan salah satu penggemar sate? Maka di kota Banjar pun Anda juga bisa untuk menemukan kuliner sate dengan rasa yang sangat enak. Sate Nikmat Putra menjadi destinasi wisata kuliner yang wajib untuk Anda kunjungi saat berada di kota Banjar. Terletak di sekitar Jalan Raya Cikadu, Anda pun akan mudah untuk menemukannya.

Rasa sate yang dihadirkan oleh kedai satu ini tentu saja tak perlu untuk diragukan lagi. Hal ini dikarenakan ketika sampai di lokasi, Anda akan langsung disuguhkan dengan banyaknya antrian pengunjung yang datang dan ingin menikmati sate ini. Menu sate dan gulai yang ada di rumah makan ini menjadi andalan dan selalu habis diburu oleh pengunjung.

Lokasi: Karangpanimbal, Kec. Purwaharja, Kota Banjar.

10. Rumah Makan Beti

Rumah Makan Beti
Image Credit: Google Maps (catur hadi yuliani)

Bagi Anda yang kerap kali berkunjung ke kota Banjar, pastinya akan mengenal rumah makan yang terkenal satu ini. Rumah Makan Beti merupakan salah satu tempat makan yang bisa Anda kunjungi kapanpun. Mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam sekalipun. Dikarenakan tempat ini buka mulai pukul 7 pagi hingga pukul 11 malam.

Ada beberapa menu andalan yang wajib Anda cicipi saat berada disini. Diantaranya adalah pepes lubang dan sidat. Menu satu ini merupakan sejenis belut menurut bahasa setempat. Belut tersebut bisa Anda nikmati dalam bentuk pepes dengan rasa yang sangat lezat. Ditambah lagi dengan daun bawang, daun kemangi dan seledri yang akan membuat pepes ini menjadi sedap.

Tak mengherankan menu satu ini menjadi salah satu favorit pengunjung ketika bersantap disini. Sebab, daging belut yang dibuat dalam bentuk pepes tersebut memiliki tekstur yang lembut dan juga gurih. Namun, bagi Anda yang tidak menyukainya Anda bisa memesan menu lain seperti goreng manuk. Menu ini merupakan burung pela yang diungkep dan digoreng, pastinya sangat enak.

Lokasi: Jl. Raya Banjar, Kec. Pataruman, Kota Banjar.

Berwisata ke Kota Banjar tak lengkap rasanya jika tak menyantap kuliner khas daerahnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang masih bingung mencari tempat makan di daerah Banjar, Jawa Barat tak ada salahnya untuk mencoba beberapa rekomendasi tempat makan tersebut. Selain harganya yang terjangkau, cita rasa dari makanan yang sangat lezat akan membuat Anda ketagihan.