Bandung menjadi kota menarik dan patut dijelajahi untuk sajian kuliner yang lezat. Inilah deretan wisata kuliner di Bandung yang terkenal dan dijamin memanjakan lidah pengunjung.

Menginjakkan kaki di kota Kembang bukan hanya perkara melimpahnya tempat wisata. Kota satu ini juga memiliki daya tarik yang begitu kuat pada kulinernya. Mengunjungi Bandung tanpa menjajal nikmat dan beragamnya kuliner memang tidak lengkap. Untuk itu, berikut beberapa tempat kulineran di Kota Bandung yang akan membuat perjalanan rasa Anda semakin seru.

1. Toko Roti Sidodadi

Toko Roti Sidodadi
Image Credit: Google Maps (Yohan)

Memulai perjalanan kuliner bisa Anda lakukan dengan mengunjungi Toko Roti Sidodadi sebagai menu sarapan anda. Toko roti ini bukan sembarang roti, karena sudah ada sejak tahun 1954 silam. Tak heran jika tempat satu ini masih menjadi toko legendaris hingga saat ini. Bahkan Anda menemukan deretan roti jadul dengan rasa yang otentik yang tak pernah berubah.

Anda memang tidak akan menemukan toko dengan plang yang mewah, juga dengan toko yang luas atau terlihat mewah. Karena sebenarnya toko ini merupakan toko sederhana yang ukurannya kecil dan tak terlalu mencolok. Tetapi siapa yang menyangka, justru dari toko ini hadirlah rasa nikmat yang membuat pecinta roti harus mencicipinya.

Bahkan Anda harus datang pagi jika ingin mencicipi roti andalannya karena memang selalu cepat ludes. Ada 30 varian rasa roti yang bisa Anda cicipi, dan tenang saja harga yang ditawarkan sangat ramah kantong. Toko ini tidak hanya khas pada rotinya, tetapi juga pada pembungkusnya yang tidak berubah font yang unik dan memberi kesan jadul.

Lokasi: Jl. Otto Iskandar Dinata No.255, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.

2. Mie Naripan

Mie Naripan
Image Credit: Google Maps (Ruth Fransisca)

Untuk Anda penggemar mie tidak boleh melewatkan tempat kuliner satu ini. Mie Naripan sudah ada di tahun 1965 lalu dan hingga kini masih tetap eksis. Resep mie yamin yang turun menurun inilah yang menjadikan mie ini tetap diburu pecinta kuliner. Tempat satu ini memang terlihat biasa saja, tidak ada hiasan khusus yang akan Anda temui ketika tiba di tempat satu ini.

Tapi memang tidak bisa dilihat dari tempatnya, sekalipun tempatnya sederhana namun mie yamin di Mie Naripan selalu menjadi incaran. Bahkan Anda harus rela mengantri hanya untuk satu mangkuk mie legendaris ini. Disajikan dengan varian lengkap, Anda bisa memilih topping seperti pangsit, bakso babat hingga tambahan keju yang membuatnya kekinian.

Anda juga bisa memesan porsi besar yang akan membuat Anda kenyang. Selain Mie, Anda bisa mencoba menu lain yang tak kalah nikmat. Seperti bubur ayam, nasi dengan lauk, bakso kuah, nasi goreng hingga yahun. Hanya saja, Mie yamin di tempat satu ini merupakan menu non halal yang tidak bisa dicoba oleh semua kalangan.

Lokasi: Jl. Naripan No.108, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

3. Sapulidi Lembang

Sapulidi Lembang
Image Credit: Google Maps (Victor Timothy)

Tempat makan satu ini sudah begitu terkenal di kalangan wisatawan maupun masyarakat lokal. Mengusung konsep back to nature, tempat satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin makan di tengah nuansa pedesaan yang kental. Hadirnya konsep tersebut justru membuat para pengunjung tempat makan satu ini tidak pernah sepi.

Di Sapulidi, Anda bisa menyantap berbagai makan menu dengan tempat makan berupa bale atau saung bambu. Di antara saung saung ini, Anda akan menemukan kentongan yang dijadikan sebagai alat untuk memesan makanan. Menu andalan di tempat satu ini adalah sate ayam edan dan berbagai menu khas Sunda hingga menu Internasional dengan harga bersahabat.

Lokasi: Jl. Sersan Bajuri, Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Utara.

4. Batagor Hanjuang

Batagor Hanjuang
Image Credit: Tribunnews.com

Batagor memang menjadi salah satu kuliner khas Bandung yang memang bisa Anda temui di banyak kota. Tetapi olahan yang terbuat dai bakso serta tahu goreng ini tentunya akan berbeda jika Anda mencicipinya langsung di kota asalnya. Dari semua tempat makan batagor, Batagor Hanjuang merupakan batagor yang paling terkenal dan paling banyak diburu.

Rasa ikan tenggirinya begitu pas di lidah dan akan membuat siapapun ketagihan akan rasanya. Perpaduan gurihnya batagor dan ditambahkan bumbu kacang memang menjadi perpaduan yang sempurna. Perasan jeruk akan membuat makanan ini begitu nikmat, dan Batagor Hanjuang ini terkenal sebagai batagor yang tidak mengandung banyak minyak.

Lokasi: Jl. Terusan Babakan Jeruk 1, Sukagalih, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

5. Braga Permai

Braga Permai Restaurant Bandung
Image Credit: Facebook.com @bragapermairestaurant

Kulineran di Bandung kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat makan yang legendaris ini. Berada di jala utama Bandung, tepatnya di Braga membuat tempat kulineran ini tidak pernah sepi dengan pengunjung. Saking populernya, ketika Anda sampai Anda mungkin akan menemukan antrian mengular. Tetapi pihak Braga Permai telah menyiapkan tempat duduk yang nyaman untuk menunggu.

Sudah berdiri sejak 1918, tempat makan ini akan membawa Anda pada nostalgia yang pekat. Nuansa klasik dengan hadirnya rak rak kayu menjadi penyambut Anda begitu masuk. Bahkan dalam penyajian makanannya masih menggunakan kompor yang lama. Tak hanya suasananya yang klasik, Anda juga bisa mencicipi menu menu yang tak kalah klasik.

Bagaimana tidak, perut Anda akan dimanjakan dengan menu yang merupakan peninggalan Belanda. Seperti ice cream dengan pastry khas yang resepnya masih terjaga hingga saat ini. Hadirnya menu seperti Ananas Geap, Tampoesjes, Sepculaas Almond hingga Onthijtkoek juga bisa Anda cicipi di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Braga No.58, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

6. Sumber Hidangan

Sumber Hidangan
Image Credit: Google Maps (Risca Ramadhona)

Perjalanan Anda menjelajah rasa dengan nuansa nostalgia yang tak kalah kental juga bisa Anda lakukan dengan mengunjungi Sumber Hidangan. Rumah makan satu ini sangat legendaris karena sudah buka sejak tahun 1929. Bahkan dekorasi dari rumah makan ini tak banyak berubah meskipun sudah berjalan bertahun tahun.

Di tempat ini Anda bisa benar benar menikmati sajian lengkap dengan mengobrol bersama orang tersayang. Tidak ada fasilitas seperti colokan ataupun WIFI, sehingga Anda akan lebih bisa menikmati sajiannya. Menu andalan seperti bistik, berbagai roti, es krim hingga Wiener Schnitzel layak untuk Anda cicipi. Rasanya yang otentik akan memanjakan lidah dan perut anda.

Lokasi: Jl. Braga No.20-22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

7. Kupat Tahu Gempol

Kupat Tahu Gempol
Image Credit: Facebook.com @rasakuinirasamu.id

Kupat Tahu merupakan olahan tradisional yang harus Anda cicipi ketika di Bandung. Salah satu yang terkenal enak adalah Kupat Tahu Gempol yang berada di Pasar Gempol. Tempat makanan yang sudah ada sejak 1965 ini memiliki rasa yang tak akan membuat Anda kecewa. Tahu kuning, toge, ketupat akan disiram dengan sambal kacang gurih dan kental sehingga makin nikmat.

Lokasi: Jl. Gempol Kulon No.53, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

8. Paskal Food Market

Paskal Food Market
Image Credit: Google Maps (Kevin Arf)

Dekat dengan Stasiun Bandung, Anda bisa menjadikan tempat satu ini sebagai lokasi kulineran yang pas. Berbagai menu nusantara hingga internasional bisa Anda temukan di tempat makan yang berkonsep ruang terbuka ini. Harga yang ditawarkan untuk setiap menu juga terjangkau, sehingga Anda bisa kulineran dengan puas tanpa takut kantong jebol.

Lokasi: Jl. Pasir Kaliki No.25-27, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

9. Mie Kocok Pak Haji Endan

Mie Kocok Pak Haji Endan
Image Credit: Facebook.com @kuringronnic

Mie Kocok Pak Haji Endan bisa Anda jadikan tujuan kulineran jika Anda sedang ingin olahan mie. Dibuat dari mie pipih yang kenyal, mie kocok ini akan membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan. Kuahnya yang lezat dengan lembutnya mie pasti tidak akan Anda lupakan. Tempat makan satu ini juga menawarkan setiap porsinya dengan harga yang ramah.

Lokasi: Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

10. Toko You

Toko You
Image Credit: Facebook.com @lientje.arsyad

Sudah buka sejak tahun 1947, tempat makan di Bandung ini akan membuat kulineran Anda tak terlupakan. Suasana Bandung Tempo Dulunya memang begitu kental begitu singgah di rumah makan ini. Dekorasi hingga rasa masakannya tak pernah berubah meskipun telah puluhan tahun. Menu andalannya adalah mie yamin yang disajikan dengan kaldu spesial.

Selain menu bakso atau mie yamin, Anda juga bisa mencicipi menu lain seperti rawon, nasi goreng, menu chinese food, ayam mentega hingga steak. Anda juga harus mencicipi teh tawar yang begitu khas dan otentik, dengan wangi khas yang sangat berbeda dari tempat lain. Kesan nostalgia dari rumah makan ini juga masih sangat terasa.

Lokasi: Jl. Hasanudin No.12, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung.

11. Kopi Purnama

Kopi Purnama
Image Credit: Google Maps (Rachadian Zulkarnain)

Pecinta kopi wajib melipir dan menikmati sajian kopi di warkop paling legendaris di Bandung ini. Warung kopi yang sudah ada sejak tahun 1930an tak hanya memiliki dekorasi yang klasik, namun menu kulinernya juga tak kalah nikmat. Anda memang tak hanya bisa mencicipi kopinya, tapi menu seperti nasi timbel, roti bakar hingga mi yamin mampu membuat terkesan.

Lokasi: Jl. Alkateri No.22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

12. Tizi Cake Shop & Restaurant

Tizi Cake Shop & Restaurant
Image Credit: Google Maps (Anne Wirawan)

Di Bandung memang begitu banyak tempat kulineran legendaris yang akan membuat wisata kuliner Anda begitu lengkap. Sepeti Cafe satu ini yang telah ada mulai tahun 1974 yang sangat cocok untuk tempat nongkrong sekaligus kulineran. Anda akan disuguhkan dengan berbagai menu ikonik lengkap dengan nuansa yang membawa pada nostalgia masa lalu.

Menu andalan di cafe satu ini juga wajib untuk Anda cicipi. Schaschlik hingga kini masih menjadi primadona dari cafe ini. Tekstur dagingnya yang tender dan juicy lengkap dengan saus yang membuat hidangannya makin sempurna. Roti atau kue zaman dahulu juga bisa dijadikan makanan penutup yang menarik.

Lokasi: Jl. Kidang Pananjung No.3, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

13. Warung Inul

Warung Inul
Image Credit: Google Maps (Ryan Teguh W)

Anda yang ingin menikmati salah satu menu Sunda yang dikenal dengan nasi Cikur, Anda wajib mengunjungi warung makan satu ini. Nasi cikur sendiri merupakan nasi yang ditambahkan dengan bumbu dapur terutama cikur. Setelah itu disajikan dengan ayam goreng atau bakar, tumis sayur, sambal dan lalapan. Warung inul yang berada di Dago ini sudah kondang dengan nasi cikurnya.

Lokasi: Jl. Dago Pakar Barat No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

14. Bakmi Parahyangan

Bakmi Parahyangan
Image Credit: Google Maps (thavid limarga)

Selepas mampir dari Alun Alun Bandung, Anda bisa melanjutkan liburan dengan mencicipi Bakmi yang kondang ini. Bakmi Parahyangan sudah ada sejak tahun 1975 dan memiliki rasa yang tidak ada duanya. Satu porsi bakmi akan disajikan dengan suiran ayam lengkap dengan kuah yang dipisahkan. Anda juga bisa memilih topping lain seperti bakso, pangsit hingga babat.

Lokasi: Jl. Sukajadi No.211, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

15. Sate DJ

Sate DJ
Image Credit: Google Maps (arief iskandar)

Sekalipun Anda bisa menemukan sate di kota lain, namun kelezatan dari Sate DJ ini memang sangat sayang untuk dilewatkan. Karena sate yang disajikan tanpa menggunakan bumbu kacang ini menggunakan bumbu kering yang unik. Bahkan Anda bisa memilih sate dengan rasa asin pedas atau asin sedang. Berbagai varian daging juga bisa Anda tentukan di warung sate ini.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.276, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

16. Cuanki dan Batagor Serayu

Cuanki dan Batagor Serayu
Image Credit: Facebook.com @nursia.bachtiar

Cuanki yang merupakan sajian khas Bandung juga wajib untuk Anda cicipi jika sedang di kota Kembang ini. Langsung saja menuju Cuanki dan Batagor Serayu yang memang menjadi cuanki legendaris yang telah ada sejak tahun 1990an. Sehingga sudah dipastikan rasanya tak akan mengecewakan, karena lebih kenyal tetapi tidak keras dengan kuah yang juga nikmat.

Lokasi: Serayu St No.2, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

17. Roti Gempol

Roti Gempol
Image Credit: Google Maps (Deeta ali giri)

Untuk menjadi camilan dan pelengkap wisata kuliner anda, Anda juga harus mengunjungi toko roti bakar yang begitu populer. Roti Gempol tak hanya mampu menyajikan roti bakar yang nikmat, namun juga menjadi tempat kuliner yang melegenda. Roti Gempol telah buka dari tahun 1958 dan hingga kini masih menjadi salah satu kuliner yang tak pernah sepi pengunjung.

Anda bisa memilih roti yang akan dibakar, bisa menggunakan roti gandum dan juga roti biasa. Untuk isiannya begitu banyak pilihan, mulai dari roti bakar spesial yang diisi dengan daging, keju atau telur. Anda juga bisa memilih roti bakar komplit yang semua isian tersebut akan dimasukkan. Uniknya terdapat 135 sambal yang akan membuat rotinya makin nendang.

Lokasi: Jl. Gempol Wetan No.14, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

18. Warung Bu Eha

Warung Bu Eha
Image Credit: Google Maps (Suryawan Wawan)

Ingin menikmati kuliner makanan rumahan yang sederhana tapi enak? DI Bandung Anda bisa mengemudikan kendaraan Anda menuju Warung Bu Eha. Begitu masuk, Anda bisa melihat deretan lauk pauk dan aneka sayur yang begitu melimpah. Anda bebas memilih berbagai masakan Sunda yang pastinya akan membuat lidah Anda bergoyang.

Berbagai macam menu mulai dari Soto Bandung, pepesan, sayur kepala kakap, ikan, ayam hingga urap. Menariknya Warung Bu Eha ini juga menjadi saksi bisu zaman penjajahan dahulu. Menikmati kudapan dari rumah makan legendaris ini tidak akan membuat kantong Anda jebol. Harga yang ditawarkan tergantung dari lauk yang Anda nikmati.

Lokasi: Jl. Cihapit No.8A, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

19. Nasi Kalong Bandung

Nasi Kalong Bandung
Image Credit: Google Maps (Hendry Lim)

Kuliner Bandung memang tak pernah gagal membuat orang penasaran, hal ini juga berlaku pada nasi kalong yang merupakan nasi dengan warna hitam keungungan. Nasi ini ditambahkan dengan kluwek dan disajikan dengan sayuran seperti tumis buncis serta lauk ayam goreng madu. Perpaduan ini akan membuat siapapun yang mencobanya ketagihan.

Nasi Kalong ini buka di malam hari, sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang berburu kuliner malam. Inilah mengapa tempat satu ini dinamakan dengan nasi kalong, karena memang buka hingga dini hari. Perpaduan gurihnya nasi dengan rempah yang khas dan lauk pauk yang beragam akan membuat kulineran Anda berkesan.

Lokasi: Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

20. Rumah Makan Linggarjati

Rumah Makan Linggarjati
Image Credit: Google Maps (novi indriyanti)

Sudah berdiri kokoh sejak tahun 1950an, Anda bisa mencicipi mie yamin legendaris dengan es alpukatnya yang begitu kondang. Mie ayam manis dan asin ini disajikan dengan berbagai macam topping dan kuah kaldu yang nikmat. Mienya yang diolah secara homamade membuat teksturnya begitu kenyal. Rumah makan legendaris ini memang selalu ramai pengunjung dan membuat ketagihan.

Lokasi: Jl. Balonggede No.1, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung.

21. BMC

BMC
Image Credit: Google Maps (Nabilah Choerunisa)

Apakah Anda penggemar olahan susu segar? Jika iya Anda bisa mengunjungi pusat susu segar yang sudah berdiri dari tahun 1928. BMC atau Bandoengsche Melk Centrale ini menyediakan berbagai kuliner yang membuat liur menetes. Anda bisa menemukan berbagai olahan susu dari dessert hingga makanan berat di tempat kuliner bergaya kolonioal ini.

Lokasi: Jl. Aceh No.30, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

22. Es Duren Pak Aip

Es Duren Pak Aip
Image Credit: Google Maps (Fransisco Simamora)

Tak hanya makanan berat, di Bandung Anda juga bisa berburu dessert yang menggugah. Silahkan saja jadikan es duren Pak Aip sebagai tujuan kulineran anda. Memulai usaha dari tahun 1987, olahan es duren ini memang memiliki banyak penggemar. Es durian ini juga disajikan dengan banyak topping yang membuat tampilannya makin cantik.

Lokasi: Jl. Tubagus Ismail Raya No.5G, Sekeloa, Kec. Coblong, Kota Bandung.

Sebenarnya masih banyak tempat kuliner menarik di kota Bandung yang bisa Anda jadikan tujuan wisata kuliner. Hanya saja yang telah disebutkan sebagian merupakan rumah makan legendaris dan sudah sangat kondang. Kini tak perlu khawatir jika ingin wisata kuliner, karena tempat tempat yang telah disebutkan akan memberikan pengalaman rasa yang berbeda.