Tertarik Liburan ke Bogor? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Terbaik di Jonggol Bogor, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer dan Terhits yang Menarik Dieksplor Saat Liburan Tiba.

Bogor memang terkenal dengan beragam destinasi wisata yang sangat menarik, terutama di Jonggol. Meski sempat terkenal pada masanya, namun kesohoran dari Jonggol tidak pernah padam. Pasalnya, daerah ini tersimpan sejuta pesona keindahannya yang sangat mempesona. Seringkali dipanggil dengan sebutan “Wakwaw”, destinasi wisata alam yang ada di Jonggol memang mampu membuat para pelancong yang datang merasa nyaman dan betah untuk berlama lama disini.

Penasaran apa saja tempat menariknya? Berikut rekomendasi tempat wisata di Jonggol Bogor yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Situ Rawa Gede

Situ Rawa Gede
Image Credit: Google Maps (Konten Asik)

Destinasi wisata bernama Situ Rawa Gede ini memang sangat layak untuk diampiri tatkala berkunjung ke Jonggol, Bogor. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan danau yang sangat luas dan besar. Hebatnya lagi, di tempat wisata ini Anda akan menjumpai pemandangan danau yang sangat memukau mata tatkala memandangnya.

Apalagi dengan perbukitan yang mengelilinginya, tentu saja membuat panorama danau semakin menakjubkan. Tidak sedikit pula pelancong yang datang merasa nyaman dan betah berlama lama di tempat wisata terkenal satu ini. Anda juga bisa menyewa sebuah perahu kecil untuk sekadar menikmati keindahan serta suasana sekeliling danau.

Berkeliling sekitar danau, akan membuat pikiran Anda semakin tenang dan tentunya menghilangkan segala kepenatan akibat seharian beraktivitas di perkotaan. Bila beruntung, Anda juga bisa menjumpai pemandangan matahari terbenam yang sangat memukau di sudut barat danau. Momen tersebut seringkali diabadikan oleh para pengunjung yang datang sebagai kenang kenangan terindah.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sirnajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

2. Curug Country

Curug Country
Image Credit: Twitter.com @detikTravel

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa Jonggol memang terkenal dengan destinasi wisata berupa curug atau air terjun. Salah satunya yang paling terkenal ialah Curug Country. Uniknya, destinasi wisata ini memiliki tinggi hanya 7 hingga 10 meter saja. Tak ayal jika banyak sekali para pengunjung yang datang bermain air langsung di bawah air terjunnya.

Perpaduan hijaunya pohon yang berada di sekeliling dengan gemuruh air terjun mampu menghipnotis siapa saja yang datang kesana. Apalagi udara serta suasananya yang masih sangat sejuk dan asri, dapat menghilangkan penat akibat seharian aktivitas di perkotaan. Bila mengunjunginya, pastikan Anda telah menyiapkan berbagai kebutuhan di sana untuk menikmati liburan sepuasnya.

Meski awalnya air terjun ini tidak dikenal oleh khalayak ramai, namun berkat adanya kekuatan sosial media mampu menghantarkan para pengunjung untuk menikmati keindahannya secara langsung. Bila Anda ingin merasakan pengalaman berlibur yang berbeda, cobalah mengajak orang terdekat untuk menghabiskan masa liburan bersama di destinasi wisata populer satu ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tanjung Rasa, Kec. Tanjung Sari, Kab. Bogor, Jawa Barat.

3. Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis
Image Credit: Caritraraya.com

Bosan dengan rutinitas harian yang itu itu saja? Jangan khawatir, destinasi wisata bernama Curug Cipamingkis ini bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang ingin menginginkan ketenangan. Air terjun satu ini memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter. Meski tergolong tinggi, namun Anda masih bisa menikmati kesegarannya secara langsung di bawahnya.

Tidak jarang orang yang mengunjungi karena kejernihan airnya yang sangat memukau mata. Apalagi suasananya yang sangat sejuk, tentunya sangat ampuh mengusir kejenuhan. Berkat keindahan serta kesejukan yang diciptakan tersebutlah, tidak heran jika Curug Cipamingkis menjadi favorit para pelancong baik itu dari dalam maupun luar daerah.

Uniknya lagi, banyak juga para pengunjung yang sengaja datang hanya untuk berendam di air bawah air terjun sembari merasakan derasnya aliran air terjun. Kegiatan ini tentunya bisa Anda coba tatkala mengunjunginya serta membuat pengalaman berlibur semakin mengesankan. Untuk bisa menikmati keindahan alamnya, Anda hanya dibebankan biaya yang tidak menguras kantong.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

4. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol
Image Credit: Gunung.id

Bisa dibilang destinasi wisata bernama Gunung Batu Jonggol ini menjadi tujuan wisata paling digemari oleh para wisatawan. Hal ini tidak lain karena pemandangan alamnya yang sangat indah, dan mampu menyegarkan pikiran para pengunjung yang datang. Bahkan tidak sedikit orang yang datang kerap kali memanfaatkan pemandangan tersebut sebagai spot foto yang instagenik.

Untuk bisa mencapai puncaknya, Anda harus mendakinya terlebih dahulu. Namun tidak perlu khawatir, karena track yang dilalui tidak terlalu menanjak. Banyak pula para pendaki pemula yang menjajal kemampuannya di Gunung Batu Jonggol. Pasalnya, gunung ini memiliki ketinggian sekitar 875 mdpl. Tak ayal jika banyak yang merekomendasikannya sebelum mencoba track yang lebih berat.

Jika beruntung, Anda pun bisa menyaksikan secara langsung fenomena matahari terbenam serta terbit yang sangat memanjakan mata. Tidak jarang pula, para wisatawan yang datang membawa tenda untuk menginap. Pasalnya, di malam hari Anda bisa menikmati lanskap kota Jonggol yang sangat menawan. Ditambah lagi dengan hamparan bintang yang sangat menakjubkan di langit.

Lokasi: Desa Sukaharja, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

5. Hutan Pinus Cipamingkis

Hutan Pinus Cipamingkis
Image Credit: Google Maps (ayoo iss)

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini memang masih berada di dalam satu kawasan dengan Curug Cipamingkis. Dengan disuguhkannya pemandangan yang sangat indah inilah, membuat Hutan Pinus Cipamingkis dikenal hingga penjuru nusantara. Meski terbilang baru, destinasi wisata ini sudah banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan wisatawan.

Tatkala mengunjunginya, Anda akan menjumpai kabut tipis nan ciamik yang mampu menjadikan pemandangan hutan pinus menjadi lebih khas. Adanya kabut tersebut pula menandakan bahwa tempat wisata ini memiliki suhu yang lebih dingin. Untuk itu, Anda harus menyiapkan minuman hangat agar tidak merasa kedinginan ketika bertandang kesini.

Bila ingin menyaksikan fenomena kabut tipis nan indah di destinasi wisata ini, cobalah datang dikala pagi hari bersama dengan teman terdekat. Namun jangan lupa juga untuk memakai jaket yang cukup tebal, karena udaranya sangat dingin. Hal menarik yang bisa dijajal ketika bertandang kesini ialah mencoba menikmati sajian jagung bakar ditemani kopi panas yang disuguhkan oleh pengelola.

Lokasi: Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

6. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum
Image Credit: Google Maps (Rudi S)

Bingung mencari tempat yang cocok guna melepaskan penat? Tenang, Anda masih bisa berkunjung ke salah satu destinasi wisata di Jonggol yang bernama Curug Cibeureum. Tidak kalah tingginya dengan Curug Cipamingkis, air terjun satu ini pun memiliki ketinggian hampir 30 meter. Setiap kali liburan tiba, wisata ini akan dipadati oleh para pengunjung.

Uniknya lagi, adanya tebing yang mengapit air terjun ini membuat pemandangan yang sangat khas dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Tak heran bila banyak sekali yang memanfaatkannya sebagai spot foto menarik nan instagramable. Perpaduan sempurna antara hijaunya pepohonan serta suara gemuruh air terjun membuat siapa saja merasa nyaman.

Berkat adanya pemandangan nan eksotis tersebutlah, banyak para pengunjung yang berasal dari luar daerah rela datang jauh jauh demi menikmati keindahan serta kesejukan yang disuguhkan oleh Curug Cibeureum ini. Untuk bisa menyaksikan panorama yang ditampilkan air terjun ini, dibutuhkan tenaga yang cukup keras lantaran tracknya cukup menantang.

Lokasi: Sirnajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

7. Villa Khayangan

Villa Khayangan
Image Credit: Google Maps (Villa Khayangan)

Ingin menghabiskan masa liburan dengan berenang bersama orang tersayang? Cobalah mendatangi salah satu destinasi wisata Jonggol bernama Villa Khayangan ini. Menawarkan sensasi berenang yang jauh berbeda, tentunya akan membuat pengalaman berlibur Anda semakin menyenangkan. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa berenang di kolam satu ini sepuasnya.

Jika ingin mengunjunginya, pastikan Anda memilih waktu yang tepat. Pasalnya, setiap hari wisata ini selalu dipadati oleh pengunjung. Menariknya lagi, wisata ini pula dikelilingi dengan perbukitan yang menjulang tinggi sehingga membuat suasananya semakin sejuk nan asri. Tak ayal bila banyak orang yang rela menghabiskan waktunya untuk berlama lama di destinasi ini.

Bisa dibilang wisata kolam renang ini memang jauh berbeda dibandingkan dengan kolam renang pada umumnya. Meskipun begitu, hal inilah yang membuat para pengunjung berbondong bondong datang kesini guna menghabiskan waktu liburannya. Tak hanya kolam renang semata, terdapat pula gazebo yang dibangun khusus untuk tempat istirahat pengunjungnya.

Lokasi: Jl. Puncak Dua, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

8. Taman Wisata Penangkaran Rusa

Penangkaran Rusa Giri Jaya
Image Credit: Wisatakita77.wordpress.com

Taman Wisata Penangkaran Rusa ini bisa digunakan sebagai solusi liburan terbaik bersama anggota keluarga. Dimana Anda bisa menyaksikan secara langsung kehidupan rusa yang dibiarkan berkeliaran di area wisata ini. Tak perlu khawatir mengenai keamanannya, karena pihak pengelola juga telah menyediakan jembatan khusus untuk para pengunjung.

Jembatan tersebut sengaja dibangun, agar para pengunjung bisa menikmati keindahan alam beserta tingkah laku menggemaskan dari rusa. Hebatnya lagi, Anda juga bisa memberikan makan rusa secara langsung dengan didampingi pihak pengelola. Bahkan tidak sedikit terdapat beberapa spot foto menarik yang tidak bisa dilewatkan begitu saja untuk diupload di feed instagram.

Lokasi: Buanajaya, Kec. Tanjungsari, Kab. Bogor.

9. Taman Wisata Heaven Memorial Park

Taman Wisata Heaven Memorial Park
Image Credit: Google Maps (Christian Andrianto)

Ingin berwisata ke tempat yang anti mainstream? Tidak perlu khawatir, di Jonggol terdapat sebuah destinasi wisata yang teramat unik dan cocok untuk dikunjungi yaitu Taman Wisata Heaven Memorial Park. Seperti namanya, taman wisata ini memang berupa pemakaman yang telah didesain semenarik mungkin. Mungkin terdengar menyeramkan, namun hal ini tidak seperti yang dibayangkan.

Pasalnya, destinasi wisata ini memang sengaja di desain semenarik mungkin guna menarik perhatian para pengunjung baik itu dari dalam maupun luar negeri. Tak hanya itu, pemakaman ini pun tidak terlihat menyeramkan ataupun berhantu. Dengan begitu, Anda bisa leluasa menikmati wisata ini sambil berswafoto dengan latar belakang yang sangat epik.

Lokasi: Buanajaya, Kec. Tanjungsari, Kab. Bogor.

10. Telaga Wisata Citra Indah City

Telaga Wisata Citra Indah City
Image Credit: Google Maps (Mizan Hendrawan)

Tempat wisata terakhir yang bisa Anda kunjungi ketika bertandang ke Jonggol ialah Telaga Wisata Citra Indah City. Memiliki konsep yang tak jauh beda dengan Situ Rawa Gede, destinasi wisata ini memang sengaja didesain layaknya berada di danau sungguhan. Bahkan danau yang berada di perumahan Citra Indah City ini pun memiliki pesona yang sangat memukau mata.

Hebatnya lagi, untuk bisa menikmati keindahannya Anda tidak perlu merogoh kocek sama sekali. Pasalnya, pihak pengelola tidak membebankan biaya tiket masuk sepeserpun bagi para pengunjungnya. Hanya saja, Anda perlu membayar jasa penitipan kendaraan di lokasi wisata. Hal ini tentunya bukan menjadi masalah besar bagi anda, bukan?

Bisa dibilang destinasi wisata ini sangat cocok digunakan sebagai alternatif dikala masa liburan telah tiba. Apalagi jika Anda mengajak anggota keluarga atau teman terdekat untuk menghabiskan liburan di akhir pekan sambil piknik di pinggiran telaga ini. Tentunya akan menjadi pengalaman berlibur yang sangat mengesankan dan menyenangkan.

Lokasi: Jl. Telaga Bukit Menteng, Setu Sari, Kec. Cileungsi, Kab. Bogor.

Berwisata bersama orang tersayang di salah satu destinasi wisata memang terdengar mengasyikkan. Untuk itu, alangkah baiknya bila Anda menyediakan waktu guna menenangkan pikiran akibat rutinitas harian yang sangat melelahkan. Apalagi bila Anda mengunjungi salah satu destinasi wisata di Jonggol, Bogor yang telah disebutkan diatas, pastinya akan membuat pengalaman jauh lebih menarik.