Apa Saja Tempat Menarik di Sukabumi? Periksa List Tempat Wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer dan Terhits yang Wajib Anda Jelajahi Saat Liburan.

Geoprak Ciletuh terletak di Kabupaten Sukabumi sudah tersohor dengan keindahan alamnya. Banyak tempat wisata tersembunyi yang bisa Anda kunjungi saat musim liburan. Meskipun akses ke kawasan wisata cukup sulit, namun tak membuat para pelancong surut untuk menikmati pesona yang ditawarkan.

Pesona alam yang masih alami memberikan kesan tersendiri, sehingga liburan Anda kali ini ke Geopark Ciletuh memiliki momen yang tak terlupakan. Berikut beberapa tempat wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi yang menarik untuk dijelajahi.

1. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps (Hubert Trapp)

Jika sekilas dilihat bukit ini memang tampak seperti perbukitan di salah satu acara anak populer tahun 90an. Gundukannya membentang hijau seperti padang savana dan ukurannya sangat luas. Kombinasi perbukitan dengan langit biru menjadi panorama cantik yang tak bisa dilewatkan. Belum lagi hembusan angin khas daerah pegunungan menambah rileks pikiran.

Anda disarankan untuk berkunjung ke Bukit Teletubbies saat sore hari. Karena pada waktu sore matahari tidak terlalu panas mengingat area perbukitan tidak ada tempat berteduh. Selain itu pengunjung bisa mengambil foto tanpa khawatir adanya backlight. Sembari menanti matahari terbenam yang menampakkan siluet-siluet indah dari destinasi wisata ini.

Lokasi: Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

2. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng
Image Credit: Wisatabagus.com

Daerah pesisir ini terletak di semenanjung barat daya Pulau Jawa, tepatnya berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Hamparan pasir putihnya membentang panjang menampilkan pantai yang cukup eksotik. Ombaknya berdebur tenang sesuai untuk Anda yang menyukai liburan penuh damai. Lautannya pun berwarna biru yang begitu memanjakan mata.

Beragam aktivitas dapat Anda lakukan disini seperti menyusuri bibir pantai hingga berjemur santai. Paling asyik mendirikan istana pasir atau bermain air bersama keluarga atau teman-teman. Berkat pemandangan yang diberikan oleh Pantai Ujung Genteng, para calon pengantin kerap mengambil foto pre wedding di lokasi ini.

Lokasi: Desa Gunung Batu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

3. Muara Cipanarikan

Muara Cipanarikan
Image Credit: Google Maps (Tata Sutarya Permana)

Untuk menuju lokasi wisata ini membutuhkan tenaga ekstra karena jalannya sedikit terjal. Namun rasa lelah dijamin terbayarkan setelah Anda tiba di muara ini. Anda akan dibuat kagum dengan hamparan pasir putih bersih dan lembut. Air muaranya berwarna hijau serta begitu cantik dilihat. Paduan alam yang sempurna membuat suasana wisata kian romantis.

Kawasan muara ini tidak berpenghuni jadi Anda bisa bebas berlarian kesana kemari tanpa takut mengganggu orang lain. Momen paling berkesan ialah menyaksikan matahari terbenam ditemani angin yang berhembus syahdu. Oleh sebab itu, rata-rata pengunjung yang datang tak hanya penasaran keelokannya tetapi juga ingin refreshing pikiran.

Lokasi: Gunungbatu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

4. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja
Image Credit: Travelvit.com

Bagi para pecinta olahraga air seperti surfing, Pantai Cimaja merupakan pilihan terbaik untuk dikunjungi. Ombak disini besar dan menggulung indah sangat ideal untuk berselancar. Garis pantai putihnya memanjang sehingga Anda bisa bebas berlarian di bibir pantai. Selain itu pohon kelapa tumbuh berjejeran di tepi pantai memberikan kesan teduh dan nyaman.

Lokasi pantai berdekatan dengan pusat kota dan akses jalannya mudah dijangkau. Karenanya mudah bagi pengunjung mendapatkan fasilitas umum, serta dekat dengan beberapa tempat wisata. Suasana pantai sangat menyenangkan untuk berlibur sehingga membuat Anda betah berlama-lama disini.

Lokasi: Desa Cimaja, Kec. Cikakak, Kab. Sukabumi.

5. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan
Image Credit: Google Maps (robby arsy)

Lokasi pantai cukup tersembunyi sehingga jarang ada pengunjung yang datang. Hal ini menjadi alasan mengapa lingkungan pantai terlihat asri dan bersih. Suasana pantai begitu memanjakan mata, dengan pasir putih halus dan air laut biru. Anda akan merasakan sensasi liburan yang menyenangkan selama berkunjung di Pantai Pangumbahan.

Daya tarik dari destinasi ini ialah keberadaan penyu hijau yang habitatnya berada disini. Pantai ini dijadikan penyu hijau sebagai tempat untuk bersarang dan bertelur. Maka dari itu pengunjung dihimbau untuk tidak mengganggu kenyamanan penyu. Bila beruntung di waktu tertentu Anda bisa ikut melepas penyu-penyu dewasa ke lautan.

Lokasi: Jl. Cipinang-Gunung Batu, Pangumbahan, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

6. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang
Image Credit: Disukabumi.com

Pantai ini kerap disebut sebagai pintu masuk ke kawasan Geopark, serta basecamp paling strategis untuk mengeksplor destinasi di Sukabumi ini. Anda perlu melewati tempat pelelangan ikan terlebih dahulu. Selanjutnya tinggal mengikuti ruas jalan sampai menjumpai hamparan pasir putih di kiri jalan. Terlihat pula warung-warung yang berjejer di sepanjang tepian pantai.

Pantai Palangpang menawarkan spot bermain air yang membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Biasanya tempat ini dipergunakan sebagai lokasi pendaratan bagi kegiatan paralayang. Paling asyik mendatangi pantai saat pagi hari bersamaan dengan terbitnya matahari. Sedangkan sore hari Anda dapat menyaksikan para nelayan yang hendak berlayar.

Lokasi: Pantai palangpang Geopark Ciletuh, Ciwaru, Kec. Ciemas, Sukabumi.

7. Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik
Image Credit: Instagram.com @endang_sulaiman

Letaknya berada di ketinggian Geopark sehingga pengunjung disuguhi oleh pemandangan yang mempesona. Curug dikelilingi oleh tebing batu yang dibalut tumbuhan hijau, seolah menambah eksotisme dari wisata ini. Anda akan ditemani oleh suara deburan air yang menenangkan. Debit airnya cukup tinggi jadi saat berdiri di dekat area curug akan terkena cipratannya.

Menjelang siang hari Anda dapat menyaksikan semburat pelangi, yang melengkung cantik di air terjun ini. Di bawah curug terdapat kolam yang cukup dalam namun masih bisa digunakan untuk berenang. Sensasi air curug begitu menyegarkan di tubuh ditambah udara sejuk khas pegunungan. Tak heran bila agenda berlibur Anda kali ini akan terasa menyenangkan.

Lokasi: Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

8. Curug Awang

Curug Awang
Image Credit: Instagram.com @fael_photo

Para wisatawan menjuluki tempat ini sebagai Niagara Mini di Geopark Ciletuh. Ukuran curug yang besar dan penuh bebatuan menjadi daya tarik tersendiri. Aliran air terjun cukup deras tetapi masih aman untuk bermain disekitarnya. Namun Anda dihimbau tetap berhati-hati terutama saat musim hujan karena area curug licin dan beresiko terpeleset.

Anda bisa menjadikan lanskap bebatuan sebagai latar belakang foto instagramable. Sayangnya disini Anda tidak dapat berenang sebab air terjun langsung bermuara ke sungai. Mungkin hanya sekedar bermain air di kolam bagian atas sembari menikmati pesona alam yang disuguhkan. Angin sejuk khas daerah pegunungan membuat agenda refreshing terasa sempurna.

Lokasi: Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

9. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa
Image Credit: Instagram.com @asepmahdi

Air terjun ini memiliki tiga tingkatan dengan debit air yang relatif kecil. Bentuk curug yang unik membuat kawasan destinasi menjadi instagenik. Air yang jatuh seolah meleleh dari tebing panjang memberikan kesan eksotisme yang tak dapat terlupakan. Curug dikelilingi oleh bebatuan dengan rembesan air yang tampak mempesona.

Anda bisa melakukan beragam kegiatan di curug ini, seperti berenang di kolam tampung bawahnya. Jika malas berbasah ria Anda dapat mencelupkan sebagian kaki di area kolam yang dangkal. Sensasi air terjun sangat menyegarkan membuat Anda merasa enjoy berada disini. Suasana alam yang tenang dan damai memberikan banyak momen berkesan selama liburan.

Lokasi: Pasiripis, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

10. Curug Cikaso

Curug Cikaso
Image Credit: Wikipedia.org

Banyak beberapa cerita mistis yang beredar menyebutkan wisata curug ini. Diantaranya bahwa Curug Cikaso ditunggui oleh Nyai Blorong hingga Prabu Siliwangi. Memang pada saat memasuki area wisata Anda disuguhi pepohonan rimbun dan air terjun yang sangat tinggi. Belum lagi debit air terjun cukup deras sampai menimbulkan suara air jatuh yang memekakan telinga.

Namun rumor mitos tersebut tak lantas membuat pengunjung surut, malah menimbulkan rasa penasaran tersendiri. Begitu tiba di lokasi justru terpesona dengan panorama alam yang disuguhkan. Atmosfer Curug Cikaso terasa alami dan sejuk sehingga membuat siapapun betah berada disini. Warna air yang hijau dan menyegarkan menjadi poin plus dari wisata ini.

Lokasi: Desa Ciniti, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi.

11. Puncak Darma

Puncak Darma
Image Credit: Klikterus.com

Di ketinggian lebih dari 230 mdpl Anda bisa menyaksikan keindahan Geopark Ciletuh. Berlatar belakang pantai yang membentang luas kian menambah pesona dari Puncak Darma. Di satu sisi jejeran hutan dan air terjun terlihat jelas dari atas puncak ini. Sejauh mata memandang akan bertemu hijau serta langit biru yang menentramkan hati.

Paduan sawah dan perbukitan menjadi sisi menarik yang mampu membius siapapun. Anda bisa mengambil banyak foto dengan lanskap alam yang cantik. Sayangnya untuk mencapai puncak Anda perlu menyiapkan tenaga ekstra karena medannya menanjak. Namun tak perlu khawatir terdapat gazebo diatas untuk beristirahat sejenak sambil menanti matahari terbenam.

Lokasi: Desa Girimukti, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

12. Kasepuhan Ciptagelar

Kasepuhan Ciptagelar
Image Credit: Google Maps (Agustian Riyadi)

Di kaki Gunung Halimun terdapat desa adat yang menjadi destinasi wisata daerah Sukabumi. Kampung adat ini menyuguhkan pesona budaya lokal, cocok bagi Anda yang suka mempelajari nilai dalam masyarakat. Disini Anda bisa melihat seperti apa kearifan lokal warga setempat, serta mengenal lebih dalam tentang adat dan tradisi Sunda.

Kasepuhan Ciptagelar memiliki sisi unik berupa bentuk bangunan rumah khas pribumi. Lokasi wisata ini masih dijaga keaslian budayanya di tengah pertumbuhan jaman. Maka dari itu setiap tamu yang datang diminta untuk bersikap sopan dan santun kepada warga desa. Bila beruntung Anda dapat mengikuti upacara adat yang diselenggarakan di hari-hari tertentu.

Lokasi: Sirnaresmi, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

13. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung
Image Credit: Google Maps (Avid Candra)

Destinasi alam satu ini sering menjadi jujukan wisatawan saat berkunjung ke Sukabumi. Sisi alami yang tetap terjaga menjadi magnet tersendiri. Memasuki area wisata suasana pedesaan terasa menenangkan. Air terjun memiliki ketinggian lebih dari 50 meter dengan debit air yang cukup melimpah. Di bawah curug terdapat kolam yang kesegaran airnya bisa Anda rasakan.

Curug Cimarinjung dikelilingi oleh batuan yang menambah eksotisme wisata ini. Saat siang hari Anda dapat melihat pelangi yang membias dari sela-sela air terjun. Suara debit air terdengar keras memberikan kesan tenang. Anda diajak mensyukuri keindahan alam yang tiada dua, sekaligus refreshing pikiran di tengah jenuhnya rutinitas sehari-hari.

Lokasi: Jl. Curug Cimarinjung, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

14. Puncak Tugu

Puncak Tugu
Image Credit: Google Maps (Asep Rusli)

Berada di Dusun Cikukang, Puncak Tugu menawarkan pemandangan sejumlah curug hingga tebing di Geopark Ciletuh. Anda akan disajikan paduan barisan bukit hijau dan area persawahan. Suguhan panorama alam yang indah membuat destinasi ini cukup populer di kalangan wisatawan. Tak heran apabila Puncak Tugu selalu ramai menjelang akhir pekan atau musim liburan.

Dari ketinggian Anda bisa mengambil foto berlatar belakang lanskap perbukitan. Pengelola wisata menyediakan spot foto berupa lambang cinta yang instagramable. Saat siang hari keelokan langit biru tampak menawan, sedangkan menjelang sore semburat senja semakin memikat. Anda juga bisa bermalam dan menyewa tenda untuk menikmati langit malam penuh bintang.

Lokasi: Jl. Cicukang, Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

15. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan
Image Credit: Google Maps (Yafizano Cappuccino)

Lokasinya tepat berada di depan kantor Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi (PAPSI). Alhasil tempat wisata mudah ditemukan dan aksesnya tidak menyulitkan para wisatawan. Setiap akhir pekan Bukit Panenjoan selalu ramai pengunjung yang ingin berlibur sejenak. Rata-rata pengunjung berasal dari anak muda yang hendak menambah koleksi foto.

Ketika berada di puncak Anda disajikan hamparan sawah dan perbukitan yang cantik. Pemandangan yang memanjakan mata ini akan terasa istimewa bila Anda berkunjung saat siang hari. Pihak pengelola wisata menyediakan spot kecil di puncak tertinggi, agar pengunjung bisa berfoto dengan background alam yang menawan.

Lokasi: Geopark Ciletuh, Panenjoan, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

16. Puncak Gebang

Puncak Gebang
Image Credit: Google Maps (Dede Eko S.)

Geopark Ciletuh rata-rata menawarkan wisata yang berada di atas ketinggian. Termasuk Puncak Gebang yang mempermudah pengunjung untuk menikmati panorama alam secara menyeluruh. Daya tarik ini berhasil menarik perhatian para pecinta fotografi atau para selebgram untuk mengambil koleksi foto dari atas puncaknya.

Uniknya destinasi ini sengaja dibangun oleh masyarakat lokal, dalam rangka ingin memaksimalkan potensi alam yang ada. Spot paling favorit ialah jembatan kayu yang ujungnya berbentuk seperti perahu. Dari papan titian tersebut Anda bisa melemparkan pandangan ke segala penjuru wilayah. Bahkan saat menengok ke bawah akan terlihat deburan ombak yang tenang.

Lokasi: Girimukti, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

17. Curug Sodong

Curug Sodong
Image Credit: Google Maps (Indra Jaya)

Seringkali wisatawan menyebutnya sebagai Curug Kembar karena terdapat dua aliran yang bersebelahan. Keduanya memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan air yang mengalir deras. Jika debit air sedang tak terlalu besar Anda dapat melihat ada goa di baliknya. Selain itu, keberadaan batu besar yang ditopang batu kecil di bagian puncak menjadi ciri khas curug ini.

Untuk menuju kawasan wisata ini Anda perlu meniti tangga batu yang tertata rapi. Namun perlu waspada saat musim hujan karena akses jalan menjadi licin. Ketika tiba di lokasi Anda bebas memotret keindahan curug, tapi sesekali beralih ke arah kiri agar bisa melihat sungai kecilnya. Sedangkan di sebelah kanan ada jajaran pohon dan bebatuan yang menyelimuti curug.

Lokasi: Geopark Ciletuh, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

18. Curug Larangan

Curug Larangan
Image Credit: Google Maps (Ceng Chiang)

Bisa dikatakan air terjun ini merupakan destinasi tersembunyi dari wilayah Sukabumi. Anda dapat menyaksikan aliran air yang jernih, dengan panorama tebing yang menjulang tinggi. Terdapat pula tumbuhan hijau yang kian mempercantik panorama alam di curug ini. Gagahnya Curug Larangan memberikan pesona tersendiri yang mampu menghipnotis pengunjung.

Debit air di curug ini cukup melimpah apalagi saat musim hujan tiba. Anda bisa bebas berenang di area kolam karena kedalamannya terbilang sedang. Lanskap paduan alam yang cantik membuat pengalaman berlibur Anda semakin asyik. Jangan lupa untuk mengambil foto di setiap spot, supaya menjadi momen liburan yang tak terlupakan.

Lokasi: Girimukti, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

19. Curug Cikanteh

Curug Cikanteh
Image Credit: Instagram.com @fitrahck

Air terjun ini merupakan bagian teratas dari rangkaian tiga curug lainnya. Untuk mencapai lokasi Curug Cikanteh Anda perlu melewati Curug Sodong terlebih dahulu. Anda harus melalui jalan setapak yang menanjak dan berbatu, serta ditempuh dengan berjalan kaki selama 30 menit. Lalu menyebrangi sungai dengan jembatan seadanya barulah Anda tiba di tempat tujuan.

Sesampainya di lokasi Anda seperti menemukan surga tersembunyi di tengah hutan tropis. Atmosfer alamnya sangat menenangkan dan mendukung pengunjung untuk berpetualang seru. Panorama yang tersaji begitu natural dengan udara sejuk yang menyegarkan, membuat segala jenuh hilang seketika.

Lokasi: Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

20. Curug Puncak Jeruk

Curug Puncak Jeruk
Image Credit: Instagram.com @ucan_tarakabita

Kurang lebih membutuhkan 1 jam 30 menit untuk sampai di kawasan air terjun dari pusat kota. Perjalanan yang cukup panjang akan membuahkan hasil berupa panorama cantik tiada dua. Apalagi curug ini jarang dikunjungi wisatawan sehingga area curug serasa milik sendiri. Air terjun bertingkat dengan gemericik aliran air membuat liburan kali ini memberi kesan damai dan tenang.

Lokasi: Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

Geopark Ciletuh merupakan kawasan wisata populer yang berada di Sukabumi. Destinasi ini mempunyai banyak area wisata yang menjadi jujukan saat liburan. Anda dapat menikmati aneka panorama alam yang mengesankan. Ditambah lagi suasana lingkungan yang masih alami dan asri, semakin menambah daftar wisata yang wajib dikunjungi.