Inilah Daftar Tempat Wisata Populer Dekat Stasiun Bandung. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits untuk Anda Jelajahi Saat Memilih Liburan ke Bandung.

Bandung termasuk salah satu kota dengan segudang destinasi wisata, sehingga tidak mengherankan jika para wisatawan dari luar kota menjadikannya sebagai tujuan ketika berlibur. Ada beberapa cara untuk bisa sampai di Bandung, salah satunya dengan menaiki kereta.

Bahkan tidak perlu jalan terlalu jauh dari Stasiun, Anda sudah bisa melihat deretan tempat menarik yang sayang jika dilewatkan. Berikut rekomendasi tempat wisata dekat stasiun Bandung yang bisa Anda pilih.

1. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung
Image Credit: Wikipedia.org

Tidak jauh dari Stasiun Kota Bandung, Anda bisa melihat sebuah masjid megah dengan lapangan yang begitu luas di bagian depannya. Selama berada di kawasan masjid, hamparan rerumputan berwarna hijau segar tampak menyapa para pengunjungnya. Selain dijadikan sebagai tempat beristirahat sejenak, lokasi ini pun ramai ketika memasuki waktu beribadah.

Lokasi: Jl. Dalem Kaum No.14, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung.

2. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika
Image Credit: Google Maps (azzahra dhanindya)

Destinasi wisata yang tidak kalah menarik dikunjungi selanjutnya adalah Museum Konferensi Asia Afrika. Selama berada disana, Anda bisa menyaksikan langsung sejumlah barang peninggalan yang terawat dengan sangat baik. Di tempat ini pula, wisatawan akan diajak mengulik sejarah Indonesia lebih dalam untuk menambah wawasan.

Museum bersejarah satu ini siap melayani pengujung mulai dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Namun pengunjung disarankan datang lebih awal untuk mempelajari sejarah lebih leluasa. Puas berkeliling di dalam museumnya, jangan lupa mengabadikan foto bersama di depan museum sebagai bukti bahwa Anda sudah pernah mengunjunginya.

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

3. Chinatown Bandung

Chinatown Bandung
Image Credit: Google Maps (Chinatown Bandung)

Chinatown Bandung adalah salah satu tempat wisata yang jaraknya cukup dengan Stasiun Bandung. Selama berada disana, wisatawan dapat merasakan nuansa khas China di setiap interior bangunannya. Dibuka mulai dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam, selama itu pula Anda bisa menikmati nuansa berbeda dibandingkan wilayah Bandung lainnya.

Selain menikmati nuansa khas China, di tempat ini pula Anda bisa mencicipi aneka kuliner lezat yang siap meningkatkan nafsu makan. Bahkan tempat satu ini kerap dijadikan sebagai tempat terbaik untuk melepaskan penat usai bekerja, mengingat jam operasionalnya sendiri sampai jam 9 malam. Banyak pula wisatawan yang memanfaatkan momen berlibur ini untuk menambahkan koleksi foto.

Lokasi: Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung.

4. Alun – Alun Kota Bandung

Alun - Alun Kota Bandung
Image Credit: Google Maps (Faiq Haidar)

Berkunjung ke kota Bandung tentunya tidak lengkap tanpa mengunjungi Alun Alun kotanya. Bahkan kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan tidak terkecuali di malam hari sekalipun. Wisatawan merasa betah berlama lama disana, karena pihak pengelola menambahkan sejumlah fasilitas memadai bagi para pengunjungnya.

BACA JUGA:  15 Tempat Camping di Bogor yang Paling Hits

Selain menikmati nuansa perkotaan di malam hari sembari ditemani dengan hiasan lampu tamannya, destinasi wisata ini pun kerap dijadikan sebagai tempat nongkrong terbaik. Sebab tidak jauh dari lokasi wisatanya, Anda bisa menemukan sejumlah pedagang kaki lima yang menawarkan dagangannya. Duduk santai sambil menikmati kuliner lezat selalu berhasil menghilangkan rasa penat.

Lokasi: Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung.

5. Paris Van Java Resort Lifestyle Place

Paris Van Java Resort Lifestyle Place
Image Credit: Twitter.com @PVJbandung

Siapa yang tidak mengenal Paris Van Java Resort Lifestyle Place ? Tempat berbelanja favorit ini menawarkan berbagai produk dengan kualitas jempolan. Pilihan barangnya pun cukup lengkap, sehingga Anda bisa mendapatkan berbagai kebutuhan hanya dengan mengunjungi satu tempat saja. Wajar saja jika banyak wisatawan yang tertarik mengunjunginya selagi berada di kota Bandung.

Puas mengelilingi pusat perbelanjaan satu ini, sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk mencicipi aneka kuliner lezat yang ditawarkan disana. Oleh sebab itu, tempat satu ini kerap dijadikan sebagai tempat berbelanja sekaligus nongkrong terbaik. Bahkan sebagian masyarakat Bandung setuju bahwa Paris Van Java Resort Lifestyle Place cocok disebut sebagai Mall terbaik di kotanya.

Lokasi: Jl. Sukajadi No.131-139, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

6. Jalan Braga Bandung

Jalan Braga Bandung
Image Credit: Instagram.com @indramuhtadi

Jalan Braga Bandung adalah kawasan wisata yang cocok dikunjungi bagi mereka yang tertarik melihat kemegahan bangunan peninggalan Belanda. Bangunan yang hingga kini masih berdiri kokoh tersebut, kerap dijadikan sebagai spot terbaik untuk menghasilkan foto ciamik. Di tempat ini pula, pengunjung bisa menikmati aneka sajian kuliner yang siap memanjakan lidah.

Lokasi: Jl. Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

7. Gedung Sate Bandung

Gedung Sate Bandung
Image Credit: Kompas.com

Ketika menyusuri jalan di sekitar Stasiun, kemungkinan Anda bisa menemukan Gedung Sate Bandung. Bangunan satu ini sebenarnya gedung perkantoran dari Gubernur Daerah Jawa Barat. Bukan sekedar kantor Gubernur semata, pasalnya pengunjung bisa melihat keberagaman budaya dan kesenian terpampang di depan bangunan tersebut.

Masih di sekitar wilayah yang sama, Anda bisa menemukan sejumlah pedagang tengah menjajakan kuliner lezat. Wisatawan juga bisa menemukan sejumlah souvenir cantik yang cocok dijadikan sebagai buah tangan terbaik bagi keluarga di rumah. Harga yang ditawarkan cukup bersahabat di kantong, sehingga tidak perlu takut isi dompet akan terkuras seketika.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

8. Paskal Food Market

Paskal Food Market
Image Credit: Instagram.com @paskalfoodmarket

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa Bandung menyimpan berbagai kuliner lezat yang wajib dicicipi. Namun bagaimana jika waktu berlibur Anda sudah habis, dan mengharuskan untuk meninggalkan kota penuh kenangan tersebut meski belum puas berburu kulinernya ? Tidak perlu risau, karena Anda bisa mengunjungi Paskal Food Market sebagai alternatifnya.

Destinasi wisata satu ini cocok dijadikan sebagai tempat berburu kuliner lezat, karena pihak pengelola menambahkan sejumlah kios yang menawarkan aneka masakan yang siap memanjakan lidah. Beberapa kios tersebut tersebar di beberapa titik wisatanya, sehingga Anda bisa menyusuri setiap sudut agar menemukan makanan yang ingin dicicipi.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bandung Timur Terbaru & Terhits Buat Liburan

Bahkan Paskal Food Market berhasil mendapatkan predikat sebagai pusat kuliner legendaris yang ada di kota Bandung. Untuk bisa mencicipi aneka kuliner lezatnya, tidak ada salahnya membawa budget lebih banyak agar tidak ada masakan yang terlewatkan. Cukup dengan mengunjungi pusat kuliner ini, Anda seakan berjalan jalan di di seluruh kota Bandung.

Lokasi: Jl. Pasir Kaliki No.25-27, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

9. Kampung Korea Bandung

Kampung Korea Bandung
Image Credit: Instagram.com @kampungkoreabandung

Beberapa waktu belakangan, Korea Selatan tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Indonesia. Mulai dari makanan hingga cara berpakaian khas negeri gingseng banyak ditemukan di pasaran. Tidak perlu jauh jauh ke negeri seberang untuk merasakan nuansa khas Korea, karena Anda sudah bisa merasakannya dengan mengunjungi Kampung Korea Bandung.

Lokasi wisata ini cukup populer dikunjungi oleh berbagai kalangan, dan kerap terjadi peningkatan pengunjung di akhir pekan. Bukan hanya menyajikan nuansa khas Korea semata, pasalnya pengunjung juga bisa menikmati aneka menu kuliner lezat yang tersedia di foodcourt. Selain menyajikan kuliner lezat, tentu saja daya tarik utamanya terletak pada desain tempatnya yang unik.

Lokasi: Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung.

10. Taman Vanda Bandung

Taman Vanda Bandung
Image Credit: Instagram.com @explorejourneyhn

Pikiran sedang kalut dan membutuhkan tempat terbaik untuk melunturkannya ? Sepertinya mengunjungi Taman Vanda Bandung menjadi pilihan tepat. Destinasi wisata satu ini buka selama 24 jam penuh, sehingga Anda bisa duduk santai sambil menikmati nuansa di sekitarnya hingga puas tanpa terbatasi oleh jam kunjungan.

Kawasan wisatanya semakin dipadati pengunjung ketika langit senja tampak menyapa bumi. Bukan tanpa alasan, pasalnya wisatawan bisa menyaksikan air mancur sederhana yang dihiasi dengan lampu penerangan berwarna warni yang berhasil memanjakan mata. Pihak pengelola juga menambahkan fasilitas lengkap demi memanjakan pengunjungnya.

Lokasi: Jl. Merdeka No.9, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

11. Cafe Unicorn Bandung

Cafe Unicorn Bandung
Image Credit: Google Maps (Love Uniqorn Unicorn Cafe)

Apakah Anda menyukai segala hal yang berbau unicorn ? Tampaknya berkunjung ke Cafe Unicorn Bandung tidak boleh dilewatkan begitu saja. Lokasinya cukup dekat dengan Stasiun Kota Bandung, sehingga wisatawan tidak akan kesulitan menemukan cafe unik satu ini. Selain lokasinya yang strategis, wisatawan dapat mengenalinya dari warna warni pada dekorasi bangunannya.

Suguhkan dekorasi menggemaskan yang dihiasi dengan segudang boneka berbentuk unicorn, tidak ada salahnya membawa si kecil untuk mengunjunginya. Selain menikmati dekorasinya yang menggemaskan, pengunjung bisa menikmati sajian kulinernya yang lezat. Namun sebaiknya berkunjung di hari biasa, karena jumlah pengunjung akan mengalami peningkatan di akhir pekan.

Lokasi: Jl. Bengawan No.33, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

12. Kartika Sari

Kartika Sari
Image Credit: Google Maps (Casa de Louvre 4)

Puas menjelajahi secuil wilayah Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke Kartika Sari. Toko kue satu ini berlokasi di dekat Stasiun Bandung, sehingga Anda bisa mampir sebentar untuk membeli buah tangan sebelum pulang ke kampung halaman. Produk yang ditawarkan pun cukup lengkap dan dibandrol dengan harga bersahabat.

BACA JUGA:  11 Taman Keren di Bogor untuk Tempat Bersantai

Sayangnya lokasi jalannya tidak terlalu lebar, sehingga wisatawan harus sedikit bersabar ketika melewatinya. Namun selama menginjakkan kaki di area toko tersebut, Anda bisa melihat deretan pedagang kaki lima yang menawarkan kuliner yang siap mengisi perut keroncongan. Soal rasa tidak perlu ditanyakan kembali, sehingga tidak ada salahnya berburu kuliner di kawasan tersebut.

Lokasi: Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

13. Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung
Image Credit: Ayobandung.com

Selama menginjakkan kaki di kota Bandung, dijamin wisatawan tidak akan pernah merasa bosan mengingat banyaknya destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Dari banyaknya destinasi wisata yang ada, mengunjungi Pasar Baru Bandung bisa menjadi pilihan tepat untuk berbelanja aneka kebutuhan dengan harga miring.

Ketika memasuki pusat perdagangan tersebut, beberapa kios tampak menawarkan berbagai barang dagangannya. Bahkan pusat berbelanja satu ini dijadikan sebagai tempat terbaik untuk berburu kain untuk kemudian diolah menjadi pakaian keren. Soal harga dan kualitas sudah tidak perlu diragukan, sehingga tidak perlu heran jika banyak wisatawan memilih untuk memborong barangnya.

Lokasi: Jl. Otto Iskandar Dinata, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

14. Nara Park Bandung

Nara Park Bandung
Image Credit: Google Maps (Nara Park Bandung)

Lelah selama di perjalanan dan ingin duduk santai sebelum melanjutkan acara berkeliling kota Bandung ? Tampaknya mengunjungi Nara Park Bandung bisa menjadi alternatif terbaik yang bisa dilakukan. Meski diberikan nama taman, sebenarnya tempat ini berupa cafe dengan banyaknya menu kuliner yang siap memanjakan lidah.

Menu yang wajib Anda coba adalah sajian kuliner khas Jepang ataupun makanan ala barat, karena kedua menu tersebut sudah terkenal akan rasanya yang nikmat. Cafe beroperasi mulai dari jam 7 hingga 11 malam, membuatnya cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong bersama dengan teman teman maupun keluarga tersayang.

Lokasi: Jl. Rancabentang No.28, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung.

15. Taman Lalu Lintas

Taman Lalu Lintas
Image Credit: Google Maps (Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution)

Ketika mendengar kata taman, hal yang akan dibayangkan yaitu sepetak tanah yang dihiasi dengan beragam bunga bunga cantik bermekaran yang siap memanjakan mata. Namun sedikit berbeda dengan taman pada umumnya, pasalnya wisatawan dapat menemukan Taman Lalu Lintas yang berlokasi tidak jauh dari Stasiun kota Bandung.

Taman wisata edukasi ini tidak hanya menampilkan desain unik semata, sebab pengunjung juga diajak untuk mengenal beberapa simbol lalu lintas beserta fungsinya. Destinasi wisata ini pun cocok dijadikan sebagai tempat berlibur bersama dengan si kecil. Cara penyajian ilmu yang unik, dijamin si kecil dapat mempelajarinya dengan cepat dan segera diaplikasikan dalam kehidupannya.

Lokasi: Jl. Belitung No.1, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

Bandung memang menyimpan segudang destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Bahkan wisatawan yang berkunjung ke kota bunga dengan menggunakan kereta, dapat menemukan sejumlah objek wisata tidak jauh dari stasiun Bandung. Lokasinya yang dekat dengan stasiun Bandung, wisatawan pun dapat menikmati liburannya tanpa menempuh perjalanan panjang.