Inilah List Tempat Wisata Populer di Dago Bandung, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terindah, Kekinian dan Terhits yang Menarik untuk Dieksplor Saat Musim Liburan.

Jika musim liburan tiba, Kota Bandung banyak dikunjungi dan dijadikan sebagai salah satu destinasi para wisatawan. Pasalnya, di kota sejuk tersebut ada banyak sekali objek wisata yang menarik dijelajahi, mulai dari pegunungan, pantai, perkebunan, hingga wisata sejarah. Semua destinasi tersebut bisa didapatkan secara bersamaan dengan mengunjungi Kelurahan Dago.

Bisa dikatakan daerah tersebut merupakan salah satu magnet wisatawan. Berikut beberapa tempat wisata terbaik di Dago Bandung yang bisa Anda kunjungi saat liburan.

1. Objek Wisata Dago Pakar

Objek Wisata Dago Pakar
Image Credit: Instagram.com @nur.e.susanti.39

Sejak pertama kali menginjakkan kaki di wisata Dago Pakar, kesan kesegaran dan menyatu dengan alam akan terasa begitu kental. Kesegaran dan kesejukan udara yang berembus akan terasa begitu nyata. Hal ini dikarenakan destinasi objek wisata Dago Pakar masih satu lokasi dengan wisata Tahura Djuanda yang memiliki ketinggian sekitar 800 sampai 1350 mdpl.

Dengan luas lahan sekitar 527 hektar ini, Anda akan disuguhkan begitu banyak pepohonan serta beberapa hewan yang tinggal di Taman Hutan Raya Djuanda. Berkunjung ke Dago Paka tak hanya sekedar menikmati pemandangannya saja, Anda juga akan dikenalkan dengan beberapa peninggalan bersejarah yang diperkirakan sudah ada dari tahun 1970.

Tak jauh dari lokasi, Anda juga bisa menemukan Gua Belanda yang dibuat pada tahun 1941. Jadi, sembari menikmati sejuknya pemandangan Anda bisa mengedukasi diri dengan wisata sejarah tersebut. Keberadaan objek bersejarah ini seakan menjadi saksi bahwa Bangsa Jepang dan Belanda pernah menjadikan kawasan tersebut sebagai benteng pertahanan dari musuh.

Lokasi: Jl. Raya Golf Dago No.12, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

2. Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya Juanda
Image Credit: Google Maps (Alex Bali)

Jika tadi sudah disinggung keberadaan wisata Taman Hutan Raya Juanda, maka kali ini akan dibahas secara lebih dalam. Selagi menapakkan kaki di Kota Bandung, sempatkanlah untuk mengunjungi Tahura Djuanda yang dapat menghilangkan penat di pikiran. Ketika memasuki kawasan wisata ini, suguhan pertama yang akan siap menyambut Anda ialah keberagaman flora dan faunanya.

Jika masuk lebih dalam, Anda juga akan menemukan sebuah peninggalan sejarah Gua Jepang yang konon katanya sudah ada sejak tahun 1942 silam. Gua dengan panjang 70 meter tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Taman Hutan Raya Djuanda. Tempat tersebut juga sangat cocok dijadikan pelarian sejenak dari hiruk pikuk kota.

Kekhasan vegetasi pepohonan dan hutan dataran tinggi terlihat jelas jika ditelaah dari tumbuhan pinus yang mendominasi di daerah tersebut. Selain pinus, masih ada banyak sekali vegetasi pohon dan keanekaragaman hayati yang sangat luar biasa. Tak heran jika hembusan udara di Taman Hutan Raya Djuanda lebih segar daripada taman taman pada umumnya.

Lokasi: Kompleks Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Dago, Jl. Pakar Kulon, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

3. Wisata Tebing Keraton

Tebing Keraton
Image Credit: Himago.com

Dapat dikatakan, kondisi alam di Kota Bandung masih cukup terjaga keasriannya. Salah satu wisata di Dago yang masih asri dan berdekatan dengan Taman Hutan Raya Djuanda ialah Tebing Keraton. Tebing Keraton ini digadang gadang sebagai spot terbaik untuk menikmati keindahan Kota Bandung dari sisi yang berbeda. Tak ayal, banyak fotografer berdatangan untuk mengabadikan setiap momen.

Terlukis hamparan pepohonan dominasi hijau yang berhasil menghiasi area perkotaan yang cenderung memiliki gedung gedung bertingkat. Hembusan semilir angin sejuk siap menerpa Anda dari ketinggian tebing. Suasana yang tenang juga sukses membuat hati setiap para pengunjungnya merasa nyaman dan ingin berlama lama di Tebing Keraton Dago.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi destinasi wisata Tebing Keraton ialah di pagi hari saat sang surya mulai menampakkan dirinya. Pemandangan matahari terbit yang ciamik sering kali menjadi lahan berburu foto bagi mereka yang memiliki hobi fotografi. Apabila Anda tertarik mengunjungi wisata yang satu ini, silahkan melipir ke Ciburial, Dago, Kota Bandung.

Lokasi: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat.

4. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung
Image Credit: Kompas.com

Dago merupakan salah satu wilayah di Kota Bandung yang memang sudah diidolakan sebagai tempat yang menyimpan segudang objek wisata menarik. Salah satu tempat wisata yang sayang jika tidak dikunjungi ialah Kebun Binatang Bandung. Sebelum terkenal dengan nama seperti sekarang, wisata tersebut dahulu diberi nama sebagai Derenten yang berarti kebun binatang.

Ada sekitar 213 koleksi hewan yang mana 79 diantaranya merupakan satwa yang dilindungi. Selebihnya, koleksi satwa tersebut merupakan satwa campuran Indonesia dan luar negeri. Jika biasanya suasana kebun binatang cenderung gerah, di wisata yang satu ini Anda bisa mengedukasi diri terhadap berbagai macam jenis hewan dengan suhu sejuk yang menyenangkan.

Lokasi: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

5. Bird And Bromelia Pavilion

Bird And Bromelia Pavilion
Image Credit: Google Maps (Bird Pavilion)

Sebenarnya, berlibur tak hanya tentang menikmati berbagai wahana yang ada di salah satu objek wisata saja. Pasalnya, Anda bisa menikmati wahana dan pemandangan suatu objek wisata sembari mengedukasi diri dalam satu waktu. Semua hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi salah satu destinasi wisata di Dago bernama Bird and Bromelia Pavilion.

Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini menyimpan lebih dari 50 jenis spesies burung yang berasal dari berbagai daerah. Mulai dari Burung Nuri, Burung Macau, Hingga Love Bird bisa Anda saksikan di tempat yang satu ini. Bagi sebagian orang mungkin akan merasa bosan jika hanya memandangi beberapa jenis burung yang beterbangan kesana kemari.

Oleh sebab itu, pihak pengelola Bird and Bromelia Pavilion memperbolehkan para pengunjung untuk berinteraksi secara langsung dengan beberapa jenis burung. Bahkan, pengunjung juga akan berkesempatan untuk memberikan pakan secara langsung kepada berbagai burung yang sudah dilatih oleh pihak pengelola.

Lokasi: Jl. Akaza Utama No.9, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

6. Amazing Art World

Amazing Art World
Image Credit: Google Maps (Fariz Yogandhani)

Apabila Anda sedang berada di kawasan Dago, maka bisa mengunjungi salah satu destinasi wisata seru yang bernama Amazing Art World. Hanya dengan mendengar namanya, bisa dibayangkan jika wisata yang satu ini menyuguhkan beragam aneka lukisan keren dan lucu yang bisa diabadikan oleh setiap pengunjung. Bahkan, Anda bisa berswafoto dengan latar belakang salah satu lukisan.

Amazing Art World mengusung konsep 3D, 4D hingga 5D yang bisa dijadikan spot foto terbaik. Umumnya, koleksi lukisan tersebut dibuat oleh anak bangsa yang sangat membanggakan. Tersedia ratusan gambar dan lukisan yang nampaknya sukses menipu setiap mata yang melihatnya. Beberapa gambar dan lokasi bahkan seakan hidup dan keluar dari dalam dinding.

Konsep dari lukisan dan gambarnya sendiri juga cukup beragam, seperti sentuhan China, Filipina, hingga Korea. Dengan berbagai macam konsep yang diusung, para pengunjung tidak akan bosan ketika berwisata di Amazing Art World. Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, bisa menuju ke Jalan Dr. Setiabudi, Dago, Kota Bandung.

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No.293-295, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

7. Wisata Kuliner Cafe D’Pakar

Wisata Kuliner Cafe D’Pakar
Image Credit: Google Maps (arthur saladin)

Berlibur ke Dago dan tidak mencicipi kuliner khasnya merupakan sebuah kesalahan fatal. Sebelum merasa menyesal, ada baiknya menyempatkan diri untuk mengunjungi Cafe D’Pakar yang sajikan beragam kuliner unik dan khas yang sulit ditemukan di daerah lain. Selama berada di lokasi tersebut, Anda akan disuguhkan beragam kuliner sedap dengan view romantis.

Style arsitektur bangunan yang menggabungkan konsep Jawa dan Sunda berhasil menjadi ciri khas dan daya tarik utama dalam objek wisata Cafe D’Pakar. Menu yang disajikan pun beragam, mulai dari makanan berat hingga camilan seperti roti bakar dan es krim semua tersedia di tempat ini. Tertarik mengunjungi tempat ini? silahkan menuju ke Jalan Dago Pakar Utara, Kota Bandung.

Lokasi: Jl. Dago Pakar Utara, Sekejolang, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

8. Dago Dream Park

Dago Dream Park
Image Credit: Tourbandung.com

Objek wisata Dago Dream Park adalah satu dari sekian banyak destinasi wisata yang sangat cocok jika dikunjungi bersama keluarga. Saat memasuki kawasan tersebut, Anda akan disuguhkan dengan sederet spot kekinian yang banyak dijadikan sebagai area berfoto kaum milenial. Wajar saja jika banyak sekali pengunjung yang datang hanya untuk sekedar berfoto di salah satu spot.

Selain beberapa spot foto kekinian, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam deretan pohon pinus yang berhiaskan aliran sungai tenang. Perpaduan kedua hal tersebut menjadi kombinasi sempurna untuk Anda yang ingin melepaskan kejenuhan dari berbagai aktivitas sehari hari. Anda pun bisa merasakan sensasi kesegaran dari air jernih dalam sungai tersebut.

Selagi menikmati pemandangan dan udara yang sejuk, terdapat berbagai wahana seru dan sangat menarik yang juga bisa Anda manfaatkan untuk mengisi kegiatan selama berlibur bersama keluarga di tempat tersebut. Beberapa wahana seru yang sayang jika dilewatkan, antara lain Skybike, Choo Choo Train, Lost and Paradise, Anti Gravity, Archery, dan Kampoen Dayang Sumbi.

Lokasi: Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

9. Wisata Kuliner One Eighty Coffee

One Eighty Coffee
Image Credit: Instagram.com @oneeightycoffee

Dewasa ini, jagad maya dihebohkan dengan adanya sebuah kafe yang mengusung konsep unik berupa kolaborasi perairan. Salah satu kafe dengan konsep unik tersebut yang berlokasi di daerah Dago ialah One Eighty Coffee. Di kafe tersebut, Anda bisa duduk dengan santai menikmati secangkir kopi autentik sembari merendam kaki di dalam kolam yang sudah disediakan.

Ketika mengunjungi kafe tersebut, Anda tak perlu takut tenggelam. Pasalnya, pihak pengelola hanya mendesain kolam dengan menempatkan air yang hanya menutupi mata kaki saja. Suasana yang cozy beriringan dengan segarnya air dalam kolam menjadi perpaduan sempurna untuk Anda yang ingin berbincang bincang bersama orang terkasih.

Apabila Anda kurang berkenan untuk mencelupkan kaki, di kafe tersebut juga tersedia ruangan indoor yang tak kalah menakjubkan. Ruangannya di desain khusus dengan tampilan sedemikian rupa yang mampu menarik perhatian setiap pengunjungnya. Untuk bisa berkunjung ke One Eight Coffee, Anda perlu menuju Jalan Ganesa, Dago, Kota Bandung.

Lokasi: Jl. Ganesa No.3, Lb. Siliwangi, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

10. Wisata Dago Tea House

Wisata Dago Tea House
Image Credit: Google Maps (Rivaldi Octora)

Wisata di Kelurahan Dago yang tak kalah menarik ialah Dago Tea House. Lokasi yang sudah ada sejak jaman kolonial Belanda ini merupakan destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi saat berada di Dago. Destinasi wisata ini banyak dikunjungi oleh muda mudi yang ingin menghabiskan masa liburannya bersama orang orang tercinta seperti keluarga, sahabat, hingga pacar.

Berbagai acara atau pagelaran budaya sering diadakan di Dago Tea House, seperti pagelaran musik angklung, seni wayang golek, dan masih banyak lagi. Jika Anda mengunjungi wisata yang satu ini di malam hari, suguhan pertama yang siap menyambut ialah kerlap kerlip lampu malam Kota Bandung yang terlihat seperti hamparan zamrud indah dan menarik.

Lokasi: Jl. Bukit Dago Utara III, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

Berkunjung ke Bandung, sempatkanlah diri Anda untuk mampir ke wilayah Kelurahan Dago yang menyimpan beragam destinasi wisata yang unik dan ciamik. Mulai dari wisata alam yang asri hingga cafe berkonsep unik bisa Anda temukan dengan mengunjungi daerah tersebut. Ditambah suasana udara yang sangat sejuk menjadikan liburan Anda semakin berkesan.