Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibiru Wetan, Kec. Cileunyi, Kota Bandung, Jawa Barat.

Apakah Anda sedang mencari tempat wisata alam di Bandung dengan nuansa yang segar dan alami? Jika iya, maka Wisata Batu Kuda Manglayang menjadi salah satu lokasi terbaik yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga atau rombongan. Berada di bawah kaki gunung Manglayang, suasana asri tentunya bisa ditemukan di destinasi menyejukkan ini. Anda bisa melakukan aktivitas seru seperti piknik, hiking, bersantai, olahraga, camping, sampai dengan mengabadikan momen. Lebih lanjut, yuk intip informasinya di sini!

Sekilas Tentang Wisata Batu Kuda

Tentang Wisata Batu Kuda
Image Credit: Twitter.com @BdgDiscov

Seperti yang sudah diketahui, Jawa Barat memiliki destinasi wisata alam yang cukup populer. Hal ini karena letak geografis dari daerah ini berada di ketinggian dan di dominasi oleh perbukitan. Tak heran jika ada banyak wisata alam yang cukup terkenal, misalnya saja Kawasan Wisata Batu Kuda Manglayang.

Destinasi wisata yang satu ini merupakan perbukitan dengan hutan pinus yang menawan. Berada di ketinggian antara 1150 sampai dengan 1300 meter di atas permukaan laut, pengunjung bisa merasakan segarnya suasana Bandung dari kawasan wisata yang satu ini. Mengingat potensi alamnya cukup menjanjikan, maka destinasi ini sudah dikelola dengan baik.

Bahkan, objek wisata Batu Kuda berada di Pengawasan Perhutani langsung. Sebelum mendapat perhatian lebih, kawasan ini memang masih ala kadarnya dan cukup terbatas untuk akses masuknya. Beruntungnya, setelah mendapatkan perhatian lebih kawasan ini jauh lebih tertata dan memiliki daya tarik yang eksotis.

Biasanya, tempat ini menjadi tujuan wisata bagi para keluarga, rombongan, dan warga sekitar saja. Berkat adanya pengelolaan yang tepat, sekarang tempat ini sudah jauh terkenal dan lebih banyak dikunjungi pagi para wisatawan. Baik pelancong lokal maupun maupun luar daerah, destinasi yang satu ini sudah terbilang cukup ramai.

Selain mendapatkan perhatian lebih dari pihak perhutani, sekarang wisata Batu Kuda Manglayang sudah menjadi cagar budaya yang dilindungi. Kawasan ini mendapatkan perlindungan hukum UU nomor 11. Tahun 2010 mengenai Cagar Budaya. Hal inilah yang membuat kawasan jadi semakin tertata dengan baik.

Daya Tarik Wisata Batu Kuda Manglayang

Daya Tarik Batu Kuda Manglayang
Image Credit: Twitter.com @infobdg

1. Area Hutan Pinus

Jika ditanya apa daya tarik dari kawasan wisata ini, maka jawabannya adalah area hutan pinus yang masih asri. Pengunjung bisa menemukan area hutan pinus yang letaknya dekat dengan gerbang masuk. Di area pertama, Anda disuguhi dengan segarnya hutan pinus yang rimbun, sambil beristirahat menikmati nuansa yang masih asri.

Jika Anda datang ke sini untuk tujuan berlibur, tentunya ini menjadi lokasi yang tepat untuk melepas suntuk dan penat dari pekerjaan. Banyak yang datang ke area pinus ini untuk sekedar ngobrol, bersantai, sampai dengan menikmati hammock yang di pasang di sekitaran hutan pinus. Tak heran kawasan ini selalu ramai pengunjung yang ingin mencoba refresh dari pekerjaan.

2. Situs Batu Kuda

Daya tarik lainnya yang bisa ditemukan di kawasan ini yaitu Situs Batu Kuda. Seperti namanya, kawasan ini memiliki nama karena ada sebuah batu besar. Bukan Indonesia jika tak memiliki cerita mitos yang cukup menarik menjadi perbincangan. Begitu juga dengan kawasan ini, konon bongkahan batu tersebut merupakan perwujudan kuda tunggangan Prabu Layang Kusuma.

Jika ingin mengunjungi kawasan ini, maka Anda bisa menemukannya kurang dari 1 Km dari gerbang masuk. Para wisatawan bisa menempuh dengan mudah untuk menuju ke situs bersejarah ini sambil trekking ringan. Di jamin, Anda tidak akan merasa lelah karena jalur menuju ke situs ini masih berada dalam kawasan hutan pinus yang terbilang cukup asri.

Selain situs batu kuda, ada juga kawasan yang memiliki cerita misteri dan mitos menurut masyarakat setempat. Di sini ternyata terdapat juga petilasan yang cukup beragam, mulai dari batu kursi, batu tumpeng, batu keraton, batu lawang. Masing masing situs tersebut menyimpan kisah dan mitos tersendiri.

Daya Tarik Batu Kuda
Image Credit: Google Maps (Rafi Ghani)

3. Menara Pandang Wisata Batu Kuda

Selain situs, pengunjung juga akan disuguhi dengan menara pandang yang letaknya berkisar 500 meter dari hutan pinus. Dari menara ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan lepas yang berada di sekitar kawasan Batu Kuda. Bagi Anda yang ingin menuju menara pandang, maka bisa mengikuti jalan setapak yang tersedia.

Tak hanya itu saja, Anda juga sudah tidak perlu lagi kelelahan dan kesulitan menuju lokasi. Pasalnya, sudah tersedia anak tangga yang bisa digunakan para pengunjung yang datang. Setibanya di puncak menara pandang, Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang begitu menawan dari atas platform.

Mengingat menara pandang ini memiliki ketinggian yang terbilang cukup ekstrem, maka Anda akan disuguhi dengan hamparan kota Bandung. Selain itu, Anda juga bisa melihat area Bandung Timur dan sekitarnya dengan udara yang begitu sejuk dan segar. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan view yang tak terlupakan dari ketinggian.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Alamat Menuju Lokasi Wisata
Image Credit: Google Maps (Iqbal Jabbari Mufti)

Bagi Anda yang ingin berlibur menuju wisata yang satu ini, maka bisa langsung datang ke Kampung Cikoneng. Letaknya memang tak terlalu jauh dari pusat kota Bandung. Namun, hal ini juga tergantung dari rute yang Anda lalui. Apabila ditempuh melalui Cibiru, jarak yang akan ditempuh berkisar 7 sampai dengan 10 km saja.

Jalan menuju ke Wisata Batu Kuda bisa dilalui oleh kendaraan pribadi dengan mudah. Pasalnya, kondisi jalan ke lokasi ini terbilang cukup bagus. Hanya saja, jalan cukup menanjak dan relatif kecil. Hal ini akan Anda alami sebelum tiba di lokasi sekitar dua sampai dengan tiga km dari Kawasan wisata alam ini.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Batu Kuda

Aktivitas di Batu Kuda
Image Credit: Google Maps (Reza Syahputra)

1. Piknik Bersama Keluarga

Mengingat lokasi Batu Kuda Manglayang ini berada di kawasan hutan pinus, tak ayal jika lokasinya sangat tepat untuk dikunjungi bersama keluarga. Suasananya yang masih sejuk dan asri membuat hutan pinus menjadi pilihan untuk berlibur bersama dengan rombongan sambil menyantap makanan lezat yang dibawa dari rumah.

Piknik atau yang lebih dikenal dengan botram pada istilah di Sunda, maka ini mengacu pada aktivitas makan bersama di luar ruangan. Umumnya, ini dilakukan sambil piknik di spot spot tertentu yang terbilang cukup menawan. Banyak keluarga yang datang ke lokasi ini sambil membawa bekal makanan dan menikmatinya secara bersama sama sambil melihat view alam di sekitarnya.

Banyak pengunjung yang datang menghabiskan waktu berkualitas dengan menyantap makanan di area teduh. Biasanya, para pengunjung bisa dengan leluasa menikmati area yang teduh dengan rindangnya pohon pinus. Sambil menyantap makanan dari rumah. Anda juga disuguhi dengan udara yang segar.

2. Hammocking

Selain piknik, ada lagi aktivitas yang populer di kawasan wisata Batu Kuda Manglayang yaitu Hammocking. Pengunjung bisa memasang hammock di antara pohon pinus di dalam area pohon pinus. Jika Anda ingin bersantai sambil menikmati rindangnya pepohonan di kawasan ini, langsung saja lakukan aktivitas yang satu ini.

Jika Anda tidak memiliki hammock atau sedang tidak membawanya, jangan khawatir. Sebab, pihak pengelola sudah menyiapkan hammock yang bisa dipasang sesuai keinginan masing masing. Cukup dengan merogoh kocek dua puluh ribu saja, pengunjung sudah bisa menggunakan hammock sepuasnya.

3. Mengabadikan Momen

Berfoto menjadi salah satu kegiatan yang tak pernah ditinggalkan ketika berkunjung ke wisata ini. Pengunjung yang datang pasti melakukan aktivitas ini untuk mengabadikan momen berharga. Di Batu Kuda, banyak spot indah yang bisa Anda pilih sebagai latar belakang foto yang menawan dan juga tak terlupakan.

Tak hanya hutan pinusnya saja yang bisa menjadi background foto menawan, Anda juga bisa naik sedikit menuju ke menara pandan kayu. Letaknya yang ada di bagian atas bukit atau berkisar 1300 mdpl memberikan pemandangan yang mengagumkan. Pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Bandung dengan lepas.

4. Camping Ground

Bagi Anda yang ingin berlama lama di lokasi wisata ini, maka Anda bisa melakukan aktivitas camping ground. Wisatawan yang datang dari luar kota juga bisa memanfaatkan fasilitas camping ground untuk mengenal lebih dekat dengan alam sekitar. Tak juga keluarga saja yang menikmati fasilitas ini, banyak juga rombongan dari organisasi juga melakukan kegiatan tersebut.

Aktivitas Menarik di Batu Kuda
Image Credit: Google Maps (BAGAS)

5. Hiking

Aktivitas yang tak kalah serunya bagi para pecinta alam yaitu hiking. Anda bisa mengitari area Batu Kuda dengan nyaman karena sudah tersedia jalur khusus, seperti jalan setapak dan anak tangga. Memang jalur ini tidak permanen karena terbuat dari susunan bambu saja. Tetapi cukup digunakan untuk melakukan aktivitas hiking.

Dari objek wisata ini, Anda bisa melakukan aktivitas seru hiking dengan naik ke puncak Gunung Manglayang. Untuk menuju puncak, tidak perlu khawatir karena lokasinya yang kurang bisa dijangkau. Pasalnya, jarak ke lokasi ini tak terlalu jauh untuk ditempuh. Sehingga, ini cukup cocok untuk pendaki pemula yang masih belum terbiasa mendaki.

6. Menikmati Segelas Kopi

Apakah Anda salah satu pecinta kopi? Jika iya, maka bisa mencoba suasana lain untuk menikmati kopi di Wisata Batu Kuda Manglayang. Pecinta kopi bisa membawa alat coffee maker manual, kemudian menyeduhnya di kawasan wisata yang satu ini. Dengan begitu Anda bisa menikmati secangkir kopi di alam bebas.

Jika Anda tidak membawa alat untuk membuat kopi, maka bisa membeli di warung warung terdekat. Warung di sekitar kawasan ini menyediakan kopi seduh yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Kopi yang dijual di kawasan Manglayang merupakan salah satu produsen kopi dengan rasa khas. Sehingga memberikan sensasi yang cukup berbeda bagi para penikmatnya.

7. Olahraga

Jika Anda ingin merefresh pikiran sambil menjaga kesehatan, maka bisa datang ke Batu Kuda Manglayang dengan sepeda. Banyak orang yang sengaja datang ke wisata ini sebagai tujuan utama dengan menggunakan sepeda. Pasalnya, medan menuju ke sini memang cukup menantang, seperti menanjak hingga ke titik tujuan.

Tak hanya bersepeda saja, ternyata pengunjung juga bisa melakukan olahraga lainnya seperti trail running. Olahraga yang satu ini memang cukup menantang, sebab dilakukan di alam terbuka dengan medan yang tak mudah. Ketika di wisata ini, Anda bisa melihat penggiat olahraga ini yang sedang menyusuri trek ekstrim.

Itulah beberapa informasi yang harus Anda tahu mengenai Wisata Batu Kuda Manglayang di Bandung. Wisata yang satu ini memiliki pesona yang cukup menawan, mulai dari pemandangannya, fasilitas, dan juga udara yang masih segar. Tak ayal jika banyak pengunjung yang datang untuk melepas penat ketika berada di wisata ini.