Temukan Pilihan Tempat Wisata Alam Populer di Sukabumi, Jawa Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Jelajahi untuk Liburan Seru dan Menyenangkan.

Sukabumi merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Barat namun kerap dijadikan tujuan utama untuk berlibur santai bersama sahabat maupun keluarga tercinta. Pasalnya disini pengunjung bisa menemukan sejumlah objek wisata alam yang menawan dan siap memanjakan mata bagi siapapun yang melihatnya. Sekali mengunjunginya, dijamin Anda merasa ketagihan untuk berkunjung kembali di lain waktu.

Untuk memudahkan Anda dalam memilihnya, berikut rekomendasi tempat wisata alam terbaik di Sukabumi yang menarik dikunjungi dalam waktu dekat.

1. Curug Cikaso

Curug Cikaso
Image Credit: Wikipedia.org

Curug Cikaso merupakan tempat terbaik untuk berlibur disaat pikiran sedang suntuk. Disebut demikian, lantaran pengunjung akan disuguhkan dengan air terjun yang memiliki dasar air berwarna biru kehijauan. Daya tarik utamanya ini membuatnya tampak berbeda dibandingkan dengan air terjun pada umumnya. Curug cantik ini dibagi menjadi 3 bagian yang terdiri dari curug Aseupan, Curug Aki, dan Curug Meong.

Ketika air terjun tersebut memiliki pesona unik yang berbeda, sehigga sayang untuk dilewatkannya begitu saja. Pengunjung pun dapat menyewa perahu untuk menyusuri kawasan wisata tersebut, dan menikmati sajian alamnya dari angle berbeda. Kehadiran perahu membuat wisatawan dapat melihat keindahannya dari dekat, yang berhasil memberikan pengalaman tidak terlupa.

Lokasi: Desa Ciniti, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi.

2. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung
Image Credit: Google Maps (Avid Candra)

Jika Anda mendambakan tempat wisata alam dengan pemandangan yang menyejukkan mata sambil bermain air, maka mengunjungi Curug Cimarinjung bisa menjadi pilihan tepat. Disini pengunjung akan disuguhkan dengan pepohonan rindang yang tumbuh subur di sekitar tebing air terjunnya. Kehadiran pepohonan inilah yang membuat suasana di kawasan wisata tampak segar dan asri. Wajar saja jika banyak wisatawan yang merasa betah berada disini.

Air terjunnya sendiri memiliki ketinggian hingga 45 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras, sehingga berhasil memberikan kesan damai dan tentram. Tidak hanya melihat pesonanya dari kejauhan semata, sebab pengunjung juga bisa melakukan beragam aktivitas seperti bermain air hingga berenang santai di tepian air terjunnya hingga puas.

Lokasi: Jl.curug cimarinjung, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah di Sukabumi yang Populer & Memiliki Fasilitas Terbaik

3. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Image Credit: Highlandcamp.co.id

Tertarik mengunjungi wisata alam yang terasa sejuk dipandang ? Maka berkunjung ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak bisa menjadi pilihan terbaik. Disini pengunjung akan disambut dengan hutan lindung seluas 113.357 hektar yang berhasil memberikan kesan sejuk dan menenangkan. Ketika menelusuri wilayah hutan lebih dalam, pengunjung bisa menemukan sejenis air terjun yang berhasil menghipnotis para pengunjung.

Tidak jauh dari lokasi air terjun, ditemukan pula aliran sungai yang memiliki air sangat jernih hingga Anda bisa melihat dasar sungai dengan mata telanjang sekalipun. Aliran sungainya tidak terlalu deras, membuatnya aman dijadikan sebagai wahana bermain air ataupun berenang bersama sahabat maupun keluarga tercinta. Bahkan tempat ini kerap dijadikan sebagai bumi perkemahan maupun kegiatan outbound, sehingga tidak perlu ragu mengunjunginya.

Selain difungsikan sebagai tempat wisata, ternyata Taman Nasional Gunung Halimun Salak juga kerap dijadikan sebagai pembuatan video komersil atau mengadakan penelitian. Selama menyusuri kawasan wisatanya, pepohonan yang tampak menjulang tinggi siap menemani Anda di setiap menapakkan kaki di kawasan wisatanya. Sudahkah Anda memasukkannya dalam daftar kunjungan berikutnya ?

Lokasi: Jl. Raya Cipanas, Malasari, Kec. Kabandungan, Kab. Sukabumi.

4. Bukit Karang Numpang

Bukit Karang Numpang
Image Credit: Google Maps (Ujang solehudin azhari)

Jika Anda merindukan suasana alam yang memanjakan mata, maka berkunjung ke Bukit Karang Numpang adalah pilihan tepat. Sejak menginjakkan kaki di kawasan wisatanya, Anda akan disuguhi dengan hambaran perbukitan yang dihiasi dengan rerumputan hijau di setiap mata memandang. Bukan hanya itu saja, disini pengunjung juga bisa menemukan sejumlah spot cantik untuk menghasilkan jepretan ciamik dan kekinian.

Terkenal akan suguhan pemandangannya yang begitu memukau, ternyata Bukit Karang Numpang dulunya pernah dijadikan sebagai tempat syuting film layar lebar populer bernama 5 CM. Sejak saat itu pula, banyak wisatawan yang antusias untuk datang demi bisa melihat pesona alamnya dari atas bukit secara langsung. Keindahan yang ditorehkannya sudah bisa Anda nikmati dengan harga tiket masuk yang terbilang cukup bersahabat di kantong.

Lokasi: Kebonmanggu, Kec. Gunung Guruh, Kab. Sukabumi.

5. Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh
Image Credit: Storify.com

Pantai Ombak Tujuh bisa menjadi destinasi wisata alam favorit yang wajib Anda kunjungi berikutnya. Bukan tanpa alasan, pasalnya lokasi wisata ini diselimuti dengan hamparan pasir berwarna putih yang berpadu mesra dengan air lautnya yang bersih nan jernih. Pesona alam tersebut berhasil memberikan kesan adem dan menenangkan bagi siapapun yang melihatnya secara langsung. Wajar saja jika banyak pengunjung yang merasa betah berada di kawasan wisatanya.

BACA JUGA:  13 Restoran & Tempat Makan di Sukabumi yang Terkenal Enak

Beragam aktivitas seru bisa dilakukan di Pantai Ombak Tujuh, salah satunya berselancar santai mengingat deburan ombaknya yang terbilang cukup besar. Pengunjung pun diberikan kesempatan untuk menyelami keindahan bahwa lautnya yang begitu mempesona. Saat menyelaman ke dasar lautan, pengunjung akan disambut denan sejumlah biota laut yang tampak berenang bebas tanpa merasa ketakutan dengankehadiran manusia.

Lokasi: Samudra Hindia, Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

6. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan
Image Credit: Pasirpantai.com

Pantai Pangumbahan hingga kini masih menjadi objek wisata favorit untuk dikunjungi saat berlibur, mengingat pesona alam yang disuguhkannya begitu memanjakan mata. Sejak menginjakkan kaki di kawasan wisata, Anda disambut oleh derasnya ombak yang menerjang pinggiran pantainya. Inilah sebabnya Pantai Pangumbahan menjadi wisata favorit para peselancar yang hendak mengasah kemampuannya.

Bukan hanya menyuguhkan pasir putih bersih ataupun keindahan bawah lautnya semata, pasalnya pengunjung juga bisa melihat langsung penangkaran penyu dari dekat. Anakan penyu tersebut nantinya akan dilepaskan ke Samudera ketika matahari mulai tenggelam di ufuk barat. Tentu saja pengalaman melihat anakan penyu menggemaskan tersebut bisa menjadi pengalaman tidak terlupa sepanjang masa.

Lokasi: Jl. Cipinang-Gunung Batu, Pangumbahan, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

7. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi
Image Credit: Rudinazar.com

Pantai Cicaladi adalah pantai cantik hits di Sukabumi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Sayangnya pengunjung tidak diperkenankan untuk bermain air atau bahkan berenang di bibir pantainya, mengingat deburan ombak tampak ganas dan siap menerjang bukit karang di sekitarnya. Dengan kata lain, Anda hanya diperkenankan untuk melihat pesonanya dari kejauhan demi menjaga keselamatan.

Selama berada disana, pengunjung tidak akan pernah bosan untuk mengunjunginya kembali di lain waktu. Pasalnya Anda bisa melihat keindahan karang yang dihiasi dengan tanaman hijau yang berhasil menambah kecantikan Pantai Cicaladi. Bahkan banyak pula wisatawan yang tertarik untuk bermalam disana, mengingat kurang puas jika harus melihat pesonanya dalam waktu terbatas. Di tempat ini pula, Anda bisa menemukan sejumlah spot cantik untuk menghasilkan foto ciamik.

Lokasi: Sukatani, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

8. Jembatan Situ Gunung

Jembatan Situ Gunung
Image Credit: Piknikdong.com

Bosan berkunjung ke wisata alam biasa ? Sepertinya Anda harus mampir ke Jembatan Situ Gunung sebagai solusinya. Disini pengunjung harus melewati jembatan gantung yang membentang sejauh 250 meter serta memiliki ketinggian berkisar 150 meter. Tidak perlu takut terjatuh, karena sistem pengamannya cukup kuat dan dapat diandalkan. Alhasil pengunjung bisa menikmati sajian alamnya hingga puas tanpa perlu takut terjatuh.

Sepanjang perjalanan menyusuri jembatan ini, pengunjung bisa menikmati pesona alam yang begitu menyejukkan mata berkat kehadiran pepohonan rindang dan perbukitan yang menghiasi kawasan wisatanya. Dikelilingi oleh sejumlah pepohonan rindang, membuat suasana di kawasan wisatanya tampak sejuk dan menenangkan. Sayangnya wisata ini kurang cocok bagi mereka yang mengidap acrophobia atau lebih dikenal takut ketinggian.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi yang Populer

Lokasi: Sukamanis, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi.

9. Kawah Ratu

Kawah Ratu
Image Credit: Yukpiknik.com

Siapa yang tidak kenal akan pesona yang ditawarkan oleh Kawah Ratu ? Wisata ppopuler di Sukabumi ini, tampaknya wajib masuk dalam daftar kunjungan liburan selanjutnya. Selama berada disini, Anda akan disambut dengan beberapa belerang yang mengeluarkan bau khas menyengat. Meski baunya cukup menusuk indra penciuman, namun belerang terkenal akan khasiatnya yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Apabila Anda pertama kali mengunjung Kawah Ratu, disarankan menyewa pemandu profesional dan sudah berpengalaman agar tidak tersesat di tengah perjalanan. Bukan hanya sebagai penunjuk arah semata, pemandu juga siap menjawab seputar pertanyaan terkait Kawah Ratu secara detail. Dengan kata lain, Anda bisa berlibur santai sembari mendapatkan ilmu baru yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang lain.

Lokasi: Desa Cidahu, Kec. Cicurug, Kab. Sukabumi.

10. Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan
Image Credit: Trivindo.com

Tebing Panenjoan masuk dalam daftar objek wisata alam di Sukabumi yang sayang untuk dilewatkan. Tebing dengan ketinggian mencapai 250 meter ini, menawarkan suguhan alam berupa hamparan sawah yang tampak menyatu indah dengan lautan lepas yang terlihat begitu jernih. Untuk bisa masuk ke kawasan Tebing Panenjoan, silahkan masuk ke salah satu gerbang Geopark Ciletuh.

Sore hari disebut sebagai waktu terbaik untuk mengunjungi tebing cantik satu ini. Karena ada saat itu, matahari tampak tersipu malu dan mulai tenggelam di tengah lautan langit yang mulai berwarna jingga kehitaman. Pemandangan sunset tersebut begitu indah, terutama jika Anda menyaksikannya dari puncak tebingnya. Selain menyaksikannya dengan mata kepala sendiri, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengabadikan momen tersebut sebagai kenang kenangan.

Lokasi: Jl. Tamanjaya Ciwaru, Panenjoan, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

Meski terkenal sebagai wilayah tidak terlalu luas di Jawa Barat, siapa yang akan menyangka jika wilayah Sukabumi dikaruniai pesona wisata alam yang begitu menawan. Bukan hanya terkenal di kalangan wisatawan setempat saja, bahkan pesonanya sudah terdengar hingga ke luar daerah. Suguhan alam yang disajikan, membuat pikiran menjadi lebih segar dan siap memanjakan para pengunjungnya. Sudahkah menentukan tujuan liburan Anda dalam waktu dekat?