Temukan Tempat Wisata Alam Terbaik di Purwakarta, Jawa Barat. Objek Wisata Populer, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Liburan yang Seru dan Menyenangkan.

Dahulu dikenal dengan kota Pensiun, Purwakarta kini sudah mulai menggeliat terutama pada wisatanya. Bahkan kini pariwisata Purwakarta tak kalah dengan tetangga yakni kota Bandung. Beberapa tahun terakhir, Purwakarta memang menarik banyak wisatawan. Bukan untuk mencicipi sate marangginya, melainkan banyaknya destinasi wisata yang memesona di kota ini. Mulai dari air terjun hingga perbukitan yang menawarkan banyak keindahan, terutama untuk Anda pecinta tantangan dan petualangan.

Bagi Anda yang ingin liburan di kota satu ini, berikut deretan wisata alam populer di Purwakarta yang menarik untuk Anda kunjungi untuk refreshing.

1. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan
Image Credit: Septyanwidianto.web.id

Jika Anda ingin mencari pemandangan cantik lengkap dengan spot foto yang melimpah, Anda bisa menjadikan Bukit Panenjoan sebagai pilihan. Panorama menawannya memang menjadi salah satu daya tarik yang membuat banyak pengunjung datang. Anda akan disuguhkan dengan panorama gunung, danau Juanda Jatiluhur dari kejauhan dan juga perkebunan dengan porsi yang begitu pas. Dari atas terlihat seperti lukisan alam yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk membuat bukit ini makin eksotis, ditambahkanlah jembatan bambu yang berdiri di atas bukit. Nuansa pedesaannya juga terasa karena hadirnya saung khas Sunda di atas bukit. Tempat satu ini memang sangat cocok untuk berburu foto foto instagramable yang mempesona. Terutama jika Anda datang ketika sore hari, Anda bisa menikmati langit yang jingga dan menawan. Sangat cocok untuk mendinginkan pikiran yang sedang penat.

Lokasi: Desa Sindang Panon, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta.

2. Gunung Lembu

Gunung Lembu
Image Credit: Majalahteras.com

Purwakarta juga dikelilingi dengan pegunungan yang membuat panoramanya begitu mengagumkan. Gunung Lembu menjadi tujuan wisata yang akan memberikan Anda keindahan alam yang luar biasa. Menikmati pemandangan dari ketinggian memang selalu memberikan kesan tersendiri. Sejauh mata memandang, hamparan hijau lengkap dengan waduk dari kejauhan adalah yang akan Anda dapatkan ketika mengunjungi gunung Lembu.

Hanya saja untuk menebus panorama yang menakjubkan ini, Anda harus menempuh perjalanan yang tidak mudah. Untuk itulah mengapa wisata gunung satu ini sangat cocok untuk Anda yang berjiwa petualang tinggi. Sejak Anda memasuki pos keberangkatan, setiap jejak kaki akan menapak pada tanjakan yang harus ditakhlukkan. Berburu sunset atau sunrise menjadi pilihan yang bijak ketika Anda mengunjungi tempat cantik satu ini.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Desa Panyindangan, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta.

3. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok
Image Credit: Famztv.com

Apakah Anda ingin berburu sunrise terbaik ketika di Purwakarta? Jika iya maka Anda harus mengunjungi Gunung Bongkok. Gunung satu ini menawarkan sunrise yang akan membuat siapapun terpana. Dengan ketinggian tidak mencapai 1000 mdpl, gunung satu ini sangat cocok untuk pemula. Anda bisa mengunjungi salah satu puncaknya yaitu di Puncak Datar atau di Puncak Batu Tumpuk. Pemandangan dari puncak ini akan membuat Anda berdecak kagum.

Bagaimana tidak, hamaran hijau dengan perbukitan begitu terlihat megah. Jangan lupakan waduk andalan Purwakarta yang juga terlihat dengan jelas. Di tempat satu ini, Anda bisa berburu spot spot yang menarik dan cantik. Bahkan untuk memfasilitasi pengunjung yang gemar swafoto, dihadirkanlah gardu pandang yang membuat pemandangan lebih mengagumkan. Dan tentunya foto yang Anda dapatkan menjadi lebih leluasa dan cantik.

Lokasi: Desa Cikandang, Kec. Sukamulya, Kab. Purwakarta.

4. Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri
Image Credit: Instagram.com @madeinpurwakarta

Bukit satu ini menjadi salah satu wisata hits di Purwakarta yang wajib untuk dikunjungi. Bisa dikatakan jika objek wisata satu ini masih baru saja dibuka, yakni sekitaran tahun 2018 lalu. Tak hanya menjerat kaum milenial, tempat satu ini juga cocok untuk jadi tempat wisata bersama keluarga. Udaranya yang masih sejuk, pemandangan hijau menawan hingga spot kekinian turut hadir di Bukit Katumbiri ini. Tak heran jika pengunjungnya tidak pernah sepi, apalagi di hari libur.

Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota juga membuat Anda mudah untuk menjangkaunya. Gardu gardu pandang yang ada, sengaja dibuat dengan berbagai bentuk yang menjadikan tempat satu ini begitu unik. Bersantai menikmati keasriannya sambil berbaring di atas hammock tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan. Dijamin setelah mengunjungi tempat ini, semua penat Anda akan terhempaskan. Dan tentunya memiliki banyak foto menawan.

Lokasi: Margaluyu, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

5. The Colorville Alam Sari Wates

The Colorville Alam Sari Wates
Image Credit: Google Maps (R Nizar Prakas R)

Purwakarta rasa rasanya memang belum puas untuk memberikan Anda pengalaman menikmati keindahan dari ketinggian. Hal ini dibuktikan dengan wisata The Colorville Alam Sari Wates yang juga menjadi tempat untuk liburan keluarga. Hanya saja, konsep yang diusung sudah memadukan unsur alam serta modern. Keduanya menghasilkan perpaduan yang akan membuat liburan Anda di Purwakarta menjadi begitu berkesan.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Terhits Buat Liburan

Fasilitas dan permainan seru beragam, dan Anda harus menjajal beberapa untuk mendapatkan pengalaman luar biasa. Mulai dari kolam renang, ATV, rumah pohon hingga flying fox dihadirkan di tempat satu ini. Jangan lupakan spot foto melimpah yang akan membuat pecinta swafoto dimanjakan. Tak hanya itu, objek wisata ini juga telah dilengkapi dengan upside down room yang akan membuat liburan Anda menjadi begitu lengkap.

Lokasi: Sawit, Kec. Darangdan, Kab. Purwakarta.

6. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur
Image Credit: Pasundanekspres.co

Rasanya belum lengkap jika Anda tidak mampir ke Waduk Jatiluhur ketika singgah di Purwakarta. Selain menawarkan keindahan dari ketinggian, waduk ini juga menawarkan banyak aktivitas yang menarik. Waduk Jatiluhur termasuk dalam jajaran waduk paling besar di Indonesia yang memiliki luas 8.300 Ha dengan banyak potensi menguntungkan. Dan memang waduk ini berhasil menarik perhatian banyak wisatawan dari berbagai daerah.

Untuk bisa menikmati keindahannya lebih pas, Anda bisa mengunjungi sebuah resort yang dikenal dengan Istora Resort Jatiluhur. Pengelola resort bahkan memberikan berbagai fasilitas tambahan seperti spot foto yang begitu beragam. Selain itu, Anda juga bisa mengelilingi waduk dengan menggunakan perahu perahu lokal. Dan atraksi paling utama yang begitu eksotis adalah sunsetnya yang juara. Waduk Jatiluhur memang spot tepat berburu sunset.

Lokasi: Desa Kembang Kuning Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta.

7. Curug Cipurut

Curug Cipurut
Image Credit: Travelingyuk.com

Setelah menikmati waduknya yang luar biasa, Anda juga bisa menemukan curug menawan ketika berada di Purwakarta. Curug ini dikenal dengan curug Cipurut dengan alamnya yang masih asri dan terjaga. Membuat pengunjung akan mendapatkan refreshing yang sesungguhnya. Karena suara air yang jatuh dari ketinggian, lengkap dengan alamnya yang asri membuat siapapun betah. Ketika mendekat, air jernih dengan bebatuan terjal akan menyambut anda.

Dan menariknya, Curug Cipurut menjadi cagar alam yang membuat alamnya begitu terjaga. Agar bisa menikmati keindahannya, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit terlebih dahulu. Nantinya Anda akan menemukan tiga curug, dimana yang utama memiliki ketinggian 25 hingga 30 meteran. Dan curug ini menjadi yang paling favorit untuk berswafoto. Sementara dua yang lainnya cocok untuk bersantai karena lebih landai.

Lokasi: Babakan, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

8. Curug Tilu

Curug Tilu
Image Credit: Instagram.com @Anggiafandy

Di Kabupaten Purwakarta Anda juga bisa menemukan Curug Tilu yang tak kalah menawan. Memang air terjun ini tidak terlalu tinggi, tetapi pepohonan rimbun serta air mengalirnya begitu tenang. Menjadikan Curg Tilu meiliki daya tarik tersendiri di kalangan wisatawan. Begitu Anda menginjakkan kaki di tempat ini, Anda bisa merasakan ketenangan yang berbeda. Dan tentunya Curug Tilu terbuka lebar untuk Anda yang gemar dengan tantangan.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Sukabumi Terbaru & Terhits Buat Liburan

Sebab, melompat dari ketinggian dari bebatuan di tepi curug ini memang begitu mengasyikkan. Anda bisa langsung menceburkan diri dan merasakan kesegaran dari air curug satu ini. Airnya yang jernih dengan pepohonan rindang di sekitarnya begitu mendukung untuk bersantai. Beberapa pengunjung bahkan membawa pelampung untuk bersantai. Setelah lelah bermain air, jangan lupakan untuk menikmati berbagai makanan nikmat di pinggir curug.

Lokasi: Ciririp, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta.

9. Mata Air Cijanun Purwakarta

Mata Air Cijanun
Image Credit: Wisatajabar.com

Mata air Cijanun Purwakarta menjadi salah satu tempat wisata alam yang menarik untuk Anda kunjungi. Berendam di kolam dengan bukit yang menaunginya, akan membuat semua penat Anda hilang. Kolam mata air ini juga begitu instagramable sehingga sangat cocok untuk berburu foto menarik. Jangan lupakan untuk mengabadikan berbagai momen seru Anda ketika mengunjungi tempat satu ini. Mengunjungi di hari biasa lebih baik karena tidak ramai seperti di akhir pekan.

Lokasi: Cipeundeuy, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta.

10. Situ Wanayasa Purwakarta

Situ Wanayasa
Image Credit: Wikipedia.org

Situ Wanayasa menjadi salah satu wisata alam di Purwakarta yang akan menjadikan liburan Anda semakin berkesan. Berada di ketinggian 600 mdpl, menjadikan udara di sekitarnya begitu sejuk. Apalagi memiliki latar Gunung Barangrang yang juga tidak kalah cantik. Perpaduan danau dan pegunungan yang menaungi, membuat Anda seakan berada di sebuah lukisan. Sejauh mata memandang, danau dan pepohonan hijau akan memanjakan indera penglihatan anda.

Menariknya, di danau ini terdapat pulau yang berada di tengah danau. Di pulau ini terdapat makam dari RA. Suriawinata yang merupakan pendiri Purwakarta sekaligus Bupati Karawang yang ke 9. Sehingga pengunjung yang datang juga bisa sekalian ziarah di makam ini. Pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai aktivitas menarik. Seperti perahu bebek untuk mengelilingi danau, berbagai permainan hingga kolam untuk memancing.

Lokasi: Jl. Raya Wanayasa No.36, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

Itulah beberapa destinasi wisata alam di Purwakarta yang bisa Anda pilih sebagai referensi wisata. Gunung, bukit serta air terjunnya akan mampu untuk menjerat Anda dalam pesonanya. Purwakarta juga memiliki banyak potensi wisata lainnya yang juga bisa Anda gali. Mengingat masih ada banyak tempat yang terjaga keasriannya, Anda harus turut menjaga keindahannya. Tentunya dengan tidak membuang sampah sembarangan atau merusak alam sekitarnya.