Temukan Pilihan Tempat Wisata Alam Terbaik di Majalengka, Jawa Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Populer Dengan Pesona Keindahannya untuk Liburan Anda yang Lebih Berkesan.

Kabupaten Majalengka ternyata menyimpan segudang pesona wisata alam yang layak untuk dikunjungi. Secara geografis, Majalengka tersusun dari dataran rendah dan tinggi yang menghasilkan pesona alam dengan keragaman berbeda. Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini selalu ramai di kunjungi para wisatawan dengan keragaman wisata yang ditawarkan, baik bertema alam, budaya, edukasi, dan sejarah.

Jika berkunjung ke kabupaten ini, berikut beberapa objek wisata alam populer di Majalengka yang menarik untuk dijelajahi saat liburan.

1. Curug Sawer

Curug Sawer
Image Credit: Detik.com

Objek wisata Curug Sawer terletak di Desa Argalingga, Kecamatan Argapura. Objek wisata alam Curug Sawer berjarak sekitar 21 kilometer dari pusat Kota Majalengka. Hal yang menarik dari objek wisata alam ini ialah keberadaan 5 buah curug dengan pemandangan dan suasana hutan yang masih sangat alami. Lokasi wisata tersebut tergolong tersembunyi. Dengan demikian masih belum banyak orang yang berkunjung ke tempat tersebut.

Lokasi: Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

2. Situ Sangiang

Situ Sangiang
Image Credit: Inderawaspada.com

Destinasi wisata alam yang satu ini dikelola oleh TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai) dan dikelola pula oleh grup KOMPERAR (Grup Penggerak Pariwisata). Situ Sangiang ini merupakan salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi baik di hari biasa maupun saat musim liburan tiba. Selain memiliki pemandangan yang sangat menyejukkan mata, objek wisata alam Situ Sangiang memiliki danau luas dengan ribuan ikan di dalamnya.

Jika Anda mengunjungi objek wisata alam Situ Sangiang, Anda akan disuguhkan beberapa fasilitas lengkap yang dapat menunjang kenyamanan. Wisata tersebut diantaranya, toilet, lahan parkir, loket karcis, rest area, spot foto, dan masih banyak lagi. Fasilitas lain yang tentunya akan Anda dapatkan ialah keindahan alam yang memukau, kejernihan dan kesegaran air, serta akses yang mudah dilalui. Sangat menakjubkan bukan?

Lokasi: Sangiang, Kec, Banjaran, Kab. Majalengka.

3. Telaga Herang

Telaga Herang
Image Credit: Gurugeografi.id

Telaga Herang merupakan sebuah danau kecil yang berlokasi di Kecamatan Sindangwangi, Majalengka. Sumber air Telaga Herang berasal dari sungai bawah tanah yang terbentuk dari aktivitas Gunung Ciremai. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Telaga Herang berarti danau yang jernih. Sesuai dengan pengartian tersebut, air yang ada di dalam Telaga  Herang ini terbilang sangat jernih. Saking jernihnya, pengunjung dapat melihat keberadaan ribuan ikan di dalam air.

Namun, sebagai pengunjung Anda tidak boleh mengambil ikan ikan yang berada di dalam telaga tersebut. Selain bisa merusak keindahan alam, jika Anda mengambil ikan secara paksa, maka pihak pengelola akan memberi sanksi dan denda yang berat. Jadi, jangan coba coba untuk menangkap ikan di sekitar perairan Telaga Herang. Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan fasilitas memadai yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata tersebut.

Lokasi: Jerukleueut, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka.

4. Situ Cipanten Majalengka

Situ Cipanten Majalengka
Image Credit: Google Maps (Wisata Situ Cipaten)

Sebagai objek wisata alam yang sangat memukau, Situ Cipanten ini mampu menyuguhkan panorama sejuk dan segar yang dapat menenangkan pikiran. Destinasi wisata alam ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin melepaskan penat seharian dari kebisingan dan hiruk pikuk kota. Meski sudah dibuka sejak lama, popularitas Situ Cipanten meningkat secara pesat setiap tahunnya. Bahkan, objek wisata ini sudah terkenal hingga ke luar daerah.

Pihak pengelola wisata alam Situ Cipanten sudah membangun beberapa area dan spot foto yang menarik, seperti ayunan dan miniatur kapal laut. Setelah puas berfoto, Anda bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti berenang dan bermain main air. Sembari berenang, Anda bisa menikmati keindahan alam yang menghijaukan mata. Sebelum berkunjung, pastikan untuk membawa baju ganti dengan sejumlah uang untuk membayar biaya tiket masuk.

Lokasi: Desa Gunung Kuning, Kec. Sindang, Kab. Majalengka.

5. Gunung Batu Tilu Majalengka

Gunung Batu Tilu Majalengka
Image Credit: Youtube.com (DEDDY DOANK)

Sesuai dengan namanya, objek wisata alam yang satu ini memiliki bukit dengan jumlah 3 buah yang memiliki keindahan masing masing. Bukit pertama memilik penampilan ditumbuhi pepohonan hijau nan rindang. Bukit kedua, terdiri dari komposisi tanah dan batuan. Sedang bukit terakhir terdiri dari batuan besar dengan sedikit tumbuhan. Meski hanya sebuah bukit, pemandangan alam Gunung Tilu tak kalah dengan wisata alam lainnya.

Apabila berkunjung ke lokasi tersebut, Anda bisa menikmati kesegaran udara yang berhembus. Kesegaran udara tersebut berasal dari pepohonan yang masih rindang dengan aliran air sungai jernih yang melintasi kawasan bukit. Gunung Tilu memiliki wilayah hutan lindung yang masih sangat terjaga kealamiannya. Kawasan hutan lindung tersebut banyak ditanami pepohonan pinus dan jati yang besar. Hal tersebut juga menambah daya tarik wisatawan.

Lokasi: Girimukti, Kec. Kasokandel, Kab. Majalengka.

6. Kebun Teh Cipasung

Kebun Teh Cipasung
Image Credit: Pasundan.id

Satu lagi destinasi wisata alam yang menawarkan kesejukan udara di Majalengka. Perkebunan Teh Cipasung terletak di daerah dataran tinggi yang menghasilkan hembusan udara sejuk dan segar. Hamparan tumbuhan teh yang hijau menjadi pemandangan unik yang jarang ditemukan di daerah lain. Dominasi warna hijau akan menjadi suguhan sejauh mata memandang. Sangat cocok bagi Anda yang ingin hilangkan penat setelah bekerja berminggu minggu.

Lokasi Kebun Teh Cipasung dikelola dengan baik oleh pihak pengelola koperasi bersama warga sekitar area Cipasung. Hingga saat ini, mata pencaharian warga sekitar lokasi adalah pemetik dan pemroduksi teh berkualitas. Di sisi lain, pihak pengelola juga berhasil menjadikan Kebun Teh Cipasung sebagai destinasi wisata alam keluarga yang patut dikunjungi. Ada banyak sekali wisatawan lokal hingga luar daerah yang berkunjung ke lokasi tersebut.

Lokasi: Cipasung, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka.

7. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai
Image Credit: Ihategreenjello.com

Sebenarnya, letak Gunung Ciremai berada di dua wilayah kabupaten yang berbeda, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Namun, perbedaan wilayah tersebut tak mengurangi keindahan dan pesona alam yang ditawarkan Gunung Ciremai. Gunung yang tergolong aktif dengan bentuk kerucut ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat. Di kawasan tersebut, juga banyak ditemui margasatwa yang sangat bervariasi.

Teruntuk Anda yang gemar melakukan kegiatan menantang seperti pendakian, Anda bisa mencoba untuk menaklukkan Gunung Ciremai yang memiliki ketinggian sekitar 3.084 Mdpl. Jika Anda berkunjung ke pendakian Gunung Ciremai, jangan lupa untuk mengabadikan momen dalam foto sebagai kenang kenangan. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan pendakian seperti baju hangat, makanan, dan obat obatan agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Lokasi: Kab. Kuningan dan Kab. Majalengka.

8. Wisata Situ Cikuda Majalengka

Wisata Situ Cikuda Majalengka
Image Credit: Ihategreenjello.com

Letaknya yang cukup tersembunyi, menjadikan objek wisata ini masih asri dan tidak banyak mengalami perubahan. Jika Anda sedang berada di wilayah Jawa Barat, Majalengka, jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata alam yang satu ini. Sembari menikmati keindahan alam yang masih segar dan asri, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas seru dan menyenangkan. Di antarannya, memancing, fotografi, dan bermain air di sekitar danau.

Penduduk lokal di wilayah tersebut juga terkenal dengan keramahannya terhadap wisatawan lokal maupun asing yang datang untuk berlibur di Situ Cikuda. Oleh karenanya, banyak wisatawan yang betah berlama lama di Situ Cikuda. Suasana yang tenang dan masih alami menjadikan objek wisata yang satu ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan, tak jarang dari mereka yang mendirikan tenda untuk berkemah di dataran berumput sekitar danau.

Lokasi: Padaherang, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka.

9. Curug Tonjong

Curug Tonjong
Image Credit: Velhametsa.wordpress.com

Salah satu destinasi wisata alam yang juga patut dikunjungi ialah Curug Tonjong. Destinasi alam yang satu ini memiliki air jernih dengan debit aliran air yang tidak terlalu deras. Di sekitar bibir curug dihiasi bebatuan sepanjang aliran sungai. Jernih dan segarnya air membuat setiap mata ingin merasakan air sejuk yang menenangkan jiwa sanubari. Berbagai aktivitas menarik pun bisa Anda lakukan dengan mengunjungi wisata alam Curug Tonjong.

Tak hanya itu, kegiatan lain yang tak kalah seru adalah menikmati keindahan Curug Tonjong dari kejauhan atau dari atas hulu sungai. Bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas dengan menikmati keindahan curug dari ketinggian, usahakan untuk tetap berhati hati. Pasalnya, akses untuk menuju hulu curug lumayan terjal dan licin. Untuk memastikan keamanan, Anda bisa meminta tolong jasa tour atau pihak pengelola untuk menunjukkan dan memandu jalan hingga ke hulu.

Lokasi: Teja, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka.

10. Air Terjun Cibali

Air Terjun Cibali
Image Credit: Wafalf07.wordpress.com

Objek wisata alam Air Terjun Cibali memiliki keindahan alam yang masih asri dan menawan. Warna hijau yang mendominasi lokasi tersebut membuat napas terasa segar serta menyegarkan mata setiap pengunjungnya. Ketika mengunjungi Air Terjun Cibali, gemercik air yang jatuh ke bawah dengan semilir angin yang sejuk dapat menghilangkan stres dari ributnya suasana perkotaan.

Kesegaran dan jernihnya air mampu merelaksasikan tubuh setelah lelah bekerja berminggu minggu. Untuk bisa menikmati segala pesona Air Terjun Cibali, Anda bisa mendatangi wisata tersebut yang terletak di Desa Cikondang, Kabupaten Majalengka. Di sana, Anda akan disediakan fasilitas memadai seperti, lahan parkir, mushola, kamar mandi dan MCK, penginapan, dan masih banyak fasilitas lainnya.

Lokasi: Cikondang, Kec. Cingambul, Kab. Majalengka.

Itulah sederet destinasi wisata alam di Majalengka Jawa Barat dengan nuansa yang masih asri. Salah satu tempat wisata tersebut bisa menjadi objek dan tempat pelarian untuk mengistirahatkan diri dari kebisingan kota dan tuntutan pekerjaan. Mulai dari Curug Sawer hingga Air Terjun Cibali, semuanya memiliki pesona dan keindahannya masing masing. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang singgah ke Majalengka, jangan lupa mengunjungi salah satu wisata alam tersebut.