Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Alam Terbaik di Kuningan, Jawa Barat. Destinasi Wisata Kekinian, Populer dan Terhits yang Paling Direkomendasikan Buat Liburan.

Jawa Barat menjadi salah satu wilayah di Jawa yang masih menjadi tujuan wisata bagi banyak kalangan. Alamnya yang terbentang indah menjadi aset yang harus dijaga dengan baik dan dimanfaatkan. Mengingat aspek pariwisata menjadi salah satu aspek yang begitu menggiurkan di Indonesia. Wilayah di Jabar yang juga memiliki pesona wisata yang tak kalah indah adalah Kuningan.

Pesona alam di Kuningan tidak hanya perihal gunung, tetapi juga ada air terjun dan juga telaga yang menawan. Berikut deretan tempat wisata alam di Kuningan yang bisa Anda kunjungi saat liburan.

1. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai
Image Credit: Ihategreenjello.com

Mengunjungi Kuningan Anda bisa menantang diri Anda dengan mengunjungi Gunung Ciremai. Gunung satu ini menjadi gunung paling tinggi di Jawa Barat yang bisa untuk Anda daki. Memiliki ketinggian 3078 mdpl menjadikannya sebagai salah satu 7 summit di Indonesia yang tidak pernah sepi pendaki. Gunung ini sampai saat ini masih menjadi gunung paling aktif semenjak tahun 1600an. Dan memang membutuhkan perjalanan yang tidak sebentar.

Setidaknya Anda membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk bisa tiba di puncaknya. Begitu Anda tiba, Anda akan menikmati pemandangan dari ketinggian yang menyejukkan mata. Terlebih lagi hadirnya bunga edelweis yang begitu memikat dan banyak ditemukan. Perlu Anda ketahui, ketika Anda akan mengunjungi Gunung Ciremai, ada beberapa pantangan yang sebaiknya Anda ketahui. Tujuannya untuk keselamatan untuk melakukan perjalanan menantang ini.

Lokasi: Kab. Kuningan, Kab. Majalengka.

2. Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang
Image Credit: Youtube.com (Damar Dewanto)

Untuk Anda yang tidak ingin menikmati hawa pegunungan dengan mendaki yang terlalu berat, Lembah Cilengkrang bisa menjadi pilihan. Karena masih berada di kawasan Gunung Cimerai yang memiliki pemandangan tak kalah cantik. Anda bisa menikmati berbagai curug tersembunyi yang begitu mengagumkan. Belum lagi terdapat juga pemandian dengan kandungan belerang yang tinggi. Jangan lupakan konservasi hewan langka yang juga patut dikunjungi.

Perjalanan menuju Lembah Cilengkrang memang membutuhkan perjuangan, tapi tidak sekeras jika Anda menuju Gunung Cimerai. Menikmati tempat wisata alam satu ini lebih lama, Anda bisa mendirikan tenda di bumi perkemahan yang disediakan. Untuk membuat pengunjung menjadi lebih nyaman, fasilitas yang disediakan oleh Lembah satu ini juga lengkap. Hingga kini tempat satu ini masih menjadi jujukan bagi para wisatawan.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Depok Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Pajambon, Kec. Kramatmulya, Kab. Kuningan.

3. Bukit Lambosir Setianegara

Bukit Lambosir Setianegara
Image Credit: Facebook.com @lambosir

Berada di ketinggian 849 mdpl, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu memukau. Bukit Lambosir juga akan menantang Anda dengan track yang dimilikinya. Inilah mengapa, bukit satu ini sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang. Untuk sampai di puncaknya Anda membutuhkan waktu sekitar 35 hingga 40 menitan saja. Bukit Lambosir Setianegara menjadi salah satu bukit yang menjadi favorit untuk menyaksikan matahari tenggelam.

Bahkan ketika malam hari, terutama di bulan bulan Agustus Anda bisa berburu milky way di langit. Keindahan inilah yang menjadi magnet mengapa, bukit ini masih menjadi favorit bagi wisatawan yang datang ke Kuningan. Pengunjung lebih banyak mendirikan tenda, untuk bisa menikmati keindahannya lebih lama. Tentunya akan menjadikan liburan Anda semakin berkesan ketika mengunjungi tempat satu ini. Tapi pastikan Anda membawa peralatan kemah anda.

Lokasi: Setianegara, Randobawagirang, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan.

4. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan
Image Credit: Travelspromo.com

Menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan mata memang menjadi salah satu obat ampuh untuk meredakan penat. Menginjakkan kaki di Kuningan, pastikan untuk mengunjungi Kebun Raya Kuningan. Luas kawasannya yang mencapai 156 hektar, dengan koleksi tanaman 23 ribu tentunya akan membuat Anda terpesona. Anda bisa menemukan keunikan di tempat satu ini, yaitu adanya batuan vulkanik yang tersebar di kebun raya ini.

Udaranya yang sejuk juga menambah deretan daya tarik dari kebun ini. Tempat satu ini juga cocok untuk Anda yang ingin berburu foto foto menawan. Apalagi fasilitasnya juga sangat mendukung, Anda bisa menemukan mushola, warung, toilet hingga gedung pertemuan. Ingin menikmati lebih lama? Anda bisa menginap dan mendirikan tenda di area camping groundnya. Terdapat juga cottage yang tak kalah menarik untuk jadi tempat menginap anda.

Lokasi: Padabeunghar, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

5. Wisata Bukit Panembongan

Wisata Bukit Panembongan
Image Credit: Tribunnews.com

Spot wisata alam di Kuningan yang tidak bisa dilewatkan selanjutnya adalah Wisata Bukit Panembongan. Bukit satu ini menjadi lokasi berburu spot instragramable yang sangat tepat. Pemandangan dari ketinggian yang dihadirkan akan membius mata siapapun. Jajaran kebun teh, lengkap dengan hutan dan perkampungan, menjadikannya seperti lukisan yang mengundang decak kagum. Udaranya yang sejuk juga menambah rasa betah pada para pengunjung.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Alam di Purwakarta yang Populer Buat Liburan

Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik karena wisata bukit ini menghadirkan banyak fasilitas pendukung. Menghabiskan waktu bersama keluarga dengan camping tentunya akan menjadi hal yang menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas outbond untuk menantang kerjasama atau kekompakkan. Wisata Bukit Panembongan ini menjadi favorit di kalangan pemburu foto foto yang cantik dan tentunya instagramable.

Lokasi: Tembong, Kec. Garawangi, Kab. Kuningan.

6. Curug Palutungan

Curug Putri Palutungan
Image Credit: Google Maps (Tonny Hidayat P)

Setelah menikmati perbukitannya, Anda juga bisa menikmati curug curug di Kuningan yang tak kalah menarik. Curug Palutungan salah satunya, memiliki ketinggian sekitar 20 meter menjadikannya begitu cantik. Airnya yang bersih dan jernih akan membuat siapapun yang mengunjunginya ingin segera berenang di bawahnya. Kolam renang yang terbentuk di bawahnya menjadi tempat untuk berenang atau bermain air yang sangat pas.

Selain itu, Anda juga bisa berburu foto foto cantik ketika mengunjungi Curug Palutungan ini. Menggelar tikar sembari menikmati sekitarnya juga bukanlah ide yang buruk. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyewa hammock atau bermain ATV di track yang telah disediakan. Curug satu ini hingga kini masih menjadi primadona di kalangan wisatawan. Fasilitasnya yang sudah memadai, dengan tambahan pemandangan mengagumkan tentunya akan membuat siapa saja betah.

Lokasi: Cisantana RT.07/RW.03, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

7. Waduk Darma

Waduk Darma
Image Credit: Manifestasipedia.blogspot.com

Masih bertemakan air, Anda juga bisa mengunjungi Waduk Darma ketika berada di Kuningan. Berada di area dengan luas 425 hektar, para pengunjung akan disuguhkan panorama yang mempesona. Suasana yang sejuk dan sepanjang mata memandang akan terdapat deretan gunung yang menghiasinya. Ditambahkan dengan air waduk yang tenang, sangat cocok untuk menjadi bidikan dari lensa yang Anda siapkan.

Berbagai wahana turut disiapkan untuk Anda yang ingin mendapatkan liburan yang tak terlupakan. Seperti hadirnya kolam renang untuk anak anak, perahu untuk berkeliling hingga flying fox yang seru. Waktu terbaik untuk mengunjungi Waduk Darma adalah saat sore hari. Sebab, Anda bisa sekalian menikmati atraksi matahari tenggelam yang memukau. Jika ingin lebih lama, Anda bisa menginap di area camping atau di cottege maupun penginapan yang tersedia.

Lokasi: Desa Jagara, Kec. Darma, Kab. Kuningan.

8. Curug Bangkong

Curug Bangkong
Image Credit: Ksmtour.com

Curug selanjutnya yang tak kalah cantik dan bisa dijadikan tujuan wisata alam selanjutnya adalah Curung Bangkong. Di balik nama curug cantik satu ini menyimpan berbagai legenda yang menarik. Dimana dlam Bahasa Sunda, Bangkok berarti Kodok. Mengingat tempat ini ditemukan oleh petapa yang dikenal dengan Wiria. Konon, Petapa ini berubah wujud menjadi kodok, sehingga curug ini dinamakan dengan curug Bangkong.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Indramayu Terbaru & Terhits Buat Liburan

Memiliki ketinggian sekitar 23 meter dan lebar 3 meter, Pesona curug Bangkong tidak akan bisa ditawar oleh siapapun. Daya tarik lainnya, Curug Bangkong memiliki debit air yang begitu besar serta tidak akan berkurang sekalipun sedang kemarau. Terdapat kolam alami yang terbentuk di bawahnya, sehingga bisa Anda jadikan tempat untuk berenang. Namun pastikan Anda untuk selalu berhati hati ketika Anda berenang atau bermain air.

Lokasi: Kertawirama, Kec. Nusaherang, Kab. Kuningan.

9. Telaga Nilam

Telaga Nilam
Image Credit: Ngetripkemana.com

Di Kuningan Anda akan menemukan Telaga Nilam yang tak kalah mempesona dengan wisata alam lainnya di Kuningan. Kolam ini memiliki banyak ikan yang dinamakan dengan nama ikan Nilem. Airnya yang jernih akan membuat Anda bisa melihat ikan ikan di bawahnya dengan jelas. Bahkan airnya tampak kebiruan yang membuatnya begitu cantik. Selain dijadikan sebagai tempat berenang, Telaga Nilam juga menjadi spot berburu foto yang instagramable.

Lokasi: Desa Kadeula, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

10. Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru Cicerem
Image Credit: Dakatour.com

Berada di kaki Gunung Ciremai, sudah dipastikan Anda akan menikmati udara yang sejuk dan asri. Ditambah dengan mata yang akan menikmati Telaga Biru Cicerem yang begitu mempesona. Telaga ini memiliki warna kebiruan saking jernihnya air yang dimilikinya. Di dalam Telaga Anda akan menemukan berbagai habitat ikan tawar. Ikan ikan yang ada memang begitu besar dan bisa Anda nikmati dari atas permukaan.

Tempat satu ini memang sangat cocok untuk membuang segala kejenuhan, sebelum nanti akhirnya Anda mulai beraktivitas kembali. Tak jarang pengunjung juga akan berburu foto foto yang instagenic ketika mengunjungi Telaga Biru Cicerem ini. Mengingat ada beberapa spot seperti ayunan yang langsung menghadap ke telaganya. Jangan lupakan untuk membawa makanan agar ikan ikan mendekat ke arah anda.

Lokasi: Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Kuningan yang bisa Anda kunjungi. Sebenarnya, masih banyak tempat tempat menarik yang bisa Anda sambangi. Tetapi, yang telah disebutkan merupakan wisata alam di Kuningan yang paling banyak dikunjungi. Pastikan untuk segera membuat daftar tempat mana yang akan Anda kunjungi ketika di Kuningan. Jangan lupakan untuk berburu kuliner atau oleh oleh yang juga sangat beragam.