Inilah Daftar Tempat Wisata Alam Terbaik di Garut, Jawa Barat. Destinasi Wisata Terbaru, Populer dan Paling Hits yang Layak Anda Eksplor Saat Liburan atau Akhir Pekan.

Garut yang terletak tidak begitu jauh dari kota Bandung, sudah cukup terkenal sejak zaman kolonial sebagai salah satu tujuan istirahat menghilangkan penat. Pasalnya wilayah ini memiliki cukup banyak wisata alam yang begitu mempesona, mulai dari air terjun, gunung, wisata bahari, hingga wisata air panas juga tersedia di kabupaten ini.

Penasaran dengan tempat refresing terbaik di Garut? Yuk simak ulasan objek wisata alam yang populer dikunjungi wisatawan berikut ini.

1. Talaga Bodas

Talaga Bodas
Image Credit: Digarut.com

Talaga Bodas menjadi destinasi wisata pertama yang tidak boleh Anda lewatkan. Objek wisata ini berada hanya sekitar 28 kilometer dari pusat kota Garut, dan berjarak kurang lebih 84 kilometer dari kota Bandung. Talaga Bodas yang berada di kawasan Sukamenak, Wanaraja, ini merupakan danau yang terbentuk di atas kawah yang masih aktif. Di sini Anda bisa melihat panorama alam yang begitu indah serta eksotis.

Di sekitar Telaga Bodas dikelilingi oleh perbukitan serta pepohonan asri, yang membuat suasana menjadi sangat sejuk. Hijaunya bukit serta rimbunnya pepohonan hijau yang tampak kontras dengan telaga yang memiliki warna putih, juga membuat sebuah panorama yang mampu mengundang decak kagum. Lokasi ini seringkali dikunjungi oleh orang yang hobi fotografi, sebab berbagai spot di Talaga Bodas ini sangat instagramable.

Lokasi: Jl. Talaga Bodas No. 5, Wanajaya, Sukamenak, Kec. Wanaraja, Kab. Garut.

2. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang
Image Credit: Pergidulu.com

Berada di perbatasan antara Garut dan Bandung, Kawah Kamojang sangat sayang sekali untuk Anda lewatkan. Meski disebut kawah, namun di sini Anda tidak akan menemukan kawah pada umumnya. Karena lebih berupa uap panas bumi, yang keluar pada area area tertentu. Kawah Kamojang berada pada ketinggian sekitar 1.730 mdpl, sehingga memiliki udara yang cukup dingin dan sejuk.

Kawah ini masih dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi atau PLTP, serta dibuka juga sebagai tempat wisata untuk umum. Selain berkeliling area menikmati pemandangan sekitar yang sangat indah dan begitu asri, di Kawah Kamojang Anda juga bisa merasakan berendam air panas yang airnya berasal dari sumber asli. Air hangat serta uap yang dihasilkan dari kawah tentu akan membantu mengusir rasa dingin dari udara di sekitar.

Lokasi: Desa Randakurung, Kec. Samarang, Kab. Garut.

3. Pemandian Air Panas Cikarees

Pemandian Air Panas Cikarees
Image Credit: Instagram.com @reny_a.shanty

Masih berbicara tentang sumber mata air panas alami, di Garut juga terdapat Pemandian Air Panas Cikarees yang berlokasi di kawasan Sukasono. Destinasi wisata ini menyuguhkan wisata air panas yang merupakan sumber mata air alami. Di sini Anda bisa berendam di dalam kolam air panas, dan menenangkan diri serta meregangkan otot otot pada tubuh. Selain berendam, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang ditawarkan oleh objek wisata ini.

Sebab Pemandian Air Panas Cikarees berada di tengah tengah persawahan, yang menyuguhkan pemandangan hijau menyegarkan. Tempat wisata ini berjarak sekitar 21 km dari pusat Garut, Anda bisa mencapainya menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika memilih menggunakan transportasi publik, Anda bisa menaiki angkot dengan jalur Cibatu-Barut, yang melewati objek wisata satu ini.

Lokasi: Desa Sukasono, Kec Sukawening, Kab. Garut.

4. Puncak Guha

Puncak Guha
Image Credit: Google Maps (Bagus Reza Erlangga)

Puncak Guha merupakan tebing di semenanjung kecil yang letaknya menghadap langsung ke laut selatan Jawa. Melalui Puncak Guha ini Anda bisa langsung melihat deburan ombak, serta garus permukaan dari Samudera Hindia yang begitu mempesona. Cukup banyak pengunjung yang datang ke sini untuk melakukan berbagai sesi pemotretan, bahkan ada juga yang melakukan sesi foto pre wedding di Puncak Guha ini.

Pasalnya spot di atas puncak satu ini sangat fotogenic, terlebih dengan latar belakang lautan lepas dari kejauhan yang begitu indah. Selain itu, destinasi wisata Puncak Guha juga seringkali dikunjungi sebagai spot untuk menikmati matahari terbenam. Duduk di atas bukit sembari melihat detik detik sang surya seolah menghilang di balik lautan, menjadi salah satu aktivitas favorit bagi masyarakat di Garut.

Lokasi: Sinarjaya, Kec. Bungbulang, Kab. Garut.

5. Bukit Pilar Angin

Bukit Pilar Angin
Image Credit: Instagram.com @herculesega

Satu lagi tempat fotogenic dan instagramable dengan pemandangan mempesona yang wajib untuk Anda kunjungi di Garut, yaitu Bukit Pilar Angin. Bukit ini berada di kawasan Cikelet, dan berjarak sekitar 104 kilometer dari pusat Garut. Salah satu daya tarik yang membuat para pecinta fotografi selalu memburu tempat ini, yaitu karena hamparan padang rumput dengan warna kekuningan yang begitu apik saat diabadikan.

Tidak heran jika destinasi satu ini juga sering digunakan sebagai tempat foto pre wedding. Bahkan hasil potretnya membuat Anda terlihat seolah olah sedang berada di padang savana di Afrika. Selain itu, pada waktu waktu tertentu Anda juga bisa menjumpai segerombolan domba yang tengah digembalakan di Bukit Pilar Angin. Pemandangan ini akan menambah indah suasana alam pedesaan pada objek wisata di Garut tersebut.

Lokasi: Bukit Cikajar, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

6. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Image Credit: Topijelajah.com

Garut yang memiliki wilayah berbatasan langsung dengan laut selatan Jawa, menyimpan sederet objek wisata pantai yang begitu menarik. Salah satu yang bisa Anda kunjungi yaitu Pantai Rancabuaya yang berjarak sekitar 100 kilometer dari pusat Garut. Memiliki pasir kecoklatan dengan deburan ombak cukup besar yang menampar nampar batu karang dengan ukuran jumbo, memberikan pemandangan eksotis yang tidak biasa.

Suasana khas pantai dengan hawa yang begitu menyegarkan akan membuat Anda betah untuk berlama lama di Pantai Rancabuaya satu ini. Selain itu, di destinasi wisata ini Anda juga bisa menemukan curug atau air terjun yang airnya mengalir langsung ke arah laut. Pemandangan unik tersebut merupakan salah satu daya tarik dari objek wisata ini, yang membuat Pantai Rancabuaya tak pernah sepi akan pengunjung.

Lokasi: Desa Purbayani, Kec. Caringin, Kab Garut.

7. Pantai Taman Manalusu

Pantai Taman Manalusu
Image Credit: Bandung-tour.com

Masih dengan objek wisata bahari, di Garut juga terdapat Pantai Taman Manalusu yang tentunya sangat sayang sekali untuk Anda lewatkan. Pantai ini tergolong unik dan sedikit berbeda dari pantai lainnya yang ada di Garut, karena adanya bebatuan karang di pesisir pantai yang berwarna hijau. Batu karang tersebut terlihat sangat kontras dengan pasir pantai yang memiliki warna coklat kehitaman.

Nuansa hijau dari batu karang tersebut membuat pantai ini sering dijuluki sebagai Pantai Taman. Selain batu karangnya yang berwarna kehijauan, pantai yang berlokasi di kawasan Desa Cigadog ini juga dikelilingi oleh cukup banyak pepohonan hijau di sekitarnya. Hal ini semakin menegaskan julukan Pantai Taman yang disandangnya. Hal tersebut juga membuat kawasan pantai menjadi sangat rindang dan sejuk.

Lokasi: Desa Cigadog, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

8. Pantai Cijeruk

Pantai Cijeruk
Image Credit: Tempatwisata.pro

Satu lagi wisata pantai yang wajib untuk Anda kunjungi di garut, yakni Pantai Cijeruk yang terletak di kawasan Desa Sagara. Daya tarik utama dari wisata bahari satu ini yaitu pasir pantainya yang begitu halus dan landai, serta terbentang dengan sangat luas bak padang pasir. Oleh karena itu objek wisata satu ini cocok dikunjungi bersama keluarga, karena pantainya yang sangat luas bisa dijadikan sebagai tempat bermain bersama.

Anda dan keluarga atau kerabat bisa puas bermain volly pantai, sepak bola, dan lain sebagainya. Anak anak juga bisa bebas bermain berlarian di sekitar area pantai, tanpa takut berdesak desakan dengan pengunjung yang lain. Namun perlu diingat, layaknya pantai pantai di selatan Jawa lainnya, Pantai Cijeruk juga memiliki ombak yang relatif besar dan tinggi jadi sebaiknya Anda selalu perhatikan putra putri Anda saat sedang bermain di area pantai.

Lokasi: Sancang, Kec. Cibalong, Kab. Garut.

9. Arung Jeram di Sungai Cimanuk

Arung Jeram di Sungai Cimanuk
Image Credit: Khatulistiwaadv.blogspot.com

Bagi Anda yang berjiwa petualang, maka bisa merasakan sensasi wisata arung jeram di Sungai Cimanuk. Di sini Anda bisa memacu adrenalin dengan menaklukan aliran Sungai Cimanuk, sambil menikmati keindahan alam Garut di sekitar. Selama perjalanan arung jeram Anda akan disuguhi pemandangan hutan bambu yang begitu rimbun, tebing bebatuan nan eksotis di kiri dan kanan, hingga persawahan nan hijau yang begitu menyegarkan mata.

Lokasi: Desa Simpang, Kec. Cikajang, Kab. Garut.

10. River Tubing di Sungai Cikaengan

River Tubing di Sungai Cikaengan
Image Credit: Ceritaparapejalan.blogspot.com

Jika di Sungai Cimanuk Anda bisa melakukan aktivitas arung jeram, maka di Sungai Cikaengan Anda bisa melakukan river tubing yang lebih menantang. Wisata ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, karena Anda bisa memacu adrenalin dengan melewati aliran Sungai Cikaengan yang cukup deras. Berbeda dengan arung jeram yang dilakukan secara berkelompok, river tubing memungkinkan Anda mengontrol ban pelampung sendirian.

Pemandangan di sekitar aliran sungai juga tidak kalah indah dari Sungai Cimanuk. Anda bisa melihat area persawahan hijau yang begitu menyegarkan mata. Pada beberapa bagian aliran sungai Anda juga akan menjumpai tebing tebing yang ditumbuhi pepohonan rimbun, yang membuat udara sekitar menjadi lebih sejuk. Untuk mencapai lokasi wisata ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menit perjalanan, apabila lalu lintas normal.

Lokasi: Desa Banjarwangi, Kec. Banjarwangi, Kab. Garut.

Lokasi berbagai objek wisatanya yang mudah untuk dijangkau, serta tidak jauh dari kota Bandung, membuat Garut layak menjadi salah satu tujuan liburan anda. Bahkan Garut menyuguhkan beragam destinasi wisata yang sangat melimpah, dengan panorama alam yang begitu menawan. Jadi dari sekian banyak tempat wisata alam yang ada di Garut, mana yang paling ingin Anda kunjungi?