Inilah Daftar Pilihan Tempat Wisata Alam Populer di Cirebon, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Cocok Dikunjungi untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Sama-sama berada di provinsi Jawa Barat, Kota Cirebon mungkin tidak sepopuler kota Bandung yang sering dijadikan sebagai rujukan wisata saat liburan. Namun bukan berarti wisata di Kota yang berada di pesisir utara Pulau Jawa ini tidak seindah kota-kota lainnya. Cirebon memiliki kekayaan dan pesona alam yang luar biasa menakjubkan.

Tak heran, Kota Cirebon dipenuhi dengan berbagai wisata alam dengan pemandangan yang yang sangat indah yang pas untuk dibuat Pelesiran. Yuk, intip daftar objek wisata alam di kota Cirebon yang menarik untuk dikunjungi.

1. Setu Patok

Setu Patok
Image Credit: Pikiran-rakyat.com

Wisata alam pertama yang wajib dikunjungi ketika berada di Cirebon adalah Setu Patok. Setu Patok adalah salah satu danau yang yang memiliki panorama sangat istimewa. Bagaimana tidak, danau ini membentang luas dan dikelilingi oleh areal persawahan. Sehingga, Anda dapat melihat pemandangan berupa air danau berwarna biru kehijauan bersatu dengan area persawahan yang berwarna hijau kekuningan. Pemandangan ini terlihat sangat mengagumkan.

Danau yang sering disebut sebagai miniatur Danau Toba ini, juga memiliki daya tarik yang sangat menarik. Di sekitar danau memiliki pesona alam yang masih sangat asri dengan latar belakang pemandangan gunung yang megah, menambah kesan yang menyenangkan. Jika beruntung, sesekali Anda akan melihat domba ataupun kambing yang sedang asyik makan rumput di sekitar danau. Pada sore hari, danau ini terlihat semakin cantik ditambah dengan warna langit yang mulai berubah.

Lokasi: Desa Setu Patok, Kec. Mundu, Kota Cirebon.

2. Telaga Nilem

Telaga Nilem
Image Credit: Pesonawisataindonesia.com

Wisata alam air berikutnya yang bisa Anda kunjungi ketika pergi ke kota Cirebon adalah Telaga Nilem. Suasana sekitar telaga terlihat sangat asri dengan pemandangan air berwarna hijau kebiruan dan juga aneka tumbuhan liar disana. Suasana sekitar begitu sejuk, dikarenakan kawasan ini sangat dekat dengan pegunungan. Sehingga, Anda akan lebih mudah untuk menemukan spot foto favorit yang dapat menarik para wisatawan lainnya untuk berkunjung setelah itu.

Sejauh mata memandang, Anda hanya akan melihat rimbunnya pepohonan ditambah dengan pemandangan alam sekitar yang memang sudah indah. Di tempat ini, pemandangan semakin terlihat eksotis karena air dari Telaga terlihat begitu jernih. Saking jernihnya, Anda bisa melihat dasar Telaga yang yang sudah banyak ditumbuhi alga yang menambah kesan indah pada pemandangan. Di tempat ini Anda juga dapat berenang dengan suasana yang sangat tenang.

BACA JUGA:  10 Mall di Cirebon yang Paling Populer

Lokasi: Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

3. Tebing Batu Lawang

Tebing Batu Lawang
Image Credit: Kompas.com

Wisata alam di Cirebon yang cukup hits selanjutnya adalah keindahan pemandangan tebing berbatu yaitu Batu Lawang. Pemandangannya tidak kalah menarik dengan tebing yang berada di wilayah Sleman. Di sini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa tebing berbatu yang sangat pas dijadikan sebagai spot untuk swafoto. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan berupa atau berwarna kecoklatan yang menjulang yang tinggi dan terlihat kokoh.

Pesona alam yang dimiliki oleh Tebing Batu Lawang juga banyak menarik wisatawan karena berada di areal persawahan yang berwarna hijau membentang. Tebing Batulawang memang terletak di salah satu lokasi yang masih tersembunyi. Hal ini membuat suasana alam yang tenang, dan masih sangat terjaga. Ketika berkunjung ke sini, Anda akan menemukan atmosfer sejuk khas pedesaan. Tak heran, banyak wisatawan yang datang ke sini untuk mendapatkan foto yang keren.

Lokasi: Cupang, Kec. Gempol, Kota Cirebon.

4. Kawasan Ciwaringin

Kawasan Ciwaringin
Image Credit: Nativeindonesia.com

Ketika berkunjung ke kota Cirebon Anda juga bisa mengunjungi kawasan Hutan Ciwaringin. Disini Anda akan menemukan pemandangan berupa pepohonan kayu putih yang berjajar rapi dan daunnya beraroma semerbak seperti minyak kayu putih. Berkunjung ke kawasan ini akan membuat Anda serasa berada di di pedesaan yang masih asri dengan hiasan gunung-gunung yang menyerupai lukisan. Sehingga, Anda akan merasakan ketenangan ketika berkunjung ke wanawisata Ciwaringin.

Wanawisata Ciwaringin juga menawarkan berbagai macam fasilitas yang memacu adrenalin seperti arena motor cross yang bisa Anda coba. Di sepanjang arena, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dari pepohonan di sekitar wanawisata. Menambah keelokan pemandangan, Anda juga akan disajikan panorama berupa pegunungan kapur yang yang sangat eksotis. Ada juga danau yang masih sangat alami dan bersih yang bisa digunakan untuk memancing ikan.

Lokasi: Desa Ciwaringin, Kec. Ciwaringin, Kota Cirebon.

5. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan
Image Credit: Instagram.com @ulhaqeltsyam

Pantai Kejawanan menjadi salah satu pantai cantik yang menjadi kebanggaan masyarakat Cirebon. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terlebih pada saat akhir pekan. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kejawanan untuk bermain air laut yang segar. Tidak hanya menikmati air laut yang segar, Anda juga bisa menikmati pemandangan sekitar pantai yang menenangkan sembari menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah di Cirebon yang Populer & Memiliki Fasilitas Terbaik

Bagi Anda pecinta pemandangan matahari terbenam, sudah semestinya jika tempat ini menjadi salah satu wisata favorit yang harus dikunjungi untuk melihat sunset. Anda akan disuguhkan pemandangan langit yang menawan, serta pemandangan pantai yang membentang luas dan terlihat masih sangat bersih. Tempat ini juga sering dikunjungi para pecinta fotografer, yang ingin mengabadikan foto kegiatan di sekitar Pantai Kejawanan yang yang sangat mengagumkan.

Lokasi: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

6. Telaga Remis

Telaga Remis
Image Credit: Indonesiakaya.com

Ketika Anda berkunjung ke kota Cirebon, sempatkanlah untuk mengunjungi Telaga Remis. Menurut cerita terdahulu, telaga ini adalah tempat minum Prabu Siliwangi. Sekarang, telaga ini dibuka untuk menjadi objek wisata yang yang menarik banyak pengunjung. Hal ini dikarenakan, pemandangan alam di sekitar Telaga Remis sungguh indah. Banyak wisatawan yang berdatangan ke sini ini untuk sekedar mengabadikan momen, atau asyik foto dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan.

Telaga ini juga sering dimanfaatkan oleh warga setempat untuk memancing. Begitupun dengan para wisatawan yang berkunjung ke sini, juga diperkenankan untuk melakukan aktivitas memancing. Anda bisa menikmati serunya suasana memancing langsung di alam terbuka yang yang memiliki pemandangan menakjubkan. Telaga ini memang sering dikunjungi pada siang hari. Meski begitu, pemandangan Telaga pada pagi dan sore hari juga Tidak kalah indahnya.

Lokasi: Kaduela, Kec. Pasawahan, Kota Kuningan.

7. Setu Sedong

Setu Sedong
Image Credit: Ksmtour.com

Wisata air berikutnya yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda pergi ke Cirebon adalah Setu Sedong. Waduk yang sudah dibangun sejak zaman kolonial Belanda ini mulai dimanfaatkan sebagai kebutuhan irigasi sawah sejak tahun 1921. Meski terbilang sudah cukup lama, namun pemandangan sekitar Setu Sedong masih sangat mempesona. Karena itulah tempat ini masih banyak digemari sejak zaman dahulu hingga kini. Suasana sekitar sangat nyaman untuk berjalan-jalan.

Waduk Setu Sedong berlatar belakang pemandangan gunung Ciremai yang sangat elok dan berada tepat di belakang waduk. Ketika kesini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan gunung Ciremai yang yang sangat indah dan membuat betah untuk berlama-lama berada di kawasan wisata ini. Wisata ini ramai dikunjungi pada sore hari saat cahaya matahari berwarna keemasan atau biasa disebut dengan golden hour dan akan tetapi menjelang hari gelap.

Lokasi: Desa Sedong, Kec. Sindang Laut, Kota Cirebon.

8. Hutan Plangon

Hutan Plangon
Image Credit: Indonesiakaya.com

Cirebon juga terkenal dengan wisata budaya yang masih sangat kental. Kota ini memang memiliki banyak Keraton yang masih menjunjung tinggi adat dan budaya. Hutan Plangon dulunya dijadikan sebagai tempat untuk bertapa dan menyepi pagi pangeran Keraton Cirebon. Hal inilah yang menjadikan tempat ini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Meski begitu, kawasan hutan ini masih menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang ingin menikmati Hutan Plangon.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Cirebon yang Paling Terkenal

Hutan ini masih tergolong sangat alami. Banyak pepohonan yang ditanam di di areal hutan yang mulai tumbuh dengan lebat dan subur. Tak heran, hutan ini menjadi habitat para kera yang banyak tinggal di hutan tersebut. Sesekali ketika mengunjungi hutan, Anda akan bertemu langsung dengan kera-kera yang menghuni kawasan Hutan Plangon. Anda juga dapat mencoba memberinya makan.

Lokasi: Babakan, Kec. Sumber, Kota Cirebon.

9. Pantai Balongan

Pantai Balongan
Image Credit: Facebook.com (Pantai Balongan Kesambi)

Pantai Balongan Cirebon sudah cukup populer dan lebih setelah ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional pada tahun 2016 silam. Pantai ini memiliki ombak yang menantang sehingga sering dijadikan tempat favorit bagi para peselancar lokal maupun luar negeri. Tak heran, pantai ini akan mulai ramai dikunjungi pada pertengahan tahun hingga akhir tahun. Di mana biasanya, sekitar bulan tersebut ombak pantai sedang eksotis dan sangat indah.

Pantai ini juga memiliki panorama yang bisa membuat semua orang terpukau. Hamparan Pasir Putih pantai yang luas ditambah dengan buih-buih ombak yang sesekali menyapa, membuat tempat wisata ini pas dikunjungi untuk menyegarkan pikiran yang penat. Untuk menambah kesan menyenangkan pada liburan anda, pengelola setempat juga telah melengkapi pantai dengan berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati saat berlibur dan berkunjung ke Pantai Balongan Cirebon.

Lokasi: Jl. Raya Balongan, Kec. Balongan, Kab. Indramayu.

10. Hutan Mangrove Kasih Sayang

Hutan Mangrove Kasih Sayang
Image Credit: Google Maps (wisnu prayoga)

Hutan mangrove kasih sayang menjadi salah satu wisata hits lainnya yang ada di wilayah Cirebon. Di sini Anda akan menemukan dermaga panjang dengan jembatan berwarna merah yang menjadi ikon dari kawasan wisata hutan mangrove kasih sayang. Meski berbeda dengan hutan lainnya, hutan mangrove ini ini tetap menawarkan panorama keindahan alam yang sangat menakjubkan seperti pepohonan bakau yang berbaris rapi dan dihantam oleh ombak yang tenang.

Lokasi: Mundupesisir, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

Kota Cirebon memang dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki destinasi wisata edukasi ataupun religi. Namun, tidak banyak yang mengerti bahwa Kota Cirebon ternyata juga memiliki beragam destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Sehingga, ketika Anda berkunjung ke kota Udang, jangan lupa untuk mengunjungi wisata alam yang juga menyimpan sejuta pesona keindahan.