Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Alam Populer di Bogor, Jawa Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Membuat Wisatawan Merasa Takjub.

Pesona alam di kota hujan ini selalu berhasil membuat siapapun pengunjungnya merasa takjub. Keindahan dan pesona alam di Bogor memang tak ada matinya untuk dijelajahi. Destinasi wisata yang ada di Kota Hujan memang sangat beragam, mulai dari hutan yang asri, air terjun, pantai, perbukitan, hingga hamparan sawah yang menawarkan view luar biasa. Tak ayal, beberapa objek wisata di Bogor menjadi tujuan wisatawan luar daerah bahkan luar negeri.

Bagi Anda yang sedang berada di Kota ini, tak ada salahnya mengunjungi salah satu rekomendasi destinasi wisata alam di Bogor yang memesona di ulasan berikut ini.

1. Pondok Rasamala

Pondok Rasamala
Image Credit: Travelbos.co.id

Apakah Anda ingin menyatu dan menikmati alam tanpa harus meninggalkan kemudahan kehidupan modern? Hal tersebut sangat mudah dilakukan. Dengan mengunjungi Pondok Rasamala, Anda akan merasakan sensasi menyatu dengan alam bebas dengan tawaran pelayanan modern yang dapat membantu memudahkan aktivitas.

Di Pondok Rasamala, Anda bisa merasakan serunya camping di tengah alam terbuka. Namun, Anda tak perlu bersusah payah membawa tenda, membawa stok makanan, maupun membawa perlengkapan mandi. Pasalnya, di Pondok Rasamala menawarkan kemewahan rasa hotel yang bisa Anda dapatkan ketika bermalam ke tempat tersebut.

Lokasi: Jl. Gunung Bunder, Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kota Bogor.

2. Lembah Tepus

Lembah Tepus
Image Credit: Arthfyrinjani.blogspot.com

Lembah Tepus berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Jawa Barat. Bisa dikatakan, destinasi wisata alam ini memiliki lokasi yang berada di pelosok hutan. Karena itulah, Lembah Tepus sering disebut sebagai surga tersembunyi di kota Salak. Sesampainya di lokasi tersebut, Anda akan langsung disambut dengan kolam alami dengan bentuk berundak.

Airnya yang jernih dengan semilir angin yang sejuk membuat siapapun yang datang merasa betah dan ingin berlama lama di tempat tersebut. Lembah Tepus juga sangat cocok jika digunakan sebagai tempat pelarian untuk menghilangkan penat dari hiruk pikuk kota besar. Anda pun bisa merasakan kesegaran dan jernihnya air dengan berendam dalam kolam berundak.

Lokasi: Jl. Pasir Reungit-Gunung Bunder, Gn. Bunder 2, Kec. Pamijahan, Kota Bogor.

3. Bukit Halimun

Bukit Halimun
Image Credit: Radarbogor.id

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan dari ketinggian, bisa mengunjungi salah satu destinasi wisata di Bogor, yakni Jembatan Gantung Bukit Halimun. Jembatan ini menghubungkan dua bukit dengan panjang mencapai 100 meter. Di sekeliling jembatan, Anda juga akan disuguhkan spot spot foto yang sangat memesona.

Bagi Anda yang ingin menikmati hamparan pegunungan dan perbukitan, bisa mengunjungi destinasi wisata yang terletak di Jalan Gn. Salak Endah, Bogor, Jawa Barat. Untuk bisa masuk ke area tersebut, Anda perlu membayar tiket masuk sekitar Rp. 10 ribuan saja. Dengan harga yang sangat ekonomis dan ramah dikantong, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam Bukit Halimun.

Lokasi: Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Kota Bogor.

4. Camp Hulu Cai

Camp Hulu Cai
Image Credit: Twitter.com/basecamphuluca

Bagi Anda yang menyukai berbagai jenis bunga, bisa berkunjung ke Camp Hulu Cai. Di lokasi tersebut terdapat Taman Layla yang ditanami berbagai jenis bunga berwarna warni. Tak hanya itu, Anda pun bisa berenang di dua kolam renang berukuran besar di tengah cuaca Kota Bogor yang sejuk dan segar. Camp Hulu Cai juga menyediakan ragam fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan.

Lokasi: Jl. Veteran III, Cibedug, Kec. Ciawi, Kota Bogor.

5. Desa Wisata Malasari

Desa Wisata Malasari
Image Credit: Travelosofi.blogspot.com

Menyusuri jalanan Desa Malasari, Anda akan dibuat takjub tanpa henti. Hamparan sawah berundak dengan panorama sinar matahari terbit membuat desa tersebut hampir mirip dengan Ubud, Kota Bali. Jika musim panen tiba, Anda bisa berkesempatan untuk melihat upacara adat Seren Taun yang masih dilestarikan di tempat tersebut.

Gemercik suara aliran air sungai dengan rimbunan pepohonan yang menari diterpa angin sejuk, membuat siapa pun pengunjungnya tenggelam dalam nuansa alam yang masih terjaga keasriannya. Barisan perkebunan teh yang ditata dengan apik oleh leluhur Desa Malasari menjadi daya tarik tersendiri untuk mengunjunginya. Bahkan, Anda tak perlu membayar mengunjunginya.

Lokasi: Jl Resimen Mahawarman no 1, Kp. Malasari rt001/001, Desa Malasari, Kec. Nanggung, Kab. Bogor.

6. Danau Quarry

Danau Quarry
Image Credit: Cimanggubogor.com

Danau yang satu ini muncul akibat aktivitas penambangan pasir yang sudah tak digunakan lagi. Banyak sekali hal yang ditawarkan Danau Quarry yang bisa dijadikan sebagai destinasi pengisi waktu liburan. Terdapat pula spot menarik seperti pemandangan hamparan perbukitan, tebing tebing, dan danau itu sendiri. Bahkan beberapa spot tersebut sudah terlihat dari kejauhan.

Lokasi: Kampung Sawah, Kec. Rumpin, Kab. Bogor.

7. Curug Leuwi Cibaliung

Curug Cibaliung
Image Credit: Piknikasik.com

Menghabiskan waktu di Curug Cibaliung merupakan sebuah keharusan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan. Pasalnya, di tempat tersebut tak hanya menawarkan keindahan dan suasananya saja, Curug Leuwi Cibaliung juga terkenal dengan atmosfer beserta kejernihan air yang masih terjaga keasriannya.

Lokasi: Desa Karangtengah, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor.

8. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Youtube.com (Yusrizal)

Tak sedikit orang mengatakan bahwa Curug Leuwi Hejo merupakan Green Canyon versi mungil. Apa pun sebutannya, sudah disepakati bahwa curug ini sangat istimewa dan memiliki pesona alam yang sangat luar biasa. Air yang mengalir dalam curug tersebut masih sangat segar dan juga jernih. Bagi Anda yang tertarik, perlu menyiapkan biaya sekitar Rp.15 ribu untuk tiket masuk.

Lokasi: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor.

9. Bukit Alesano Cijeruk

Bukit Alesano Cijeruk
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Bila Anda sedang mencari destinasi wisata alam yang masih sangat asri, Bukit Alesano jawabannya. Tentu saja bukit tersebut menawarkan keindahan alam dan pemandangan Kota Bogor yang sayang jika terlewatkan. Teruntuk Anda yang sedang merasa penat dengan aktivitas harian, mungkin sudah saatnya untuk mampir ke pinggiran dan menyatu dengan alam Bukit Alesano.

Lokasi: Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kota Bogor.

10. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol
Image Credit: Gunung.id

Bagi Anda yang gemar melakukan pendakian bisa mencoba menaklukkan Gunung Batu Jonggol dengan ketinggian sekitar 1875 mdpl. Bisa dikatakan, medan untuk mencapai puncak tidak terlalu sulit. Jika sudah mencapai puncak gunung, Anda juga akan melihat pesona Gunung Gede Pangrango dari kejauhan.

Lokasi: Desa Sukaharja, Kec. Sukamakmur, Kota. Bogor.

11. Goa Garunggang

Goa Garunggang
Image Credit: Denubay.com

Sebelum sampai ke lokasi Goa Garunggang, Anda akan disuguhkan pemandangan luar biasa dan sangat ciamik berupa hamparan perbukitan, sawah dan ladang, sungai yang jernih, hingga perkebunan milik penduduk. Sesampainya di lokasi, keindahan dan eksotisme goa tak bisa diungkapkan dengan kata kata.

Permukaan gua yang berbuku buku melengkapi keindahan Goa Garunggung. Di bagian luar goa, ada sejumlah spot unik dan menarik untuk mengambil gambar. Sementara di bagian dalam goa, Anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk menyusuri seluruh bagian dalam karena minimnya cahaya. Namun, hal tersebut tak mengurangi pesona Goa Garunggung.

Lokasi: Jl. Ptp Terusan, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor.

12. Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Pemandian Air Panas Gunung Peyek
Image Credit: Denubay.com

Bogor tak hanya menyimpan kesegaran dan kejernihan perairan saja, ternyata kota tersebut juga menawarkan destinasi wisata alam berupa pemandian air hangat di tengah alam terbuka. Salah satu destinasi wisata alam air panas di Kota Bogor ialah Pemandian Air Panas Gunung Peyek. Destinasi wisata ini masih belum banyak terjamah, sehingga masih terjaga keasriannya.

Lokasi: Jl. Pasar Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Kab. Bogor.

13. Gunung Kapur Klapanunggal

Gunung Kapur Klapanunggal
Image Credit: Tempatwisataunik.com

Bagi Anda yang gemar melakukan olahraga panjat tebing, Gunung Kapur Klapanunggal bisa menjadi salah satu spot yang wajib dijajal. Di balik bukit, Anda akan disuguhkan beberapa spot menarik yang menonjolkan tekstur permukaan dari tebing itu sendiri. Di beberapa celah bukit juga terdapat gua gua yang terbentuk secara alamiah di Gunung Kapur Klapanunggal.

Strukturnya yang terbentuk dari stalaktit dan proses aliran air berhasil memikat para wisatawan untuk mengunjungi Gunung Kapur Klapanunggal. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata alam tersebut, bisa berkunjung ke Jalan Kelapa Nunggal, Bogor, Jawa Barat. Gunung Kapur Klapanunggal wajib dimasukkan ke dalam daftar kunjungan liburan.

Lokasi: Klapanunggal, Kec. Klapanunggal, Kab. Bogor.

14. Puncak Gede

Puncak Gede
Image Credit: Facebook.com @GunungGedePangrango

Salah satu destinasi wisata alam unggulan Kota Bogor ialah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Namun, spot yang paling terkenal di objek wisata tersebut ialah Puncak Gede. Di sana, Anda bisa melihat kemegahan Gunung Pangrango secara langsung dengan pemandangan hamparan hutan di bawahnya. Di sana Anda juga akan melihat kawah Gunung Gede yang memesona.

Objek wisata alam yang terletak di Jalan Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat ini memiliki jam operasional yang dimulai pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB. Sebagai informasi, akses menuju ke Puncak Gede terbilang cukup terjal. Namun, sesampainya di puncak, rasa lelah Anda akan terbayar lunas ketika melihat hamparan pegunungan dan perbukitan sejauh mata memandang.

Lokasi: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

15. Puncak Mustika Manik

Puncak Mustika Manik
Image Credit: Berkeliling.com

Lokasi Puncak Mustika Manik berada di dataran tinggi Kota Bogor yang dapat menguji keberanian para pengunjungnya. Di puncak tersebut, Anda akan disuguhkan pemandangan kota Bogor dengan langit yang biru beserta lembah hijau. Dengan mengunjungi Puncak Mustika Manik, kelelahan Anda akibat hiruk pikuk kota akan terlepas.

Puas menikmati indahnya pemandangan alam di sekitar lokasi, Anda bisa mengabadikan setiap momen di beberapa spot foto unik yang sudah disediakan pihak pengelola. Mulai dari gazebo yang tergantung, sepeda gantung, hingga teras kayu di ujung tebing. Untuk bisa memasuki kawasan puncak, Anda perlu membayar biaya tiket masuk sekitar Rp. 15 ribuan saja.

Lokasi: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

16. Telaga Warna

Telaga Warna Puncak Cisarua
Image Credit: Google Maps (Aryanto Teguh Permana)

Telaga Warna memiliki potensi keindahan alam yang mampu merelaksasikan pikiran setiap pengunjung. Destinasi wisata Telaga Warna memiliki air yang sangat tenang dengan rimbunan pepohonan di sekelilingnya. Jika Anda ingin menikmati pemandangan Telaga Warna dari ketinggian, maka wajib mencoba wahana flying fox yang disediakan pihak pengelola.

Lokasi: Jl. Raya Puncak- Cianjur, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

17. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari
Image Credit: Tabloidwisata.com

Ketika mengunjungi destinasi wisata alam Air Terjun Bidadari, Anda akan langsung merasakan keasrian air terjun dengan panorama yang masih asri. Ketika memutuskan untuk berendam, kesegaran air di kawasan tersebut akan langsung terasa hingga ke tulang. Yang lebih seru lagi, kawasan tersebut juga dilengkapi dengan beberapa wahana pemandian yang beragam.

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

18. Danau Lido

Danau Lido
Image Credit: Detik.com

Satu lagi objek wisata alam yang memiliki pesona danau eksotis di Kota Bogor, yakni Danau Lido. Destinasi wisata alam tersebut terletak di Jalan Raya Sukabumi, Kota Bogor. Apabila Anda berkunjung ke danau tersebut, kesejukan khas pegunungan akan langsung terasa dan merasuk hingga ke tulang.

Menurut mitos yang beredar di masyarakat sekitar, danau tersebut konon dijaga oleh seekor naga dan buaya putih yang sewaktu waktu menampakkan diri. Cerita tersebut sudah berkembang di beberapa pelosok negeri yang menimbulkan rasa penasaran masyarakat Indonesia.

Lokasi: Jl. Raya Danau Lido, Watesjaya, Kec. Cigombong, Kab. Bogor.

19. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas
Image Credit: Mandalawangicibodascampground.com

Jika Anda ingin liburan ke Kota Bogor dengan sensasi yang berbeda, maka bisa berkunjung ke kawasan Kebun Raya Cibodas. Taman ini sangatlah cocok untuk Anda yang ingin mengunjungi wisata alam dan edukasi dengan keluarga dan orang orang tersayang. Selain menjadi destinasi wisata alam yang populer, Kebun Raya Cibodas kerap kali dijadikan latar belakang film.

Kebun Raya Cibodas juga memiliki ruangan khusus yang dipergunakan sebagai tempat penampungan seluruh jenis lumut yang ada di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Kebun Raya Acibodas, jangan lupa untuk mengajak keluarga, teman, dan kerabat dekat.

Lokasi: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

20. Agro Gunung Mas

Agro Gunung Mas
Image Credit: Travelspromo.com

Jika Anda ingin mengunjungi destinasi wisata alam yang memiliki suasana tenang dan menyejukkan mata, maka Anda bisa berkunjung ke salah satu objek wisata Agro Gunung Mas. Di sana Anda akan disuguhkan dengan hamparan perkebunan teh yang sangat luas sejauh mata memandang. Selain itu, di Agro Gunung Mas Anda juga bisa menemui aktivitas berkebun para pemetik teh.

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM. 87, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

Kota Bogor memang memiliki kekayaan alam yang luar biasa menakjubkan. Bahkan, keberagaman dan keindahan wisata alam Bogor sudah diakui di kancah internasional. Tak heran, banyak sekali wisatawan luar daerah bahkan luar negeri yang ingin mengunjungi beberapa destinasi wisata alam, seperti danau, curug, pemandian, gunung, hingga perkebunan.