Kota yang dijuluki dengan sebutan Paris Van Java ini, tidak hanya memiliki segudang cerita romantis, namun juga berbagai cerita liburan yang berkesan setelah mengunjungi berbagai tempat wisata alam di Bandung dengan keindahan luar biasa.

Kota Bandung memang sudah cukup populer untuk dikunjungi pada masa liburan. Betapa tidak, kota ini memang menawarkan berbagai macam pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh Anda dan keluarga. Tidak hanya terkenal dengan wisata kulinernya yang selalu lezat, kota ini juga banyak menawarkan pesona keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Berikut deretan tempat wisata alam di Bandung yang menarik untuk dikunjungi.

1. Gunung Batu

Gunung Batu
Image Credit: Destinasibandung.co.id

Destinasi alam satu ini, tergolong sangat unik yang dikenal dengan nama Gunung Batu. Jika berkunjung ke Gunung ini, Anda akan banyak menemukan batuan yang padat dan kokoh yang berasal dari hasil letusan Gunung Sunda pada jaman dahulu. Meski penuh dengan bebatuan yang menutupi seluruh permukaannya, namun eksotisme gunung ini tetap terasa.

Dari puncak gunung ini, Anda dapat menikmati pemandangan sekitar gunung, yang penuh dengan pepohonan rindang dan dari kejauhan akan terlihat beberapa gunung cantik yang ada di Kota Bandung. Selain itu, tempat ini juga direkomendasikan untuk dikunjungi menjelang sore hari, karena dari puncaknya Anda dapat melihat pemandangan sunset yang begitu menawan.

Lokasi: Jl. Dago Giri No.134, Langensari, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

2. Goa Pawon

Goa Pawon
Image Credit: Mongabay.co.id

Mengunjungi wisata alam saat liburan di Kota Bandung, memang memiliki kesan tersendiri. Sama halnya ketika mengunjungi Goa Pawon yang seakan memiliki daya magis untuk menarik para wisatawan. Eksotisme Goa Pawon dapat dilihat dari tebing-tebing karang yang menjulang dan terlihat sangat kokoh dan terlihat bak pagar alami yang mengitari Danau Sunda Purba di dekatnya.

Goa ini terkenal sebagai tempat para leluhur orang Sunda. Tidak sembarangan disebut demikian, Goa ini dulunya memang menjadi tempat ditemukannya kerangka manusia purba dengan perkiraan usia mencapai 10.000 tahun lamanya. Bahkan, hingga saat ini kerangka-kerangka ini dapat Anda lihat langsung karena masih dalam proses penelitian oleh arkeolog.

Lokasi: Kp. Cibukur, Gunungmasigit, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat.

3. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat
Image Credit: Nativeindonesia.com

Sensasi yang ditawarkan oleh destinasi alam Bandung memang tidak ada habisnya. Kali ini, Anda dapat menikmati segarnya bermain air khas pegunungan di Curug Tilu Leuwi Opat. Sama seperti banyak curug lainnya, air terjun satu ini memiliki hawa sejuk di sekitarnya, serta pemandangan sekitar yang terkesan masih sangat asri dan terlihat meneduhkan.

Air terjun ini tergolong ke dalam air terjun yang berundak-undak dengan tiga tingkatan, dan juga memiliki empat sungai yang mengalirkan air dibawahnya. Curug yang mulai diresmikan menjadi objek wisata sejak tahun 2006 ini, juga menawarkan berbagai macam ragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan, diantaranya adalah rappelling dan body rafting.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bandung yang Paling Hits

Lokasi: Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

4. Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang
Image Credit: Kumparan.com

Letak geografis kota Bandung yang notabene terletak di kawasan tinggi, membuat kota ini memiliki banyak gunung yang dapat dikunjungi, salah satunya adalah Gunung Putri Lembang. Gunung ini juga sering disebut negeri diatas awan karena dari atas puncaknya, Anda dapat menyaksikan pemandangan awan dan langit yang akan membuat siapapun kagum.

Anda mungkin sudah sering mendengar gunung ini dari cerita rakyat asli Bandung, yakni Sangkuriang. Di Gunung Putri inilah tempat Dayang Sumbi bersembunyi dan melarikan diri agar tidak dinikahi oleh anaknya sendiri. Dari puncak gunung ini juga menjadi latar belakang cerita saat Sangkuriang mulai murka dan menendang perahu yang sudah dibuatnya semalaman.

Lokasi: Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

5. Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata
Image Credit: Instagram.com @icandalee

Jika Anda suka berburu foto instagramable dengan latar belakang foto berupa pemandangan yang menyejukkan, Anda bisa berkunjung ke Taman Lembah Dewata. Destinasi wisata merupakan danau buatan yang biasa digunakan untuk menadah air hujan. Namun, berkat pengelolaan yang baik, serta pemandangan sekitar yang begitu asri tempat ini diresmikan menjadi objek wisata.

Suasana sekitar di Taman Lembah Dewata terbilang sangat sejuk. Terlebih suasana sekitar yang penuh ditumbuhi pepohonan hijau nan segar. Di sekitar danau terdapat beberapa bukit yang tidak kalah cantiknya. Anda dapat menikmati pemandangan alam yang mendamaikan di tempat ini. Tak jarang, kawasan ini sering digunakan sebagai tempat foto prewedding.

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu No.KM.3.7, Cibogo, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

6. Sanghyang Kenit Rajamandala

Sanghyang Kenit Rajamandala
Image Credit: Tourbandung.id

Destinasi Wisata yang memiliki pesona keindahan yang menakjubkan ini, sering disebut sebagai pesona dari “sorga”. Adanya destinasi wisata alam ini, bak menjadi oase segar di tengah sungai Citarum yang sudah lama tercemar oleh berbagai limbah pabrik di daerah Bandung. Sanghyang Kenit Rajamandala kini menjadi wisata primadona di kawasan tersebut.

Objek ini merupakan sebuah sungai panjang, yang dibingkai dengan cantik oleh area pertambangan kapur yang membentuk tebing berjajar. Warna tebing kapur ini sangat kontras dengan air berwarna kehijauan yang mengalir dengan tenang di antara bebatuan, namun membuat pemandangan dari Sanghyang Kenit Rajamandala menjadi lebih indah.

Lokasi: Cisameng Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat.

7. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan
Image Credit: Hargatiket.net

Terdapat salah satu mata air yang sangat cantik di Bandung, bernama Sendang geulis Kahuripan. Kawasannya, memang tergolong cukup baru dan terletak di daerah yang sedikit pelosok. Namun, Anda akan menemukan sebuah cekungan penuh dengan air berwarna biru kehijauan yang sangat jernih. Di bawah permukaannya, terdapat bebatuan yang tampak dari atas.

Sekitar mata air, terdapat banyak bebatuan besar yang ditumbuhi lumut, dan secara tidak sengaja menciptakan undakan yang membuat mata air seperti memiliki air terjun kecil. Suasana sekitarnya juga sangat segar, ditambah gemericik air yang menenangkan. Banyak wisatawan yang menyelam ke dasar mata air untuk melakukan underwater selfie yang keren.

Lokasi: Ganjarsari, Kec. Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat.

BACA JUGA:  20 Air Terjun (Curug) di Bogor yang Paling Indah & Hits

8. Balitsa Lembang

Balitsa Lembang
Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Balitsa merupakan Balai Penelitian Tanaman Sayuran yang ada di Lembang. Meski menjadi tempat penelitian, tempat ini sudah dibuka secara umum untuk menjadi objek wisata. Anda akan menyaksikan hamparan perkebunan sayuran yang tumbuh dengan subur disini. Selain itu, pemandangan sekitar dibuat semenarik mungkin, sehingga sangat pas digunakan untuk spot berfoto.

Wisata ini menjadi salah satu wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi. Selain dapat menikmati pemandangan sekitarnya yang menakjubkan, Anda juga dapat mengenal lebih jauh tentang tanaman sayur-sayuran yang diteliti disini. Anda juga dapat menikmati kesegaran suasana Balitsa yang dipenuhi dengan berbagai tumbuhan warna-warni yang cantik.

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu No.517, Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

9. Geopark Stone Garden Padalarang

Geopark Stone Garden Padalarang
Image Credit: Hargatiket.net

Ingin menikmati liburan ke destinasi alam di Kota Bandung yang tidak biasa? Cobalah untuk berkunjung ke Geopark Stone Garden Padalarang. Tempat ini menyuguhkan banyak tebing yang menjulang tinggi dan terlihat kokoh. Anda dapat menaiki tebing-tebingnya jika ingin melihat pemandangan sekitar yang lebih cantik dilihat dari puncak tebing tertinggi disana.

Waktu yang paling pas dan direkomendasikan untuk mengunjungi objek wisata ini, adalah pagi dan sore hari. Di jam-jam ini, Anda akan mendapatkan cahaya matahari yang berwarna keemasan dan merupakan sinar matahari terbaik. Cahaya ini, akan membuat foto maupun video yang Anda ambil, juga menjadi menarik dan dapat memikat hati siapapun yang menontonnya.

Lokasi: Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat.

10. Situ Lembang

Situ Lembang
Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Situ Lembang merupakan sebuah danau yang sudah ada sejak lama, bahkan di masa penjajahan Belanda. Sumber airnya berasal mata air Gunung Burangrang dan juga Sungai Cimahi. Danau ini juga menjadi salah satu tempat penampungan air terbesar di Bandung Barat. Di sekeliling danau terdapat bukit-bukit yang dipenuhi oleh pepohonan hijau yang rimbun.

Lokasi: Desa Kertawangi, Parongpong, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

11. Kawah Putih

Kawah Putih
Image Credit: Kikibandungtransport.com

Kawah Putih, rasanya sudah menjadi tempat liburan yang sangat populer di Kawasan Kota Bandung. Kawah ini merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Daya tarik dari danau ini adalah tanah disekitarnya yang berwarna putih bersih dari kapur terlihat sangat kontras dengan air bercampur belerang dengan warna kehijauan yang dapat berubah-ubah.

Lokasi: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

12. Situ Patenggang

Situ Patenggang
Image Credit: Pegipegi.com

Objek wisata alam satu ini menjadi salah satu jujukan wisata favorit oleh wisatawan yang ada di kota Bandung. Situ Patenggang mengunggulkan pemandangan alamnya yang dapat memanjakan mata. Berbagai tumbuhan hijau, ditambah pemandangan berupa danau berair tenang akan membuat siapapun yang berkunjung akan betah berlama-lama di tempat ini.

Lokasi: Situ Patengan, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

13. Ranca Upas

Ranca Upas
Image Credit: Hargatiket.net

Anda pasti juga sudah banyak tahu mengenai tempat wisata satu ini. Tempat ini merupakan salah satu penangkaran rusa yang bisa Anda kunjungi. Rusa-rusa disini dilepaskan di areal hijau yang sangat luas sama seperti habitat aslinya. Karena itu, wisatawan dapat dengan bebas berinteraksi dan memberi makan rusa sambil menikmati pemandangan sekitar yang sejuk.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM.11, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

14. Gunung Puntang

Gunung Puntang
Image Credit: Penjelajah.com

Di Bandung, juga terdapat destinasi alam yang menyimpan banyak cerita bersejarah, yakni Gunung Puntang. Situs Gunung Puntang memiliki area yang cukup luas dan biasa digunakan bagi para pecinta alam yang ingin bercamping sebelum melanjutkan pendakian ke Puncak Mega. Di Gunung ini, juga terdapat gua yang langsung terhubung ke Curug Siliwangi.

BACA JUGA:  15 Air Terjun (Curug) di Subang yang Paling Indah & Hits

Lokasi: Desa Cimaung, Kec. Banjaran, Kab. Bandung.

15. Tebing Keraton

Tebing Keraton
Image Credit: Himago.com

Tebing Keraton menjadi salah satu destinasi wisata yang baru-baru ini populer di kalangan wisatawan karena menyimpan pesona keindahan yang menarik. Pada dasarnya, tebing ini merupakan sebuah bukit yang terletak di tebing yang sangat curam. Namun, di sekitar tebing di sekeliling hutan pinus yang rindang sehingga menciptakan pemandangan yang indah.

Lokasi: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat.

16. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
Image Credit: Ksmtour.com

Siapa tak pernah mendengar legenda Tangkuban Perahu? Masyarakat, percaya bahwa gunung ini merupakan perahu milik Sangkuriang yang ditendang hingga terbalik karena kekesalannya tidak jadi menikahi ibunya sendiri. Gunung ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Semakin istimewa, gunung ini juga memiliki beberapa kawah yang menarik masyarakat untuk berkunjung.

Lokasi: Cikahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

17. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya
Image Credit: Satulensa.com

Lodge Maribaya adalah wisata hutan pinus yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, dan ditambahkan berbagai wahana menarik untuk memanjakan para wisatawan. Disini, Anda bisa menikmati pemandangan indah yang menyejukkan mata para pengunjungnya. Tak kalah indah, tempat ini juga menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset.

Lokasi: Jl. Maribaya No.149/252 RT.03/RW.15 Babakan, Gentong, Cibodas, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

18. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Kawasan wisata satu ini menjadi kawasan konservasi yang terletak dekat di pusat Kota Bandung. Hutan seluas 590 ha ini dipenuhi dengan berbagai tanaman yang dilindungi. Banyak pepohonan rindang yang ditanam berjajar rapi di sisi jalan setapak, yang dibuat pengelola untuk wisatawan yang ingin berjalan-jalan di kawasan hutan untuk menikmati udara segar.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung.

19. Curug Malela

Curug Malela
Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Air terjun ini sering disebut sebagai “The Little Niagara” dari kota Bandung. Bentuk Curugnya melebar dengan beberapa undakan, sehingga menambah indah air terjun Malela. Pemandangan yang ditawarkan di sekitar curug ini sangat indah, ditambah jalanan sekitar curug yang sudah ditata dengan baik. Tak jarang, banyak pengunjung yang berswafoto disini.

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Gununghalu, Kab. Bandung Barat.

20. Kebun Teh Sukawana

Kebun Teh Sukawana
Image Credit: Indonesiatour.co.id

Bandung memang terletak di kawasan dataran tinggi, sehingga tanahnya cocok untuk ditanami berbagai macam hasil kebun, salah satunya teh. Salah satu kebun teh yang sangat terkenal di Bandung adalah Kebun Teh Sukawana yang memiliki pemandangan sangat menyejukkan. Sejauh mata memandang, Anda akan dimanjakan dengan hamparan kebun teh yang menghijau.

Lokasi: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

Itulah rekomendasi objek wisata alam di Kota Bandung yang bisa Anda pilih saat liburan. Kota Kembang seakan tidak pernah kehabisan berbagai keindahan alam yang dapat dinikmati. Tak heran, kota ini masih cukup populer dan sering dijadikan tujuan wisata masyarakat Indonesia yang ingin menikmati kekayaan alam kota yang juga disebut sebagai kota romantis ini. Selain untuk liburan, kota Bandung memang sering dijadikan destinasi untuk berbulan madu.