Wisata Air Lembah Tepus salah satu destinasi alam yang memukau di Pamijahan Bogor, Jawa Barat. Menawarkan panorama alam yang indah, mulai dari air terjun mini, kolam alami yang menyegarkan dan berbagai spot foto yang keren.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pasir Reungit-Gunung Bunder, Gn. Bunder 2, Kec. Pamijahan, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kota Bogor yang identik dengan udara dingin nan sejuk selalu berhasil membuat siapapun yang pernah bertandang ke sana menjadi rindu untuk kembali. Terlebih daerah yang terkenal dengan kota hujan ini memiliki segudang pesona wisata. Sebut saja seperti di daerah selatan Bogor yang memiliki wisata air instagramable yakni Lembah Tepus. Destinasi alam berupa curug dengan kolam bertingkat yang begitu jernih seperti.

Daya Tarik Wisata Air Lembah Tepus

Daya Tarik Air Lembah Tepus
Image Credit: Facebook.com @(Faung Wanara)

Diresmikan menjadi objek wisata yang dibuka untuk umum pada tahun 2019 lalu, nama Wisata Air Lembah Tepus mungkin masih kurang familiar di telinga kalangan wisatawan. Namun setelah mendengar atau melihat secara langsung pesonanya, Anda pasti sudah tentu tidak akan pernah lupa dengan spektakulernya tempat wisata satu ini.

Destinasi yang termasuk sebagai wisata alam baru ini berupa curug atau air terjun yang dibawahnya terdapat cekungan cekungan membentuk kolam bertingkat. Yang mana masing masing kolam tersebut terbuat secara alami, dan terdapat dua jenis kolam di sini, yaitu kolam untuk anak anak serta kolam untuk orang dewasa.

Setiap kolam yang ada di bawah curug tersebut mempunyai air yang amat jernih, bahkan disebut sebut terlihat layaknya kaca saking jernihnya. Anda bahkan bisa dengan mudah melihat pantulan diri melalui air di kolam tersebut. Sehingga kejernihan serta kesegarannya ini mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Selain Anda bisa melihat langsung pantulan diri, Anda pun bisa secara langsung melihat ke dasar kolam karena kejernihan airnya tersebut. Tidak heran jika banyak yang berkunjung kemari untuk berenang dan menikmati kesegarannya. Selain memiliki daya tarik dari segarnya air yang dimiliki oleh curug, Lembah Tepus ini juga begitu unggul pada pemandangan yang disajikan.

Dari kolam sendiri, Anda bisa melihat bagaimana indahnya kaki Gunung Salak. Karena tempat ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jadi tidak heran jika di sini Anda bisa merasakan udara yang begitu sejuk nyaris dingin, terlebih ketika berkunjung pada pagi atau sore hari.

Karena berada pada kawasan taman nasional, wisata alam ini juga dipenuhi dengan panorama alam yang epic dan mempesona. Di sekeliling air terjunnya sendiri, Anda bisa berjalan jalan di sekitar area taman bunga. Dimana pada lokasi ini bisa ditemukan beragam bunga cantik dengan warna warni yang rupawan.

Tidak hanya mengagumi keindahan yang terpancar dari setiap area taman bunga tersebut, para pengunjung biasanya turut menjadikan taman ini sebagai spot foto untuk mendapatkan potret instagramable nan estetik untuk diunggah ke sosial media. Tentu area ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi berburu foto demi feed Instagram.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Lembah Tepus

Alamat Lembah Tepus
Image Credit: Facebook.com @dini.rejeki

Wisata air yang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, memiliki alamat lengkap di Jalan Pasir Reungit Gunung Bunder, Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Kota Bogor, Jawa Barat. Lokasinya satu arah menuju ke Gunung Salak, sehingga tidak sulit untuk menemukan letaknya.

Jika Anda berkendara dari arah Kota Jakarta, maka bisa membutuhkan waktu kurang lebih selama tiga jam perjalanan dengan jarak tempuh mencapai 75 kilometer. Sementara dari pusat Kota Bogor sendiri tidak begitu jauh. Untuk menuju lokasi tersebut, banyak rute perjalanan yang dapat Anda lewati, yang mana bisa disesuaikan dengan titik keberangkatan.

Anda dapat mengandalkan peta navigasi digital jika kurang mengenal daerah Bogor. Jika sudah memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, nantinya Anda bisa menemukan beberapa petugas taman nasional di titik titik tertentu. Langsung saja bertanya pada petugas atau bisa juga ke warga lokal yang Anda temui.

Namun umumnya papan petunjuk menuju ke arah lokasi Lembah Tepus sudah banyak terpasang apabila Anda telah memasuki kawasan taman nasional. Selain itu, sebaiknya Anda sudah menyewa kendaraan terlebih dahulu ketika masih berada di pusat kota, sebelum menuju ke daerah ini. Pasalnya jika tidak membawa kendaraan pribadi, di sini belum ditemukan transportasi umum melintas.

Kebanyakan transportasi umum yang ada tidak benar benar dapat mengantar Anda langsung ke lembah ini. Jadi jika tidak membawa kendaraan sendiri saat berlibur ke Bogor, pastikan Anda sudah menyewa kendaraan atau bisa juga langsung berdiskusi dengan sopir angkutan umum dan memintanya mengantarkan Anda menuju lokasi, tentunya dengan biaya tambahan.

Akses jalan menuju Lembah Tepus sendiri sebenarnya sudah cukup bagus. Namun saat semakin mendekati lokasi lembah, Anda akan menjumpai jalan yang cukup menantang. Karena jalan ini masih belum teraspal sepenuhnya dan berbentuk bebatuan yang dicor. Jadi jika sedang turun hujan, jalan ini lebih sulit untuk dilalui.

Maka dari itu, Anda sebaiknya menghindari berkunjung ke tempat ini saat sedang musim penghujan. Selain jalannya menjadi lebih licin, berenang di tengah cuaca seperti itu akan membuat Anda kedinginan. Alhasil tidak bisa menikmati kejernihan dan kesegaran kolam kolam curug alami yang ada.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Lembah Tepus

Jam Operasional Lembah Tepus
Image Credit: Google Maps (Yermia Tangguh)

Jam operasional dari objek wisata air Lembah Tepus Bogor yakni mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB pada waktu normal. Yang mana pengunjung hanya perlu membayarkan tiket masuk sekitar Rp. 10.000 ribu saja per orangnya. HTM ini sudah termasuk untuk tiket masuk serta semua fasilitas dan wahana yang disediakan di dalam tempat wisata tersebut.

Akan tetapi, biaya yang tertera tidak termasuk dengan kontribusi parkir. Dimana tarif parkir untuk kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat sudah pasti dibedakan antara satu sama lain. Selain itu, tidak ada biaya tambahan lagi untuk menikmati keseruan di destinasi wisata air ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Lembah Tepus

Aktivitas di Lembah Tepus
Image Credit: Google Maps (Lembah Tepus)

1. Berenang

Dengan adanya beberapa kolam curug bertingkat di Lembah Tepus, memungkinkan untuk para wisatawan berenang di sini. Bahkan anak-anak pun bisa berenang dengan puas di wisata air ini, mengingat bahwa di sini terdapat kolam khusus anak anak dan khusus orang dewasa. Sehingga anak anak pun bisa dengan aman menikmati kesegaran kolam curug yang ada.

2. Berendam

Beberapa kolam curug memiliki air yang dangkal dan banyak dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai tempat berendam. Berendam sembari menikmati keindahan Gunung Salak dari dalam kolam, menjadi salah satu aktivitas terbaik. Apalagi suasananya yang damai serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan bisa membuat pikiran Anda jauh lebih rileks dan melepaskan segala penat.

3. Snorkeling

Ingin merasakan kegiatan yang lebih seru, Anda juga bisa melakukan snorkeling di Lembah Tepus. Tidak harus selalu di lautan lepas, nyatanya snorkeling melihat dasar dari kolam curug yang bening ini juga menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Biasanya snorkeling akan dilakukan pada kolam yang memiliki kedalaman paling tinggi.

Aktivitas Menarik di Lembah Tepus
Image Credit: Google Maps (Dinda Rahmawati)

4. Bersantai di Atas Air

Tidak ingin berenang, snorkeling, maupun berendam, tapi ingin lebih dekat dengan air dari kolam curug yang ada ? Tidak masalah, karena di sini Anda bisa memanfaatkan fasilitas yang ada untuk bersantai di atas air dengan tenang sambil menikmati pemandangan. Caranya yaitu dengan memanfaatkan fasilitas laybag. Perlu diketahui bahwa pihak pengelola menyediakannya secara gratis.

Laybag disewakan untuk pengunjung yang datang secara cuma cuma apabila telah membayar tiket masuk. Bahkan termasuk dengan pelampung, ban, serta perahu karet yang ada tidak dikenakan biaya tambahan. Namun karena jumlahnya terbatas, sebaiknya jangan menyewa terlalu lama agar pengunjung lain bisa menggunakannya juga.

Selain itu, bukan tidak mungkin jika kebijakan ini diganti di kemudian hari, apalagi jika banyak pengunjung yang tidak tertib aturan ketika menyewa beberapa fasilitas ini secara gratis. Jadi ada baiknya Anda menanyakan pada pihak pengelola terlebih dahulu mengenai sistem sewa beberapa fasilitas tersebut sebelum menggunakannya.

5. Berburu Foto

Bagi Anda yang merupakan pecinta fotografi atau memiliki hobi untuk merapikan feed instagram dengan menghadirkan berbagai foto estetik, maka lokasi Lembah Tepus ini bisa menjadi ajang untuk berburu foto. Karena keindahan yang terpancar di sini begitu elok dan layak untuk diabadikan ke dalam sebuah potret.

Anda bisa mengambil gambar di lokasi kolam maupun di area taman dengan penuh warna warni bunga. Keduanya sama apiknya untuk menciptakan foto yang apik. Bagian kolam bisa menampilkan refleksi diri yang membuatnya bagus di dalam foto. Sementara berfoto di antara berbagai jenis bunga yang penuh warna membuat gambar menjadi terasa lebih hidup.

6. Mengunjungi TNGHS

Karena termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), saat mengunjungi Lembah Tepus ini maka Anda bisa sekaligus mengunjungi taman nasional tersebut. Sama seperti beberapa taman nasional lainnya, TNGHS juga menyimpan pesona wisata alam yang apik dan seru untuk dijelajahi.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Air Lembah Tepus

Fasilitas di Wisata Air Lembah Tepus
Image Credit: Google Maps (Sigit Pratomo)

Secara resmi dibuka sebagai objek wisata, Lembah Tepus memiliki fasilitas yang cukup memadai yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengunjung selama berkunjung ke sana. Seperti toilet bersih di beberapa titik, mushola untuk beribadah, hingga beberapa warung yang menjajakan makanan serta minuman ringan.

Di sekitaran warung yang tersedia, Anda juga bisa menemukan beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat sembari menikmati menu yang Anda pesan di warung. Tentu setelah lelah berenang dan berburu foto di sekitar taman, beristirahat sambil memenuhi perut yang keroncongan dengan ditemani udara sejuk akan sangat menyenangkan.

Jika Anda merupakan salah seorang penikmat wisata yang ada di alam terbuka, maka Lembah Tepus ini layak untuk dikunjungi. Tidak hanya mengagumi panorama alamnya, di sini Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan seru yang akan membuat penat hilang seketika. Terlebih suasananya yang sejuk dan damai serta jauh dari hingar bingar kota sangat mendukung aktivitas Anda.