Waduk Saguling, Objek Wisata Alam yang Sarat Misteri di Bandung

Waduk Saguling, Objek Wisata Alam yang Sarat Misteri di Bandung
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Daerah Jawa Barat nyatanya juga memiliki tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu tempat wisata yang berada di daerah Bandung Barat. Di sanalah nantinya Anda akan menemukan tempat wisata air yang berupa bendungan atau waduk. Waduk tersebut dikenal dengan nama Waduk Saguling.

Waduk itu sendiri adalah salah satu dari waduk terbesar yang ada di Provinsi Jawa Barat. Waduk tersebut kini juga digunakan sebagai salah satu objek wisata yang cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota. Infrastruktur yang dimiliki oleh waduk ini juga sangat baik

Waduk Saguling merupakan suatu bendungan yang mana di sini berada di ketinggian 643 meter dari atas permukaan dari laut . Waduk tersebut adalah salah satu dari tiga bendungan yang membendung Sungai Citarum. Yang merupakan sungai terbesar di Jawa Barat.

Daya Tarik Wisata Waduk Saguling

Wisata Alam Waduk Saguling Yang Menakjubkan Di Bandung Barat
Photo by Google Maps fajar dadang kurnia

1. Tempat Wisata yang Ramah Pengunjung

Ada banyak sekali daya tarik yang dimiliki oleh Waduk Saguling. Sebelum nantinya Anda memasuki area waduk, maka Anda akan mulai disambut dengan pemandangan yang berupa menara pengawas. Menara pengawas tersebut memiliki bentuk mirip cerobong asap. Dari sinilah nantinya para wisatawan akan melintas untuk menuju area waduk.

Waduk ini memang memiliki bentuk yang besar, sehingga tampak sangatlah megah untuk bangunan berupa bendungan. Waduk tersebut dilindungi oleh sebuah jembatan yang berukuran juga sangat besar dan sudah dibeton. Jembatan itulah yang memiliki fungsi untuk membantu waduk agar dapat menahan aliran air.

Dari segi infrastrukturnya sendiri tempat tersebut telah dibangun menggunakan perhitungan yang sudah sangat tepat. Bendungan yang terbuat dari bahan berupa batu ini membendung danau yang cukup luas. Sehingga tampak seperti dinding penghalang yang begitu kokoh. Danaunya sendiri mempunyai air yang sangat jernih.

Pemandangan yang elok tersebut membuat tempat ini sangat ramah pengunjung. Karena itu tak heran jika di tempat tersebut Anda akan menemukan banyak sekali para wisatawan yang datang untuk berlibur.

2. Merupakan Tempat Pembangkit Listrik Tenaga Air

Waduk Saguling berada di ketinggian 643 meter dari permukaan laut. Kondisi tersebut membuatnya tidak terlalu dingin, tapi udaranya cukup sejuk untuk dirasakan. Waduk tersebut merupakan salah satu dari waduk yang membendung aliran Sungai Citarum. Waduk ini dikelola oleh PT Indonesia Power yang merupakan anak perusahaan PLN.

Pada mulanya waduk tersebut dibangun untuk tujuan menghasilkan tenaga listrik yang memiliki kapasitas mencapai 700 mw. Kemudian selanjutnya oleh karena terjadi peningkatan kebutuhan akan listrik, maka kapasitas ditingkatkan kembali menjadi 1400 mw.

Oleh karena bentuknya yang begitu indah, maka tempat tersebut juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Seperti contohnya mandi, mencuci dan lain sebagainya yang dilakukan oleh warga sekitar. Melihat kondisi tersebut, maka kemudian dibangun sebuah infrastruktur agar dapat menjaring kotoran sehingga tidak mencemari air.

Wisata Alam Waduk Saguling Yang Menawan Dan Menarik Di Bandung Barat
Photo by Google Maps Hand Drrie

Anda akan melihat di tempat tersebut terdapat pipa raksasa yang seolah membelah perbukitan. Hal itu juga tampak semakin cantik dan begitu indah, sehingga membuat para wisatawan merasa nyaman ketika berkunjung ke tempat tersebut.

3. Bunker Batujajar

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh Waduk Saguling yaitu di tempat ini Anda akan menemukan sebuah bunker. Bunker tersebut dinamakan Bunker Batujajar. Bunker tersebut diperkirakan dibangun ketika jaman kolonial Belanda. Lokasinya sendiri memang berada dekat dengan area waduk.

Tepatnya yaitu berada di kawasan militer TNI AD yang mana area tersebut seringkali dipakai untuk melakukan latihan tembak oleh para tentara. Tapi ketika tidak ada latihan, maka para wisatawan pun boleh datang bebas ke tempat tersebut. Lokasi ini tampak menyendiri dengan dikelilingi rerumputan yang begitu indah.

Terlebih lagi posisi dari bunker terdapat di bagian tepi waduk. Di mana perairan di danau tersebut tampak begitu jelas. Tujuan utama dari para wisatawan untuk mengunjungi lokasi bunker yaitu melakukan hunting foto.

Bunker ini memiliki bentuk setengah lingkaran, serta terdapat bangunan persegi yang berada tepat di atasnya. Sehingga tampak begitu sangat menarik. Cat dinding yang terdapat di bagian luar bunker sudah tampak pudar. Hal itu menunjukkan bahwa bunker ini sudah lama sekali tidak difungsikan.

Namun, hal tersebutlah yang semakin membuat Bunker Batujajar tersebut tampak begitu artistik. Terlebih lagi dipadu dengan pemandangan rerumputan yang hijau berada di sekitarnya. Wajar jika banyak sekali wisatawan yang datang ke bunker untuk berfoto. Karena memang sangatlah instagenik. Terlebih lagi ketika menjelang matahari tenggelam.

4. Pemandangan Danau yang Begitu Indah

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Waduk Saguling tentunya yaitu pemandangannya yang begitu indah. Seperti yang telah dijelaskan, air danau di tempat ini sangat jernih. Anda bisa mengelilingi danau tersebut menggunakan perahu tradisional yang telah dilengkapi dengan mesin.

Dari kejauhan, Anda pun juga bisa melihat pepohonan hijau yang tumbuh tegak di tepian waduk. Selain itu terdapat juga pemandangan gunung yang begitu kokoh. Pemandangan-pemandangan tersebut membuat lokasi waduk tampak begitu semakin exotic.

Ketika hendak berlayar menggunakan perahu, maka nantinya Anda akan dibawa untuk berkunjung ke tambak yang merupakan milik masyarakat sekitar. Tambak tersebut adalah tempat untuk budidaya ikan-ikan air tawar. Bagi yang berminat, maka bisa langsung membeli ikan tawar di tempat tersebut

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alam Waduk Saguling Di Bandung Barat
Photo by Google Maps Rita Risyani

Bagian Anda yang saat ini berminat untuk berwisata ke Waduk Saguling, maka Anda hanya perlu menuju ke Kecamatan Saguling yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Untuk dapat mencapainya, maka disini Anda perlu memakai kendaraan pribadi, baik itu berupa kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Untuk menuju ke waduk itu sendiri memang terbilang cukup mudah. Mengingat bahwasannya pihak pengelola dari waduk tersebut telah melakukan pembangunan berbagai macam infrastruktur yang memudahkan sebagai penunjang.

Akses jalan sangatlah memadai, sehingga Anda bisa menggunakan mobil ataupun motor untuk menuju tempat ini. Jika Anda memakai transportasi umum, seperti contohnya bus ataupun angkutan lainnya. Maka Anda bisa berhenti di terminal bus kota ataupun terminal di desa.

Tujuan selanjutnya untuk dapat mencapai area waduk, maka Anda bisa menggunakan ojek. Jika masih bingung rute untuk menuju tempat wisata tersebut, maka Anda bisa menggunakan bantuan dari Google Maps. Dengan Google Maps tersebut Anda hanya cukup mengikuti rute yang ditunjukkan oleh Google di Smartphone Anda.

Waduk Saguling merupakan salah satu tempat wisata yang populer dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satu alasan kenapa banyak para wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi waduk tersebut selain karena pemandangan yang elok, yaitu dikarenakan tempat wisata ini tergolong wisata murah.

Anda tidak perlu membayar uang sepeser pun untuk bisa memasuki area wisata ini. Mayoritas para pengunjung akan mendatangi tempat tersebut ketika pagi dan sore hari. Untuk biaya parkir kendaraan sendiri tergolong murah.

Sehingga Anda tidak perlu takut nantinya uang Anda habis ketika berlibur ke waduk tersebut. Anda bisa mendatangi tempat wisata ini kapan pun, karena dibuka setiap hari dan juga 24 jam nonstop.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Waduk Saguling Bandung Barat
Photo by Google Maps fajar dadang kurnia

1. Berburu Foto

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika Anda mengunjungi Waduk Saguling. Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan yaitu berburu foto keren. Keindahan alam yang ditawarkan oleh waduk tentu harus Anda abadikan dalam jepretan foto.

Ada banyak sekali spot-spot foto Instagenik yang bisa ditemukan ketika berada di tempat ini. Mengambil gambar menggunakan latar belakang waduk yang begitu megah dengan airnya yang jernih tentu merupakan ide yang sangatlah menarik untuk dilakukan.

Atau Anda juga bisa menggunakan perahu-perahu yang ada di tepian bendungan ketika ingin mengambil foto yang memukau. Jika ingin memperoleh gambar yang tampak begitu romantis, maka Anda perlu datang ke waduk ketika menjelang sore hari. Pemandangan matahari tenggelam akan membuat gambar yang Anda ambil tampak begitu luar biasa.

2. Memancing

Aktivitas selanjutnya ini sangat cocok untuk Anda yang hobi dalam memancing. Di sanalah nantinya Anda juga bisa melakukan aktivitas seru tersebut. Anda akan menemukan beberapa orang yang berkunjung ke sana telah siap dengan peralatan memancing mereka. Memancing di kawasan Waduk Saguling merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Waduk Saguling Bandung Barat
Photo by Google Maps Risma Wati

3. Berkeliling Naik Perahu

Aktivitas yang berikutnya ini juga tak kalah menarik. Anda bisa berkeliling menikmati keindahan danau dengan menggunakan perahu. Perahu tersebut merupakan milik masyarakat sekitar yang sengaja disewakan bagi para wisatawan yang ingin berkeliling. Dengan menaiki perahu, keindahan waduk akan semakin tampak jelas di mata Anda

Anda juga bisa melihat tambak ikan air tawar yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh, maka bisa langsung membelinya di pemilik tambak tersebut. Pengalaman berkeliling danau menggunakan perahu tentu tidak akan bisa Anda lupakan. Untuk harga sewa perahu itu sendiri juga relatif murah.

Anda yang datang dengan membawa kamera, maka sangat disarankan untuk menyewa perahu supaya bisa memperoleh gambar yang beraneka ragam. Terlebih lagi bagi Anda yang memang berprofesi sebagai seorang fotografer. Menjadikan Waduk sebagai area foto prawedding juga merupakan ide yang menarik untuk diterapkan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Waduk Saguling

Fasilitas Di Wisata Alam Waduk Saguling Bandung Barat
Photo by Google Maps iqbal rahadian

Untuk menunjang aktivitas para wisatawan yang berkunjung ke Waduk Saguling maka di tempat ini telah dibuat berbagai macam fasilitas. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, pastinya wisatawan akan semakin betah ketika berada di sana. Salah satu fasilitas yang disediakan yaitu rumah makan terapung.

Anda yang sangat gemar dengan kuliner, maka sangat disarankan untuk mencoba sajian yang ditawarkan oleh rumah makan terapung ini. Ketika menjelang weekend, jangan heran jika warung tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berburu kuliner lezat.

Selain rumah makan terapung, Anda juga akan menemukan fasilitas-fasilitas lain. Fasilitas umum yang tersedia seperti contohnya kamar mandi, toilet, area parkir yang cukup luas dan lain sebagainya. Dengan adanya fasilitas tersebut, maka Anda akan dibuat nyaman ketika berada di sana.

Itulah ulasan lengkap mengenai Waduk Saguling di Bandung Barat yang perlu untuk Anda ketahui. Bagi Anda yang tengah berencana untuk berlibur ke Bandung, maka tidak ada salahnya menjadikan waduk tersebut sebagai salah satu destinasi wisata. Anda dan keluarga akan dijamin tidak akan merasa kecewa ketika mengunjungi tempat ini.