Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Waduk Darma, Kec. Darma, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Kuningan, Jawa Barat terkenal dengan keindahan alam yang mempesona. Tempat ini menghadirkan udara segar dan sejuk sehingga membuat banyak orang betah untuk berlama-lama. Tentu saja, Waduk Darma Kuningan adalah salah satu tempat yang menghadirkan pesona keindahan ini.

Lazimnya, tempat ini merupakan sebuah danau buatan dengan panorama yang mengagumkan karena terletak di kaki Gunung Ciremai. Penasaran? Yuk intip beberapa ulasan menarik terkait tempat ini.

Mengenal Waduk Darma di Kuningan yang Menawan

Mengenal Waduk Darma Kuningan
Image Credit: Twitter.com @ritasg_

Terletak di lintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis, Waduk Darma menjadi destinasi wisata yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Tempat ini pada dasarnya berada di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kota Kuningan, Jawa Barat. Lazimnya, pembangunan waduk buatan ini memiliki tujuan untuk mengairi area persawahan dari Sungai Cinangka dan Sungai Cisalak.

Waduk cantik ini memiliki luasan wilayah sekitar 425 hektar. Tempat ini mampu menampung volume air mencapai 39.000.000.000 m3. Kondisi waduk yang berada di kaki gunung membuat tempat ini terasa sejuk dan nyaman. Keindahan alam yang mengelilingi tempat ini mampu memberikan nilai tambah tersendiri.

Tak hanya keindahan alam, tempat ini diduga memiliki cerita sejarah unik yang membuat banyak orang penasaran. Pasalnya, tempat ini merupakan sebuah bendungan yang dibangun oleh mbah Satori (mbah dalem Cageur). Pembuatan bendungan ini kemudian dialiri oleh air yang berasal dari mata air Cihanyir dari hulu Sungai Cisanggarung.

Mengenal Waduk Darma
Image Credit: Twitter.com @mikiringan

Tujuan pembuatan Waduk Darma dalam cerita yang dikisahkan adalah sebagai tempat bermain putranya, Pangeran Gencay dan hobi mbah Satori dalam memelihara ikan. Sayangnya, kesukaan Pangeran Gencay dalam bermain di waduk dengan perahu menemui kecelakaan yang membuat pangeran tersebut tenggelam dan tewas. Sehingga mbah Satori merasa kecewa.

Akhirnya, mayat Pangeran Gencay yang tenggelam di waduk tersebut ditemukan di Desa Jagara, tepatnya di lokasi Munjul Bangke. Atas duka yang mendalam, mbah Satori menamakan tempat lokasi tewas anaknya dengan nama ‘Labuan Bulan’. Penggunaan nama bulan pada tersebut juga didasarkan pada waktu kematian Pangeran Gencay ketika bulan purnama.

Tragedi kematian Pangeran Gencay sempat membuat waduk ini menjadi terlantar. Namun, masa penjajahan Belanda akhirnya menemukan tempat ini dan membangun sebuah waduk menjadi lebih besar. Sayangnya, masa penjajahan Jepang yang berlangsung di Indonesia membuat pembangunan ini terhenti. Hingga akhirnya pembangunan dilanjutkan pada masa Pemerintahan Ir. Soekarno.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Waduk Darma

Aktivitas di Waduk Darma
Image Credit: Facebook.com @ade.kamaludin

1. Berkeliling Dengan Perahu

Pemandangan Waduk Darma Kuningan yang terdiri dari bukit, keramba ikan dan berbagai pulau kecil memang kurang mantap jika tidak dinikmati dari jarak dekat. Untuk itu, Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling tempat ini sambal menikmati berbagai pemandangan yang ada. Dijamin tidak menyesal, tempat ini menghadirkan suaranya sejuk dan menyenangkan.

Lazimnya, persewaan perahu dapat Anda lakukan dengan mudah dan praktis. Perahu yang biasa dimuati sekitar 24 orang ini banyak berjejer di tepi danau. Tentu saja, Anda bisa langsung menyewa kendaraan ini untuk menikmati keindahan waduk lebih leluasa. Biaya yang cukup terjangkau dapat memberikan kepuasan tersendiri.

Perahu yang disewakan telah dibekali dengan keselamatan yang lengkap. Anda bisa mengenakan pelampung jika hendak berkeliling di tempat ini. Tak perlu khawatir, persewaan perahu yang Anda lakukan memberikan pelayanan penuh. Pasalnya, Anda hanya perlu duduk manis atau melakukan berbagai aktivitas karena perahu dikendalikan oleh petugas pengendara.

2. Menikmati Berbagai Wahana Menarik

Waduk Darma yang mengesankan nyatanya tidak hanya disukai oleh kalangan muda-mudi dan orang dewasa. Keberadaan berbagai wahana menarik dapat meningkatkan daya tarik pada anak-anak karena memiliki wahana asyik yang bisa digunakan. Kapal ayun maupun kereta mini sangat mudah ditemukan disini.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menyewa skuter elektrik jika ingin berkeliling di tempat ini. Skuter ini dapat digunakan dengan mudah dan praktis tanpa menguras tenaga sedikit pun. Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari 10rb untuk mendapatkan pengalaman ini. Jalanan datar yang dihadirkan membuat Anda bebas bergerak dan berkeliling.

Bagi Anda yang ingin berenang, pengelola objek wisata juga menyediakan kolam khusus bagi anak-anak hingga dewasa. Anda juga bisa mendapatkan pengalaman yang lebih menantang dengan menikmati wahana flying fox. Tentu saja, berbagai wahana menarik bisa membuat Anda merasa puas ketika berada di tempat ini.

3. Berbelanja Aksesoris

Kondisi waduk yang ramai pengunjung nyatanya dilengkapi dengan pedagang aksesoris yang sangat mudah ditemui sepanjang jalan. Keberadaan aksesoris khas sunda dan aksesoris Kuningan seperti gelang, gantungan kunci, baju, cincin dan lainnya sangat mudah ditemukan. Anda tidak perlu khawatir karena aksesoris ini dibandrol dengan harga terjangkau.

4. Berburu Foto Ciamik

Tentu saja, mengunjungi tempat wisata akan terasa kurang lengkap jika tidak mengabadikan momen membahagiakan. Berbagai sudut dengan tema alam berupa keindahan bukit, waduk maupun pulau bisa didapatkan dengan mudah. Keindahan alam yang berpadu dengan kesejukan udara pasti membuat Anda semakin betah di tempat ini.

Begitu pula, Anda bisa mengambil berbagai gaya dan tema foto dari berbagai sudut di tempat ini. Keberadaan gazebo maupun taman yang ada di halaman dapat dimanfaatkan sebagai background foto ciamik. Tak ayal jika banyak orang datang ke tempat ini untuk menikmati suasana maupun mengabadikan momen agar bisa dibagikan ke sosial media.

Meski demikian, berburu foto di Waduk Darma alangkah baiknya dilakukan jika kondisi cuaca sedang cerah. Cuaca cerah dapat menghadirkan pencahayaan yang pas. Sehingga perpaduan gambar dan suasana tempat terlihat lebih mempesona. Anda juga tidak perlu kesulitan untuk mengatur kamera dalam kondisi ini.

5. Camping

Merencanakan liburan panjang dengan mengunjungi danau memang perlu segera direalisasikan. Jika Anda ingin menginap, tempat ini menyediakan area camping maupun penginapan yang bisa dimanfaatkan. Meski demikian, kegiatan camping menjadi hal yang lebih nikmat dan seru untuk mengisi kegiatan liburan.

Camping dengan membawa tenda memberikan kepuasan untuk menikmati udara sejuk karena terhubung langsung dengan kondisi alam di tempat ini. Pemandangan matahari terbit maupun matahari terbenam menjadi momen menarik yang tak boleh dilewatkan. Terlebih lagi Anda bisa membuat api unggun untuk menghadirkan momen membahagiakan bersama.

Aktivitas Waduk Darma
Image Credit: Instagram.com @widayanti72

6. Memancing

Cerita pembangunan waduk untuk memelihara ikan oleh mbah Satori nyatanya bisa dibuktikan hingga saat ini. Selain menyediakan keramba, tempat ini dibekali dengan beberapa kolam hasil budidaya warga sekitar. Menariknya, beberapa lokasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk kegiatan memancing agar bisa langsung dinikmati disana.

7. Berburu Kuliner

Setelah berburu berbagai pengalaman di Waduk Darma, merasa lapar adalah hal yang wajar. Tentu saja, kondisi ini adalah masa yang tepat untuk mencicipi berbagai makanan lezat yang bisa Anda dapatkan di tempat ini. Harga bersahabat yang ditawarkan pasti tidak akan membuat Anda khawatir ketika tidak membawa bekal dari rumah.

Tempat penjualan makanan yang dihadirkan di sekitar danau menyajikan berbagai varian rasa. Berbagai tipe hidangan pembuka, makanan berat hingga hidangan penutup bisa didapatkan di tempat ini. Selain itu, di sekitar danau juga menyajikan berbagai jenis minuman segar dan hangat untuk dipilih.

Lazimnya, Anda tidak perlu bingung jika ingin mencari makanan khas di tempat ini. Sajian khas Kuningan dan khas jawa barat sangat mudah ditemukan hanya dengan mengunjungi stand yang telah disediakan. Menariknya, mencicipi makanan di tempat ini juga dapat Anda lakukan pada setiap sudut tempat. Misalnya saja di gazebo yang telah disediakan.

8. Piknik

Waduk Darma menyajikan suasana yang nyaman dengan keberadaan lahan yang cukup. Tentunya saja, melakukan kegiatan piknik di tempat ini menjadi kegiatan yang sangat direkomendasikan. Anda bisa melebarkan karpet di sekitar danau untuk bercengkrama bersama keluarga sambil mencicipi makanan yang dibawa dari rumah.

Kondisi panorama mengagumkan yang dipadukan dengan berbagai fasilitas lengkap membuat Anda dan keluarga dapat menghadirkan momen yang menyenangkan. Keindahan alam yang berbalut dengan suasana sejuk menyegarkan mampu menghilangkan rasa penat setelah menjalani aktivitas.

9. Olahraga

Hiasan taman yang dihadirkan di sekitar waduk dilengkapi dengan lintasan olahraga yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Kegiatan jalan kaki maupun lari-lari di pagi dan sore hari akan terasa semakin menyenangkan di tempat ini. Terlebih lagi kondisi alam tempat ini mempu memberikan udara sejuk dan segar.

Potensi Waduk Darma Sebagai Destinasi Wisata Internasional

Potensi Waduk Darma
Image Credit: Twitter.com @rrahmathiday

Pesona alam yang mempesona berbalut fasilitas lengkap memang menjadi kepuasan tersendiri untuk dikunjungi. Terlebih lagi lokasi tempat ini sangat strategis jika ingin dikunjungi ketika melakukan perjalanan maupun merencanakan kegiatan wisata. Perjalanan menuju tempat ini pun memberikan kesan menyenangkan.

Salah satu daya tarik pada tempat ini adalah keberadaan pulau-pulau kecil mengagumkan. Uniknya, Waduk Darma sempat memunculkan Pulau Batu Datar ketika volume air menyusut pada musim kemarau. Kondisi mengesankan yang terjadi pada musim tertentu sempat mengundang banyak pengunjung. Gubernur Jawa Barat sempat memberikan rencana unik berikut.

1. Mengadakan Festival

Perencanaan festival olahraga air berskala internasional ditujukan untuk menarik minat wisatawan dari berbagai daerah. Dalam hal ini, waduk cantik ini memiliki potensi yang menarik jika dibekali dengan penataan jaring apung inklusif dan festival balap perahu yang dilakukan setiap tahunnya.

2. Menggiatkan Kebersihan

Meski demikian, keindahan alam dengan berbagai fasilitas lengkap akan terasa kurang apabila sarana kebersihan dirasa kurang. Pengunjung bisa merasa bosan dan terganggu jika merasakan fasilitas yang kurang memuaskan dan banyaknya sampah yang bertebaran. Untuk itu, Gubernur menyarankan pengelola agar dapat lebih tegas dalam memberikan aturan kebersihan di tempat ini.

Petugas bisa memberikan aturan tegas bagi setiap pengunjung yang melanggar aturan kebersihan dan tidak memperhatikan kondisi lingkungan. Namun, pemberian aturan terkait kebersihan alangkah baiknya jika dibekali dengan kehadiran beragai fasilitas yang lengkap. Misalnya saja keberadaan tempat sampah yang dikelola dengan baik.

3. Menciptakan Multiplier Effect

Multiplier effect ditujukan untuk menghadirkan pendapatan yang lebih tinggi ketika wisata ini mampu dibawa ke taraf internasional. Dalam hal ini, Gubernur Jawa Barat selalu berusaha untuk meminta pemerintah Kabupaten Kuningan agar mampu menjadikan Waduk Darma sebagai wisata unggulan yang banyak digandrungi.

Itulah beberapa ulasan terkait Waduk Darma di Kuningan yang harus Anda ketahui. Pasalnya, tempat ini menghadirkan perpaduan yang lengkap dan apik. Keindahan waduk yang berpadu dengan panorama alami terasa semakin nikmat karena keberadaan fasilitas lengkap yang disediakan. Tentu saja, tempat ini memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai wisata unggulan.