Upside Down World Bandung, Spot Foto Terbalik dengan Konsep Unik

Upside Down World Bandung, Spot Foto Terbalik dengan Konsep Unik
Harga Tiket: Mulai Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. H. Wasid No.31, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat

Upside Down World Bandung, mungkin sudah banyak yang tidak asing dengan objek wisata unik ini. Dikatakan unik karena memiliki konsep yang berbeda dengan wisata lainnya. Di sini tidak ada wahana permainan atau pemandangan alam seperti halnya ketika anda berlibur. Sebagai gantinya, anda akan menemukan berbagai spot foto unik dengan gaya terbalik.

Apabila anda pernah menonton salah satu film terbaik Hollywood yang berjudul Upside Down, pastinya tahu apa yang dimaksud dengan pembahasan kali ini. Hanya sebuah bangunan rumah seperti rumah anda saat ini. Namun semua bagian rumah seperti kamar tidur, ruang tamu, dan dapur dijadikan terbalik seolah-olah anda sedang melayang di udara.

Diresmikan sejak 2016, Upside Down World menjadi semakin populer dan tidak pernah sepi pengunjung. Sebagian besar yang datang dari kalangan pemuda, sebagian lagi dari keluarga kecil yang bosan dengan konsep liburan monoton. Tujuannya sama, yakni ingin berburu spot foto yang tidak biasa dengan fenomena dunia terbalik.

Daya Tarik Upside Down World Bandung

Daya Tarik Upside Down World
Photo by Google Maps Ahmad Alomari

Penjelasan diatas hanya pengetahuan sekilas saja. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum daya tarik Upside Down World Bandung yang mungkin membuat anda semakin tertarik. Beberapa alasan inilah yang menjadikan wisatawan datang berkunjung mendahului anda!

1. Spot Foto Terbalik

Daya tarik pertama tentu dari tema utama objek wisata kali ini. Di sini, anda menyaksikan seluruh ruangan yang ditata terbalik 180 derajat. Barang yang biasanya ditemukan dibawah akan diletakkan diatas, seperti meja, kursi, televisi, dan masih banyak lainnya. Jangan khawatir dalam hal keamanan, karena dipastikan setiap furniture tersebut tidak akan jatuh karena sesuai standar yang berlaku.

Daya tarik ini membuatnya unik dan sekaligus menjadi alasan utama wisatawan yang datang. Berkunjung ke sini tentunya rugi jika tidak membawa kamera beresolusi tinggi, baik berupa kamera DSL maupun handphone. Meskipun ada layanan cetak foto, namun harganya mungkin bisa menghabiskan budget yang anda bawa. Untuk pengiritan, kosongkan memori kamera supaya bisa mengambil jepretan lebih banyak.

2. Terdapat Banyak Ruangan Sesuai Tema

Upside Down World Bandung tidak hanya memiliki satu ruangan. Sebagaimana rumah, ada banyak ruangan sesuai fungsi masing-masing. Setidaknya, wisatawan dapat menemukan sepuluh tema di dalam satu ruangan besar. Setiap tema dilengkapi furnitur tersendiri yang menjadikannya semakin unik.

Daya Tarik di Upside Down World
Photo by Google Maps Jean-Pierre Larue

Pertama adalah tuang kamar tidur, yang mana terdapat satu set tempat tidur dan dilengkapi boneka cantik seperti kamar tidur anak perempuan. Di sana juga tersedia bean bag sehingga mirip dengan konsep kamar tidur sesungguhnya. Ruangan lain yang tidak kalah menarik yakni ruang makan. Ada meja makan yang lengkap dengan kursi dan peralatan makannya.

Ruang laundry juga ada di sini, bahkan mesin cuci dan meja setrika pun terlihat. Semua serba terbalik dan setiap furniture ditempatkan pada posisi yang sempurna. Dari semua kamar yang tersedia, yang paling menarik perhatian adalah ruang tamu. Pasalnya, di sana terdapat televisi flat dan sofa cantik bertema bajak laut.

3. Tersedia Fotografer Profesional

Daya tarik Upside Down World Bandung berikutnya yaitu tersedia fotografer profesional di masing-masing ruangan. Bagi anda yang tidak bisa action di kamera atau menentukan pose yang tepat, fotografer ini siap membantu memberikan solusi. Tugas utamanya tentu saja mengambil foto dengan kameranya sendiri, tetapi anda bisa mengambil foto lain dari kamera yang dibawa.

Menariknya, meminta bantuan dari fotografer ini tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis. Ini dikarenakan sudah termasuk harga tiket masuk yang dibayarkan di muka. Tetapi jika ingin mencetak foto yang diambil petugas, anda harus membayar biaya tambahan. Tidak terlalu mahal, hanya 5.000 rupiah untuk satu foto yang anda anggap terbaik.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Upside Down World Bandung
Photo by Google Maps Id. Pheb

Alamat lengkap Jalan Upside Down World berada di Bagusrangin No.29, Lebakgede, Coblong, Bandung, Jawa Barat. Jarak dari titik nol Bandung atau pusat kota hanya sekitar 4 kilometer. jarak tersebut dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit, tergantung kondisi jalan. Lokasinya strategis dan mudah sekali ditemukan meskipun banyak bangunan serupa.

Dari pusat Bandung, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Asia Afrika. Kemudian lanjutkan perjalanan melewati Jalan Tamblong dan belok kanan menuju ke Jalan Merdeka. Ikuti jalur utama sekitar 5 menit, lalu belok kanan melewati Jalan Hasanudin. Di sini anda bisa melihat papan petunjuk, atau langsung saja mengarahkan kendaraan ke Jalan Dipati Ukur.

Tujuan berikutnya yaitu menuju ke Jalan Singa Perbangsa dan berhenti Jalan Bagusrangin. Di titik ini, seharusnya anda bisa melihat bangunan unik ini dari luar. Jika masih bingung, manfaatkan aplikasi Google maps atau bertanya pada warga sekitar. Objek wisata ini cukup terkenal, jadi hampir semua warga di sekitar mengetahui keberadaannya.

Harga Tiket Masuk Upside Down World

Tiket Masuk di Upside Down World
Photo by Google Maps Sahdi Sah

Wisatawan yang datang tentunya harus membayar tiket masuk untuk menikmati semua fasilitas atau spot foto yang disediakan. Ada perbedaan harga tiket di Upside Down World Bandung, yakni dewasa dan anak-anak. Bagi pengunjung dewasa, mereka wajib membayar tiket sebesar 100.000 rupiah. Sedangkan untuk anak-anak harganya setengah dari orang dewasa, yaitu 50.000 rupiah.

Perlu diketahui, batasan usia anak-anak tidak ditentukan di sini. Hanya saja untuk ketinggian minimal supaya bisa masuk gratis yaitu 120 cm. Bagi yang mengatakan bahwa harga tersebut mahal, sebaiknya berpikir ulang berapa besar dekorasi untuk menghasilkan ruangan terbalik.

Sebelum mengunjungi Upside Down World, sebaiknya anda mengetahui jam operasionalnya. Ini dikarenakan ada perbedaan waktu antara hari aktif dan hari libur. Jika ingin datang di hari Senin sampai Minggu, pastikan pada jam 10 pagi hingga jam 8 malam. Perbedaan jam operasional hanya di hari Minggu saja, yaitu dibuka mulai 11.00 sampai 21.00 WIB.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Upside Down World
Photo by Google Maps Irham Mudin

Dalam hal aktivitas, sebagian besar tentunya berhubungan dengan fotografi. Ada banyak tempat menarik yang dijadikan aktivitas foto menjadi lebih seru. Tetapi kali ini kami hanya merekomendasikan beberapa tempat saja yang sering dijadikan spot utama.

1. Foto di Ruang Tamu

Upside Down World Bandung memiliki ruang tamu yang unik dan serba terbalik. Konsep ini paling diminati wisatawan yang bertujuan untuk berburu spot foto unik. Ada banyak furniture yang mendukung, diantaranya adalah televisi, sofa, dan bantal sofa yang semuanya dibuat terbalik sesuai tema utamanya.

Di sini, anda bisa bergaya apa saja sesuai keinginan. Sebagai contoh adalah memasang raut muka yang heran karena posisi anda sedang terbalik. Pose lain yang semakin mendukung temanya adalah seolah-olah berteriak minta tolong. Anda pun bisa memegang beberapa furniture yang masih dalam jangkauan supaya terlihat lebih nyata.

2. Selfie Terbaik di Ruang Cuci

Aktivitas Menarik dilakukan di Upside Down World
Photo by Google Maps Tedy Vhyto

Selain di ruang tamu, lokasi foto di Upside Down World Bandung lain yang tidak kalah unik adalah ruang cuci atau laundry. Karena banyak perabotan mencuci dan sejenisnya, anda pun bisa berpose lebih leluasa. Misalkan memegang kain pel sambil mengangkat satu kaki, atau memasukkan kepala kedalam tempat sampah yang dibuat unik dengan bentuknya.

Ruangan ini dilengkapi rak yang berisi peralatan untuk mencuci dan mengepel lantai. Tidak ada salahnya jika anda bersandar sambil memegang salah satunya. Raut wajah sangat diperlukan selama sesi foto, sebab bisa menambah kesan nyata bahwa anda benar-benar sedang terbalik di ruang laundry.

3. Atraksi di Tempat Tidur

Tempat tidur di Upside Down World Bandung dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Seperti yang dibahas sebelumnya, ada satu set tempat tidur, mulai dari selimut hingga bantal. Meskipun terkesan tempat tidur wanita, tidak masalah juga jika anda memanfaatkannya untuk foto bersama keluarga dan anak-anak.

4. Berburu Makanan Ringan

Bukan hanya aktivitas yang berhubungan dengan foto yang dapat anda lakukan di sini. Berburu kuliner sepertinya menarik, terutama bagi anda yang hobi makan. Selain itu, berlibur jika tidak mencicipi makanan khas daerah yang dikunjungi juga belum lengkap. Tersedia banyak menu di kantin, sebagian besar berupa makanan ringan atau camilan.

Fasilitas Penunjang di Upside Down World Bandung

Photo by Google Maps Sahdi Sah

Upside Down World Bandung memang hanya sebuah pariwisata yang memiliki konsep fotografi. Tetapi bukan berarti tidak ada fasilitas di dalamnya. Fasilitas penting yang ditemukan di sini diantaranya adalah area parkir yang luas dan toilet bersih. Untuk mushola tidak tersedia, anda bisa memanfaatkan mushola di sekitar lokasi.

Selanjutnya ada kantin yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman. Tempat duduk yang tidak berhubungan dengan tema utama juga tersedia di sini, artinya posisinya normal dan tidak terbalik. Jika ingin mencetak hasil foto secara langsung, tersedia jasa percetakan dengan harga yang sudah ditentukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai salah satu objek wisata di Bandung yang lagi hits. Sedikit tips sebelum anda mengunjungi Upside Down World Bandung, pastikan datang di awal atau seketika buka karena masih belum banyak pengunjung yang datang. Pastikan juga bahwa memori kamera tidak penuh, tujuannya supaya bisa jepret sana dan jepret sini.