Upas Hills, Menikmati Keindahan Kawah yang Menakjubkan di Subang

Upas Hills, Menikmati Keindahan Kawah yang Menakjubkan di Subang
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat

Masih belum banyak yang tahu bahwa di Subang ada sebuah objek wisata yang dikenal dengan Upas Hills. Ini dikarenakan lokasinya yang tersembunyi dan harus melalui perjalanan panjang dengan jarak yang cukup jauh. Dari namanya, mungkin anda sudah mengetahui destinasi wisata apa yang akan kita bahas kali ini, pastinya adalah puncak pegunungan.

Objek wisata alam berupa pegunungan masih cukup digemari dan sering dijadikan pilihan utama. Selain menarik bagi yang suka tantangan, pikiran yang sebelumnya membawa beban pun dapat hilang dengan sendirinya. Bukan tanpa alasan, tentunya karena pemandangan alam yang disaksikan dan sekaligus udara sejuk dan bersih.

Upas Hills adalah objek wisata alam yang menyajikan panorama kawah yang terletak di Gunung Tangkuban Perahu. Termasuk salah satu puncak tertinggi, kawah ini memiliki ketinggian lebih dari 2.000 Mdpl. Meskipun ada banyak kawah lain di gunung yang sama, seperti Kawah Ratu, Kawah Jurig, Kawah Lanang, Kawah Baru, dan lainnya, Kawah Upas masih menjadi pilihan alternatif karena pesonanya yang tidak kalah indah.

Daya Tarik Wisata Upas Hills

Daya Tarik Upas Hills
Photo by Google Maps Wisata Offroad Adventure

Nama Upas Hill sebenarnya diambil dari nama kawah yang ada di sekitarnya. Tempat ini tidak lain adalah sebuah bukit atau lebih tepatnya puncak bukit. Ada banyak daya tarik yang dimiliki sehingga wisatawan rela menempuh jalan panjang dan waktu yang lama.

1. Pemandangan Kawah Menakjubkan

Dari atas bukit, pemandangan kawah yang indah selalu dapat memanjakan mata. Bentuk kawah berkelok yang eksotis menjadi pemandangan utama di sini. Di samping kawah masih sangat alami ditumbuhi pohon liar yang tampak dari atas seperti semak belukar. Sebagaimana kawah, asap putih tebal mengepul di atasnya dan menyatu dengan warna hijau tumbuhan.

Sementara ketika memandang arah lurus ke depan, pemandangan indah dari perbukitan lain sangat jelas. Hijau dan putih juga, namun untuk warna putihnya didapat dari awan yang kadang tebal dan terkadang juga tipis. Keindahan di Upas Hills tergantung cuaca pastinya, akan semakin indah jika cuaca nya cerah dan mendukung.

Jika boleh disamakan, puncak bukit ini merupakan Amphitheater alam yang menakjubkan. Tempat dimana wisatawan menginjakkan kaki ini termasuk jurang, jadi pastikan berhati-hati dan jangan terlalu ke tepi. Tidak ada pagar yang mengelilingi seperti halnya kawah lain yang resmi dijadikan sebuah objek wisata.

2. Kebun Teh Sukawana

Daya tarik Upas Hills selanjutnya yaitu Kebun Teh Sukawana, warga Bandung asli pasti tidak asing dengan kebun yang juga dijadikan salah satu objek wisata favorit ini. Kebun luas ini milik PT. Perkebunan Nusantara VIII, sejauh mata memandang dimanjakan dengan warna hijau yang menyegarkan.

Tentunya lokasi dimana kebun teh ini bukan di puncak, tetapi pada saat anda melakukan perjalanan. Tepatnya berada di kaki gunung, jadi tidak perlu jauh-jauh tracking jika tujuannya hanya ingin menikmati pesona alam indah dari perkebunan. Pengunjung yang menuju ke puncak Upas biasanya menyempatkan diri mampir hanya untuk foto selfie.

Daya Tarik Dimiliki Upas Hills
Photo by Google Maps Rizal Fahmi

3. Hutan Pinus Tangkuban Perahu

Masih seputar daya tarik Upas Hills yang didapatkan selama dalam perjalanan, anda juga menyaksikan pemandangan rapat hutan pinus yang ada di Gunung Tangkuban Perahu. Setelah melewati Kebun Teh Sukawana, medan yang awalnya cantik berubah sedikit menyeramkan dengan kerapatan hutan yang masih alami dan asri.

Meskipun dikatakan seram, tidak sedikit wisatawan yang mengagumi keindahannya. Deretan pohon yang berdiri gagah dan jarang ditumbuhi dedaunan tersebut cukup rapi. Menemani selama perjalanan pajang, pohon pinus ini membuat cuaca semakin asri dan tidak terasa adanya panas sedikitpun meskipun cuaca terik.

4. Sebagai Objek Wisata Keluarga

Pada umumnya, objek wisata berupa gunung atau bukit dengan ketinggian diatas 1.000 Mdpl tidak cocok dijadikan objek wisata keluarga. Namun berbeda untuk kali ini, meskipun berada di atas ketinggian lebih dari 2.000 Mdpl, Upas Hills masih layak dikunjungi bersama keluarga, bahkan usia anak-anak sekalipun.

Ini dikarenakan adanya layanan atau jasa open trip yang mudah ditemui. Tidak perlu menguasai medan, tidak pula harus capek hiking dengan berjalan kaki. Dengan jasa open trip, anda dan keluarga dapat dengan mudah menuju pucak dengan mobil land rover atau motor trail. Beberapa fasilitas pun disediakan, termasuk salah satunya adalah konsumsi.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Photo by Google Maps Andre Natanael

Secara administratif, Upas Hills berada di kawasan Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Jarak dari kota Bandung sekitar 30 kilometer, sedangkan dari pusat kota Subang sendiri berjarak kurang lebih 32 kilometer. Jika kondisi jalan normal dan dengan kecepatan normal, jarak tersebut bisa ditempuh dengan waktu 1 jam.

Untuk rute nya sendiri tergantung dari mana titik awal keberangkatan. Untuk kali ini kita misalkan berada di pusat Bandung, silahkan menuju ke arah Universitas Pendidikan Indonesia terlebih dahulu. Kemudian arahkan kendaraan ke Jalan Dr Setiabudi dan masuk ke Jalan Raya Lembang.

Tujuan selanjutnya yaitu ke Jalan Grand Hotel dan menuju ke Alun-alun Lembang untuk check poin berikutnya. Setelah tiba di Jalan Tangkuban Perahu, silahkan ikuti jalur utama hingga tiba di Terminal Bus Jayagiri. Lokasi Upas Hills tidak jauh lagi, silahkan ikuti papan petunjuk. Perlu diingat, rute ini hanya mengantarkan anda ke lokasi parkir, lanjutkan dengan tracking jalan kaki atau menggunakan jasa open trip menuju ke puncak.

Harga Tiket Masuk Upas Hills

Tiket Masuk Upas Hills
Photo by Google Maps TM

Destinasi wisata kali ini merupakan wilayah konservasi pemerintah daerah setempat. Oleh sebab bukan termasuk objek wisata, setidaknya hingga saat ini belum dikelola sebagai pariwisata, tidak ada beban biaya tiket bagi wisatawan yang datang. Silahkan masuk dan menikmati pesona alam sepuasnya, namun tetap jaga kelestarian alam dan menjaga kebersihan lingkungan.

Biaya yang dibutuhkan ketika mengunjungi Upas Hills yakni untuk parkir kendaraan jika anda menuju puncak dengan cara hiking. Area parkir masih memanfaatkan rumah warga dan warung sekitar dengan biaya sukarela. Sementara jika menggunakan jasa open trip, butuh biaya yang lebih mahal lagi tentunya, yaitu sekitar 550 ribu rupiah per pax.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Photo by Google Maps stanilaus monika

Meskipun puncak Upas masih dalam satu kawasan dengan wisata Gunung Tangkuban Perahu, namun dalam hal aktivitasnya cukup berbeda. Di sini, anda bisa melakukan banyak kegiatan yang sebagian besar masih berhubungan dengan alam.

1. Hiking Seru dan Menantang

Bagi yang suka tantangan dengan medan pegunungan yang terjal, kami sarankan untuk berjalan kaki menuju Upas Hills. Jalan yang disediakan masih apa adanya dan alami berupa batuan dan tanah. Akan sedikit becek jika sebelumnya di guyur hujan, namun kebanyakan tidak menyebabkan air tergenang.

Aktivitas ini bukan hanya seru, namun juga menantang dan cocok bagi anda yang memiliki jiwa petualang. Menempuh ketinggian 2048 Mdpl bukan perkara mudah, apalagi medan yang menanjak dengan jalan setapak yang terkadang sulit ditemukan. Total waktu perjalanan dari kaki gunung menuju puncak sekitar 6 jam, siapkan kondisi badan yang fit dan perbekalan yang mencukupi.

2. Camping di Alam Terbuka

Akan sangat rugi tentunya jika mencapai puncak dan harus kembali karena waktu liburan yang sempit. Ada baiknya jika anda camping dan bermalam di Upas Hills supaya lebih puas menikmati keindahan alamnya. Banyak wisatawan yang melakukan aktivitas ini, terutama dari kalangan pemuda yang menginginkan kebebasan di alam terbuka.

Mendirikan tenda, memasak, dan mengelilingi api unggun pastinya seru dilakukan bersama teman dekat atau keluarga. Suasana malam yang sunyi tidak lagi dirasakan dengan kehadiran mereka. Apalagi banyak suara dari hewan malam yang menemani, meskipun kadang sedikit menakutkan. Indahnya bintang dan bulan di langit mungkin bisa mengusir ketakutan yang dirasakan.

Photo by Google Maps Siti Rezani

3. Menikmati Indahnya Sunrise

Upas Hills memiliki salah satu aktivitas menarik yang belum tentu didapatkan dari kawah lain di Gunung Tangkuban Perahu. Aktivitas yang dimaksud adalah menyaksikan keindahan sunrise atau matahari terbit. Perlahan namun pasti, cahaya kuning menebarkan pesona dari balik gunung yang tidak mau mengalah meskipun hanya bergeser sedikit.

4. Berburu Spot Foto

Berkunjung ke sini pasti rugi jika tidak mengabadikan momen indahnya. Banyak spot cantik dan instagenic yang bakal ditemukan. Contohnya selama perjalanan, anda bisa singgah sebentar di kebun teh untuk menjadikannya sebagai latar belakang foto. Selain itu, spot yang tidak boleh ketinggalan adalah Kawah Upas dan tentu saja ketika matahari terbit.

Fasilitas Penunjang di Upas Hills

Fasilitas Upas Hills
Photo by Google Maps TM

Sebagaimana disebutkan tadi, Upas Hills bukanlah sebuah objek wisata resmi yang dikelola pemerintah maupun warga setempat. Tidak ada aktivitas apapun yang ditemukan di sini, bahkan tempat sampah pun tidak ada. Pengunjung yang datang diharapkan membawa tas plastik yang digunakan untuk membawa kembali sampah yang dihasilkan dari aktivitasnya.

Mengunjungi objek wisata ini menawarkan pesona lain Gunung Tangkuban Perahu dari sudut yang berbeda. Tidak salah jika wisatawan atau pendaki merasa betah berlama-lama jika sudah tiba di puncaknya. Oleh sebab Upas Hills tanpa fasilitas, anda pun harus mengantisipasi dengan membawa perbekalan yang cukup dan peralatan yang mendukung.