Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Lembang No.71, Desa Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Jawa Barat memiliki banyak kota keren yang cocok untuk dijadikan tempat liburan terbaik. Salah satunya yang paling banyak dijadikan jujugan adalah Bandung. Kota Kembang memang banyak memiliki destinasi wisata yang hits, seperti The Great Asia Africa yang termasuk dalam destinasi terbaru di Kawasan Lembang. Menawarkan banyak wahana sekaligus spot yang cocok untuk liburan keluarga, dijamin liburan anda akan berkesan. Untuk menikmati pesonanya, simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Wisata Edukasi & Budaya di Lembang

The Great Asia Africa Lembang Yang Lagi Hits di Bandung Barat
Photo by Google Maps Cici Sucianti

Memiliki impian keliling dunia tidak hanya berlaku untuk satu atau dua orang. Namun seperti yang kita tahu, butuh banyak persiapan untuk menggapai cita cita tersebut. Mengelilingi setiap negara memang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi setiap negara pasti akan memiliki keunikan tersendiri.

Kini, sebelum impian tersebut terwujud anda bisa mengunjungi The Great Asia Africa yang berada di Lembang. Seperti namanya, anda akan diajak untuk berkeliling dari kawasan Asia sampai Africa dalam satu tempat. Objek wisata edukasi ini memang terbilang baru, namun kehadirannya langsung membuat banyak orang penasaran dan jatuh cinta setelahnya.

Pertama kali dibuka adalah di sekitar Bulan November tahun 2019. Berbagai usia pengunjung hadir untuk menilik pesona yang dimiliki wisata ini. Selain menawarkan arsitektur dan replika masing masing negara, destinasi ini juga memiliki alam yang luar biasa. Yang jelas, destinasi hits di Lembang ini memang tidak boleh anda lewatkan.

Setidaknya anda bisa menemukan sekitar 7 negara yang dibuat replikanya. Lokasinya juga sangat luas, sehingga anda tidak akan bingung untuk melakukan berbagai kegiatan menarik. Yang jelas, tidak lengkap rasanya jika singgah di Lembang tapi tak mampir ke destinasi wisata ini. Terutama untuk anda yang gemar berpose di depan kamera.

Daya Tarik Wisata The Great Asia Africa

Wisata The Great Asia Africa Lembang Yang Menarik dan Memukau
Photo by Google Maps Aditya Nur Hakim

1. Perpaduan Wisata Alam dan Wisata Kekinian

Sebelum membahas apa saja yang dihadirkan di wisata ini, anda harus mengetahui konsepnya terlebih dahulu. The Great Asia Africa adalah perpaduan wisata alam terbuka dan juga wisata kekinian. Hal ini terbukti dengan alamnya yang indah dengan dikelilingi tebing yang indah. Tidak ketinggalan hadirnya sungai yang membuatnya makin indah.

Panorama khas pegunungan memang bisa anda rasakan ketika singgah di wisata hits Lembang ini. Udara sejuk Lembang juga semakin membuat siapapun ingin berlama lama. Alam yang sudah indah ditambahkan dengan spot spot instagramable yang sangat luar biasa. Menjadikan destinasi satu ini cocok untuk dikunjungi berbagai usia.

Anda juga bisa menemukan taman indah dengan dekorasi warna warni yang cantik. Konsep yang diambil memang cemerlang, mengingat saat ini destinasi dengan spot foto selalu ramai. Apalagi jika disandingkan dengan alam yang memang asalnya sudah luar biasa. Inilah daya tarik utama yang bisa anda rasakan sejak menginjakkan kaki pertama kali di wisata ini.

2. Cocok untuk Liburan Keluarga

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, The Great Asia Africa tidak hanya cocok untuk kawula muda. Tetapi juga sangat direkomendasikan untuk jadi tujuan liburan keluarga. Semua kalangan dari anak anak sampai orang dewasa akan bisa menikmatinya. Habiskan akhir pekan atau musim liburan dengan keluarga tentu bukan ide buruk.

3. Menawarkan Wisata Edukasi

Bukan hanya cocok untuk semua kalangan, wisata ini juga memiliki nilai edukasi. Edukasinya dikemas dalam balutan ceria dan menyenangkan. Bagaimana tidak, anda akan diajak untuk mengenal arsitektur sampai budaya dari setiap negara yang dihadirkan. Bahka anda bisa sekalian mencicipi kuliner khas masing masing negara.

4. Mengelilingi Asia Afrika Dalam Kawasan Wisata

Setelah membahas daya tariknya, maka kini saatnya anda mengetahui wahana utama The Great Asia Africa. Yakni hadirnya replika masing masing negara yang ada di Asia juga di Afrika. Setidaknya ada 7 negara yang bisa anda jelajahi. Negara tersebut terdiri dari Indonesia, Korea, Jepang, Thailand, India, Afrika dan juga Timur Tengah.

  • Indonesia

Untuk memulai perjalanan anda menjelajah semua negara yang ada, anda bisa memulai dari Indonesia terlebih dahulu. Konsep yang diusung untuk sudut ini adalah hadirnya saung saung yang membuat kesan tradisionalnya makin terasa. Saung yang digunakan adalah perpaduan dari Jawa juga Bali. Fungsinya adalah untuk foodcourt dengan tempat duduk yang nyaman.

Berbagai kuliner dari berbagai daerah di Indonesia bisa anda coba. Mulai dari nikmatnya nasi liwet, ikan asin, gorengan, sate sampai surabi Bandung. Anda bisa menjadikan area ini sebagai tempat singgah sebelum menjelajah tempat lainnya. Anda juga tidak perlu khawatir, untuk harga yang ditawarkan cukup ramah kantong.

Wisata The Great Asia Africa Lembang Yang Menawan
Photo by Google Maps Titus
  • Korea

Zona selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dijelajahi adalah zona Korea. Anda akan menemukan bangunan yang dibuat miniatur layaknya desa tradisional, tepatnya Bukchon Hanok Village. Rumah tradisional ini dilengkapi dengan dapur, seakan akan anda sedang memasuki sebuah rumah. Berbagai makanan khas dibuat replika yang menghiasi etalase khusus.

Agar suasana Koreanya semakin terasa, anda juga bisa menyewa pakaian tradisional Korea yakni Hanbok. Tidak ketinggalan, anda juga bisa mencicipi nikmatnya kimchi di area ini. Umumnya pembuatan kimchi ini akan diadakan di Sabtu juga Minggu. Paviliun Korea ini juga dilengkapi sudut sudut yang cocok untuk mengambil foto kekinian.

  • India

Selanjutnya anda bisa singgah di area India yang juga memiliki replika replika bangunan ikoniknya. Yakni hadirnya Jaipur, India Pink City yang menjadi ibu kota dari Rajasthan India. Anda juga bisa menyewa pakaian khas India di kawasan ini yang dikenal dengan Kurti Salwar untuk pria, dan Lengha Choli untuk perempuan.

Bisa dikatakan jika area satu ini merupakan area favorit. Karena dihiasi oleh berbagai warna juga dekorasi yang mencuri perhatian. Pengunjung bebas mengambil berbagai foto ketika berada di zona satu ini. Anda juga bisa mencoba berbagai menu khas Jaipur yang beragam. Mulai dari roti canai, es krim India sampai Nasi Briyani dan Ayam Tandoori.

  • Thailand

Hampir semua zona memang akan dihadirkan replika bangunan dari negara asal. Untuk Thailand miniatur yang dihadirkan adalah The Grand Palace. Dekorasinya dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Pengunjung bisa mengambil beberapa pose di area Thailand ini. Dengan begitu penjelajahan 7 negara ini akan semakin lengkap.

  • Jepang

Negara berikutnya yang juga tak kalah diminati adalah Jepang. Begitu masuk akan disambut dengan Torii gate seperti di Kuil Fushimi. Bangunan bangunan bergaya Jepang juga bisa anda temukan di sini. Lengkap dengan danau kecil serta lampion yang menghiasi. Sepanjang jalan anda bisa menikmati berbagai kudapan juga menyewa pakaian khas Jepang.

  • Africa

Begitu anda keluar di area Jepang, anda bisa menyeberangi sungai untuk sampai di zona Afrika. Rumah rumah ada Afrika bisa anda nikmati ketiga berada di zona satu ini. Ada juga bisa mengambil foto foto keren juga berburu souvenir khasnya. Tidak ketinggalan di zona ini anda bisa mencoba nikmatnya sate khas Afrika yang menjadi menu utama.

  • Timur Tengah

Paviliun Timur Tengah juga tidak boleh anda lewatkan saat sedang menjelajah setiap area di The Great Asia Africa. Bukan hanya bangunan yang berupa miniatur, kuliner khas Timur tengah juga bisa anda nikmati di area ini. Seperti Kopi Turki yang menjadi favorit banyak pengunjung dengan rasa yang jempolan.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat The Great Asia Africa
Photo by Facebook Opi Ropiah Alawiyah

Anda bisa menemukan The Great Asia Africa di Jl.Raya Lembang no 71, Gudangkahuripan, Lembang. Untuk menjangkaunya, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Pengunjung yang memulai perjalanan dari Stasiun Bandung, silahkan menaiki angkutan menuju ke Lembang kemudian turun di depan Farm House Lembang.

Sementara jika anda memulai perjalanan dari Terminal Cicaheum, bisa menggunakan bus Damri untuk sampai ke Terminal Ledeng. Selanjutnya dilanjutkan dengan naik angkot menuju Lembang. Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa memanfaatkan GPS yang ada di smartphone anda. atau juga bisa memperhatikan beberapa petunjuk arah.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket The Great Asia Africa
Photo by Instagram Selviana

Pengunjung yang ingin menjelajah The Great Asia Africa dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 50 ribu. Dan pengunjung diberlakukan tiket mulai dari usia 2 tahun. Tiket masuk ini sudah termasuk dengan voucher minuman. Baik di hari biasa maupun di musim liburan, harga tiket berlaku sama dan tidak akan berbeda jauh.

Penukaran voucher untuk minuman sendiri hanya bisa dilakukan 1 kali saja. Sementara untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 07.00 sampai dengan 18.00. Namun anda perlu tahu, jika masing masing zona akan memiliki jam operasional tersendiri. Dan tentu saja anda bisa datang kapan saja dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Berbagai Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Seru di Wisata The Great Asia Africa Lembang
Photo by Google Maps ina rachma

1. Menaiki Gondola

Wahana yang dihadirkan di The Great Asia Africa Lembang ini tidak hanya seputar replika setiap negara saja. Anda bisa menemukan beberapa wahana lainnya yang akan membuat liburan anda makin seru. Seperti hadirnya Gondola, yang akan mengajak pengunjung menikmati pesonanya dari atas ketinggian.

2. Singgah di Animal Park

Atau anda bisa mengajak si kecil untuk singgah di area Animal Park. Destinasi satu ini terbilang wahana yang baru dengan berbagai binatang yang bisa diajak berinteraksi. Kebanyakan satwa yang ada merupakan hewan jinak seperti domba, kelinci, burung sampai iguana juga laba laba. Hewan hewan ini juga bisa diajak berfoto atau bisa memberi makan untuk kelincinya.

3. Kulineran

Seperti yang dibahas sebelumnya, di masing masing zona negara akan disediakan juga kuliner khasnya. Sehingga aktivitas seru yang sayang untuk dilewatkan adalah mencicipi aneka kulinernya. Apalagi suasana di wisata ini sangat nyaman untuk kulineran sembari jalan jalan santai. Anda juga bisa sekalian berburu foto foto hits untuk diunggah di media sosial.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di The Great Asia Africa

Fasilitas di The Great Asia Africa Lembang Bandung Barat
Photo by Google Maps Ahmad Eka Saputra

Fasilitas yang dihadirkan bisa dikatakan sudah lengkap juga memadai. Anda bisa menemukan area parkir, mushola juga toilet. Ramah untuk disabilitas karena tersedia jalur kursi roda maupun lift. Fasilitas pendukung seperti tempat makan juga sangat mudah ditemukan. Jika anda ingin bermalam, anda bisa menemukan di luar area wisata mengingat lokasinya strategis.

Menghabiskan waktu bersama keluarga seringkali membuat orang bingung menentukan pilihan tujuan. Karena tempat wisata tersebut harus bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Dan The Great Asia Africa adalah pilihan yang tepat untuk habiskan family time anda. Semua anggota keluarga bisa mendapatkan hiburan dan melepas penat.