Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukasari Kidul, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Sektor pariwisata di Majalengka, Jawa Barat, terus mengalami peningkatan selama beberapa tahun terakhir. Dimana salah satu yang cukup viral di kalangan para wisatawan yaitu Terasering Panyaweuyan. Pesona dari destinasi satu ini mampu menyihir siapapun yang datang berkunjung. Penasaran dengan keindahan objek wisata tersebut? Yuk simak ulasannya berikut.

Terasering ini merupakan lokasi agrowisata yang menyajikan keindahan perkebunan. Sejarah diberi nama tempat ini sendiri berasal dari bahasa Saweuy. Dimana kata tersebut bila dalam bahasa daerah setempat mempunyai arti yaitu jaring untuk menangkap burung.

Mungkin karena ini merupakan lahan perkebunan yang ditanami berbagai macam hasil pangan, sehingga banyak burung yang hinggap di area tersebut. Selain itu bentuknya terasering mirip seperti jaring panjang panjang jika dilihat dari atas. Mungkin ini lah penyebab namanya menjadi Terasering Panyaweuyan.

Daya Tarik Wisata Terasering Panyaweuyan

Daya Tarik Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Google Maps (Dhimas Angga)

Menjadi salah satu destinasi wisata alam di Majalengka dengan segala keindahannya, membuat tempat indah ini tidak pernah sepi akan pengunjung. Baik itu di pagi hari, siang hari, maupun sore hari. Banyak wisatawan yang ingin melihat dan merasakan sendiri bagaimana menakjubkannya area tersebut.

Terasering Panyaweuyan sendiri merupakan wisata berupa perbukitan terasering hijau. Jadi sejauh mata memandang, anda bisa melihat pemandangan hijau yang memanjakan mata. Kawasan ini masih begitu asri dan alami. Sehingga udara di sekitar terasa amat sejuk, pengalaman yang tidak bisa anda rasakan setiap hari di kota kota besar yang penuh kemacetan.

Selain memiliki nama resmi Terasering Panyaweuyan, banyak pula orang yang menyebut destinasi ini dengan nama Lembah Panyaweuyan. Pasalnya, area tersebut tidak hanya berupa perbukitan semata. Melainkan juga lembah yang tersusun menjadi satu membentuk sebuah wisata alam nan indah.

Ketika mendengar nama serta deskripsinya, yang terlintas di pikiran anda mungkin sebuah persawahan. Akan tetapi, tempat tersebut sejatinya bukan sawah. Area ini sebenarnya adalah perkebunan bawang serta sayur sayur lainnya milik warga, yang berada pada ketinggian mencapai 2.000 mdpl.

Daya Tarik Terasering
Image Credit: Twitter.com @inna_melon

Jadi jangan heran jika berkunjung kemari anda akan menjumpai banyak tanaman bawang merah milik warga setempat. Selain tanaman bawang serta pemandangan nan hijau di sekeliling, anda juga bisa dapat menyaksikan keindahan Majalengka lebih luas dari ketinggian tersebut. Bahkan keindahan Gunung Ciremai yang begitu mempesona juga bisa terlihat dengan jelas.

Karena pemandangan indah serta keasrian yang mampu diberikannya, kawasan objek wisata ini disebut sebut sebagai bukit bintangnya Majalengka. Jadi tidak hanya Bandung serta Jogja saja yang mempunyai wisata bukit bintang. Nyatanya Majalengka juga memiliki tempat serupa dengan keindahan yang begitu luar biasa.

Wisata Terasering Panyaweuyan sebenarnya sudah ada dari lama. Meski begitu, namanya semakin dikenal publik setelah viral di media sosial. Dimana banyak orang yang mengambil foto di kawasan ini kemudian mengunggahnya di linimasa. Hasil foto yang apik didukung dengan pemandangan ciamik di sekeliling, membuat banyak orang merasa tertarik untuk berkunjung ke destinasi tersebut.

Dari sana lah kemudian objek wisata ini terus diminati, terutama bagi mereka yang berasal dari kota kota besar dan dataran rendah. Karena pemandangan yang bisa ditemukan dari atas bukit bintang Majalengka ini tentu tidak bisa ditemukan setiap hari. Sehingga tidak hanya hari libur dan akhir pekan, hari hari biasa Terasering Panyaweuyan juga sering didatangi wisatawan.

Alamat dan Rute Menuju Terasering Panyaweuyan

Alamat Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Google Maps (Chandra 1313)

Terasering ini berlokasi di Sukasari Kidul, Argapura, Majalengka, Jawa Barat. Dari pusat Majalengka, lokasi tersebut berjarak kurang lebih 23 km dan bisa menghabiskan waktu tempuh sekitar 50 menit lamanya dalam untuk menuju objek wisata dalam lalu lintas normal. Memang terbilang cukup jauh, karena destinasi tersebut berada di daerah pedesaan.

Karena letaknya di pedesaan, akses menuju lokasi juga terbilang belum cukup memadai. Apalagi jalannya agak sempit, sehingga cukup sulit untuk dilalui berbagai macam kendaraan. Jadi pastikan bahwa kendaraan yang anda gunakan menuju Terasering Panyaweuyan berada dalam kondisi yang benar benar prima, agar tidak mengalami masalah di perjalanan.

Selain itu, di sekitar area ini juga tidak ditemukan angkutan publik. Sehingga membawa kendaraan pribadi lebih disarankan. Anda bisa mengandalkan peta navigasi digital untuk mencapai lokasi, atau bisa juga bertanya pada penduduk sekitar. Tidak perlu ragu dan sungkan, sebab masyarakat Majalengka termasuk warga Sukasari Kidul ramah ramah dan siap membantu.

Harga Tiket Masuk Wisata Terasering Panyaweuyan

Harga Tiket Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Google Maps (Uya Setiawan)

Wisata alam Terasering Panyaweuyan di Majalengka termasuk destinasi yang murah meriah. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam untuk menikmati keindahan yang ada di area wisata satu ini. Pasalnya harga tiket masuk yang dibanderol per orangnya hanya sekitar Rp. 5.000 saja semenjak daerah tersebut dibuka sebagai objek wisata.

Biaya tersebut belum termasuk kontribusi parkir, dimana untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif Rp. 5.000 sementara kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp. 2.000 saja. Selain itu, anda juga bisa membeli hasian perkebunan warga yang diperjual belikan seperti bawang merah dan bawang putih, padi, serta ubi jalar sebagai oleh oleh untuk sanak keluarga di rumah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Terasering Panyaweuyan

Aktivitas Menarik di Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Instagram.com @snzr_zs

1. Menikmati Pemandangan

Karena merupakan objek wisata alam, salah satu aktivitas yang paling menjadi favorit pengunjung ketika berada di terasering ini yaitu menikmati pemandangan. Dan dijamin anda tidak akan bosan untuk mengagumi keindahan panorama alam yang disajikan wilayah satu ini. Karena pesonanya mampu membuat siapapun terhipnotis seketika.

Apalagi di lokasi ini sudah dibangun beberapa gardu pandang atau deck view di atas bukit. Sehingga tempat tersebut banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk beristirahat sembari menikmati keindahan sekitar. Suasana asri dan sejuknya perkebunan yang dibentuk terasering tersebut mampu membuat penat dan lelah yang dirasakan menjadi hilang.

2. Berburu Foto

Selain dinikmati serta dikagumi, banyak pula wisatawan yang memburu setiap pemandangan indah yang disajikan oleh Terasering Panyaweuyan untuk diabadikan. Bahkan gardu pandang yang banyak digunakan untuk beristirahat, juga bisa menjadi spot foto kece yang instagramable dan bisa diunggah ke sosial media.

Para pecinta fotografi bahkan rela datang di pagi buta untuk mendapatkan hasil foto terbaik di daerah ini. Pasalnya matahari yang masih malu malu menunjukkan sinarnya, memberikan efek mengesankan pada lahan terasering tersebut. Sehingga mampu membuat para pecinta fotografi memperoleh tangkapan gambar terbaik.

3. Menikmati Sunrise atau Sunset

Selain untuk berburu foto, banyak pula orang yang datang pagi pagi sekali untuk sekadar menikmati indahnya matahari terbit. Tidak kalah cantik, pemandangan matahari terbenam di objek wisata Terasering Majalengka ini juga mampu membuat siapapun berdecak kagum. Lahan hijau berpadu dengan langit biru dengan semburat oranye memberikan panorama eksotis yang memanjakan mata.

4. Jalan Jalan Atau Bersepeda

Salah satu aktivitas menarik yang biasa dilakukan oleh para wisatawan di sini yaitu mengeksplorasi daerah setempat dengan menyusuri jalan setapak yang ada. Selain dengan berjalan kaki, banyak pula yang memilih untuk bersepeda untuk menjelajah area tersebut. Bentuknya yang berupa bukit terasering atau berundak undak membuat pengalaman menjelajah menjadi lebih menarik.

Aktivitas di Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Google Maps (Sri Rejeki Putrowoli)

5. Berburu Hasil Pangan

Seperti yang anda ketahui, Terasering Panyaweuyan merupakan area lahan yang ditanami berbagai jenis hasil panjang seperti bawang merah dan bawang putih, padi, ubi jalar, dan masih banyak lainnya. Dimana hasil pangan tersebut juga bisa dibeli untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh apabila telah panen. Jika beruntung, anda bahkan bisa menyaksikan proses pemanenannya.

6. Belajar Bercocok Tanam

Selain berburu hasil pangan, tentunya anda juga bisa belajar bercocok tanam di sini. Mengingat bahwa anda dapat menjumpai petani lokal yang sedang bekerja. Jika ada waktu luang, warga warga yang ramah tentu tidak akan keberatan memperlihatkan proses menanam atau proses panen berbagai macam tanaman di sana.

7. Camping

Terasering Panyaweuyan sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata, sehingga tempat ini terus berusaha mengembangkan berbagai fasilitas untuk memberi kenyamanan pada pengunjung. Salah satu fasilitas yang disediakan yaitu lahan camping, jadi anda bisa mendirikan tenda di sini untuk menikmati keindahan yang ditawarkan oleh daerah setempat.

Tentunya melihat sunset dan sunrise akan lebih mudah apabila anda langsung membangun tenda di Kawasan wisata. Pengalaman tersebut banyak diminati oleh para petualang, dimana mereka bisa merasakan sensasi camping di area hamparan sawah, tidak hanya di pantai atau hutan dan pegunungan saja.

Penginapan Murah di Sekitar Terasering Panyaweuyan

Penginapan di Sekitar Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Penginapan.net

Meski Terasering Panyaweuyan memiliki lahan camping yang bisa anda manfaatkan untuk bermalam, agar dapat menikmati keindahan dari objek wisata ini lebih lama. Namun anda juga bisa memilih untuk bermalam di beberapa penginap yang ada di sekitar, jika tidak ingin repot membawa serta mendirikan tenda.

Meski tidak terlalu banyak, ada beberapa penginapan dengan fasilitas memadai yang bisa anda tuju. Salah satunya yaitu Homestay Pondok Ciremai yang hanya berjarak sekitar 2,1 km dari tempat wisata tersebut. Homestay ini memberikan berbagai fasilitas yang bisa memanjakan anda selama menginap di sana, jadi anda akan merasa seperti di rumah sendiri.

Lalu ada pula Villa Buana Puri dan Villa Devina yang juga berjarak tidak jauh dari lokasi wisata. Kedua villa ini tentunya juga mampu menghadirkan banyak fasilitas penunjang guna memanjakan para tamu. Karena penginapan berbentuk villa, biasanya yang bertandang ke sini lebih banyak wisatawan dengan rombongan keluarga.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Terasering Panyaweuyan

Fasilitas di Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Google Maps (Yad mulyady)

Meski merupakan destinasi wisata yang masih dikelola oleh warga lokal, Terasering Panyaweuyan terbilang sudah memiliki fasilitas yang cukup untuk standar sebuah objek wisata alam. Dimana anda bisa menemukan spot view atau gardu pandang yang terletak di bagian atasnya sebagai tempat terbaik menikmati pemandangan dan area untuk beristirahat.

Kemudian disediakan pula tempat duduk di beberapa area, lahan camping bagi yang ingin bermalam, tempat parkir seadanya yang bisa menampung beberapa kendaraan, toilet, serta warung yang menjajakan makanan dan minuman. Ke depannya, tentu pihak pengelola akan terus berusaha untuk menyediakan berbagai fasilitas lain yang lebih lengkap.

Meski fasilitas yang dihadirkan oleh Terasering Panyaweuyan hanya sekadarnya dan begitu sederhana, namun objek wisata ini tetap mampu membuat para pengunjung tidak berhenti untuk mengaguminya. Mengingat bahwa panorama yang dimiliki oleh wisata alam ini amat mempesona, penuh dengan pemandangan hijau mampu memanjakan mata siapapun yang berkunjung.