Pesona Tenjo Laut, Objek Wisata Alam yang Memesona di Kuningan

Pesona Tenjo Laut, Objek Wisata Alam yang Memesona di Kuningan
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Nasional Gunung Ciremai Mandirancan, Desa Puncak, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Tenjo Laut merupakan sebuah objek wisata buatan namun memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa indah. Terdapat banyak sekali fasilitas yang bisa anda temui di objek wisata buatan yang berlokasi di Kecamatan Cigugur Jawa Barat ini, mulai dari jembatan awan yang mengarah ke Waduk Darma hingga beberapa fasilitas penunjang untuk berfoto.

Objek wisata yang sangat luar biasa indah ini merupakan sebuat tujuan wisata yang sangat cocok bagi anda yang gemar berfoto. Tidak hanya itu, bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga atau pasangan dengan mendatangi objek wisata yang berlokasi di Jawa Barat ini bisa menjadi solusi yang sangat baik.

Tidak hanya spot foto saja yang menjadi daya tarik utama di Tenjo Laut, namun beberapa keindahan lainnya seperti alam dan fasilitas penunjang lainnya akan sangat menghibur waktu liburan anda. Berikut mari kita bahas beberapa hal seputar objek wisata di Cigugur Jawa Barat yang menjadi sangat terkenal karena banyak fasilitas kekinian yang disediakan.

Daya Tarik Wisata Tenjo Laut

Wisata Alam Tenjo Laut Yang Mempesona Dan Menarik Di Kuningan
Photo by Google Maps nnung mw

1. Alam yang Indah

Walaupun Tenjo Laut dikenal sebagai objek wisata buatan namun keindahan alamnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan lokasi yang berada di atas bukit membuat para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata buatan ini bisa menyaksikan keindahan alam yang tidak kalah dengan objek-objek wisata alam lainnya.

Ketika berada di sekitaran area wisata, Anda akan merasa lebih rileks. Dengan adanya suara angin yang berhembus di sela dedaunan dan suara burung yang bernyanyi merdu di atas dahan pohon membuat semua beban dan pikiran anda akan hilang seketika.

2. Memiliki Prasarana yang Cukup Lengkap

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa tempat wisata ini merupakan sebuah objek wisata buatan. Karena masuk kategori objek wisata buatan membuat banyak sekali fasilitas yang bisa anda temui dan kunjungi di objek wisata nan indah ini.

Sebut saja seperti jembatan awan yang membuat anda seolah olah berada di antara awan, kemudian sarang burung raksasa yang bisa anda jadikan tempat berfoto seolah olah sedang berada di sarang sang predator udara.

Atau jika anda menyukai cerita di Film The Hobbit, maka dengan mengunjungi lokasi objek wisata buatan ini akan membuat anda melihat bagaimana rumah para Hobbit tersebut.

Selain fasilitas yang sudah disebutkan tadi ada juga beberapa fasilitas lain yang tidak kalah indah. Semua fasilitas yang disediakan di Tenjo Laut bisa dinikmati oleh semua umur, jadi baik anda datang bersama keluarga, teman atau pasangan anda tetap bisa menikmati momen liburan yang menyenangkan.

Wisata Alam Tenjo Laut Yang Asyik Dan Memikat Di Kuningan
Photo by Google Maps Nidu Nerazzuri

3. Tempat yang Cocok untuk Melepaskan Penat

Dari alam yang begitu indah hingga fasilitas penunjang yang tidak kalah indahnya membuat objek wisata yang berada di atas ketinggian ini bisa menjadi solusi liburan untuk anda yang merasa banyak masalah. Ketika menghirup udara segar dari pegunungan dan menikmati semua fasilitas yang ada anda akan bisa melupakan semua masalah anda untuk sesaat.

Tidak hanya merasakan hawa pegunungan dan menikmati fasilitas saja yang akan membuat anda lebih rileks. Namun dengan pemandangan alam yang luar biasa indah dari ketinggian juga akan menjadi obat yang paling mujarab bagi anda yang sedang merasa tertekan atau sedang memiliki masalah.

Terlebih lagi lokasi dari objek wisata nan sempurna ini yang berada jauh dari keramaian membuat anda bisa dengan leluasa meninggalkan semua masalah dan kepenatan anda untuk sesaat. Nikmati waktu liburan anda bersama keluarga atau orang terdekat di tempat yang tepat akan menjadi obat yang paling mujarab untuk menyelesaikan masalah yang ada.

4. Kuliner Sekitar yang Enak

Walaupun kebanyakan orang datang ke objek wisata kekinian ini untuk liburan namun ada juga wisatawan yang menyempatkan diri untuk mencoba masakan yang ada di area wisata tersebut.

Ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman khas Jawa Barat dan sekitar yang membuat para wisatawan bisa menikmati momen liburan mereka dengan masakan yang luar biasa nikmat.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alam Tenjo Laut Di Kuningan
Photo by Google Maps widi sn

Tenjo Laut berada di Kecamatan Cigugur, Dusun Palutungan, Kabupaten Kuningan, Desa Cisantana, Provinsi Jawa Barat. Untuk rutenya anda bisa mengambil ruta awa atau patokan dari Stadion Mashud Wisnusaputra Kuningan di Jl. Siliwangi menuju ke Kantor Pos Indonesia Kuningan lalu belok kanan ke Jl, Ahmad Yani.

Dari Jl. Ahmad Yani terus lurus hingga masuk ke Jl. Raya Cigugur dan masuk ke Jl. Raya Cigugur – Palutungan. Tetap di Jl. Raya Cigugur – Palutungan hingga masuk ke Jl. Malaram lalu masuk ke Jl. Pejambon dan sampai di pertigaan Palutungan Bike Park. Dari sini silahkan belok kanan lalu ikuti jalan tersebut hingga sampai di lokasi wisata.

Total perjalanan dari Kabupaten Kuningan ke objek wisata buatan nan indah ini bisa ditempuh selama 34 menit dengan kendaraan bermotor. Untuk panjang rutenya sendiri sekitar 13 kilometer dan masih ada beberapa jalan yang belum memiliki nama, jadi jika anda bingung silahkan tanya kepada warga sekitar agar tidak sampai salah ambil jalan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Masuk Wisata Alam Tenjo Laut Di Kuningan
Photo by Google Maps M. IMRON HANAFI Local Guide

Untuk harga tiket masuk Tenjo Laut terdapat 2 jenis dimana untuk hari kerja atau weekday dan hari libur atau weekend. Dimulai dari weekday dimana harga masuk untuk pelajar seharga Rp 10.000 per orang dan orang dewasa seharga Rp 13.000 per orang.

Sedangkan untuk weekend harga masuk pelajar adalah Rp 10.000 per orang dan orang dewasa seharga Rp 15.000 per orang. Selain harga tiket masuk anda juga harus memperhatikan jam buka dari objek wisata yang terkenal dengan rumah Hobbit ini.

Dimana untuk jam bukanya sendiri mulai dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 18.00 sore. Silahkan sesuaikan dengan jadwal kosong anda dan perhatikan waktu buka dan tutup agar anda bisa menikmati liburan dengan puas.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Tenjo Laut Kuningan
Photo by Google Maps Sri Yulianti

1. Berfoto

Salah satu kegiatan wajib yang harus anda lakukan ketika mengunjungi Tenjo Laut adalah berfoto. Dengan banyaknya fasilitas yang akan menjadikan foto hasil jepretan kamera anda semakin indah seperti rumah Hobbit, sarang burung raksasa, jembatan awan, dan masih banyak fasilitas lainnya.

2. Menikmati Alam Sekitarnya

Kegiatan menarik selanjutnya yang wajib anda lakukan ketika datang ke objek wisata yang berlokasi di Jawa Barat ini adalah menikmati alam sekitarnya. Dengan lokasi yang berada diatas ketinggian membuat para wisatawan akan dengan nyamannya menikmati hawa pegunungan yang sejuk dan adem.

Selain susanah nyaman tersebut anda juga bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indah. Dari kejauhan anda akan menyaksikan begitu banyak pohon hijau dan alam yang sangat indah berbeda dengan pemandangan yang sering anda lihat di kota.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Tenjo Laut Kuningan
Photo by Google Maps Sri Yulianti

3. Bermain

Kegiatan selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah bermain bersama anak, teman, pasangan, keluarga, atau orang terdekat. Di Tenjo Laut juga ada sebuah lokasi yang bisa anda gunakan untuk bermain beramai-ramai dan menikmati liburan anda dengan sangat puas.

4. Wisata Kuliner

Walaupun objek wisata super keren ini merupakan wisata buatan dan alam, namun anda juga bisa menikmati wisata kuliner disini. Terdapat beberapa warung makan yang menjual makanan khas dengan bumbu spesial yang akan membuat anda tergoda untuk mencicipinya.

Dengan adanya warung ini juga bisa menjadi jawaban bagi wisatawan yang tidak membawa bekal ketika berlibur.

Fasilitas di Kawasan Wisata Tenjo Laut

Fasilitas Di Wisata Alam Tenjo Laut Kuningan
Photo by Google Maps Tenjo Laut

1. Lahan Parkir

Fasilitas paling pertama yang akan anda temukan di objek wisata kekinian ini adalah lahan parkir. Di lahan ini anda dapat memarkirkan kendaraan anda tanpa takut hilang karena akan dijaga oleh para security atau keamanan selama anda menikmati waktu liburan anda.

Namun untuk barang berharga sebaiknya bawa bersama anda untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Fasilitas Foto

Selanjutnya ada beberapa fasilitas foto yang bisa anda gunakan ketika menginjakan kaki di Tenjo Laut. Fasilitas-fasilitas tersebut mulai dari rumah Hobbit atau kurcaci, sarang burung raksasa, jembatan awan dan beberapa fasilitas menarik lainnya.

Semua fasilitas tersebut bisa anda gunakan ketika membeli tiket masuk di pintu masuk wisata kekinian di Jawa Barat ini.

3. Warung Makan

Fasilitas berikutnya ada warung makan yang menyajikan banyak sekali makanan dan minuman. Di warung makan ini anda akan disuguhkan berbagai masakan dengan bumbu khas Jawa Barat dan sekitarnya yang akan membuat anda tergoda untuk merasakan kenikmatannya.

Demikian beberapa hal seputar Tenjo Laut sebuah objek wisata kekinian yang ada di Jawa Barat. Objek wisata ini sangat populer apalagi dikalangan remaja karena banyak sekali spot foto instagramable. Selain itu, harga tiket masuk yang cocok di kantong membuat wisata kekinian ini tidak sepi akan pengunjung.