Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Populer di Tasikmalaya, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Populer dan Terhits yang Bisa Menjadi Referensi Tujuan Liburan Anda.

Tasikmalaya merupakan salah satu kawasan di Jawa Barat bagian selatan yang memiliki potensi wisata melimpah. Di bagian utara Tasikmalaya merupakan kawasan pegunungan, di sana Anda bisa menemukan berbagai keindahan alam. Jika Anda suka dengan pantai, Anda bisa menuju selatan Tasik.

Hampir di seluruh bagian Tasikmalaya menghadirkan objek wisata menarik seperti sungai, pantai, pegunungan bahkan taman bermain. Apakah Anda penasaran seperti apa keunikan tempat tersebut? Berikut daftar tempat wisata terbaik di Tasikmalaya yang bisa Anda pilih.

1. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng
Image Credit: Wikipedia.org

Curug Dengdeng merupakan salah satu air terjun yang cukup istimewa dibandingkan dengan air terjun lain yang ada di Tasikmalaya. Air terjun ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan malah mirip dengan aliran sungai. Hanya saja ada sekitar tiga tingkatan yang memiliki keunikan tersendiri di setiap susunannya. Ada tingkatan yang alirannya kecil, sehingga bagian bawahnya bisa digunakan untuk berenang atau sekedar bermain air.

Bahkan, ada kubangan kecil menyerupai kolam renang alami. Air di sini masih sangat jernih dan juga menyejukkan. Jadi, Anda bisa berendam sekaligus menikmati keindahan alam di sekitarnya. Jika Anda suka mengambil foto dengan latar belakang pemandangan indah, Curug Dengdeng adalah pilihan yang sangat tepat. Hampir semua bebatuan bertingkat di sini memiliki bentuk yang indah dan cocok untuk lokasi fotografi.

Lokasi: Cikatomas, Tawang, Kec. Pancatengah, Kab. Tasikmalaya.

2. Tonjong Canyon Cipatujah

Tonjong Canyon Cipatujah
Image Credit: Radartasikmalaya.com

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Tasikmalaya adalah Tonjong Canyon Cipatujah. Sungai ini sangat indah karena warnanya agak Tosca kalau dilihat dari kejauhan. Sekilas tampilannya jadi mirip dengan air di laut yang bebas sampah. Di sisi kanan dan kirinya pun terdapat tebing batu cukup tinggi dan bermotif kecokelatan. Sedangkan pada bagian atasnya banyak vegetasi hijau yang akan menambah suasana semakin nyaman.

Lokasi: Nagrog, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya.

3. Curug Agung Galunggung

Curug Agung Galunggung
Image Credit: Google Maps (Yogi Andreansyah)

Curug yang satu ini merupakan air terjun yang sangat besar berlokasi di dekat Gunung Galunggung. Ketinggiannya mencapai 80 meter dari dasar dan dapat mengalirkan air dengan debit yang sangat deras. Jika berada di dekatnya, akan membuat tubuh terasa dingin karena sensasi dari percikan air berbentuk embun. Selain itu, di bagian kanan dan kiri air terjun juga masih sangat alami dengan berbagai macam tumbuhan yang hijau.

Lokasi: Jl. Ke Kawah, Linggajati, Kec. Sukaratu, Kab. Tasikmalaya.

4. Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik
Image Credit: Sanjayatour.com

Berada di Jalan Mohammad Hatta, Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya, Taman Wisata Karang Resik merupakan destinasi wisata yang dibuat seperti taman bermain. Hanya saja wahananya memiliki konsep yang sangat alami karena menyatu dengan alam. Pengelola mengintegrasikan aneka tumbuhan, sawah hingga sungai untuk memberikan pengalaman liburan yang mengasyikkan. Tempat wisata ini cocok untuk dijelajahi dengan keluarga, bahkan pasangan.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Cirebon Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Jl. Mohamad Hatta, Sukamanah, Kec. Cipedes, Kab. Tasikmalaya.

5. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta
Image Credit: Tempatwisata.pro

Pantai Sindangkerta merupakan salah satu pantai yang memiliki beberapa hal menarik saat dikunjungi. Salah satunya adalah keindahan alam di sore hari, ketika matahari terbenam. Selain itu, suasananya masih sangat asri karena belum ramai dikunjungi oleh wisatawan. Jika Anda datang kesini di saat pagi hari, pantai serasa milik pribadi. Anda juga bisa menikmati keindahan alam pada saat laut sedang surut. Keindahan biota laut yang tersisa di kubangan air sangat menawan.

Lokasi: Sindangkerta, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya.

6. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan
Image Credit: Youtube.com (Andri Bambang St)

Pantai Karang Tawulan merupakan salah satu pantai yang populer di Tasikmalaya. Pasalnya, pantai ini menyimpan cukup banyak pesona. Salah satunya adalah hamparan tebing karang yang curam dan tinggi di pinggirannya. Air laut akan langsung terpecah dan menimbulkan sensasi embun di udara bila mendekatkan diri di area sekitar bebatuan. Meski memiliki tebing yang banyak, ada juga ruangan di bagian bawah yang berisi pasir, sehingga Anda juga bisa bermain di area tersebut.

Lokasi: Cimanuk, Kalapagenep, Kec. Cikalong, Kab. Tasikmalaya.

7. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung
Image Credit: Superadvanture.co.id

Gunung Galunggung merupakan salah satu puncak tertinggi yang ada di Tasikmalaya. Di sini Anda bisa menikmati keindahan dari gunung beserta pemandangan dari hutan di sekelilingnya. Tidak mengherankan banyak wisatawan yang rela untuk melakukan trekking hanya untuk sampai ke puncak. Segala lelah bisa hilang dalam sekejap karena keindahan yang bisa disaksikan. Jika mengunjungi di malam hari, Anda bisa menikmati kerlip lampu kota yang menawan.

Lokasi: Linggawangi, Kec. Leuwisari, Kab. Tasikmalaya.

8. Jembatan Akar Santoaan

Jembatan Akar Santoaan
Image Credit: Ngabolangngabolang.blogspot.com

Jembatan Akar Santoaan merupakan jembatan yang terbentuk dari akar. Menariknya, semua akar di jembatan ini berasal dari tumbuhan yang masih hidup. Akar ini menyatu di kiri dan kanan sungai, sedangkan di bagian atasnya ada juga papan kayu dari warga agar akses dari ujung ke ujung jauh lebih mudah. Keindahan jembatan ini membuat banyak wisatawan datang ke lokasi ini untuk berburu spot foto yang menarik.

Lokasi: Kampung Tanglar, Tenjonagara, Kec. Cigalontang, Kab. Tasikmalaya.

9. Karaha Bodas

Karaha Bodas
Image Credit: Blogrifqi.blogspot.com

Karaha Bodas merupakan kawah muda yang memiliki potensi untuk tambang besar khususnya belerang. Jika Anda mengunjungi lokasi ini, akan terlihat batuan berwarna kuning yang merupakan belerang. Batu ini kerap digunakan untuk bahan kosmetik dan obat karena memiliki kandungan antiseptik yang tinggi. Selain itu, pemandangan alam seperti lembah dan hutan pinus bisa langsung dinikmati saat berada di sini.

Lokasi: Desa Kadipaten, Kec. Kadipaten, Kab. Tasikmalaya.

10. Kampung Adat Naga

Kampung Adat Naga
Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Kampung Adat Naga merupakan pedesaan yang berada di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Uniknya, kampung ini masih menjunjung tinggi adat istiadat dari masa lalu yang diturunkan nenek moyang. Segala hal yang ada di desa ini masih sangat tradisional dan alami meskipun ada modernisasi. Ketika memasuki Kampung Adat Naga Anda akan disuguhkan rumah adat berbentuk panggung khas Sunda yang sangat menakjubkan.

BACA JUGA:  Dago Dream Park, Taman Hiburan Kekinian di Lembang Bandung

Lokasi: Raya Salawu, Neglasari, Kec. Salawu, Kab. Tasikmalaya.

11. Bukit Kacapi

Bukit Kacapi
Image Credit: Ainonholidays.co.id

Bukit Kacapi adalah destinasi wisata yang bentuknya mirip dengan resor. Ada beberapa fasilitas pendukung seperti kolam renang dengan pemandangan pegunungan yang indah. Selanjutnya ada juga gazebo hingga spot menarik untuk berfoto. Sejauh mata memandang hanya ada perbukitan yang hijau. Udaranya pun sangat sejuk apalagi ketika pagi hari atau menjelang sore hari. Suasana seperti ini sangat cocok bagi Anda yang suka refreshing.

Lokasi: Tanjungkarang, Kec. Cigalontang, Kab. Tasikmalaya.

12. Curug Sawer

Curug Sawer
Image Credit: Dolanbae.com

Curug Sawer merupakan air terjun yang berbeda dari air terjun yang mengalirkan air berdebit besar. Aliran air curug ini cukup kecil dan menyebar. Jika dilihat sekilas lebih mirip dengan tirai, jadi Anda tidak perlu khawatir kalau ada di sekitarnya. Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan di sini adalah bermain air, mandi di sekitar curug, dan berburu foto dengan latar yang indah. Jangan lupa untuk menyiapkan pakaian ganti saat berkunjung ke sini.

Lokasi: Mandalamekar, Kec. Jatiwaras, Kab. Tasikmalaya.

13. Gunung Batu

Gunung Batu
Image Credit: Instagram @budirachman_

Destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Gunung Batu. Gunung Batu merupakan tempat wisata yang dulunya lokasi penambangan batu marmer. Ada banyak potongan batu berukuran raksasa di sini yang bentuknya balok. Karena sudah tidak terpakai, di sekitar batuan ini ditumbuhi oleh semak dan tampak alami. Hal menarik yang bisa Anda nikmati lagi adalah keindahan dari lemah yang ada di bawah Gunung Batu.

Lokasi: Mertajaya, Kec. Bojongasih, Kab. Tasikmalaya.

14. Jembatan Cirahong

Jembatan Cirahong
Image Credit: Instagram.com @labibmutashim

Jika Anda suka dengan wisata yang berbau mistis, Anda bisa mengunjungi Jembatan Cirahong. Jembatan ini memiliki banyak cerita seram dan sudah dipercaya oleh masyarakat yang ada di sekitar. Namun konstruksi jembatan yang unik dan cukup instagrammable ini membuat banyak sekali pengunjung hanya untuk mendapatkan fotonya. Memiliki panjang sekitar 200 meter, jembatan ini berdiri kokoh tepat di atas Sungai Citanduy.

Lokasi: Jl. Raya Cirahong, Panyingkiran, Kec. Ciamis, Kab. Ciamis.

15. Desa Wisata Taraju

Desa Wisata Taraju
Image Credit: Shutterstock.com

Desa Wisata Taraju adalah kawasan di Tasikmalaya yang dikelola dengan baik oleh masyarakat yang ada di desa tersebut. Bahkan desa ini memiliki sistem informasi yang cukup baik meskipun berada di pegunungan. Anda disuguhkan dengan kebun teh yang luasnya mencapai hektaran dan akan terlihat seperti permadani hijau dari kejauhan. Aktivitas menarik lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menjelajah ke kebun tehnya.

Lokasi: Jl. Raya Taraju, Deudeul, Kec. Singaparna, Kab. Tasikmalaya.

16. Pantai Pamayangsari

Pantai Pamayangsari
Image Credit: Jelajahitasik.blogspot.com

Pantai Pamayangsari merupakan pantai yang sangat menawan dan sudah dikelola dengan baik. Warga lokal menyediakan berbagai macam fasilitas seperti tempat makan dengan aneka hidangan seafood segar hingga perahu yang bisa disewa untuk berkeliling di sekitar. Untuk mengunjunginya, waktu terbaik adalah pagi hari atau menjelang sore. Di pagi hari ada banyak nelayan yang menjual hasil tangkapannya, sedangkan sore Anda disuguhkan dengan matahari terbenam.

Lokasi: Sindangkerta, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya.

17. Batu Paraga Salopa

Batu Paraga Salopa
Image Credit: Gramho.com

Berada di Mulyasari, Salopa, Tasikmalaya, Batu Paraga Salopa merupakan batuan yang tertata dengan rapi di pinggiran sungai. Keunikan tempat ini adalah batu yang terbentuk secara alami sejak ribuan tahun silam. Maka dari itu, banyak wisatawan yang datang ke sini untuk melihat keindahannya atau hanya sekedar bersantai di atas bebatuan ini. Sedangkan pada bagian bawah batu ada aliran sungai yang mengalir dengan sangat jernih.

BACA JUGA:  44 Tempat Wisata di Bogor Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Mulyasari, Kec. Salopa, Kab. Tasikmalaya.

18. Rumah Batu Karangnunggal

Rumah Batu Karangnunggal
Image Credit: Ngabolangngabolang.blogspot.com

Rumah Batu Karangnunggal adalah rumah yang seluruh komponennya terbuat dari bebatuan. Rumah ini dulunya dibuat oleh seniman setempat dan sayangnya saat ini sudah tidak terurus. Banyak bagian rumah yang sudah rusak, meskipun begitu tampilannya masih terlihat unik dan menarik. Saat ini di sekitar rumah batu ditumbuhi oleh semak belukar dan juga pepohonan. Namun, dengan kondisi seperti ini justru membuat banyak orang tertarik.

Lokasi: Desa Cibatu, Kec. Karangnunggal, Kab. Tasikmalaya.

19. Wisata Alam Pasir Kirisik

Wisata Alam Pasir Kirisik
Image Credit: Kecamatanpagerageung38.blogspot.com

Wisata Alam Pasir Kirisik awalnya merupakan bangunan villa milik keluarga yang cukup besar dan digunakan untuk kebutuhan pemiliknya sendiri. Namun, melihat potensi pasar yang besar, pengelola membukanya untuk umum. Fasilitas yang bisa dinikmati di sini ada kolam renang dan juga spot foto menarik. Wisata ini menawarkan pemandangan alam yang memesona. Rasanya tidak lengkap jika datang ke sini tidak membawa kamera. Terlebih ada beberapa mural 3D yang keren.

Lokasi: Desa Guranteng, Guranteng, Kec. Pagerageung, Kab. Tasikmalaya.

20. Teejay Waterpark

Teejay Waterpark
Image Credit: Hargaticket.com

Taman bermain ini merupakan lokasi yang cocok untuk dihabiskan bersama keluarga. Ada banyak sekali fasilitas dan wahana yang disediakan di tempat ini. Salah satunya adalah kolam renang yang lebar dan juga seluncuran yang mampu menguras adrenalin pengunjung. Selain itu ada juga tempat makan hingga pusat oleh – oleh pun ada juga di sini. Untuk memasukinya, tarif yang dipatok cukup terjangkau hanya sekitar 40 ribu rupiah saja.

Lokasi: Komplek Plaza Asia, Tuguraja, Kec. Cihideung, Kab. Tasikmalaya.

21. Pemandian Air Panas Ciawi

Pemandian Air Panas Ciawi
Image Credit: Jawabarat-info.blogspot.com

Pemandian Air Panas Ciawi merupakan tempat wisata untuk relaksasi dan juga pengobatan. Air yang digunakan pada pemandian tersebut berasal dari gunung, sehingga terjamin keasliannya. Kandungan airnya juga sangat kaya, khususnya mineral yang baik untuk tubuh bagi orang yang punya penyakit kulit. Fasilitas yang ditawarkan pun juga banyak. Tidak hanya kolam renang saja, tetapi ada juga tempat makan dan tempat oleh-oleh.

Lokasi: Pamoyanan, Kec. Kadipaten, Kab. Tasikmalaya.

22. Leuwi Citoe Pancatengah

Leuwi Citoe Pancatengah
Image Credit: Ngabolangngabolang.blogspot.com

Destinasi wisata Leuwi Citoe Pancatengah merupakan sungai yang dalam alirannya terdapat beberapa curug kecil dan agak curam. Meski demikian, debitnya tidak terlalu besar saat musim kemarau, sehingga Anda masih bisa bermain di pinggirannya. Air sungainya sangat jernih dengan warna yang agak kebiruan setengah hijau. Jika dilihat sekilas lebih mirip dengan air laut.

Lokasi: Desa Pangliaran, Kec. Pancatengah, Kab. Tasikmalaya.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Tasikmalaya. Ada banyak sekali keindahan alam yang disuguhkan daerah ini mulai dari curug, air terjun, sungai yang bening, pantai, hingga pegunungan yang menakjubkan. Tidak hanya itu saja, ada juga tempat wisata berkonsep theme park yang bisa didatangi dengan keluarga saat berlibur di daerah ini.