Apa Saja Tempat Menarik di Sumedang? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Sumedang, Jawa Barat. Destinasi Wisata Terbaru, Populer dan Terhits yang Layak Dieksplor Saat Liburan Tiba.

Sumedang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal dengan segudang pesona alamnya. Banyak objek wisata yang menarik dikunjungi jika Anda  berlibur ke daerah yang satu ini karena sebagian besar wilayah Sumedang merupakan dataran tinggi. Wisata yang disuguhkan pun sangat menakjubkan, mulai dari air terjun, danau, situs peninggalan sejarah, hingga spot menarik pasti tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Jika memiliki kesempatan ke kabupaten ini, berikut rekomendasi tempat wisata populer di Sumedang yang menarik dikunjungi untuk liburan yang berkesan.

1. Gunung Kunci

Gunung Kunci
Image Credit: Ruber.id

Meskipun nama yang melekat pada objek wisata ini adalah Gunung Kunci, bukan berarti lokasinya ada di gunung. Pasalnya kawasan wisata ini sebenarnya sebuah bukit kecil yang letaknya tidak jauh dari Alun – Alun Kota Sumedang dengan jarak sekitar 250 meter saja. Selain itu, tempat ini merupakan wisata bersejarah peninggalan dari Belanda. Anda  dapat menyaksikan peninggalan sejarah ini untuk melengkapi liburan di Kota Sumedang.

Lokasi: Kotakulon, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang.

2. Puncak Damar Baros Jatigede

Puncak Damar Baros Jatigede
Image Credit: Google Maps (andi dacho)

Pesona alam yang disuguhkan pada Puncak Damar Baros Jatigede membuat sensasi liburan Anda  menjadi tak terlupakan. Tempat wisata ini akan mengajak Anda  menikmati waduk Jatigede dengan dikelilingi perbukitan dari atas ketinggian. Bukan hanya bisa menikmati keindahan alam yang terhampar luas di hadapan Anda  saja, ada beberapa wahana yang sudah disediakan yang akan membuat momen liburan semakin berkesan.

Lokasi: Pakualam, Kec. Darmaraja, Kab. Sumedang.

3. Mata Air Sirah Cipelang

Mata Air Sirah Cipelang
Image Credit: Sumedangtandang.com

Destinasi wisata yang satu ini menjadi viral dan populer di media sosial. Pasalnya, mata air ini memancarkan pesona alam yang begitu berbeda dari tempat lainnya. Suasana alamnya yang masih sangat alami, bisa menjadi penawar lelah setelah melakukan rutinitas di setiap harinya. Terlebih, lingkungan di sekitar mata air dikelilingi pepohonan yang hijau dan rindang membuat suasana menjadi lebih asri, sehingga menyejukkan pandangan.

Lokasi: Cipamekar, Kec. Conggeang, Kab. Sumedang.

4. Eco Green Park Kampung Karuhun

Eco Green Park Kampung Karuhun
Image Credit: Travelspromo.com

Wisata ini bisa menjadi salah satu alternatif liburan bagi keluarga yang menyukai suasana santai dengan berbagai kegiatan seru. Tiket harga masuknya pun sangat terjangkau, Anda dapat menikmati pengalaman liburan berbeda dengan fasilitas yang disediakan. Misalnya, seperti camping ground, asrama outbond, kolam renang, ATV, hingga tempat makan yang bisa mengisi perut keroncongan, dan akan membuat Anda  betah berlama – lama di tempat ini.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai Dekat Bandung yang Paling Hits Buat Liburan

Lokasi: Jl. Pagarbetis, Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang.

5. Agrowisata Kampung Nangorak

Agrowisata Kampung Nangorak
Image Credit: Google Maps (Kemarin Sore)

Agrowisata Kampung Nangorak letaknya hanya sekitar 6 kilometer dari Alun – alun Kota Sumedang. Meskipun begitu, untuk mencapai lokasi wisata alam ini, jalur yang ditempuh tidaklah mudah karena ada beberapa tikungan yang tajam disertai medan yang menanjak. Namun, begitu tiba di lokasi tujuan, Anda  akan disuguhkan dengan hamparan pemandangan sawah yang menghijau dengan latar belakang gunung Tampomas yang cocok untuk menjadi spot menarik.

Lokasi: Margamekar, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang.

6. Kampung Wisata Toga

Kampung Wisata Toga
Image Credit: Kahijinews.com

Tempat wisata ini juga berada tidak jauh dari pusat Kota Sumedang. Suasana yang masih sangat asri dengan panorama alami yang indah mampu memanjakan mata Anda . Selain itu, ada berbagai fasilitas yang disediakan untuk menunjang aktivitas liburan pengunjung, misalnya, area outbond dan kolam renang. Dengan adanya fasilitas tersebut, Anda  bisa melakukan kegiatan seru, seperti hiking, arung jeram, gantole, memancing, dan bersepeda.

Lokasi: Sukajaya, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang.

7. Curug Sabuk

Curug Sabuk
Image Credit: Wisataalam77.blogspot.com

Curug Sabuk merupakan sebuah air terjun yang untuk sampai ke lokasinya, harus menempuh perjalanan yang terjal. Butuh waktu sekitar tiga jam dengan melewati sungai dan hutan. Meskipun begitu, saat tiba di air terjun, rasa lelah akan terbayar dengan pesonanya yang menawan dengan pemandangan dari empat curug di satu lokasi. Destinasi ini sangat cocok bagi Anda  yang mengaku pencinta alam.

Lokasi: Margamekar, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang.

8. Perkebunan Teh Margawindu

Perkebunan Teh Margawindu
Image Credit: Sumedangtandang.com

Liburan lebih seru jika sambil menikmati keindahan kebun teh yang hijau dengan hawa sejuk. Salah satu tempat yang bisa Anda  kunjungi adalah Perkebunan Teh Margawindu. Akses yang bisa dilewati untuk mencapai lokasi ini sangat mudah. Anda  bisa menggunakan kendaraan roda dua bahkan roda empat yang hanya ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit hingga 45 menit saja menuju arah selatan Kota Sumedang.

Lokasi: Desa Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang.

9. Wisata Alam Pangjugjugan

Wisata Alam Pangjugjugan
Image Credit: Facebook.com @OneTransportMajalengka

Wisata alam yang satu ini bisa menjadi alternatif tempat liburan jika berkunjung ke Kota Sumedang. Karena, tempat ini menyediakan berbagai fasilitas permainan yang cukup memadai mulai dari lapangan futsal, becak mini, area outbond, kolam renang, menunggang kuda, dan naik perahu. Anda  bisa melakukan kegiatan ekowisata dengan berkeliling kebun dengan menunggang kuda atau menyewa kereta wisata.

Tidak hanya itu saja yang disuguhkan oleh Wisata Alam Pangjugjugan, terdapat peternakan unggas, kambing, kelinci, sapi potong, dan sapi perah. Lokasi ini sangat cocok untuk dikunjungi dengan keluarga. Jika sudah lelah berjalan – jalan, Anda  bisa menikmati menu khas Sunda yang tentunya menggugah selera Anda  di tempat makan yang sudah disediakan di Wisata ini.

Lokasi: Dusun Babakan Anjun, RT. 3/10, Desa Cilembu, Kec. Pamulihan, Kab. Sumedang.

10. Situ Cilembang

Situ Cilembang
Image Credit: Ruber.id

Situ Cilembang termasuk wisata alam dengan pemandangan danau jernih seperti kristal. Apalagi jika terkena pantulan sinar matahari dengan langit yang biru, pesonanya begitu memukau untuk dipandang. Lokasinya yang masih belum terjamah oleh banyak orang, membuat pengelola untuk melarang pengunjung berenang agar kejernihan airnya tetap terjaga. Sehingga, tempat ini hanya cocok untuk digunakan sebagai spot menarik.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Alam di Majalengka yang Populer Buat Liburan

Lokasi: Hariang, Kec. Buahdua, Kab. Sumedang.

11. Arung Jeram Pangcalikan

Arung Jeram Pangcalikan
Image Credit: Facebook.com @Iwan.Setiawan

Bagi ada yang suka dengan petualangan, tidak ada salahnya untuk menghabiskan liburan di Arung Jeram Pangcalikan Sungai Cipeles. Kontur arus yang sangat kuat, akan membuat pengalaman yang tak terlupakan. Bahkan di beberapa spot sungai, ada tebing batu yang mengapit aliran sungai yang menantang ini. Eksotisme dari tempat ini tidak berhenti sampai di situ saja, karena saat musim kemarau air menjadi sangat jernih.

Lokasi: Desa Citepok, Kec. Paseh, Kab. Sumedang.

12. Curug Cinulang

Curug Cinulang
Image Credit: Google Maps (Bayu Suseno)

Seperti yang diketahui, sebagian daerah Sumedang terdiri dari pegunungan dan perbukitan, membuat banyak sekali destinasi wisata berupa curug. Salah satu yang populer bagi wisatawan adalah Curug Cinulang. Tempat ini ini menyuguhkan pemandangan alam yang begitu menawan dengan dua buah aliran air terjun yang deras. Ketinggian yang mencapai kurang lebih 50 meter ini menjadi latar belakang pas untuk berswafoto.

Lokasi: Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang.

13. Curug Ciputrawangi

Curug Ciputrawangi
Image Credit: Viasumedang.blogspot.com

Jika Anda  memutuskan untuk mendaki Gunung Tampomas, maka jangan lewatkan untuk singgah ke Curug Ciputrawangi. Anda  dapat memilih jalur Narimbang agar tiba di wisata alam yang indah satu ini. Untuk tiba di lokasi, Anda  harus melewati perjalanan yang cukup melelahkan dengan medan yang ekstrem. Namun ketika sampai di lokasi, rasa lelah Anda  akan terbayarkan dengan pemandangan asri disertai air yang masih segar.

Lokasi: Narimbang, Kec. Conggeang, Kab. Sumedang.

14. Curug Cigorobog

Curug Cigorobog
Image Credit: Kompas.com

Pegunungan yang ada di Sumedang tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang asri dan menyejukkan saja, tetapi juga semakin lengkap dengan keberadaan beberapa curug yang indah. Salah satunya adalah Curug Cigorobog yang ada di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan. Tiket harga masuknya yang murah dengan panorama alam di sekitar curug, dijamin akan memanjakan mata untuk menghabiskan waktu liburan di sini.

Lokasi: Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang.

15. Curug Cibayawak

Curug Cibayawak
Image Credit: Tempatwisata69.blogspot.com

Curug Cibayawak merupakan wisata alam yang layak untuk dikunjungi ketika berada di Sumedang. Air dengan ketinggian yang tidak seberapa ini menampilkan pemandangan yang indah dengan gugusan bebatuan besar di sekitarnya. Gemercik air yang tidak terlalu deras berpadu dengan pepohonan asri, menjadi lokasi yang tepat untuk bermain air dengan asyik. Spot indah ini tentunya sangat patut diabadikan sebagai pengalaman yang tidak bisa dilupakan.

Lokasi: Desa Jembarwangi, Kec. Tomo, Kab. Sumedang.

16. Puncak Gunung Batu

Puncak Gunung Batu
Image Credit: Instagram.com @andhry_setidjaboedi

Di Sumedang terdapat Puncak Gunung Batu yang tidak kalah dengan objek wisata alam lainnya yang menawarkan keindahan memesona. Menariknya lagi, lokasi ini kental akan nuansa mistis. Namun, pengalaman untuk menikmati pesona dari Kota Sumedang di ketinggian begitu berharga jika dilewatkan. Pepohonan yang ada di sekitar puncak, berpadu dengan corak bebatuan yang ada di sekitar menjadi alasan yang kuat untuk Anda  agar mengunjungi lokasi ini.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata Alam di Bogor yang Populer Buat Liburan

Lokasi: Rancabawang, Kec. tanjungsari, Kab. Sumedang.

17. Wisata Paralayang Gunung Lingga

Wisata Paralayang Gunung Lingga
Image Credit: Ihategreenjello.com

Wisata Paralayang Gunung Lingga berada di ketinggian mencapai kurang lebih 930 meter di atas permukaan laut. Anda  bisa melihat dengan leluasa pemandangan alam yang begitu menawan dari atas ketinggian. Tak berhenti sampai di situ saja, kawasan wisata ini menawarkan sensasi liburan yang tak terlupakan khususnya bagi Anda  yang memiliki hobi olahraga paralayang. Sambil menyalurkan hobi, Anda  bisa menyaksikan pesona alam yang begitu menakjubkan.

Lokasi: Cimarga, Kec. Cisitu, Kab. Sumedang.

18. Pemandian Air Panas Cileungsing

Pemandian Air Panas Cileungsing
Image Credit: Radarbandung.id

Liburan lebih seru jika berkunjung ke Cileungsing. Tempat ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda  yang ingin menyegarkan pikiran dan tenaga. Karena mata air yang dihasilkan di lokasi ini berasal dari pegunungan dan menghasilkan air panas alami. Berendam di kolam pemandian air panas mampu memberikan relaksasi yang menenangkan. Selain itu, Anda  juga akan mendapatkan manfaat bagi kesehatan khususnya mengatasi penyakit kulit.

Lokasi: Cilangkap, Kec. Buahdua, Kab. Sumedang.

19. Mata Air Cikandung

Mata Air Cikandung
Image Credit: Sumedangkab.go.id

Mata Air Cikandung berada di Dusun Sukasari, Desa Nyalindung, Kabupaten Sumedang, menawarkan keindahan alam yang masih sangat asri. Kesejukan ini berasal dari deretan pepohonan hijau yang ada di sekitar lokasi. Air yang mengalir ini membentuk sebuah danau kecil dengan air yang sangat jernih. Siapa pun yang datang ke mata air Cikandung akan merasakan kesejukan dan ketenangan yang mendalam karena kesegaran dari airnya.

Lokasi: Nyalindung, Kec. Cimalaka, Kab. Sumedang.

20. Kolam Renang Ranca Goyang

Kolam Renang Ranca Goyang
Image Credit: Wisatajabar.com

Apabila Anda  membawa keluarga untuk berlibur di Sumedang, salah satu lokasi yang paling tepat untuk dihabiskan bersama adalah Kolam Renang Ranca Goyang. Pengalaman seru yang tak bisa dilupakan bisa Anda  dapatkan di lokasi ini. Karena terdapat berbagai wahana dan kolam renang yang tersedia. Bahkan ada kolam renang yang cukup dangkal yang disediakan untuk pengunjung yang tidak begitu mahir dalam berenang.

Untuk bisa menikmati asyiknya liburan, Anda  harus menuju ke jalan Rancamulya, Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang. Selain itu, ada keunikan tersendiri dari tempat ini dibandingkan wisata yang lainnya. Pasalnya, kolam renang ini terletak pada penempatan pesawat bekas. Tempat tersebut berfungsi sebagai ruangan kuliner, sehingga Anda  dapat menikmati sajian di atas pesawat setelah lelah bermain di kolam renang.

Lokasi: Rancamulya, Kec. Sumedang Utara, Kab. Sumedang.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Sumedang yang layak Anda  eksplor saat liburan. Letaknya yang didominasi dengan pegunungan dan perbukitan membuat banyak sekali wisata alam yang bisa dijadikan alternatif liburan. Selain itu, panorama yang disuguhkan di setiap lokasi wisata begitu mengagumkan dengan keindahan alam yang masih asri, membuat wisata di Sumedang tidak bisa dilewatkan begitu saja.