Ingin Liburan di Sukabumi? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Sukabumi, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer dan Paling Hits Sebagai Tujuan Liburan yang Lebih Berkesan.

Tidak banyak yang mengetahui, jika Sukabumi memiliki banyak destinasi wisata yang indah. Biasanya, orang-orang akan lebih banyak memilih untuk pergi berwisata ke kota lain di daerah Jawa Barat yang lebih terkenal dibanding Sukabumi. Padahal, kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat ini memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah indah dan memesona.

Sukabumi yang dikenal dengan Kota Santri memiliki berbagai situs wisata edukasi, dan juga wisata alam menyimpan pesona yang menakjubkan. Berikut deretan tempat wisata di Sukabumi yang bisa Anda pilih.

1. Goa Lalay Pelabuhan Ratu

Goa Lalay Pelabuhan Ratu
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Goa yang menjadi salah satu tempat wisata di kawasan Pelabuhan Ratu ini, merupakan salah satu destinasi yang eksotis dan wajib untuk dikunjungi. Tak heran, Goa Lalay menjadi spot wisata favorit sejak dulu hingga kini. Terletak tidak jauh dari pusat kota, destinasi ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan menjadi daya pikat bagi para wisatawan. Berkunjung ke goa ini, Anda akan dimanjakan dengan suasana dalam goa yang sangat menakjubkan.

Rasanya tepat sekali goa ini dinamai dengan nama Goa Lalay yang berarti goa kelelawar, karena di dalam goa pengunjung akan disambut dengan banyaknya kelelawar yang tinggal disana. Tak heran, biasanya pengunjung akan memadati tempat wisata ini menjelang senja. Karena, pada sore hari seperti itu, jutaan kelelawar penunggu Goa Lalay akan mulai keluar dan berterbangan ke seluruh wilayah untuk mencari makan, lalu kembali pada saat menjelang pagi hari.

Lokasi: Jl. Pelita – Cipatuguran, Citarik, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

2. Kawah Ratu

Kawah Ratu
Image Credit: Yukpiknik.com

Berkunjung ke Sukabumi, tidak akan lengkap tanpa melakukan perjalanan wisata ke Kawah ratu. Kawah Ratu adalah salah satu destinasi wisata yang komplit, Anda bisa menikmati kesegaran air terjun, menikmati suasana menginap di camping ground dan juga melihat eksotisme alam berbentuk kawah dari hasil letusan gunung Salak beberapa waktu yang lalu. Anda akan dimanjakan dengan kecantikan hutan alami dalam hawa pegunungan yang sejuk.

Untuk menikmati Kawah Ratu lebih puas, Anda bisa memutuskan untuk menginap selama semalaman. Kawah Ratu dapat dituju dengan melakukan pendakian sejauh kurang lebih 3,5 km atau sekitar 1,5 jam. Setelah itu, Anda bisa berkemah di area camping ground yang juga memiliki tujuh curug di sekitarnya. Dan juga, Anda bisa menikmati segarnya hutan pegunungan dengan ribuan pohon damar dan banyak satwa liar yang berkeliaran di sekitarnya.

Lokasi: Desa Cidahu, Kec. Cicurug, Kab. Sukabumi.

3. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa
Image Credit: Indotualang.wordpress.com

Bagi Anda yang menyukai destinasi wisata air terjun yang segar, Curug Cigangsa di Sukabumi dapat menjadi pilihan berlibur selanjutnya. Disebut juga sebagai Curug Luhur, curug ini memiliki dinding batu berwarna kehitaman sebagai landasan air yang mengalir.

Curug ini berbentuk seperti tangga, dengan tiga tingkatan yang dihasilkan dari longsoran tanah diatasnya pada zaman dahulu. Tingkatan ini menjadikan gemericik airnya tidak begitu besar dan aman.

Lokasi: Pasiripis, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

4. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng
Image Credit: Wisatabagus.com

Jika Anda menyukai suasana pantai yang masih sepi dan menenangkan, Anda bisa coba untuk pergi ke Pantai Ujung Genteng di Sukabumi. Lokasinya masih sangat sepi dan asri sehingga pantai ini sering dijadikan tempat untuk orang-orang yang ingin liburan sendirian untuk menenangkan diri. Suasana sepi ini, didukung dengan udara yang sejuk dari angin pantai yang berhembus, dan hamparan pasir putih yang masih sangat bersih yang menjadi daya pikat pantai ini.

BACA JUGA:  20 Wisata Pantai di Garut Paling Hits Buat Liburan

Kawasan pantai yang sangat bersih ini juga menjadi salah satu spot surfing favorit, karena memiliki ombak pantai yang cocok untuk surfing, namun masih sangat aman. Daya pikat lainnya yang dimiliki oleh pantai ini adalah, adanya tempat penangkaran penyu yang terletak tidak begitu jauh dari kawasan pantai. Sehingga, Anda bisa melihat induk dan anak-anak penyu lucu dan dengan bebas berinteraksi dengan penyu-penyu di penangkaran tersebut.

Lokasi: Desa Gunung Batu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

5. Gedung Juang 45

Gedung Juang 45
Image Credit: Sukabumikota.go.id

Tidak hanya destinasi alam, Sukabumi juga memiliki banyak destinasi wisata sejarah yang cocok dikunjungi sebagai media edukasi wisata salah satunya Gedung Juang 45. Gedung lawas yang pernah dikuasai Jepang pada jaman penjajahan ini, akhirnya berhasil direbut oleh masyarakat Sukabumi dan dijadikan sebagai markas BKR.

Sekarang, gedung ini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata, Anda bisa mendapatkan foto-foto hits dengan latar gedung bersejarah yang megah.

Lokasi: Jl. Veteran 1 No.2, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

6. Lorong Bawah Tanah Peninggalan Belanda

Lorong Bawah Tanah Peninggalan Belanda
Image Credit: Dara.co.id

Sukabumi memang memiliki banyak peninggalan sejarah yang dijadikan cagar budaya. Salah satunya adalah lorong panjang bawah tanah peninggalan Belanda yang baru ditemukan, dan diharapkan menjadi salah satu wisata heritage.

Lorong bawah tanah ini memiliki panjang hingga 43,96 meter dengan tinggi 3 meter dan lebar 2,5 meter. Lokasi ini menjadi wisata edukasi, selain akan menjadi tempat yang bagus untuk berswafoto, Anda juga bisa belajar tentang sejarah.

Lokasi: Kec. Gunung Puyuh, Kec. Warudoyong, Kab. Sukabumi.

7. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja
Image Credit: Travelvit.com

Menjadi salah satu spot favorit peselancar di Sukabumi, Pantai Cimaja memang memanjakan pengunjungnya dengan deburan ombak yang besar. Tak heran, pantai ini sering melaksanakan acara surfing berskala nasional hingga internasional.

Pantai ini menjadi salah satu titik selancar yang memiliki ombak sangat memikat di Pulau Jawa. Biasanya, pantai ini akan ramai dikunjungi peselancar asing pada bulan Mei hingga Oktober.

Lokasi: Desa Cimaja, Kec. Cikakak, Kab. Sukabumi.

8. Puncak Darma

Puncak Darma
Image Credit: Klikterus.com

Dataran tinggi ini, menjadi salah satu destinasi wisata yang menyejukkan. Puncak Darma berada di ketinggian 230 meter di atas permukaan laut, dengan lanskap panorama yang luar biasa indahnya.

Dari puncak Darma, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan Teluk Ciletuh yang dikelilingi oleh keindahan tebing-tebing di sekitarnya, areal persawahan yang hijau membentang dan juga pantai Geopark Ciletuh yang indah.

Lokasi: Desa Girimukti, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

9. Danau Batu Bacan

Danau Batu Bacan
Image Credit: Shutterstock.com

Wisata air satu ini, sudah terkenal dengan keindahan pemandangannya yang indah. Perpaduan dari air berwarna biru kehijauan, dengan tebing-tebing tinggi berwarna keputihan akan memanjakan mata Anda.

Danau ini merupakan danau buatan dari sisa galian tambang, namun keindahannya tetap saja memuaskan siapapun orang yang berkunjung. Yang menjadikannya unik, air yang ada di danau ini seluruhnya berasal hanya dari air hujan yang tertampung.

Lokasi: Desa Bojongharja, Kec. Cikembar, Kab. Sukabumi.

10. Sumber Air Panas Cikundul

Sumber Air Panas Cikundul
Image Credit: Alimuakhir.com

Sumber air dengan ukuran seluas 4×6 meter persegi ini, memiliki kapasitas sebanyak 20 hingga 30 orang. Tidak hanya memiliki kolam, destinasi ini juga memiliki sejumlah kamar rendam bagi pengunjung yang tidak ingin berendam di kolam pemandian umum.

Sumber air panas ini, menjadi destinasi yang pas untuk dikunjungi bersama keluarga, selain untuk berlibur Anda juga dapat menikmati manfaat kesehatan dari berendam di sumber air panas tersebut.

Lokasi: Cikundul, Kec. Lembursitu, Kota Sukabumi.

11. Situ Gunung

Situ Gunung
Image Credit: Piknikdong.com

Destinasi ini menjadi salah satu primadona bagi seluruh wisatawan yang ingin berkunjung ke Sukabumi. Kawasan ini menjadi tempat yang pas untuk digunakan sebagai pilihan berlibur keluarga, terlebih jika Anda bosan dengan suasana perkotaan yang padat.

BACA JUGA:  15 Tempat Camping di Bandung yang Paling Hits

Danau luas dengan pemandangan indah dan pepohonan yang tinggi membuat Situ Gunung terkesan asri. Dan juga, destinasi ini memiliki ikon berupa jembatan gantung yang dapat memicu adrenalin.

Lokasi: Sukamanis, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi.

12. Mata Air Panas Cisolok

Mata Air Panas Cisolok
Image Credit: Okezone.com

Ketika sudah lelah berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Sukabumi, Anda perlu menyempatkan diri untuk mampir ke Mata Air Panas Cisolok. Spot alam yang masih sangat alami, ditambah sumber air panas yang dapat membuat rileks pengunjung menjadi daya pikat mata air ini.

Pengunjung merasakan mandi dengan air hangat di alam terbuka, dengan pemandangan sungai mengalir dan pepohonan yang rindang di sekitar tempat ini.

Lokasi: Cikahuripan, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

13. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar
Image Credit: Budaya-sukabumi.blogspot.com

Wisata Kampung Ciptagelar adalah salah satu kampung adat yang banyak dikunjungi wisatawan. Kampung ini terkenal dengan adatnya yang masih kental serta pemandangan sekitarnya yang sungguh asri.

Pemandangan sawah hijau yang membentang luas terlihat segar, ditambah dengan suara gemericik dari perairan sawah yang jernih. Destinasi ini cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menikmati suasana tenang yang berbeda dari perkotaan padat.

Lokasi: Sirnaresmi, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

14. Ciletuh Geopark

Ciletuh Geopark
Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Geopark ini menjadi salah satu Global Geoparks di dunia, yang baru saja disahkan oleh UNESCO. Geopark dengan luas wilayah sekitar 128.000 hektar ini, terdiri dari beberapa destinasi wisata yang mengagumkan.

Beberapa diantaranya adalah Vihara Dewi Kwan Im dengan patung Budha yang besar dan megah. Dan juga beberapa air terjun yang tersebar di sepanjang perjalanan Geopark, juga berbagai pantai yang indah di sekelilingnya.

Lokasi: Desa Girimukti, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

15. Bukit Karang Numpang

Bukit Karang Numpang
Image Credit: Google Maps (Ujang solehudin azhari)

Objek wisata yang baru saja dibuka ini, berupa hamparan bukit dengan tumbuh-tumbuhan kecoklatan yang indah. Savananya dipenuhi batuan karang yang memperindah pemandangan dari bukit ini. Selain memiliki savana yang indah, Karang Numpang juga memilih hamparan sabana yang cantik dan membawa kesan damai.

Pilihan destinasi ini, menjadi jalan mudah bagi pengunjung yang ingin mendaki, namun tidak memiliki banyak waktu pergi ke gunung.

Lokasi: Kebonmanggu, Kec. Gunung Guruh, Kab. Sukabumi.

16. Curug Aki

Curug Aki
Image Credit: Instagram.com @ramdansobandi

Pesona dari air terjun satu ini, memikat hati banyak wisatawan yang kagum akan panoramanya. Air terjun yang ini adalah salah satu aliran yang membentang di sepanjang Curug Cikaso. Curug Aki menawarkan panorama yang indah, dengan aliran air berwarna biru kehijauan yang disebabkan oleh ganggang di dalam air.

Debit air yang cukup deras, menambah suasana segar daerah sekitar curug, ditambah dengan pemandangan dari pepohonan yang rindang.

Lokasi: Desa Ciniti, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi.

17. Goa Buniayu

Goa Buniayu
Image Credit: Ainonholidays.co.id

Goa Buniayu atau biasa dikenal dengan Goa Cipicung dipetakan menjadi beberapa bagian. Goa eksotis ini menawarkan keindahan kealamian di dalam goa yang dipenuhi dengan stalaktit dan stalakmit yang indah.

Tidak hanya itu, ornamen di dalam goa lainnya juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menjelajahi wisata goa tersebut. Untuk menikmati perjalanan sepanjang goa, Anda bisa menghabiskan waktu selama 4 hingga 5 jam.

Lokasi: Cipicung, Kerta Angsana, Kec. Nyalindung, Sukabumi.

18. Taman Rekreasi Selabintana

Taman Rekreasi Selabintana
Image Credit: Masbei.com

Taman rekreasi satu ini cocok sebagai destinasi wisata keluarga karena memiliki fasilitas yang lengkap. Taman ini sudah ada sejak Zaman Belanda,tak heran beberapa tatanan dan arsitekturnya masih bergaya Belanda.

Selain itu, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan taman pinus yang tumbuh subur dan hamparan hijau dari rumput yang sangat pas dijadikan sebagai spot foto untuk dibagikan ke seluruh sosial media ataupun dicetak sebagai kenangan.

Lokasi: Sundajaya Girang, Kec. Sukabumi, Kab. Sukabumi.

19. Pulau Kunti

Pulau Kunti
Image Credit: Tribunnews.com

Pulau Kunti adalah pulau yang dulunya jarang dikunjungi, karena banyaknya desas-desus mengenai angkernya pulau ini. Dibalik mitos yang banyak beredar, padahal pulau ini menyimpan berjuta pesona yang mengagumkan.

Pulau ini memiliki hamparan pasir putih luas yang masih sangat bersih. Awalnya, pulau ini terbentuk karena tumpukan batuan konglomerat dan breksi yang sangat keras. Tumpukan batu ini, menjadi keindahan tersendiri bagi Pulau Kunti.

BACA JUGA:  20 Air Terjun (Curug) di Bogor yang Paling Indah & Hits

Lokasi: Mandrajaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

20. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang
Image Credit: Disukabumi.com

Salah satu pantai cantik lainnya, di kawasan Geopark Ciletuh adalah Pantai Palangpang. Pantai ini menonjolkan pemandangan hamparan pantai yang cukup luas, dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih.

Selain itu, Anda akan menikmati berbagai pemandangan indah, di sebelah kanan pantai, Anda bisa melihat indahnya Curug Cimarinjung. Selain itu pada pantai ini juga banyak ditemukan berbagai villa yang bisa dijadikan sebagai tempat menginap di pinggir pantai.

Lokasi: Desa Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

21. Batu Punggung Naga

Batu Punggung Naga
Image Credit: Mandrajaya.wordpress.com

Kawasan ini ini memiliki hamparan bebatuan memanjang berusia jutaan tahun, yang disebut dengan punggung naga. Meski hanya batu, nyatanya hamparan batuan ini memiliki pemandangan yang sangat indah.

Tidak hanya berusia jutaan tahun, batu-batu ini juga memiliki warna dan bentuk yang begitu unik, sehingga pas untuk dijadikan spot foto. Di sekitar kawasan Batu Punggung Naga juga dekat dengan pantai, sehingga Anda bisa melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.

Lokasi: Mandrajaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

22. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu
Image Credit: Google Maps (Simple Hayati)

Pantai yang sangat populer ini, menawarkan pemandangan yang eksotis dengan suasana yang mistis. Kawasan Pelabuhan Ratu terbilang lengkap dengan adanya pantai yang curam maupun pantai yang landai.

Pada beberapa bagian pantai, terdapat karang terjal berlatar cagar alam hutan dan gunung yang memuaskan mata. Suasana pantai yang sejuk, ditambah pemandangan yang indah tentunya membuat pantai ini menjadi destinasi favorit semua orang.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok – Pelabuhanratu, Citepus, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

23. Rumah Fantasi

Rumah Fantasi
Image Credit: Kompasiana.com

Merupakan salah satu objek wisata yang baru dibangun 2018 silam, Rumah Fantasi sudah banyak dikunjungi wisatawan . Destinasi ini adalah tempat wisata keluarga, yang ramah anak. Terdapat banyak spot kekinian yang bisa Anda jadikan sebagai latar belakang untuk berswafoto.

Rumah fantasi, juga memiliki berbagai fasilitas berupa permainan yang pastinya akan digemari oleh anak-anak yang ingin berekreasi.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.90, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

24. Bravo Adventure

Bravo Adventure
Image Credit: Traveloka.com

Bravo Adventure memiliki banyak wahana permainan yang seru, yang bisa dicoba oleh anak anak. Konsep kawasan wisata unik ini, adalah wisata alam yang digemari banyak wisatawan. Bravo Adventure menawarkan paket glamorous camping, yang akan memanjakan wisata dengan fasilitas camping di bangunan berbentuk unik, seperti kubah berwarna-warni. Tidak hanya itu, untuk Anda yang menyukai olahraga air, Anda juga bisa menikmati arung jeram yang ada disini.

Lokasi: Bantarselang, Sungai Citarik, Kec. Cikidang, Kab. Sukabumi.

25. Sabana Puncak Pilar

Sabana Puncak Pilar
Image Credit: Instagram.com @firdanabdullah

Meski menjadi salah satu kawasan wisata baru di Sukabumi, Sabana Puncak Pilar sudah diminati banyak orang. Sabana ini merupakan hamparan luas rerumputan yang segar, ditambah dengan paduan birunya langit akan memuaskan dan memanjakan mata Anda. Pemandangan yang ditawarkan begitu cantik, dengan hawa sejuk dari angin semilir yang membawa kesan tentram dan damai. Tidak hanya itu, Sabana Puncak Pilar memiliki spot dengan pemandangan sunrise yang indah.

Hal yang menarik, puncak ini juga menyediakan kawasan “glamping” atau glamour camping yang saat ini sangat digandrungi. Anda akan mendapatkan kenyamanan camping di kawasan hijau sejuk dengan fasilitas yang mewah seperti hotel. Dengan fasilitas menginap ini, Anda tidak akan ketinggalan untuk melewati malam di hamparan sabana dengan kerlip lampu yang indah. Dan, hawa sejuk dataran tinggi yang menambah suasana damai.

Lokasi: Ciwalat, Kec. Pabuaran, Kab. Sukabumi.

Sukabumi bisa dibilang hanya sebuah wilayah paling kecil di wilayah Jawa Barat, namun siapa sangka Sukabumi memiliki banyak tempat wisata yang dapat memanjakan wisatawan lokal maupun mancanegara. Kota kecil ini, memiliki paket destinasi wisata yang komplit yang tidak kalah indah daripada kota-kota lainnya yang sudah terkenal lebih dahulu di Jawa Barat. Sehingga, Anda bisa memasukkan Sukabumi ke dalam list kota yang harus dikunjungi untuk liburan selanjutnya.