Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Subang, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Populer dan Paling Hits yang Menyimpan Pesona Keindahan yang Memukau untuk Liburan Seru.

Menjelang liburan panjang akhir tahun, biasanya Anda dan keluarga akan mulai menyiapkan daftar tempat mengasyikkan yang bisa dikunjungi. Jika Anda ingin berlibur ke Jawa Barat dan memilih kota lain selain Bandung untuk dikunjungi, Anda bisa mempertimbangkan kota Subang untuk masuk ke daftar liburan anda.

Kabupaten yang juga dikenal sebagai wilayah penghasil nanas ini, memiliki berbagai macam destinasi menarik yang tidak kalah menakjubkan. Subang juga dikenal kental akan sejarah dan budaya yang memang wajib untuk Anda kunjungi. Berikut daftar rekomendasi tempat wisata populer di Subang yang bisa Anda pilih saat liburan.

1. Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Gunung Tangkuban Perahu
Image Credit: Yourbandung.com

Di Gunung ini, terdapat 3 kawah yang berbeda dan memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Pertama, Anda bisa melihat eloknya Kawah Domas yang begitu cantik. Kemudian, jika kalian ingin beranjak lebih jauh Anda akan menemukan Kawah Upas yang tidak begitu ramai dikunjungi wisatawan karena jalanannya yang terjal.

Terakhir, Anda bisa mengunjungi Kawah terbesar yakni Kawah Ratu yang menjadi salah satu kawah paling populer dikunjungi di Tangkuban Perahu.

Lokasi: Jl. Gunung Tangkuban Perahu, Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang.

2. Batu Kapur Curug Agung

Batu Kapur Curug Agung
Image Credit: Initeh2.blogspot.com

Masih membahas wisata alam, Anda bisa pergi ke salah satu destinasi wisata Subang yang patut dikunjungi selanjutnya adalah Batu Kapur Curug Agung. Tempat ini, menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, karena memiliki kolam air panas yang berada pada tempat pemandian Batu Kapur.

Kolam air panasnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai permasalahan kulit yang sering dialami, seperti kurap, panu pada punggung dan jamur.

Lokasi: Jl. Alternative Sagalaherang, Curugagung, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang.

3. Penangkaran Buaya Blanakan

Penangkaran Buaya Blanakan
Image Credit: Nurulfitri.com

Terkadang, wisata tidak hanya mementingkan perasaan gembira saja, melainkan ada pesan edukatif yang disampaikan pengelola terhadap pengunjung. Subang juga menyediakan tempat wisata edukasi salah satunya adalah Penangkaran Buaya Blanakan.

Pada penangkaran ini, terdapat kurang lebih 200 ekor buaya yang tinggal di dalam penangkaran ini. Tempat ini menjadi jujukan wisatawan yang ingin berekreasi sambil belajar mengenai macam-macam buaya.

Lokasi: Cilamaya, Kec. Blanakan, Kab. Subang.

4. Pantai Patimban Pusaka Negara

Pantai Patimban Pusaka Negara
Image Credit: Google Maps (yoppy sofian)

Pantai adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda berpergian ke wilayah manapun. Termasuk ketika Anda ingin pergi ke pantai di Subang yang tak sangat menarik. Pantai Patimban Pusaka Negara memiliki pesona keindahan pantai yang sangat eksotis.

Pantai ini dipenuhi oleh pohon kelapa di sepanjang jalanan pesisirnya. Pantai Patimban juga memiliki hamparan pasir yang luas dan landai, sehingga aman dan ramah bagi anak-anak.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sentul Bogor Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Dusun Patimban, Patimban, Kec. Pusakanagara, Kab. Subang.

5. Wisata Air Panas Ciater

Wisata Air Panas Ciater
Image Credit: Wisatamu.com

Pemandian air panas dengan luas lebih dari 20 ha ini, di desain dalam bentuk kolam dan kamar rendam. Untuk tiap masing-masingnya memiliki desain ruangan yang cukup unik dan istimewa untuk memanjakan pengunjung.

Tidak hanya itu, pengelola tempat ini juga memiliki berbagai fasilitas wisata yang cukup lengkap. Sehingga, Anda akan merasa betah dan ingin lebih lama berada di tempat ini. Selain mandi dan berendam, Anda juga bisa melihat pemandangan Wisata Air Panas Ciater yang elok.

Lokasi: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang.

6. Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa Wisata Sari Bunihayu
Image Credit: Trepelin.com

Desa yang terletak di kota Subang ini memiliki konsep wisata alam dan budaya. Sudah ada sejak 2002, Desa Wisata Bunihayu menawarkan keindahan alam khas daerah pedesaan yang masih sangat asri. Sehingga setiap berkunjung ke desa ini, Anda secara otomatis akan bisa menenangkan diri serta menciptakan perasaan yang damai.

Pada desa wisata ini, disediakan 11 villa yang bisa disewa untuk menginap, kolam ikan untuk memancing dan berbagai fasilitas lainnya.

Lokasi: Jalancagak, Kec. Jalancagak, Kab. Subang.

7. Desa Wisata Wangunharja

Desa Wisata Wangunharja
Image Credit: Ruang-guru1.blogspot.com

Kawasan desa ini juga banyak dijadikan sebagai desa rujukan untuk pelesiran. Desa Wangunharja menawarkan banyak kultur budaya serta adat istiadat yang masih kental dan bisa dipelajari langsung oleh wisatawan. Salah satu daya tarik pada desa ini adalah tiap tahunnya diselenggarakan acara Ruatan Bumi atau pesta rakyat.

Untuk menikmatinya, Anda bisa juga membeli paket wisata langsung yang berisi homestay yang di bundle dengan acara Ruatan Bumi tersebut.

Lokasi: Sanca, Kec. Jalancagak, Kab. Subang.

8. Curug Bentang

Curug Bentang
Image Credit: Instagram.com @rita_thamey

Jika berbicara mengenai air terjun di dengan pemandangan yang indah di Indonesia, rasanya sangat tidak mungkin Curug Bentang tidak ikut masuk ke dalam daftar. Curug Bentang, luas terbentang diantara aliran sungai yang berada diantara dua desa di Subang.

Curug bertingkat ini memiliki pemandangan yang sangat asri. Di sampingnya, terdapat beberapa makam tokoh Subang yang menjadi tetua. Sehingga, curug ini juga sering menjadi tempat untuk acara Ruwatan Bumi.

Lokasi: Cibitung, Kec. Ciater, Kab. Subang.

9. Ciater Highland Resort

Ciater Highland Resort
Image Credit: Pegipegi.com

Resort yang sangat terkenal di Subang ini, memiliki berbagai fasilitas yang menarik diantaranya adalah arena pacuan kuda. Arena pacuan kuda di Ciater Highland Resort termasuk memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

Selain pacuan kuda, tempat ini juga memiliki berbagai fasilitas menyenangkan lainnya untuk menunjang liburan anda. Diantaranya adalah villa dengan berbagai tipe, billiard, futsal, grass hill hingga camping ground yang akan membuat liburan Anda menjadi lebih berkesan.

Lokasi: Jl. Raya Ciater No.KM. 21, Cisaat, Kec. Ciater, Kab. Subang.

10. Kebun Teh Ciater

Kebun Teh Ciater
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Letak geografis kota Subang yang berada pada dataran tinggi, memang menjadikan wilayah ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai areal perkebunan. Salah satunya yang sering dijadikan mata pencaharian masyarakat sekitar adalah kebun teh.

Kebun teh Ciater menjadi salah satu spot yang paling digemari oleh fotografi di wilayah ini. Hijaunya perkebunan teh ini semakin terlihat cantik pada sore hari. Karena, dari tempat ini Anda bisa menikmati keindahan sunrise.

Lokasi: Ciater, Kec. Ciater, Kab. Subang.

BACA JUGA:  30 Tempat Wisata di Garut Terbaru & Terhits Buat Liburan

11. Taman Burung Sukamandi

Taman Burung Sukamandi
Image Credit: Tempatwisata.pro

Bagi Anda yang mencari tempat wisata edukasi yang cocok untuk liburan keluarga, Taman Burung Sukamandi menjadi salah satu tempat yang pas. Penangkaran burung ini ditanami dengan banyak pepohonan yang rimbun dan teduh.

Hal yang menarik dalam penangkaran ini, ratusan jenis burung di sini dibiarkan bebas berterbangan tanpa dikurung. Pada sore hari, Anda akan menyaksikan ratusan burung yang mulai kembali ke sarangnya.

Lokasi: Jl. BPTP, Sukamandijaya, Kec. Ciasem, Kab. Subang.

12. Wisata Mancing Lembah Gunung Kujang

Wisata Mancing Lembah Gunung Kujang
Image Credit: Kabarmancing.com

Bagi Anda yang senang melakukan aktivitas memancing, cobalah untuk berkunjung ke Wisata Pancing Terpadu Lembah Gunung Kujang. Kawasan memancing ini memiliki konsep rekreasi terpadu bagi para pengunjung.

Pada tempat wisata ini, tersedia tiga kolam pancing yang dilengkapi dengan saung dan restoran. Tidak hanya itu, anak-anak juga bisa bermain dengan puas di area bermain anak sembari menunggu Anda selesai memancing dan menikmati hasil pancingan.

Lokasi: Jl. Raya Gunung Tua, No. 11 KM. 8, Gunungtua, Kec. Subang, Kab. Subang.

13. Mata Air Cipondok

Mata Air Cipondok
Image Credit: Okypacker.wordpress.com

Salah satu wisata alam dengan air lainnya yang sangat sayang dilewatkan ketika berada di Subang adalah Mata Air Cipondok. Tempat wisata ini awalnya hanya digunakan untuk menampung air dari sumber, namun karena memiliki pemandangan yang indah akhirnya pengelola setempat menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata.

Mata air ini ramai dikunjungi pengunjung yang ingin berfoto di bawah air yang sangat jernih, seolah sedang berada di lautan.

Lokasi: Pasanggrahan, Kec. Kasomalang, Kab. Subang.

14. Curug Koleangkak

Curug Koleangkak
Image Credit: Satulensa.com

Air terjun ini memiliki pemandangan luar biasa yang sangat menakjubkan. Ketika sampai disana, mungkin Anda juga akan berdecak kagum karena keeksotisannya. Air terjun ini mengalir di bawah sebuah danau berwarna biru kehijauan yang sangat indah.

Banyak pengunjung yang datang untuk berenang, bermain air atau sekedar berfoto ria. Tak heran, tempat yang awalnya tersembunyi ini, cepat dikenali oleh masyarakat lewat sosial media dan menjadikan tempat ini ramai dikunjungi.

Lokasi: Desa Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang.

15. Curug Cina

Curug Cina
Image Credit: Aksarajabar.com

Curug yang memiliki tinggi hanya sekitar 50 meter ini, berada di ketinggian yang cukup aman untuk dijelajahi. Curug ini terletak di aliran Sungai Ciasem yang cukup besar. Curah air yang dikeluarkan memang lumayan deras, dan banyak batu besar dibawahnya yang membuat pemandangan pada curug ini semakin terlihat indah.

Daya tarik lainnya pada curug Cina ini adalah adanya sumber mata air hangat yang bisa digunakan untuk mandi dan berendam.

Lokasi: Desa Curugagung, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang.

16. Puncak Eurad

Puncak Eurad
Image Credit: Youtube.com (NetsGo Project)

Puncak Eurad ini merupakan salah satu tempat yang terkenal dan banyak didatangi oleh wisatawan lokal. Di tempat ini, Anda bisa meminum kopi pagi sambil menikmati indahnya pemandangan hijau yang membentang dari atas puncak. Pagi Anda akan menjadi lebih berkesan dengan suasana sejuk khas pegunungan yang sangat segar.

Sejauh mata memandang, Anda hanya akan melihat hamparan hijau yang sangat asri dan membuat perasaan menjadi damai.

Lokasi: Cibodas – Ciater, Wangunharja, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

17. Gracia Spa

Gracia Spa
Image Credit: Ngetripkemana.com

Spa ini merupakan salah satu pemandian air panas yang juga sering dikunjungi banyak orang. Gracia Spa menawarkan fasilitas mandi air panas dengan konsep yang lebih privat, sehingga Anda tidak perlu merasa risih seperti saat mandi di pemandian umum.

BACA JUGA:  15 Air Terjun (Curug) di Subang yang Paling Indah & Hits

Selain menikmati kesegaran mandi air panas, suasana di sekitar tempat spa juga tergolong sangat asri. Terdapat banyak pohon berukuran besar yang rimbun, sehingga membuat teduh suasana pemandian.

Lokasi: Jl. Blok Dawuan, Desa Cikondang, Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang.

18. Saung Mulan

Saung Mulan
Image Credit: Facebook.com (Desa Wisata Cibuluh)

Di Subang, terdapat desa wisata yang sangat terkenal dengan suasana malamnya, yakni Desa Wisata Cibuluh. Dalam desa ini terdapat suatu tempat yang seringkali didatangi banyak anak muda ketika malam, bernama Saung Mulan.

Setiap bulan purnama, biasanya Saung Mulan akan menggelar acara sederhana berupa pagelaran seni. Diantaranya adalah pagelaran karinding, kacapi yang bisa Anda nikmati sambil menikmati singkong dan pisang bakar yang disediakan.

Lokasi: Jl. Bolang 3, RT.15/RW.04, Cibuluh, Kec. Tanjungsiang, Kab. Subang.

19. Pemandian Tirta Alam

Pemandian Tirta Alam
Image Credit: Tempatwisata.pro

Ketika pergi berlibur bersama keluarga besar di Wilayah Subang, Anda bisa menjajal pemandian keluarga Tirta Alam. Pemandian ini menyediakan kolam renang berbagai ukuran yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.

Pada kolam renang anak-anak, juga disediakan papan seluncur dan ember tumpah yang sangat disukai. Tidak hanya bisa berenang, tempat ini juga menyediakan fasilitas berupa kolam ikan dan kolam untuk wahana permainan air seperti sepeda air.

Lokasi: Jl. Sagala Herang, RT. 11/14, Sagalaherang Kaler, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang.

20. Arung Jeram Sungai Cipunagara

Arung Jeram Sungai Cipunagara
Image Credit: King-adventure.com

Jika Anda dan keluarga menyukai olahraga air yang ekstrim dan bisa melatih kekompakan, Anda bisa mencoba untuk bermain Arung Jeram di Sungai Cipunagara. Anda akan diajak menerjang aliran sungai Cipunagara dengan perahu karet.

Nikmati kesegaran bermain di sungai sambil menikmati keindahan panorama area sekitar Sungai Cipunagara yang dipenuhi dengan pepohonan rimbun. Tak perlu khawatir, Anda akan didampingi oleh skipper profesional.

Lokasi: Pasanggrahan, Kec. Kasomalang, Kab. Subang.

21. Pantai Pondok Bali Subang

Pantai Pondok Bali Subang
Image Credit: Armitafibri.com

Meski bernama Pantai Pondok Bali, tempat wisata ini berada di Subang. Pantai ini memiliki ombak yang tidak ganas, sehingga ramah untuk dibuat berenang. Biasanya, masyarakat akan pergi ke pantai ini untuk bermain pasir dan memancing.

Ditambah lagi, dari pantai ini Anda juga bisa menikmati keelokan matahari terbenam yang memantulkan cahaya di permukaan air yang sangat cantik. Anda bisa menikmati ketenangan ketika berada di pantai yang indah ini.

Lokasi: Mayangan, Kec. Legonkulon, Kab. Subang.

22. Capolaga Adventure Camp

Capolaga Adventure Camp
Image Credit: Facebook.com @djoko.kuswanto

Tempat terakhir yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Subang adalah Capolaga Adventure Camp. Kawasan ini menawarkan pemandangan yang sangat unik untuk Anda dan keluarga.

Di tempat ini, Anda bisa menginap dengan pemandangan air terjun Cimuja, air terjun Karembong dan air terjun Sawer yang sangat menenangkan. Tidak hanya air terjun yang indah, jika dijelajahi lebih jauh Anda akan menemukan gua-gua yang sangat eksotis dan menarik.

Lokasi: Jl. Raya Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang.

Ketika berlibur ke daerah Jawa Barat, mungkin Subang menjadi salah satu wilayah yang jarang dipilih untuk dikunjungi. Padahal, Kabupaten Subang juga memiliki berbagai macam destinasi wisata yang tak kalah bagus dibanding kota-kota di Jawa Barat lainnya. Kota ini memiliki paket wisata yang lengkap dari wisata alam, wisata edukasi yang cocok untuk keluarga, hingga desa wisata yang masih sering membuat acara kebudayaan yang bisa dikunjungi wisatawan.