Ingin Liburan di Bogor? Periksa List Tempat Wisata Populer di Sentul Bogor, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Terhits dan Kekinian yang Dijadikan Tujuan Liburan Selanjutnya.

Kawasan yang terletak di daerah Babakan Madang, Kabupaten Bogor ini mulanya dikenal dengan sebutan kawasan Bukit Sentul. Sejak awal, Sentul City memang dibangun untuk menjadi kawasan perumahan untuk menciptakan hunian yang nyaman. Terletak di lokasi dengan panorama yang menakjubkan, kini Sentul City memiliki banyak destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Disebut sebagai kawasan “Kota Pegunungan” membuat wilayah ini mengunggulkan objek wisata dengan latar belakang dan suasana yang asri khas pegunungan. Berikut daftar tempat wisata terbaik di Sentul Bogor untuk mendapatkan liburan yang berkesan.

1. Sawah Segar Sentul

Sawah Segar Sentul
Image Credit: Instagram.com @sawahsegarsentul

Ketika berkunjung ke suatu tempat, rasanya tak pas sebelum menjajal wisata kulinernya. Di Sentul, baru-baru ini terdapat sebuah restoran yang sedang ramai menjadi perbincangan, dan ramai dikunjungi muda-mudi hits Sentul. Tempat Wisata ini memiliki suasana khas pedesaan dan pegunungan yang begitu asri, sejuk dan juga membuat nyaman siapapun yang datang kesini.

Anda dapat menikmati kelezatan makanan di hamparan sawah yang menghijau dan sangat luas. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari Sawah Segar Sentul. tempat makannya dibuat dengan konsep saung yang terletak di tengah sawah, sehingga Anda bisa menikmati makan siang dengan suasana yang segar. Anak-anak juga disediakan fasilitas berupa taman bermain yang cukup besar.

Lokasi: Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

2. Gunung Ciung

Gunung Ciung
Image Credit: Facebook.com @nsw.zztia

Meski disebut Gunung Ciung, sebenarnya kawasan ini hanyalah lahan luas yang terletak di sebelah Gunung Pancar dan penuh dengan banyak tanaman rimbun, sehingga membuatnya terlihat seperti gunung. Anda dapat melakukan camping dengan pemandangan luar biasa dari Gunung Salak dan juga Kota Bogor yang sangat indah dilihat dari atas wisata Gunung Ciung.

Menuju Gunung Ciung, Anda harus melakukan trekking dengan pemandangan perkebunan pisang dan durian. Trekking dilalui dengan jarak tempuh sepanjang 1,5 km, namun rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan Gunung Ciung yang begitu menakjubkan. Ditambah lagi dengan adanya kesegaran dari Leuwi Ciung yang ada di sekitar Gunung.

Lokasi: Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

3. Taman Fathan Hambalang

Taman Fathan Hambalang
Image Credit: Instagram.com @tamanfathan_hambalang

Wisata baru di Kawasan Sentul ini juga digemari banyak wisatawan yang ingin menikmati suasana asyik di kala senja sambil menikmati secangkir kopi hangat di Taman Fathan Hambalang. Anda tidak akan berhenti kagum dengan pemandangan dari Gunung Gede, Gunung Pangrango dan juga Gunung Pancar yang sangat luar biasa terlihat dari tempat wisata ini.

BACA JUGA:  Dago Dream Park, Taman Hiburan Kekinian di Lembang Bandung

Taman Fathan Hambalang banyak dikunjungi pada sore menjelang malam hari. Pengunjung disini banyak mengincar jam golden hour dan juga pemandangan sunset yang luar biasa indah. Ketika menjelang malam, kawasan ini akan dihiasi dengan lampu warna-warni yang gemerlap sehingga menambah kesan romantis. Banyak wisatawan yang datang untuk berswafoto dengan background keren ini.

Lokasi: Hambalang, Kec. Citeureup, Kab. Bogor.

4. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar
Image Credit: Rubrikwisata.com

Kawasan Jawa Barat memang banyak memiliki wisata hutan pinus yang terkenal, tak terkecuali di Sentul. Anda juga bisa menikmati segarnya berwisata di wisata hutan pinus sambil menikmati pemandangan sekitarnya yang akan memanjakan mata siapapun yang berkunjung kesini. Pohon-pohon yang menjulang terlihat lebih indah dengan pantulan sinar matahari yang muncul di sela-sela daun.

Fasilitas yang ditawarkan disini pun sangat lengkap, selain dapat berswafoto dengan latar belakang pemandangan yang luar biasa, Anda juga bisa melakukan aktivitas outbound. Zona Fun Games dan Corporate Team Building sudah disiapkan untuk mengisi waktu liburan anda. Anda pun bisa memilih untuk menginap di tempat tersebut, karena juga tersedia camping ground.

Lokasi: Jl Desa, Kampung Ciburial, RT.3/RW.3, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

5. Jungleland Sentul

Jungleland Sentul
Image Credit: Instagram.com @hannihandayani

Jika Anda ingin mengunjungi salah satu tempat wisata hits di Sentul, Anda bisa mengunjungi Jungleland Sentul. Tempat wisata ini menawarkan berbagai wahana menarik dengan konsep tematik yang menarik. Wahana utama dari Jungleland Sentul adalah Mysteria Carnivalia yang cocok dikunjungi oleh remaja dengan wahana seperti Magic Bike, Mega Drop maupun Fire Post.

Untuk zona Tropicalia, akan lebih cocok dikunjungi oleh anak-anak karena permainan yang ditawarkan juga cocok bagi anak-anak seperti Harvest Time, Water Plump dan juga Ship Adventure. Terakhir, zona Explora menjadi tempat untuk rekreasi dan belajar lebih jauh mengenai seluk beluk seputar dunia binatang yang sangat mengasyikkan bagi anak-anak.

Lokasi: Jl. Jungle Land No.1, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

6. Wisata Alam Fantasia Sentul

Wisata Alam Fantasia Sentul
Image Credit: Dictio.id

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata rekreasi keluarga dengan beragam wahana, barangkali Wisata Alam Fantasia Sentul adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Disini, Anda dapat memilih berbagai wahana dan permainan yang seru, mengasyikkan dan bahkan menantang. Berbagai wahana yang ditawarkan diantaranya, trampoline, bombomcar dan juga papan seluncur.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.1, Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

7. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari
Image Credit: Tabloidwisata.com

Di sekitar Sentul City, Anda juga akan menemukan Air Terjun Bidadari yang tak kalah menakjubkan. Destinasi wisata satu ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan juga kesegaran air terjun dari mata air pegunungan asli. Curug ini menjulang tinggi sekitar kurang lebih 50 meter tingginya. Semakin terlihat gagah dengan debit airnya yang sangat deras.

Pihak pengelola wisata ini, juga menyediakan kolam renang buatan bagi anak-anak dan dewasa yang ingin berenang di tempat wisata ini. Sehingga, Anda akan lebih aman berenang di kolam renang ini, dibanding dibawah air terjun langsung karena debitnya yang begitu deras. Meski begitu, Anda tetap bisa menikmati sensasi berenang dengan pemandangan air terjun yang indah.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Subang Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

8. Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya Sentul City
Image Credit: Google Maps (Benedict Evan)

Satu lagi kawasan edukasi di Sentul City yang wajib Anda kunjungi ketika liburan bersama keluarga. Taman Budaya Sentul City menonjolkan budaya Sunda, yang turut digambarkan di arsitektur bangunannya. Wisata ini menawarkan edukasi yang sangat lengkap, dari wahana rekreasi dan bermain, Education Program untuk anak-anak, hingga wisata budaya dan development program.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.1, Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

9. Eco Art Park Sentul City

Eco Art Park Sentul City
Image Credit: Instagram.com @viars_22

Di tepian Sungai Cikeas, terdapat salah satu destinasi wisata edukasi yang ramai dikunjungi wisatawan. Kawasan yang mengambil tema green property ini, juga menyediakan berbagai macam seni yang dikemas dengan banyak pengetahuan seputar energi. Sehingga kawasan ini sering dikunjungi anak-anak sekolahan yang sedang menjalankan program studi wisata dari sekolahnya.

Terdapat kata art ini, tampaknya bukan sembarangan disematkan begitu saja. Pihak pengelola memperkenalkan pengetahuan seputar energi dengan bentuk-bentuk yang tinggi dengan seni. Seperti salah satunya yang paling populer adalah bentuk parabola yang memiliki banyak warna dan dapat merekam suara anda. Selain itu, terdapat Sculpture Garden yang juga tak kalah cantik.

Lokasi: Cipambuan, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

10. Kampoeng Koneng

Kampoeng Koneng
Image Credit: Detik.com

Kampoeng Koneng di Sentul menawarkan pedesaan dengan tema Ala Negeri Sakura, namun dengan budaya lokal khas pedesaan Jawa Barat. Perpaduan dua budaya ini, dikemas dengan indah di Kampoeng Koneng Sentul. Anda dapat menikmati berbagai sajian kuliner tradisional Indonesia dengan berbagai macam pilihan. Tak heran, tempat ini menjadi salah satu pusat kuliner di Sentul.

Tidak hanya menikmati kelezatan makanan tradisional yang beragam, disini Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan dan suasana yang menyegarkan. Tempat makannya berbentuk gazebo – gazebo kecil yang dapat membuat suasana makan besar Anda bersama keluarga menjadi lebih intim. Anda juga dapat menikmati keindahan taman indah yang terletak di depan gazebo.

Lokasi: Jl. Raya Tapos, RT.03/RW.04, Sentul Selatan, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

11. Sentulfresh Education Farm

Sentulfresh Education Farm
Image Credit: Gogoel Maps (Sentulfresh Edufarm Program)

Wisata edukasi di Kawasan Sentul satu ini sangat ramai dikunjungi oleh banyak murid sekolah dasar yang sedang melakukan program studi wisata dari sekolahannya. Benar saja, di tempat ini Anda tidak hanya dapat berwisata, namun juga dapat banyak belajar dan lebih dekat dengan alam. Seperti namanya, Sentulfresh Education Farm menyuguhkan edukasi mengenai peternakan dan pertanian.

Anak-anak akan dapat dengan bebas berinteraksi dengan banyak hewan ternak yang ada disana. Paket wisata disini juga menawarkan untuk memberi makan burung, melakukan observasi hingga yang paling banyak diminati adalah aktivitas memerah susu sapi. Tempat ini juga menyediakan 4 macam paket wisata yang cocok untuk acara sekolah maupun keluarga.

Lokasi: Cijulang, RT.03/RW.03, Cadas Ngampar, Kec. Sukaraja, Kab. Bogor.

12. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong
Image Credit: Google Maps (istiyanah ayuningtiyas)

Anda mungkin pernah mendengar pasar apung yang ada di Banjarmasin? Kurang lebih, semacam itulah konsep yang ada di Pasar Ah Poong Sentul. Berada di bangunan berbentuk kapal yang megah di pinggir sungai, pasar ini sudah menjadi kawasan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin merasakan sensasi berbelanja di pasar terapung seperti di Banjarmasin.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Majalengka Terbaru & Terhits Buat Liburan

Meski memiliki konsep yang mirip, namun Pasar Ah Poong tidak menjual kebutuhan sehari-hari seperti pasar terapung di Banjarmasin. Disini, Anda akan menemukan berbagai macam menu kuliner yang akan memanjakan lidah anda. Terasa semakin istimewa dengan suasana makan di restoran dengan pemandangan Sungai Cikeas dan suasana Sentul City yang terasa sejuk.

Lokasi: Jl. MH. Thamrin No.Kav.8, Cipambuan, Kec. Sukaraja, Kab. Bogor.

13. Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Youtube.com (Yusrizal)

Ketika Anda sudah penat melihat pemandangan kota yang sesak, berkunjunglah ke Leuwi Hejo di Sentul untuk mengistirahatkan pikiran anda. Curug kecil ini, sering disebut sebagai pecahan surga kecil oleh banyak orang. Rasanya pantas saja disebut demikian, pasalnya ketika melihat pemandangan di tempat ini, Anda akan serasa berada di surga dunia walau hanya sejenak saja.

Wilayah di sekitar curug ini, masih sangat hijau dan asri sehingga suasana di sekitarnya pun juga terasa menyejukkan. Di sekitar curug, terdapat tebing-tebing yang menjulang berwarna kecoklatan dan menjadi tempat tumbuhnya banyak semak hijau yang rimbun. Pemandangan tersebut berpadu sempurna dengan suara gemericik dari air terjun yang mengalir begitu jernih.

Lokasi: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

14. Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang
Image Credit: Denubay.com

Di Sentul City, Anda juga akan menemui sebuah goa kecil yang menyimpan panorama eksotis di dalamnya. Untuk masuk kedalam goa, Anda bisa menggunakan tangga kecil yang sudah disiapkan oleh pengelola. Bersiaplah untuk tak bisa berhenti takjub dengan pemandangan dalam goa yang begitu eksotis dengan batu-batuan berwarna putih kecoklatan yang dialiri air yang jernih.

Lokasi: Jl. Ptp Terusan, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

15. Epic Outbound

Epic Outbound
Image Credit: Epicoutboundsentul.com

Epic Outbound menjadi tempat wisata yang cocok digunakan bagi Anda yang ingin mengadakan family ataupun company gathering. Tempat wisata yang terletak di sebuah lahan hijau yang sangat luas ini menawarkan berbagai macam wahana outbound yang menarik. Anda dapat memanfaatkan waktu liburan untuk bonding dengan anggota keluarga dan dikemas dalam bentuk outbound.

Tidak hanya outbound, Anda juga bisa melakukan piknik dengan fasilitas yang tidak kalah dengan hotel. Aktivitas yang biasa disebut glamping ini, memang tengah marak dilakukan oleh masyarakat akhir-akhir ini. Anda akan mendapatkan fasilitas berupa akomodasi, dapur, kamar mandi, tenda dan juga tempat tidur yang memiliki view pemandangan yang menyejukkan mata.

Lokasi: Jl. Durian Raya No.6, Sukaraja, Kec. Sukaraja, Kab. Bogor.

Ketika berkunjung ke Sentul, Anda tidak hanya akan disuguhkan dengan panorama yang indah dan suasana menyejukkan. Anda juga dapat menikmati beragam destinasi wisata alam, maupun wisata edukasi yang terletak di sekitar Sentul. Kawasan ini, menjadi salah satu tempat yang pas digunakan untuk menghabiskan waktu liburan panjang ataupun weekend bersama keluarga anda.