Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Purwakarta, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Layak Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Purwakarta.

Sebagai salah satu kota tua yang berdiri di abad ke 17 dengan topografi meliputi daratan, pegunungan, perbukitan dan danau, membuat Purwakarta di Jawa Barat memiliki potensi cukup besar di sektor pariwisata baik itu wisata alam maupun sejarah.

Potensi yang dimiliki Purwakarta tersebut diperkuat lagi dengan lokasi geografisnya yang strategis, sehingga memiliki segudang wisata dengan panorama alamnya yang begitu menakjubkan bagi para wisatawan. Berikut ulasan berbagai tempat wisata terbaik di Purwakarta yang bisa Anda pilih saat berlibur.

1. Taman Air Mancur Sri Baduga Maharaja

Taman Air Mancur Sri Baduga Maharaja
Image Credit: Tempo.co

Tempat wisata yang pertama ini disebut sebut sebagai Taman Air Mancur terbesar di Asia Tenggara yang keindahannya tak kalah dari Air Mancur Wing of Time di Singapura. Air Mancur Sri Baduga Maharaja ini dikelilingi oleh taman seluas 2 hektar, yang mampu memancarkan air setinggi 6 meter yang menari nari diiringi irama musik yang harmonis serta light effect dari sinar laser yang berwarna warni.

Keindahan air mancur ini menjadi semakin sempurna karena berada di Situ Baleud yang memiliki luas sekitar 4 hektar. Tak hanya menyaksikan air mancur, Anda juga bisa bermain dengan berbagai wahana mobil mobilan yang berhias lampu. Pemandangannya yang begitu indah, membuat banyak orang mengabadikan momen tersebut sebagai salah satu kenangan yang tak terlupakan.

Lokasi: Jl. K.K Singawinata No.73, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

2. Waduk Cirata

Waduk Cirata
Image Credit: Antaranews.com

Waduk Cirata ini merupakan waduk tertinggi di Indonesia yang menempati lahan seluas 43.000 hektar yang membentang antara tiga kabupaten yaitu Purwakarta, Bandung, dan Cianjur. Destinasi wisata ini menampung aliran sungai Citarum yang dimanfaatkan sebagai PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air, yang dapat menghasilkan daya listrik sebanyak 1.000 MW. Waduk Cirata juga memiliki pemandangan yang sangat indah, karena dikelilingi oleh perbukitan nan hijau.

Lokasi: Kab. Purwakarta, Kab. Cianjur, Kab. Bandung Barat

3. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur
Image Credit: Pasundanekspres.co

Waduk serbaguna yang pertama di Indonesia ini dibangun pada tahun 1957 yang dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti PLTA, budidaya ikan, bahan baku air minum, irigasi pertanian, hingga destinasi wisata. Waduk Jatiluhur merupakan salah satu wisata air yang menjadi kebanggaan kabupaten Purwakarta. Karena di Purwakarta tak memiliki batas laut, sehingga waduk ini bisa dijadikan alternatif wisata perairan terbaik.

Latar belakangnya yang perbukitan dan pegunungan yang menjulang tinggi serta pepohonan yang rindang, membuat destinasi wisata ini menghadirkan suasana yang sejuk, asri, dan juga damai. Tak hanya keindahan panoramanya saja, para wisatawan juga banyak yang tertarik datang kesini. karena terdapat berbagai fasilitas lainnya, seperti menikmati pemandangan dari atas permukaan air sambil memancing dengan menyewa perahu.

Lokasi: Desa Kembang Kuning Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta.

4. Grama Tirta Jatiluhur

Grama Tirta Jatiluhur
Image Credit: JalajahNusae.com

Dengan adanya pesona wisata di Waduk Jatiluhur, Pemerintah setempat melalui Perum Jasa Tirta II membangun sebuah kawasan wisata terpadu yang diberi nama Grama Tirta Jatiluhur. Di tempat wisata ini para pengunjung dapat menikmati berbagai macam wisata air, mulai dari berperahu, bersepeda air, berenang di kolam, berselancar, outbound atau berkemah. Tak hanya itu, terdapat pula Jatiluhur Convention & Resort Hotel.

Terdapat pula Jatiluhur Waterworld dengan berbagai wahana permainan air bagi anak anak hingga orang dewasa. Kawasan tersebut seperti kolam dengan berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari kolam seluncur, kolam dangkal hingga kolam standar olimpiade, bungee trampoline, wahana ember tumpah, flying fox, dan wahana bermain lainnya. Dengan datang ke destinasi wisata ini tentunya akan menyenangkan bagi Anda dan keluarga.

Lokasi: Jatimekar, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta.

5. Desa Wisata Sejuta Batu

Desa Wisata Sejuta Batu
Image Credit: Teluklove.com

Bagi Anda yang menyukai tantangan, maka destinasi wisata ini merupakan pilihan terbaik bagi para pecinta wisata adventure. Karena selain dapat menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti mengeksplorasi keindahan gunung Salasih dan gunung Batok, rock climbing di gunung Parang, melihat situs unik Telapak Kaki Jonggrang Kalapitung, offroad, dan masih banyak lagi lainnya.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Tasikmalaya Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Desa Pasanggrahan, Kec. Tegalwaru, Kab. Purwakarta.

6. Panenjoan

Panenjoan
Image Credit: Septyanwidianto.web.id

Dalam bahasa Sunda kata “Panenjoan” memiliki arti tempat memandang. Di destinasi wisata ini para wisatawan akan dapat menikmati pemandangan indah hamparan perkebunan teh yang dikelola oleh PT Karti Wana Raya. Pihak pengelola telah menyiapkan balkon khusus serta titian dari kayu berukuran 3 meter lebih dengan kapasitas 40 orang. Tak hanya pemandangan kebun teh, para wisatawan juga dapat menikmati keindahan matahari tenggelam yang cantik.

Lokasi: Jl. Wanayasa, Sawit Darangdan, Sindangpanon, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta.

7. Pasanggrahan Pajajaran

Pasanggrahan Pajajaran
Image Credit: Patriapurwakarta.com

Destinasi wisata selanjutnya ini merupakan landmark yang baru diresmikan pada bulan Agustus 2020. Pasanggrahan Pajajaran menempati lahan seluas 3 hektar dengan konsep bernuansa etnik Sunda yang dipadu dengan berbagai seni arsitektur modern. Di tempat wisata ini terdapat tiga spot yaitu bagian Bale Maya Datar, lorong bawah tanah, dan tempat Leuit. Dengan desain eksterior yang dimilikinya, diharapkan bisa membuat para wisatawan melihat keindahan dari bangunan ini.

Lokasi: Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

8. Mata Air Cijanun

Mata Air Cijanun
Image Credit: Wisatajabar.com

Mata Air Cijanun memiliki kolam renang berukuran 10 x 6 meter yang awalnya merupakan kolam penampungan air, yang dibangun PDAM untuk distribusi air ke wilayah perkotaan. Namun setelah dikembangkan oleh warga setempat, kolam tersebut ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Uniknya lagi, air yang ada di dalam kolam ini berasal dari sumber alami yang tak pernah kering meski musim kemarau.

Lokasi: Cipeundeuy, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta.

9. Sungai Cikondang

Sungai Cikondang
Image Credit: Purwakartapost.com

Sungai Cikondang bisa dijadikan sebagai tempat wisata alternatif bagi Anda yang menyukai adventure, karena di tempat ini Anda akan dapat menguji adrenalin dengan body rafting yaitu duduk di atas ban sambil menyusuri derasnya aliran sungai. Selama kurang lebih satu jam Anda akan dibawa oleh arus air melewati bebatuan sungai yang besar serta jeram yang menegangkan sambil menikmati indahnya pemandangan sekeliling sungai.

Lokasi: Desa Raharja, Kec. Wanayasa, Purwakarta.

10. Sungai Cidomas

Sungai Cidomas
Image Credit: Youtube.com (Rudi fadillah)

Tempat wisata ini memiliki julukan yang diberikan oleh para wisatawan yaitu “Blue River”. Alasanya tak lain karena air yang ada di sungai ini memiliki warna hijau kebiru biruan serta sangat jernih. Di sekitar sungai dapat dilihat bebatuan indah dan rindangnya pepohonan yang mampu membuat udara sekeliling terasa sangat sejuk dan segar. Selain itu suasana yang ditebarkan di Sungai Cidomas ini sangat romantis, yang berasal dari curug kecil yang mengalirkan air cukup deras.

Lokasi: Parakan Garokgek, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

11. Curug Tilu

Curug Tilu
Image Credit: Instagram.com @Anggiafandy

Curug Tilu disebut juga sebagai Grand Canyonnya Purwakarta, karena air yang ada di tempat wisata ini memiliki warna kehijauan yang berpadu indah dengan kontur bebatuan sungai serta pepohonan di sekelilingnya. Aliran air terjunnya yang melewati batu sungai berundak, sehingga menjadi pemandangan yang luar biasa. Dikarenakan destinasi wisata ini terletak di lokasi yang cukup terpencil, sehingga keindahan serta keasriannya masih terjaga dan alami.

Lokasi: Ciririp, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta.

12. Curug Suhada

Curug Suhada
Image Credit: Instagram.com @rizkymonster

Memiliki tebing dengan ketinggian sekitar 7 meter, membuat Curug Suhada terlihat sangat eksotis. Aliran air terjunnya juga tidak terlalu deras, sehingga membuat para wisatawan yang datang tak pernah mau melewatkan kesempatan untuk mandi di bawah guyuran air terjun. Meski akses menuju ke Curug Suhada ini cukup sulit, namun perjalanan Anda akan terbayar lunas dengan keindahan dari destinasi wisata ini.

Lokasi: Sindanglaya, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta.

13. Situ Wanayasa

Situ Wanayasa
Image Credit: Wikipedia.org

Dengan latar belakang gunung Burangrang, bukit hijau, serta pepohonan yang rindang, membuat Situ Wanayasa memiliki pemandangan yang sangat menyejukkan mata. Pengunjung juga tak hanya disuguhi keindahan alamnya saja.Terdapat pula berbagai sajian wisata kuliner khas dari rumah makan yang berada di sekeliling Situ Wanayasa ini. Pengunjung bisa menjumpai sebuah pulau kecil yang berada di danau yang luasnya sekitar 7 hektar ini.

Lokasi: Jl. Raya Wanayasa No.36, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

14. Curug Cipurut

Curug Cipurut
Image Credit: Travelingyuk.com

Curug Cipurut menjadi bagian dari Cagar Alam Gunung Burangrang yang berada dalam pengelolaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat I. Air terjun alami ini memiliki tiga curug yaitu curug utama dengan ketinggian 25 meter dan dua curug lainnya yang lebih landai. Dengan ketinggiannya dua curug tersebut, membuat para wisatawan memanfaatkannya untuk berenang serta bermain seluncur.

Destinasi wisata ini juga menyuguhkan pemandangan, dan kesegaran air terjun yang ditambah dengan keindahan alamnya lewat pepohonan yang mengelilinginya. Tak hanya dijadikan sebagai spot wisata, Curug Cipurut juga kerap dimanfaatkan sebagai tempat camping atau berkemah. Bahkan Anda bisa melakukan outbound, botram atau makan bersama, serta objek foto untuk yang gemar berswafoto.

Lokasi: Babakan, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

15. Sumber Air Panas Ciracas

Sumber Air Panas Ciracas
Image Credit: Jabarnews.com

Lokasi wisata ini memiliki dua belas titik sumber mata air panas yang siap menyambut para pengunjung. Berendam di sumber ini juga berguna untuk menghilangkan pegal pegal, rematik, penyakit kulit, serta menyegarkan badan. Pengunjung juga akan disuguhkan panorama yang indah dari hamparan sawah dan pepohonan. Serta hijaunya perkebunan teh yang terbentang di sepanjang perjalanan sebelum menuju ke Sumber Air Panas Ciracas.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Pangandaran Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Ciracas, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

16. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Instagram.com @hellojabar

Giri Tirta Kahuripan merupakan resort terindah yang ada di Purwakarta, disini Anda akan mendapatkan sensasi berenang di atas awan. Tak hanya kesegaran air kolam renangnya saja, di destinasi wisata ini juga terdapat berbagai wahana rekreasi yang akan melengkapi liburan Anda. Pengunjung juga bisa memanfaatkan mobil yang telah disiapkan oleh pengelola resort, untuk menjelajahi seluruh area guna menikmati pemandangan di sekeliling wisata ini.

Lokasi: Jl. Raya Wanayasa RW No, RT.04/RW.13, Taringgul Tonggoh, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

17. Sentra Keramik Plered

Sentra Keramik Plered
Image Credit: Bolehtanya.com

Plered merupakan salah satu kecamatan yang ada di Purwakarta serta sebagai tempat berkembangnya industri keramik sejak tahun 1904 hingga sekarang. Keramik buatan Plered sudah banyak diekspor ke berbagai negara, sehingga tak mengherankan jika Keramik Plered menjadi ikon dari Kabupaten Purwakarta. Di Plered juga digunakan sebagai tempat tujuan wisata edukasi yang diperuntukkan untuk semua kalangan.

Para pengunjung yang datang ke Plered ini akan melihat secara langsung proses pembuatan keramik, yang ada di rumah rumah penduduk dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Anda juga bisa berbelanja berbagai jenis keramik sebagai oleh oleh dengan harga yang lebih terjangkau dibanding di tempat lainnya. Bahkan Anda juga bisa mencoba membuat keramik sendiri dengan bantuan masyarakat setempat.

Lokasi: Jl. Raya Anjun, Kec. Plered, Kab. Purwakarta.

18. Goa Jepang dan Belanda

Goa Jepang dan Belanda
Image Credit: Kompas.com

Sama dengan berbagai daerah lainnya, Purwakarta pun memiliki jejak sejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan bangsa dan negara Indonesia. Jejak tersebut terletak di gunung Gokaramai berupa goa dengan lebar 2 meter, tinggi 1,5 meter, dan kedalaman mencapai 300 meter. Dikenal dengan Goa Jepang karena tempat ini dibangun pada masa penjajahan Jepang di tahun 1942 dan dipakai sebagai tempat persembunyian masyarakat setempat.

Goa Jepang ini dalam proses pembangunannya memakan banyak nyawa penduduk pribumi. Di dalamnya terdapat 3 pintu untuk keluar masuk serta 12 kamar yang membentuk huruf T dengan masing masing kamar memiliki ukuran 3 hingga 6 meter. Selain dimanfaatkan sebagai tempat persembunyian, tempat ini juga digunakan sebagai gudang senjata dan mesiu serta tempat stasiun radio Jepang untuk berkomunikasi.

Lokasi: Desa Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

19. Taman Pancawarna

Taman Pancawarna
Image Credit: Detik.com

Taman ini berada di pendopo Kabupaten Purwakarta yang memiliki suasana sejuk dan asri, sehingga cocok digunakan sebagai tempat wisata para pengunjung yang datang ke kota ini. Destinasi wisata ini berhias air mancur, jembatan, dan patung macan putih serta ditanami berbagai macam bunga dan tanaman perdu yang membuat sekelilingnya lebih asri. Sehingga menyebabkan para wisatawan menyempatkan diri datang untuk menikmati keindahan Taman Pancawarna ini.

Lokasi: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

20. Ujung Aspal Wanayasa

Ujung Aspal Wanayasa
Image Credit: Pikiran-rakyat.com

Ujung Aspal Wanayasa merupakan objek wisata terbaru yang berada di ujung selatan Purwakarta. Destinasi ini menawarkan panorama alam yang indah melalui jajaran pepohonan pinus yang berbaris rapi. Selain pepohonan wisata ini juga tak jauh dari Gunung Burangrang, sehingga udaranya sangat sejuk. Ujung Aspal Wanayasa dikelola oleh Perum Perhutani setempat, yang melengkapinya dengan beragam fasilitas seperti hammock atau ayunan tali, saung ijuk, dan tempat duduk khas Sunda.

Lokasi: Babakan, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

21. Gunung Lembu

Gunung Lembu
Image Credit: Majalahteras.com

Jika Anda penggemar wisata gunung, maka Gunung Lembu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi terbaik. Terlebih lagi ketinggian yang dimiliki Gunung Lembu ini hanya sekitar 1.000 mdpl dengan waktu tempuh 2 hingga 4 jam perjalanan yang cocok untuk pemula. Apalagi jika Anda bersama orang orang terdekat, pasti tidak akan terasa perjalanannya. Menariknya lagi, Anda akan disuguhi panorama yang sangat menakjubkan dari atas gunung.

Lokasi: Desa Panyindangan, Dukuh Manunggal, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta.

22. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok
Image Credit: Famztv.com

Sama halnya dengan Gunung Lembu, destinasi wisata ini juga cocok untuk para pendaki yang masih pemula. Ketinggian yang dimiliki Gunung Bongkok ini hanya sekitar 875 mdpl, jadi tidak akan terlalu melelahkan untuk didaki. Gunung Bongkok memiliki dua puncak yang bernama Puncak Datar dan Puncak Batu. Keindahan alam begitu tiba i puncak tidak akan membuat Anda menyesal mengunjunginya.

Lokasi: Desa Cikandang, Kec. Sukamulya, Kab. Purwakarta.

23. Bukit Pinus Panyawangan Kiarapedes

Bukit Pinus Panyawangan Kiarapedes
Image Credit: Purwakarta-tourism.com

Objek wisata ini merupakan pengembangan lahan hutan pinus yang berada di bawah penanganan Perhutani yang bekerjasama dengan Karang Taruna dan LMDH setempat. Di Bukit Pinus ini pengunjung dapat menikmati indahnya hutan pinus terutama saat di pagi dan sore hari. Pada saat itu cahaya matahari yang menerobos sela sela pohon pinus menciptakan efek cahaya yang sangat memukau.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bandung Timur Terbaru & Terhits Buat Liburan

Tak hanya keindahan hutan pinus saja yang ditawarkan, wana wisata ini juga memiliki keindahan yang berasal dari dua air terjun yaitu Curug Pamoyanan dan Curug Manahrasa. Didalamnya juga terdapat peninggalan sejarah yakni Goa Jepang yang bernama Guha Panyileukan. Pihak pengelola telah menyiapkan arena camping ground yang digunakan untuk para pengunjung menikmati segarnya udara serta keindahan bukit pinus Panyawangan.

Lokasi: Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Kabupaten.

24. Bale Panyawangan

Bale Panyawangan
Image Credit: Kompasiana.com

Nama destinasi wisata ini memiliki arti yaitu “tempat untuk menerawang”. Bale Panyawangan merupakan museum sejarah perkembangan Kabupaten Purwakarta yang disajikan dalam bentuk diorama digital. Dilengkapi pula dengan beragam video yang berisi cuplikan pidato para pemimpin Indonesia serta berbagai foto Bupati yang pernah menjabat di Kabupaten Purwakarta.

Selain itu, terdapat pula berbagai macam arsip serta buku digital yang menyuguhkan gambar bergerak berikut audio narasi untuk menjelaskan gambar video yang ditampilkan. Ditambah lagi dengan adanya teater kecil yang menceritakan tentang sejarah Purwakarta yang dahulu bernama Sindangkasih. Menariknya lagi, pengunjung juga bisa mengelilingi Purwakarta dengan menggunakan sepeda onthel simulator dan berfoto dengan Bupati dalam bentuk virtual.

Lokasi: Jl. K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

25. Kampoeng Sadang

Kampoeng Sadang
Image Credit: Foursquare.com

Tak hanya memberikan fasilitas rekreasi, di Kampoeng Sadang ini Anda akan disuguhkan wisata yang mengusung konsep pedesaan. Tempat ini sering digunakan sebagai wadah pembelajaran dan pengembangan sumber daya manusia melalui agrowisata, baik itu berkaitan dengan pertanian maupun peternakan. Sehingga para pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan edukasi melalui fasilitas yang disediakan sambil menikmati pemandangan yang masih asri tersebut.

Lokasi: Jl. Buana Indah No.Desa, Mulyamekar, Kec. Babakancikao, Kab. Purwakarta.

26. Desa Wisata Pasanggrahan

Desa Wisata Pasanggrahan
Image Credit: Disparbud.jabarprov.go.id

Sama halnya dengan Kampoeng Sadang, Desa Wisata Pasanggrahan juga merupakan tempat wisata dan edukasi untuk pembinaan siswa dengan nuansa pedesaan. Destinasi ini menyuguhkan atmosfer pedesaan melalui hamparan sawah dan perbukitan serta pepohonan nan hijau. Tak hanya itu, terdapat pula area perkebunan rakyat yang berlatar belakang Gunung Burangrang. Ketika Anda berkunjung ke destinasi wisata ini, Anda bisa menginap di homestay dan melakukan aktivitas seru lainnya.

Lokasi: Pasanggrahan, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta.

27. Curug Ponggang

Curug Ponggang
Image Credit: Ayotraveling.com

Tak seperti air terjun pada umumnya yang aliran airnya berasal dari tebing, Curug Ponggang ini aliran airnya keluar dari gorong gorong alami dengan pancaran yang deras menghantam bebatuan kali. Lokasi wisata Curug Ponggang ini sempat populer sekitar tahun 2002 hingga 2005 dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Sayangnya akses transportasi untuk menuju ke tempat ini masih minim, tetapi cukup menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Sukajaya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

28. Situ Cikamar

Situ Cikamar
Image Credit: Detik.com

Situ Cikamar ini berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Purwakarta. Jika ingin menuju ke lokasi wisata ini, Anda harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki. Namun Anda tak perlu khawatir, begitu sampai di tempat Anda akan menjumpai sebuah danau yang masih perawan. Mengingat danau ini belum tersentuh sama sekali oleh industri pariwisata setempat. Pemandangannya juga sangat indah dan menarik untuk dijadikan sebagai spot foto.

Dikarenakan air dari Situ Cikamar selain dimanfaatkan untuk irigasi pertanian juga dijadikan sebagai tempat pemeliharaan ikan. para pengunjung juga dapat menikmati aktifitas memancing yang disediakan oleh penduduk setempat. Tak hanya menawarkan pemandangan yang indah, Anda juga bisa menikmati kuliner khas yang terdapat di berbagai rumah makan di sekitar danau.

Lokasi: Cisaat, Kec. Campaka, Kab. Purwakarta.

29. Parang Gombong

Parang Gombong
Image Credit: Majalahteras.com

Anda bisa menikmati aktivitas berperahu yang mengasyikkan sambil memancing atau menikmati pemandangan sekeliling yang indah di Parang Gombong ini. Sebagian penduduk disana biasanya menyewakan perahunya untuk mengantar wisatawan yang ingin sekedar berkeliling danau, atau menyeberang ke pulau kecil yang ada di sekitar danau. Di beberapa pulau kecil tersebut para wisatawan dapat menikmati makanan dari rumah atau membakar ikan hasil dari memancing.

Lokasi: Kutamanah, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta.

30. Kampung Andir

Kampung Andir
Image Credit: Yukpiknik.com

Di Kampung Andir Anda akan disuguhkan deretan rumah adat Sunda yang berbentuk panggung, berdinding bilik serta beratap ijuk sejumlah 66 buah. Adanya deretan rumah tersebut membuat pemandangan yang ada di wisata ini menjadi lebih menarik. Meski memiliki ukuran yang kecil dan sederhana, namun rumah tersebut mampu mengundang perhatian banyak orang. Hal ini dikarenakan bentuknya yang seragam dan membawa ciri khas rumah Sunda.

Lokasi: Cianting, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta.

Itulah deretan tempat wisata terbaik di Kabupaten Purwakarta yang paling direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Selain beberapa wisata tersebut, masih banyak wisata lainnya yang dimiliki Purwakarta yang siap memanjakan para pengunjungnya. Ketika Anda bertandang ke kota satu ini, jangan lupa juga untuk mencicipi berbagai sajian kulinernya yang khas serta membawa beberapa oleh oleh untuk dibawa pulang.