Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Kawasan Puncak, Bogor. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Paling Hits untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Puncak Bogor adalah kawasan wisata populer, yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari Jabodetabek setiap akhir pekan. Memiliki hampir sebagian berlatar belakang pegunungan dan juga kebun teh yang asri. Tak heran membuat daerah ini memiliki hawa sejuk yang menyegarkan, berbeda dengan kota-kota di sekitarnya.

Meski dikelilingi pegunungan, Kawasan Puncak banyak memiliki destinasi menarik lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut deretan tempat wisata di Puncak Bogor yang bisa menjadi referensi liburan Anda.

1. Telaga Warna Puncak Cisarua

Telaga Warna Puncak Cisarua
Image Credit: Google Maps (Aryanto Teguh Permana)

Siapa yang menyangka, di daerah pegunungan seperti Puncak Bogor terdapat telaga yang sangat indah. Telaga Warna  menjadi destinasi wisata air menarik untuk dikunjungi. Bagaimana tidak, tempat wisata ini memiliki keunikan tersendiri dimana air pada telaga menampilkan perpaduan warna yang eksotis dan bisa berubah-ubah. Perubahan air telaga yang berubah-ubah disebabkan karena adanya ganggang yang tumbuh di dalam telaga, dan memantulkan berbagai warna.

Telaga yang lumayan luas ini, didukung dengan pemandangan yang tak kalah indah. Tidak jauh dari tempat ini, Anda bisa menikmati pemandangan areal persawahan yang menguning, serta terdapat gunung kecil kokoh yang menjadi latarnya. Sehingga, Anda bisa menikmati udara sejuk telaga yang ada di pegunungan, sambil memanjakan mata dengan panorama yang asri. Anda juga dapat mengelilingi telaga dengan perahu ataupun rakit yang tersedia di kawasan tersebut.

Lokasi: Jl. Raya Puncak- Cianjur, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

2. Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung
Image Credit: Hargatiket.net

Taman Riung Gunung adalah paket wisata yang lengkap dan cocok dinikmati untuk liburan bersama keluarga dengan konsep alam dan pemandangan gunung. Menikmati resto keluarga dengan makanan khas Sunda di areal perkebunan teh yang sejuk tentunya memiliki kenikmatan tersendiri. Terlebih resto ini terletak diantara gunung-gunung yang terlihat berkumpul di tempat tersebut dan saling berhadapan.

Ditambah, taman ini menyediakan fasilitas flying fox untuk bisa dinikmati anak-anak. Serta, jika belum puas menikmati suasana sejuk perkebunan teh, Anda bisa menginap di hotel yang terletak di tengah hijaunya perkebunan teh. Yang menjadikan tempat wisata  ini menarik adalah, Taman Riung Gunung dibangun langsung oleh Presiden Soekarno yang terpukau akan keindahan alam di Puncak Bogor.

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

3. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol
Image Credit: Gunung.id

Gunung ini berada pada ketinggian yang tidak terlalu tinggi, sekitar 875 mdpl. Meski begitu, gunung ini sering digunakan wisatawan untuk latihan sebelum benar-benar mendaki. Menikmati pemandangan alam Puncak Bogor dari ketinggian, tentunya akan membuat Anda ketagihan.

Pemandangan hamparan hijau dari banyaknya pepohonan di sekitar gunung ditambah dengan angin sepoi yang menyejukkan akan menambah kesan menenangkan dan perasaan damai.

Lokasi: Desa Sukaharja, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor.

4.  Kampung Nde

Kampung Nde
Image Credit: Pojoksatu.id

Kampung Nde menjadi pilihan tempat liburan menyenangkan selanjutnya, di wilayah Puncak Bogor. Pada pintu masuk tempat wisata, Anda akan langsung disambut dengan beberapa saung dan kolam pancing ikan. Menelusuri lebih jauh, wisata ini memiliki kampung buatan yang cantik dan penuh akan kebun sayur dan kandang hewan ternak.

Tidak hanya itu saja, pengunjung juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang ada, seperti trek sepeda, ATV, dan permainan tradisional.

Lokasi: Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kab. Cianjur.

BACA JUGA:  8 Wisata Pantai di Bekasi Paling Hits Buat Liburan

5. Wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Tirta Sanita Ciseeng
Image Credit: Piknikasik.com

Menikmati pemandian air panas di tengah nuansa alam yang menenangkan adalah pilihan liburan yang tidak pernah salah. Wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng memiliki pemandangan alam yang begitu cantik. Selagi menunggu Anda mandi air panas, biarkan si kecil asyik menikmati berbagai wahana outbond dengan biaya yang murah.

Liburan ke tempat wisata ini akan memuaskan Anda tidak hanya dari pemandangannya, namun juga manfaat setelah mandi air panas.

Lokasi: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Kota Bogor.

6. Wisata Agro Inkarla

Wisata Agro Inkarla
Image Credit: Wisataagroinkarla.com

Jika Anda ingin menikmati berbagai bunga cantik yang tumbuh subur di wilayah Puncak Bogor, Wisata Agro Inkarla adalah pilihan paling tepat. Kebun wisata ini memiliki beragam jenis bunga cantik yang didatangkan langsung dari negara asalnya.

Tak heran, para pecinta bunga pasti akan menyukai berlibur di tempat ini. Karena Wisata Agro Inkarla juga menyediakan bibit-bibit bunga unggul, yang bisa langsung dibeli untuk menyalurkan hobi berkebun anda.

Lokasi: Jl. Singabarong, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

7. Gunung Munara Rumpin

Gunung Munara Rumpin
Image Credit: Superadventure.co.id

Gunung Munara Rumpin di Puncak Bogor, juga menjadi salah satu gunung yang tidak terlalu tinggi. Sejauh mata memandang dari puncak Gunung Munara Rumpin, Anda akan menikmati pemandangan hijau asri yang terbentang luas.

Gunung ini menjadi spot favorit para pemburu sunrise yang sangat menakjubkan. Setelah menikmati sunrise, Anda bisa membeli sarapan dari banyak penjual yang ada disana dan menikmatinya dari puncak gunung yang sedikit berkabut.

Lokasi: Desa Kampung Sawah, Kec. Rumpin, Kota Bogor.

8. Wisata Citamiang

Wisata Citamiang
Image Credit: Facebook.com @Wonderfulcitamiang

Menjadi salah satu tempat wisata yang dikelola langsung oleh Perhutani, pergi ke Wisata Citamiang akan menenangkan pikiran anda. Hamparan hutan hijau yang masih asri, diselingi dengan pohon pinus yang menjulang tinggi menambah kesan sejuk dari hutan ini.

Wisata Citamiang memiliki fasilitas rekreasi berupa kolam renang dengan berbagai kedalaman, serta beragam permainan air seperti pancuran air dan seluncuran yang sangat menyenangkan.

Lokasi: Jl. Ciliwung, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

9. Curug Panjang Megamendung

Curug Panjang Megamendung
Image Credit: Denubay.com

Curug Panjang Megamendung adalah wisata alam yang harus didatangi ketika pergi ke Puncak Bogor. Memiliki aliran air dari sungai Cirangrang, air yang ada pada curug ini begitu melimpah. Airnya begitu jernih dengan warna kebiruan, dan juga suasana khas ala pegunungan membuat air terjun ini memiliki eksotisme tersendiri.

Menikmati mandi di bawah air terjun, dengan suasana alam yang menenangkan tentunya akan menambah energi positif bagi diri anda.

Lokasi: Megamendung, Kec. Megamendung, Kota Bogor.

10. Desa Wisata Pancawati

Desa Wisata Pancawati
Image Credit: Kompasiana.com

Meski terletak di daerah Jabodetabek yang notabene adalah kota besar, namun Puncak Bogor memiliki wisata kampung yang masih tradisional. Desa Wisata Pancawati adalah kawasan wisata yang masih dijaga kesan tradisionalnya, dengan adanya pertunjukkan seni tari dan wayang golek khas Sunda.

Tentunya tempat ini cocok menjadi wisata edukasi khususnya pada kesenian tradisional. Desa sejuk ini juga mengenalkan wisata untuk bercocok tanam yang menyenangkan.

Lokasi: Pancawati, Kec. Caringin, Kota Bogor.

11. Pondok Rasamala

Pondok Rasamala
Image Credit: Travelbos.co.id

Untuk menikmati camping di alam terbuka, Anda tidak lagi susah payah untuk mendirikan tenda. Pondok Rasamala memadukan wisata camping modern, dengan suasana alam yang tidak kalah seru dengan camping di tenda.

Letaknya berada di tengah hutan pinus yang lebat, dengan pemandangan alam yang mempesona. Menginap disini, Anda akan disambut dengan pagi dengan suasana yang menyejukkan dengan kicauan burung dan bau pepohonan pinus yang segar.

Lokasi: Jl. Gunung Bunder, Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kota Bogor.

12. Melrimba Garden

Melrimba Garden
Image Credit: Fatahilaharis.wordpress.com

Melrimba Garden merupakan salah satu tempat wisata yang mengusung konsep taman keluarga. Tempat wisata ini memiliki pemandangan yang indah dan berbagai kegiatan mengasyikkan yang dapat menyegarkan otak dan tubuh pengunjungnya.

Taman ini dipenuhi dengan aneka bunga berwarna-warni. Tidak hanya berbentuk taman, disini juga tersedia rumah kaca megah yang membudidayakan berbagai jenis bunga anggrek dan tanaman hias lainnya.

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM 87, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kota. Bogor.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Majalengka Terbaru & Terhits Buat Liburan

13. Highland Park Resort

Highland Park Resort
Image Credit: Agoda.com

Highland Park Resort ini, sangat pas dijadikan sebagai tempat wisata bagi Anda yang menyukai petualangan. Dikemas dengan konsep menyerupai tenda ala suku Mongolian, resort dengan nuansa putih ini terbentang di sepanjang rerumputan hijau. Pemandangannya semakin menakjubkan karena memiliki latar belakang pegunungan yang langsung terlihat sangat jelas. Resort ini memiliki total 85 camp, dengan 28 bertema Mongolian, dan 27 lainnya bertema Apache.

Untuk menikmati menginap dengan konsep unik ini, Anda akan diantar menggunakan mobil bogey untuk mencapai tenda yang terletak di dataran tinggi. Meski terlihat hanya seperti tenda sederhana, namun fasilitas yang tersedia pada tenda-tenda ini tidak kalah berbeda dengan hotel mewah. Resort ini juga menawarkan fasilitas waterboom yang dilengkapi papan seluncur super besar. Tak ketinggalan, banyak fasilitas seperti berkuda, flying fox, dan wahana lainnya.

Lokasi: Jl. Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Kec. Tamansari, Kota Bogor.

14. Puncak Pass Resort

Puncak Pass Resort
Image Credit: Agoda.com

Puncak Pass Resort merupakan salah satu hotel tertua di Puncak Bogor. Meski memiliki ciri khas sebagai bangunan kuno, namun hotel dan resort ini tetap menjadi favorit banyak orang yang ingin menghabiskan waktu untuk menginap di puncak.

Hotel ini memiliki pemandangan yang tentunya indah, dimana bangunan ini langsung menghadap arah lereng Gunung. Sehingga, Anda akan mendapatkan pemandangan indah khas pegunungan yang dapat dinikmati dari jendela kamar.

Lokasi: Jl. Raya Puncak KM. 90, Sindanglaya, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

15. Curug Ciherang

Curug Ciherang
Image Credit: Wisatakaka.com

Curug ini menjadi salah satu air terjun yang langsung dikelola oleh Perhutani Bogor. Sehingga, tata kelola tempat wisata ini sudah pasti baik. Curug ini memiliki ikon jembatan kayu yang sangat panjang, dan menjadi spot favorit untuk berswafoto.

Tidak hanya menawarkan kesejukan alam dari air terjun, Anda juga bisa menikmati pemandangan pegunungan yang sangat mengagumkan  di sekitar curug, dari atas rumah pohon yang dibuat di sekitar Curug Ciherang.

Lokasi: Sirnajaya, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor.

16. Taman Safari Indonesia Cisarua

Taman Safari Indonesia Cisarua
Image Credit: Posbagus.com

Menjadi salah satu ikon wisata di kawasan puncak, tak afdol rasanya jika Anda tidak berkunjung ke Taman Safari Indonesia. Seperti yang diketahui jika berkunjung ke Taman Safari, pengunjung akan bertemu langsung dengan aneka satwa yang menggemaskan.

Dikenal sebagai salah satu wisata edukasi, Taman Safari memang sudah sejak lama menjadi tempat liburan favorit keluarga. Anda juga bisa menyaksikan berbagai macam ragam aktivitas dari satwa yang ada disana.

Lokasi: Jl. Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

17. Curug Kembar

Curug Kembar
Image Credit: Tribunnews.com

Satu lagi curug di kawasan Puncak Bogor yang sayang jika dilewatkan ketika berlibur. Sama seperti namanya, curug ini terdiri dari dua air terjun yang bersebelahan seakan-akan adalah air terjun yang kembar. Medan yang harus dilalui untuk menuju air terjun ini, cocok digunakan untuk melakukan pendakian ringan dan hiking.

Sepanjang perjalanan menuju curug kembar, Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang indah serta jejeran hutan pinus yang menjulang tinggi.

Lokasi: Central Karang, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor.

18. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar
Image Credit: Rubrikwisata.com

Hutan pinus pada Taman Wisata Alam Gunung Pancar dikemas dengan konsep yang unik dan berbeda dari hutan pinus di kawasan puncak lainnya. Lebatnya pohon pinus yang ramping dan menjulang tinggi ini, menambah kesan romantis.

Karena keindahannya inilah, tak jarang kawasan ini menjadi spot yang digemari oleh pasangan yang ingin melakukan foto prewedding. Taman ini juga memiliki fasilitas berupa pemandian air panas yang buka selama 24 jam penuh.

Lokasi: Jl Desa, Kampung Ciburial, RT.3/RW.3, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor.

19. Curug 7 Cilember

Curug 7 Cilember
Image Credit: Superadventure.co.id

Air terjun lainnya di kawasan puncak, adalah Curug 7 Cilember. Suasana hutan di sekitar curug ini masih sangat asri, tak heran sesekali Anda akan menjumpai kera yang melompat di antara pohon-pohon.

Curug ini benar-benar berjumlah tujuh dengan keindahan alam disekelilingnya. Sehingga, sepanjang perjalanan menuju curug 7 Cilember, Anda bisa mengikuti jalan setapak yang akan mengarahkan menuju tiap curug, hingga menuju curug ke tujuh yang sangat mengagumkan.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Bekasi Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM. 15, Kec. Megamendung, Kota Bogor.

20. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari
Image Credit: Instagram.com @twmparkofficial

Taman Wisata Matahari adalah salah satu tempat wisata edukasi di Puncak Bogor. Terletak di sebuah kompleks besar yang memiliki banyak sekali wahana, menjadikan tempat wisata ini disukai anak-anak.

Fasilitas yang ditawarkan di Taman Wisata Matahari adalah berbagai wahana untuk outbound yang mengasyikkan. Selain itu, terdapat kegiatan edukasi sederhana seperti membajak sawah, memberi makan hewan ternak, dan memerah susu sapi.

Lokasi: Jl. Raya Puncak KM. 77 Cilember, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

21. Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis
Image Credit: Caritraraya.com

Curug ini terkenal dengan kesan romantisme yang kental, tak heran banyak pasangan yang pergi menikmati akhir pekan di tempat wisata ini. Curug ini memiliki rumah pohon yang bisa Anda naiki, dan menjadi tempat untuk menikmati pemandangan alam yang membentang indah dari atas.

Tidak hanya rumah pohon yang cantik, curug ini juga menyediakan miniatur kapal yang terdapat tepat di atas aliran sungai yang deras. Miniatur kapal ini sering dijadikan latar untuk berfoto bagi wisatawan.

Lokasi: Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor.

22. Penangkaran Elang Loji

Penangkaran Elang Loji
Image Credit: Hargatiket.net

Ingin menikmati liburan yang berbeda dari biasanya di kawasan puncak? Anda bisa mencoba untuk menghabiskan liburan kali ini untuk pergi ke Penangkaran Elang Loji. Tempat wisata ini, adalah wisata edukasi yang khusus membahas seluk beluk mengenai elang.

Bukan hanya mengetahui segala tentang elang dan alam, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Terdapat banyak spot foto yang instagramable yang dapat menunjang foto Anda menjadi lebih hits.

Lokasi: Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kota Bogor.

23. Cimory Riverside

Cimory Riverside
Image Credit: Bobocantik.com

Menikmati makanan di alam terbuka dengan pemandangan yang sangat menakjubkan, tentunya akan membuat memori tersendiri yang tidak terlupakan untuk anda. Cimory Riverside menawarkan konsep restoran yang berada di tepi sungai yang menyejukkan, dengan air yang mengalir jernih. Tidak hanya bisa menikmati makanan sambil mendengar senandung alam, pengelola Cimory Riverside menyediakan berbagai fasilitas yang akan membuat liburan keluarga Anda berkesan.

Lokasi: Jl. Raya Puncak – Gadog No.KM, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

24. Penangkaran Rusa Giri Jaya

Penangkaran Rusa Giri Jaya
Image Credit: Wisatakita77.wordpress.com

Jika sebelumnya Anda bisa pergi ke wisata edukasi untuk mengenal elang, di Penangkaran Rusa Giri Jaya Anda bisa bercanda riang dan berinteraksi langsung dengan kumpulan rusa yang menggemaskan. Pada penangkaran rusa ini, terdapat berbagai jenis rusa yang sangat ramah diajak bermain. Rusa-rusa lucu ini ditempatkan di sebuah halaman dengan hamparan hijau yang sangat luas, membuat rusa-rusa ini terasa sedang berada di habitat aslinya.

Lokasi: Buanajaya, Kec. Tanjungsari, Kota Bogor.

25. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk
Image Credit: Gloob-online.com

Curug ini akan meninggalkan kesan pertama yang tidak akan bisa Anda lupakan. Pesona alam di sekeliling Curug Leuwi Lieuk akan membuat semua orang kagum. Airnya terlihat sangat jernih, terbukti dari warnanya yang menyerupai biru lautan. Di sekitar curug, terdapat banyak pepohonan rindang yang membuat teduh suasana bawah kolam, sehingga Anda tidak akan merasa kepanasan ketika berenang. Air kolamnya pun terasa begitu segar dan menyejukkan.

Pesona alam dari Curug Leuwi Lieuk memang menjadi dambaan bagi setiap orang yang melihatnya. Batuan besar berwarna coklat kehitaman yang berada di sekitar curug, menambah kesan dekat dengan alam begitu terasa. Ketika berlibur kesini, jangan lupa untuk membawa pelampung agar pengalaman berenang Anda lebih menyenangkan. Kawasannya yang begitu indah juga cocok untuk diabadikan dalam potret foto sebagai kenang-kenangan di Curug Leuwi Lieuk.

Lokasi: Pabuaran, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor.

Berlibur ke wilayah Puncak memang begitu menyenangkan. Berada di daerah dataran tinggi yang sejuk, Puncak menawarkan berbagai pesona keindahan alam yang dapat menenangkan pikiran. Tidak hanya gunung dan bukit, tempat wisata di Puncak Bogor didominasi dengan wisata alam seperti curug dan bukit, serta banyak wisata edukasi yang cocok dikunjungi oleh teman-teman, pasangan dan juga anak sekolah.