Temukan Tempat Wisata Favorit di Pangandaran, Jawa Barat. Objek Wisata Terbaru, Populer dan Terhits yang Bisa Anda Jelajahi untuk Liburan Seru dan Menyenangkan.

Jika berbicara mengenai Kabupaten Pangandaran, wilayah yang satu ini memang lebih dikenal dengan deretan wisata pantai yang tawarkan pesona eksotis. Namun siapa sangka, jika kota dengan sebutan Hawaii Van Jabar ini memiliki destinasi wisata lain yang menarik dikunjungi. Mulai dari wisata alam hingga destinasi wisata buatan sudah terkenal di berbagai kalangan.

Bagi Anda yang sedang singgah ke Pangandaran, berikut rekomendasi tempat wisata yang dapat memudahkan Anda untuk memilih tujuan liburan terbaik.

1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran
Image Credit: Mytrip123.com

Anda pastinya tahu jika Kabupaten Pangandaran dipenuhi dengan pesona pantai dan laut yang sangat memukau. Sama halnya dengan Pantai Pangandaran. Objek wisata alam yang satu ini sudah cukup terkenal, bahkan sudah memasuki kancah internasional. Banyak sekali pengunjung yang datang ke tempat tersebut untuk menyaksikan sendiri keindahan alam Pantai Pangandaran. Hamparan pasir putih dan bersih yang masih terjaga bisa Anda nikmati dengan mengunjunginya.

Lokasi: Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran.

2. Pantai Keusik Luhur

Pantai Keusik Luhur
Image Credit: Topijelajah.com

Masih berbicara mengenai pantai, wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi ialah Pantai Keusik Luhur. Yang menjadi daya tarik di pantai ini ialah keberadaan tebing dan pegunungan yang mengelilingi area pantai. Dinamakan sebagai Pantai Keusik karena ombak yang cukup tinggi serta mampu mengangkat pasir hingga menjadi bukit. Dengan demikian, pantai tersebut dinamakan Keusik yang berarti pasir, dan luhur yang berarti tinggi.

Lokasi: Kertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.

3. Cukang Taneuh

Cukang Taneuh
Image Credit: Yukpiknik.com

Selain objek wisata pantai yang indah, terdapat destinasi lain di Jawa Barat yang wajib Anda kunjungi, yakni Cukang Taneuh Pangandaran. Objek wisata yang satu ini digadang gadang sebagai Grand Canyonnya Pangandaran, yang sangat sayang jika tidak dikunjungi. Hal menarik yang bisa Anda lakukan jika berkunjung ke wisata tersebut ialah bermain berbagai wahana air dan berendam di perairan yang sangat jernih dan segar.

Selain itu, Anda juga bisa menyewa beberapa sampan untuk mengarungi luasnya ngarai. Harga tiket dan tarif masuk wisata ini sekitar 250 ribuan jika menggunakan fasilitas perahu dengan kapasitas 6 orang. Bagi Anda yang sekedar ingin berenang atau menaiki perahu dengan durasi 30 menit, perlu merogoh kocek sekitar Rp 100 ribuan saja. Dengan harga yang sangat ekonomis, Anda sudah bisa mengarungi Cukang Taneuh sembari nikmati pemandangan alamnya.

Lokasi: Jl. Raya Cijulang – Green Canyon, RT.02/RW.10, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.

4. Santirah River Tubing

Santirah River Tubing
Image Credit: Mypangandaran.com

Bagi Anda yang gemar melakukan olahraga seru dan menantang, Santirah River adalah pilihan yang sangat tepat. Di sana, Anda bisa menaiki ban besar untuk mengarungi dan menelusuri ruas sungai Santirah. Untuk bisa menaikinya dengan aman, disarankan menyewa jasa tur yang dipatok dengan harga sekitar 250 ribuan saja. Melalui adanya jasa tur, liburan Anda akan tetap menyenangkan dengan keamanan yang semakin terjamin.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Karawang Paling Hits Buat Liburan

Lokasi: Selasari, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

5. Gua Sumur Mudal

Gua Sumur Mudal
Image Credit: Airpaz.com

Puas bermain air, Anda bisa mengunjungi objek wisata seru menelusuri gua. Salah satu gua dengan pesona alam yang berbeda di Pangandaran ialah Gua Sumur Mudal Pangandaran. Gua ini dinamakan Sumur Mudal karena dahulu terdapat mata air yang berbentuk mirip seperti sebuah sumur air panas di dalamnya. Di waktu siang, gua ini akan semakin eksotis karena adanya cahaya matahari yang masuk melalui lubang lubang di sekitar dinding gua.

Lokasi: Desa pananjung, Kec. pangandaran, Kab. pangandaran.

6. Cagar Alam Pananjung

Cagar Alam Pananjung
Image Credit: Indonesia.travel

Destinasi wisata di Jawa Barat yang selanjutnya adalah Cagar alam Pananjung. Wisata yang satu ini merupakan kawasan konservasi cagar alam terbesar yang ada di Pangandaran. Di lokasi tersebut, Anda bisa menikmati pesona keindahan alam sekaligus menikmati kesegaran dan kesejukan alam yang mungkin tak bisa ditemukan di tempat lainnya. Di sana Anda juga akan disuguhkan beberapa keragaman hewan endemik seperti lutung, kelelawar, rusa, dan lain lain.

Lokasi: Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran.

7. Desa Wisata Selasari

Desa Wisata Selasari
Image Credit: Facebook.com @selasari.desa.id

Desa Wisata Selasari menawarkan berbagai spot keindahan alam dan buatan yang juga wajib dikunjungi. Di sana, Anda akan disuguhkan dengan adanya lokasi foto unik dan menarik untuk para wisatawan yang ingin mengabadikan momen indah pada saat berkunjung ke tempat tersebut. Menariknya, jika Anda mengunjungi wisata tersebut pihak pengelola tidak akan memberi tarif atau biaya untuk bisa memasuki Selasari.

Lokasi: Desa selasari, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

8. Situs Batu Kalde

Situs Batu Kalde
Image Credit: Pangandarannews.com

Setelah mengunjungi banyak wisata alam maupun buatan, Anda bisa berkunjung ke salah satu wisata edukasi sejarah dan cagar budaya berupa Situs Batu Kalde di Pangandaran. Di wisata sejarah ini Anda bisa menemukan berbagai Arca dan Yoni yang mengindikasikan bahwa tempat tersebut dulunya merupakan sebuah struktur dan bagian bangunan. Berkunjung ke wisata sejarah ini, tidak memerlukan biaya atau tarif masuk, alias gratis.

Lokasi: Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Ciamis.

9. Pantai Madasari

Pantai Madasari
Image Credit: Klikpositif.com

Disebut dengan surganya Pantai, Kabupaten Pangandaran juga memiliki panorama pantai indah yang hampir mirip dengan panorama pantai di Bali. Wisata tersebut bernama Pantai Madasari Pangandaran. Di Pantai tersebut, Anda akan disuguhkan pemandangan pulau pulau kecil dengan tumbuhan hijau yang berada di sekitarnya. Airnya pun juga cenderung tenang dan aman. Jadi, akan sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata dan bermain air di pantai.

Lokasi: Jl. Pantai Wisata, Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.

10. Curug Jambe Anom

Curug Jambe Anom
Image Credit: Youtube.com (ona noerwana)

Objek wisata yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan gemercik air yang jatuh ke bawah perimbaan. Lokasinya yang terbilang masih tersembunyi menambah kesan eksotis pada destinasi wisata alam yang satu ini. Tempat yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melepaskan penat dan jenuh dengan hiruk pikuk kota besar. Udara yang segar, dominasi warna hijau, dan air jernih yang segar dapat membuat siapa pun pengunjungnya tenang.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Alam di Sukabumi yang Populer Buat Liburan

Lokasi: Purbahayu, Kec. Pangandaran, Kab. Ciamis.

11. Pepedan Hills

Pepedan Hills
Image Credit: Mypangandaran.com

Pesona dan keindahan alam di pegunungan dan bukit yang terleta di Parigi, Jawa Barat semakin dimaksimalkan untuk membuat destinasi wisata yang populer di berbagai kalangan. Suguhan utama wisata ini ialah pemandangan alam perbukitan yang masih hijau sejauh mata memandang. Untuk menambah keunikan dan keseruan, terdapat fasilitas spot foto berupa gardu pandang yang dapat membuat hasil foto semakin apik.

Lokasi: Desa Selasari, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

12. Gua Sinjang Lawang

Gua Sinjang Lawang
Image Credit: Gvpangandaran.com

Gua Sinjang Lawang akan memberikan pengalaman baru berupa petualangan di perut bumi bagi siapa pun yang mengunjunginya. Gua yang satu ini memiliki ruangan yang luas dengan lebar dan tinggi sekitar 60 meter. Selain menyusuri isi gua, Anda juga dapat menyaksikan ukiran ukiran alami yang terbentuk di bagian dinding gua. Saat matahari sudah di tengah, secercah cahayanya akan masuk dan menambah kesan eksotis di wisata alam yang satu ini.

Lokasi: Desa Selasari, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

13. Jojogan Hills

Jojogan Hills
Image Credit: Pesonawisataindonesia.com

Banyak sekali hal yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke objek wisata Jojogan Hills. Mulai dari air terjun, hingga pegunungan dan perbukitan bisa menjadi latar belakang foto yang sangat menakjubkan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan piknik asyik dengan seluruh anggota keluarga sembari menikmati keindahan alam yang memesona. Keindahan alam yang dipadukan dengan atmosfer kesejukan udara sejuk membuat wisata ini mendapat sebutan surga kecil di Pangandaran.

Lokasi: Gunung Tiga, RT 01 / RW 06, Cintaratu, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

14. Lembah Jebulan

Lembah Jebulan
Image Credit: Youtube.com (Arsya Channel)

Destinasi wisata alam yang satu ini bisa dikatakan masih memiliki sedikit pengunjung. Pasalnya, untuk bisa sampai ke lokasi dibutuhkan keberanian untuk menjajaki medan yang cukup ekstrem. Namun, setelah sampai di lokasi semua rasa lelah dan takut akan terbayar dengan lunas. Lembah Jebulan menyuguhkan pemandangan asri dan eksentrik dengan suasana sejuk nan segar. Kejernihan dan kebersihan air juga masih sangat terjaga.

Lokasi: Jebulan, Kec. Cigugur, Kab. Pangandaran.

15. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas
Image Credit: Swaragapura.com

Destinasi wisata alam Pantai Batu Karas memiliki keindahan alam yang sangat memesona. Tak hanya itu, pantai yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri berupa suasana tenang dengan deburan ombak yang cocok untuk berselancar. Ketika mengunjungi wisata tersebut, Anda bisa melihat banyaknya wisatawan yang berselancar di atas ombak ketika menjelang sore hari. Panorama matahari tenggelam juga bisa Anda saksikan dengan mengunjungi Pantai Batu Karas.

Lokasi: Jl. Pantai Indah No.Desa, RT.08/RW.04, Batukaras, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.

16. Sungai Citumang

Sungai Citumang
Image Credit: Instagram.com @leni_rianii

Citumang merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Barat yang cocok bagi Anda pemilik hobi dan petualangan yang memacu adrenalin. Citumang sendiri merupakan destinasi wisata alam asri berupa aliran sungai yang membelah hutan dengan debit air yang cukup deras. Ketika berkunjung ke objek wisata tersebut, Anda akan disuguhkan oleh banyaknya pengunjung yang melakukan Body Rafting.

Lokasi: Desa Bojong, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Puncak Bogor Terbaru & Terhits Buat Liburan

17. Pangandaran Waterpark

Pangandaran Waterpark
Image Credit: Youtube.com (UDIR DANAMAYA)

Pangandaran Waterpark merupakan salah satu objek wisata buatan yang juga wajib dikunjungi. Terutama berkunjung dengan keluarga atau orang orang yang disayangi. Ada banyak sekali wahana dan fasilitas yang bisa digunakan. Diantaranya ialah, seluncuran, waterboom, toilet, mushola, dan area parkir. Di sebelah wisata buatan ini terdapat Pantai Lembah Putri yang semakin menambah keeksotisan destinasi wisata Pangandaran Park.

Lokasi: Putrapinggan, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.

18. Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang
Image Credit: Tripadvisor.com

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata alam yang satu ini memiliki air terjun pendek berjumlah tujuh buah. Air yang cenderung tenang dengan panorama dan keindahan alam serba hijau menjadikan wisata alam yang satu ini cocok dikunjungi untuk melepas penat dari tuntutan aktivitas. Curug Tujuh Cibolang ini bisa dicapai dari arah barat Kecamatan Panjalu dengan menuju Ciamis.

Lokasi: Sandingtaman, Kec. Panjalu, Kab. Ciamis.

19. Saung Muara Pangandaran

Saung Muara Pangandaran
Image Credit: Koropak.co.id

Tempat wisata yang satu ini telah menjadi tujuan wisata favorit warga lokal yang ingin menikmati panorama keindahan matahari terbenam. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas seperti memancing, piknik, maupun berkemah dengan orang orang tersayang. Panorama lain yang bisa Anda saksikan ialah keadaan alamnya yang masih begitu asri dengan tumbuhan mangrove yang ada di sekelilingnya.

Lokasi: Kondangjajar, kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.

20. Batu Lumpang Garden

Batu Lumpang Garden
Image Credit: Radartasikmalaya.com

Objek wisata yang satu ini juga dikenal dengan nama Grand Cliff atau Tebing Agung. Ketika mengunjungi wisata alam yang satu ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan unik yang khas dan eksotis. Banyak sekali pengunjung yang melakukan aktivitas seperti berenang, piknik, kemah, dan aktivitas menyenangkan lainnya. Kondisi alamnya juga terbilang masih alami tanpa adanya perubahan atau kerusakan yang terjadi.

Lokasi: Jl. Cigugur, Parakanmanggu, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

21. Ciwayang Rafting

Ciwayang Rafting
Image Credit: Planetpangandaran.co.id

Salah satu tempat wisata rafting terbaik yang ada di Pangandaran ialah Ciwayang Rafting. Debit aliran air yang lumayan deras dengan pemandangan alam yang masih eksotis menjadikan wisata alam yang satu ini digemari bagi para pencinta olahraga pemacu adrenalin. Bagi Anda yang gemar mengunjungi wisata alam sungai dengan aliran air yang deras, maka wajib mengunjungi destinasi yang satu ini.

Lokasi: Jl. Cigugur, Cimindi, Kec. Cigugur, Kab. Pangandaran.

22. Rafting Goa Lanang

Rafting Goa Lanang
Image Credit: Facebook.com @goalanang212

Wisata di Pangandaran dengan wahana rafting yang menakjubkan ialah Goa Lanang Rafting, Tempat wisata tersebut menawarkan sensasi rafting dan caving secara bersamaan. Dengan demikian, Anda bisa memiliki pengalaman susur goa dan susur sungai dengan panjang kurang lebih 360 meter. Untuk memastikan keamanan selama kegiatan rafting, Anda bisa menyewa pemandu rafting dengan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. Raya Selasari, Bangunkarya, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

Itulah deretan tempat wisata di Kabupaten Pangandaran yang menarik dikunjungi saat liburan. Mulai dari wisata pantai, wisata buatan, air terjun, gua dan lainnya bisa Anda dapatkan secara sekaligus dengan mengunjungi Kota Pangandaran. Destinasi wisata yang ditawarkan memiliki keindahan yang tak kalah menakjubkan dengan wisata di berbagai daerah. Bahkan, bisa dibilang wisata di Pangandaran memiliki pesona yang bisa mengalahkan destinasi wisata di luar negeri.