Apa Saja Destinasi Menarik di Majalengka? Periksa Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Majalengka, Jawa Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Terhits untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang termasuk dalam ‘Tanah Sunda’ bagian timur Jawa Barat. Tak kalah dengan berbagai kota besar lainnya, Majalengka juga memiliki destinasi wisata yang sangat beragam dan menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga sejarah.

Kabupaten ini juga memiliki daerah berupa dataran rendah di wilayah utara, perbukitan di bagian tengah, serta pegunungan di bagian selatan. Berikut ulasan tempat wisata populer di Majalengka yang bisa menjadi referensi tujuan liburan Anda.

1. Kebun Teh Cipasung

Kebun Teh Cipasung
Image Credit: Pasundan.id

Kebun Teh Cipasung menjadi salah satu tempat wisata favorit warga Majalengka dan sekitarnya, karena adanya potret keindahannya yang banyak dipamerkan melalui media sosial. Destinasi wisata ini merupakan lokasi paling instagrammable yang menawarkan nuansa alam nan hijau dan teduh, sehingga cocok untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang mendambakan ketenangan dan udara segar.

Di lokasi wisata ini Anda bisa menikmati udara segar sambil berjalan jalan mengelilingi area perkebunan teh yang memiliki luas hingga 58 hektar. Meski memiliki pemandangan yang tak jauh beda dengan kebun teh lainnya, namun Kebun Teh Cipasung ini memiliki daya tarik sendiri yaitu kesegaran udaranya yang masih asri. Hamparan kebunnya yang luas memberikan suguhan pemandangan yang indah dan sejuk untuk dipandang.

Lokasi: Cipasung, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka.

2. Telaga Herang

Telaga Herang
Image Credit: Gurugeografi.id

Bagi warga yang tinggal di Majalengka tentunya tak asing lagi dengan tempat wisata satu ini. Telaga Herang merupakan destinasi wisata berupa danau yang memiliki air jernih dan menjadi tempat tinggal beragam jenis ikan dengan corak menawan. Berkat kejernihan airnya Anda bisa melihat berbagai ikan dan biota lainnya bahkan dengan telanjang mata. Para wisatawan tak hanya menikmati sejuk dan jernihnya air, tapi juga bisa menaiki perahu bebek yang disediakan.

Lokasi: Jerukleueut, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka.

3. Wisata Paralayang Gunung Panten

Wisata Paralayang Gunung Panten
Image Credit: Panduanwisata.id

Destinasi Wisata Paralayang Gunung Panten ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memacu adrenalin dengan ketinggian. Tak heran jika lokasi ini menjadi destinasi yang paling terkenal di Majalengka, karena pernah digunakan untuk Kejuaraan Nasional Paralayang dan Kejuaraan Gantolle Nasional. Pemandangan yang disuguhkan pada wisata ini juga sangat luar biasa, apalagi saat sore hari.

Di lokasi wisata satu ini Anda bisa menikmati pemandangan dari Gunung Ciremai, hamparan kawasan persawahan yang hijau, serta landscape Majalengka dari ketinggian sekitar 300 mdpl. Tak hanya bisa menikmati paralayang, Anda juga bisa mencoba wahana gantole yang telah dipersiapkan oleh pihak pengelola bagi para pengunjung. Ketika menaiki berbagai wahana tersebut, Anda tak perlu khawatir karena akan ditemani oleh pemandu.

Lokasi: Sidamukti, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

4. Air Terjun Cibali

Air Terjun Cibali
Image Credit: Wafalf07.files.wordpress.com

Air Terjun Cibali merupakan salah satu destinasi wisata yang ditawarkan oleh Majalengka. Nuansa alamnya yang masih begitu asri dan segar membuat para wisatawan sangat menikmati wisata ini untuk menghindari hiruk pikuk perkotaan. Sehingga Air Terjun Cibali ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat pikiran lebih fresh lagi. Anda juga diperlukan fisik yang lumayan kuat untuk bisa mencapai destinasi wisata ini karena akan menguras tenaga cukup banyak.

Lokasi: Cikondang, Kec. Cingambul, Kab. Majalengka.

5. Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy
Image Credit: Cirebon24.com

Destinasi satu ini merupakan tempat yang paling populer di media sosial. Nama cipeuteuy itu sendiri, konon berasal dari sejarah kawasan sekitar curug yang dulunya dikelilingi oleh pohon petai raksasa. Objek wisata ini juga merupakan kawasan hutan konservasi yang berlokasi di Bumi Perkemahan Desa Bantaragung. Tak hanya bisa menikmati segarnya percikan air dari curug, Anda juga bisa menyaksikan langsung indahnya budidaya bunga anggrek.

Kawasan konservasi Curug Cipeuteuy ini juga memiliki rumah bagi elang jawa serta beragam jenis flora dan fauna lainnya. Mengingat statusnya sebagai kawasan konservasi, maka para pengunjung diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan di sekitar area wisata dengan tak membuang sampah sembarangan. Dengan begitu keindahan dari kawasan wisata Curug Cipeuteuy ini akan tetap terjaga.

Lokasi: Jl. Dukuh Pasir, Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka.

6. Wana Wisata Cadas Gantung

Wana Wisata Cadas Gantung
Image Credit: Instagram.com @majalengkaviral

Wana Wisata Cadas Gantung ini merupakan wisata puncak bukit yang tak mudah untuk dijangkau. Untuk bisa menikmati panorama kota dari ketinggian sekitar 700 mdpl ini, Anda harus bisa melalui jalanan yang lumayan sulit. Tapi Anda tak perlu khawatir, karena pemandangan indah dari Cadas Gantung ini memang patut untuk diperjuangkan. Apalagi jika Anda mendatangi tempat ini disaat matahari terbit atau tenggelam.

Lokasi: Mirat, Kec. Leuwimunding, Kab. Majalengka.

7. Petilasan Prabu Siliwangi

Petilasan Prabu Siliwangi
Image Credit: Perlupiknik.com

Tak hanya wisata alam, di Majalengka juga terdapat destinasi wisata sejarah yang patut Anda kunjungi yaitu Petilasan Prabu Siliwangi. Destinasi wisata ini merupakan tempat istirahat Prabu Siliwangi sebelum akhirnya “moksa” atau menghilang secara gaib. Petilasan ini memiliki bentuk berupa menhir yang selalu ditutup oleh kain putih. Pengunjung juga dapat menjumpai kera yang bergelantungan di rimbunan pepohonan yang mengelilingi kawasan petilasan.

Di Petilasan Prabu Siliwangi, terdapat daya tarik lainnya yaitu adanya dua mata air yang bernama Telaga Emas dan Telaga Pancuran. Menurut masyarakat setempat, air yang berasal dari dua mata air tersebut dianggap suci. Itulah sebabnya terdapat aturan yang mengharuskan bagi pengunjung atau peziarah untuk menyucikan dirinya, dengan menggunakan air dari dua telaga tersebut.

Lokasi: Pajajaran, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka.

8. Panyaweuyan Argapura

Panyaweuyan Argapura
Image Credit: Pegipegi.com

Bagi Anda yang gemar berburu tempat dengan pemandangan yang indah, Anda bisa datang ke objek wisata Panyeweuyan Argapura ini. Pemandangan yang paling banyak diburu oleh para wisatawan di tempat ini, tidak lain ialah hijaunya persawahan dan terasering yang ada di sekitarnya. Hamparan hijaunya tersebut berpadu dengan birunya langit yang tentu menghasilkan pemandangan yang mampu menghipnotis para wisatawan.

Keindahannya tersebut membuat sebagian orang mengatakan bahwa Panyaweuyan Argapura merupakan Bukit Bintang yang dimiliki oleh Majalengka. Waktu yang paling tepat untuk Anda mengunjungi tempat wisata ini adalah saat pagi hari menjelang matahari terbit. Disana Anda bisa menikmati suasana syahdu ditemani dengan kabut sesaat sebelum matahari menampakkan sinarnya.

Lokasi: Tejamulya, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

9. Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya
Image Credit: Google Maps (Ambia Aditama)

Dikenal juga dengan Curug Apuy, destinasi wisata ini menjadi salah satu yang terpopuler di Majalengka. Di Curug Muara Jaya juga sangat cocok digunakan untuk menenangkan pikiran dari hiruk pikuk perkotaan. Air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat memukau dengan hawanya yang sejuk dan teduh. Tanah di sekitaran curug pun subur, sehingga masyarakat sekitar pun menjadikannya sebagai ladang tanaman sayur dan palawija.

Lokasi: Desa Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

10. Taman Dinosaurus Buana Marga

Taman Dinosaurus Buana Marga
Image Credit: Google Maps (Ardi Cwbungo)

Taman Dinosaurus Buana Marga ini sempat terlantar selama empat tahun, namun saat ini sudah kembali menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga Majalengka dan sekitarnya. Dilihat dari konsepnya tersebut, destinasi wisata ini sangat cocok tujuan liburan untuk anak anak dan keluarga. Anda bisa melihat serta mempelajari berbagai jenis dinasaurus yang terdapat di tempat wisata satu ini.

Lokasi: Lemah Putih, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka.

11. Jembar Waterpark

Jembar Waterpark
Image Credit: Facebook.com @jembarwaterparkmajalengka

Majalengka menghadirkan area bermain air dengan tema dinosaurus yang diberikan nama Jembar Waterpark. Kolam renang ini juga termasuk terbesar di Majalengka yang telah dibuka sejak tahun 2012. Lokasi wisata ini memiliki banyak wahana yang seru dan aman sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat berlibur keluarga. Anda juga bisa bersantai di kolam renang maupun kolam arus yang cocok untuk relaksasi.

Lokasi: Ranji Wetan, Kec. Kasokandel, Kab. Majalengka.

12. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai
Image Credit: Ihategreenjello.com

Kegiatan mendaki gunung akhir akhir ini semaki populer, karena aktivitas ini cukup memacu adrenalin serta tetap waspada. Ketinggian gunung satu ini berkisar 3.078 mdpl dengan adanya tiga jalur pendakian yang sudah populer yaitu Jalur Palutungan, Jalur Linggarjati, dan Jalur Apuy. Apabila Anda ingin melalui jalur yang mudah dan tak terlalu sulit, maka bisa melewati Jalur Apuy. Dari atas gunung, Anda akan mendapatkan suguhan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Lokasi: Kab. Kuningan dan Kab. Majalengka.

13. Air Terjun Cilutung

Air Terjun Cilutung
Image Credit: Daftar.co

Kali ini Air Terjun Cilutung bisa menjadi salah satu pilihan tempat untuk para pengunjung atau wisatawan yang ingin menikmati suasana liburan yang asri. Kondisi wisata ini masih begitu alami dan belum tercemar limbah industri, membuat Air Terjun Cilutung sangat cocok digunakan sebagai tempat menenangkan diri dari kebisingan perkotaan. Didukung pula dengan nuansa pedesaan yang nyaman, sehingga akan membuat Anda betah untuk berlama lama disini.

Lokasi: Talagakulon, Kec. Talaga, Kab. Majalengka.

14. Air Terjun Ibun Pelangi

Air Terjun Ibun Pelangi
Image Credit: Mncupdate.com

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan pelangi yang samar samar. Pelangi tersebut muncul akibar adanya pantulan sinar matahari melalui butiran air terjun yang jatuh dari tebing. Untuk bisa melihat pelangi tersebut, Anda harus menyusuri air terjun. Tak perlu khawatir, karena akses untuk menuju air terjun ini tidaklah sulit sehingga Anda bisa menikmati keindahan pemandangan serta pelangi dengan mudah.

Lokasi: Sukadana, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

15. Curug Sawer

Curug Sawer
Image Credit: Detik.com

Tak terlalu jauh dengan Curug Muara Jaya, air terjun satu ini juga bisa dijadikan salah satu destinasi yang tepat bagi Anda. Curug Sawer ini menawarkan keindahan berupa pemandangan alam yang masih asri dan terjaga secara alami. Aliran airnya juga sangat deras sehingga Anda bisa merasakan kesegaran ketika berjalan jalan di sekitar area air terjun ini. Meski tak seramai Curug Muara Jaya, tapi wisata ini tetap bisa jadi solusi terbaik bagi Anda.

Lokasi: Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

16. Wisata Cikebo

Wisata Cikebo
Image Credit: Facebook.com @OneTransportMajalengka

Bagi Anda yang ingin menikmati panorama alam yang menarik, maka Wisata Cikebo ini menjadi pilihan terbaik. Anda bisa mengunjungi destinasi wisata ini saat siang atau malam hari. Saat siang hari Anda bisa melihat pemandangan alam Kabupaten Majalengka dari ketinggian tertentu, sementara ketika malam hari Anda bisa menikmati pemandangan keindahan cahaya Majalengka sambil membakar jagung.

Lokasi: Sagara, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

17. Kolam Renang Balong Sang Raja

Kolam Renang Balong Sang Raja
Image Credit: Mediamajalengka.com

Namanya yang begitu unik dari tempat wisata ini cukup menarik perhatian para pengunjung. Dulunya kolam renang ini digunakan sebagai pemandian oleh para pejabat pemerintah kerajaan Belanda. Dalam kolam renang ini terdapat mata air akar yang mengalir ke kolam sehingga menjadikannya begitu jernih dan segar. Meski lokasi kolam renang terkesan kuno karena telah berusia ratusan tahun, tetapi tempat ini masih sangat menarik untuk tetap dikunjungi.

Tak hanya bisa menikmati pemandangan yang indah, di kolam renang ini juga dilengkapi dengan area outbond. Di destinasi wisata ini juga terdapat beberapa tanda peninggalan zaman Belanda seperti Tuga dan beberapa pohon besar yang membuatnya semakin terlihat cantik. Dengan begitu Anda bisa menghabiskan masa liburan Anda bersama teman dan keluarga tercinta disini.

Lokasi: Jl. Pasukan Sindangkasih, Kec. Cigasong, Kab. Majalengka.

18. Taman Wisata Bukit Alam Hejo

Taman Wisata Bukit Alam Hejo
Image Credit: Ihategreenjello.com

Terletak di kaki Gunung Ciremai, Taman Wisata Bukit Alam Hejo ini memiliki berbagai wahana yang menarik seperti kolam, ATV, outbond, menunggang kuda, dan panggung hiburan. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati kuliner khas yang lezat di area sekitar destinasi wisata ini setelah lelah menghabiskan waktu bermain dengan wahana yang disediakan. Anda bisa mengajak orang tersayang untuk menghabiskan waktu liburan di taman wisata ini.

Lokasi: Desa Pasirayu, Kec. Sindang, Kab. Majalengka.

19. Gunung Batu Tilu

Gunung Batu Tilu
Image Credit: Youtube.com (DEDDY DOANK)

Destinasi wisata Gunung Batu Tilu ini berasal dari sebuah legenda yang cukup tersohor. Konon katanya Gunung Batu Tilu ini merupakan seekor naga besar yang kepalanya berada di Gunung Cimerai, sementara ekornya memanjang hingga Gunung Batu Tilu. Dengan mengunjungi wisata ini Anda akan menemukan kumpulan tiga bukit dengan keindahan dan keunikan yang berbeda serta Anda juga bisa menemukan dua sungai besar yang melintas.

Lokasi: Girimukti, Kec. Kasokandel, Kab. Majalengka.

20. Bendungan Raksasa Rentang

Bendungan Raksasa Rentang
Image Credit: Kompas.id

Objek wisata ini memang bukanlah tempat rekreasi yang mewah, namun sangat cocok digunakan untuk para wisatawan yang tak punya banyak waktu untuk melakukan perjalanan. Menjadi bendungan yang terbesar dan terdapat di bagian utara Majalengka ini menampung beberapa sungai yang ada di Jawa Barat. Anda bisa mengunjungi wisata ini untuk sekedar menikmati pemandangan sungai serta digunakan sebagai spot foto yang instagenik.

Lokasi: Desa Panongan, Kec. Jatitujuh, Kab. Majalengka.

21. Situ Sangiang

Situ Sangiang
Image Credit: Inderawaspada.com

Tempat wisata ini disebut juga dengan Telaga Sangiang. Situ Sangiang ini dijadikan pula sebagai tempat ziarah makam keramat Pucuk Ulum atau Sunan Parung. Tak hanya itu lokasi tempat wisata ini juga sangat asri dan rimbun dikarenakan terdapat hutan yang cukup lebat mengelilinginya. Sehingga Anda bisa menikmati pemandangan tersebut sambil berziarah ke pemakaman Sunan Parung.

Lokasi: Sangiang, Kec, Banjaran, Kab. Majalengka.

22. Situ Janawi

Situ Janawi
Image Credit: Tribunnews.com

Bagi Anda yang ingin menikmati asrinya danau, maka dengan mengunjungi Situ Janawi bisa jadi alternatif terbaik. Situ Janawi ini menawarkan keindahan danau yang memberikan pemandangan pemukinan dan perbukitan yang begitu menakjubkan. Sumber mata air danau berasal dari telaga suci ini membuat airnya sangat jernih, sehingga Anda bisa melihat beragam ikan yang ada di dalamnya.

Lokasi: Payung, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka.

23. Goa Lalay

Goa Lalay
Image Credit: Instagram.com @kris_jmreload

Destinasi alam lainnya yang cukup menantang ialah Goa Lalay. Wisata ini disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Green Canyon khas Majalengka. Meski dibutuhkan usaha yang cukup keras untuk bisa mencapai ke tempat wisata ini, tapi usaha Anda tersebut akan terbayarkan dengan keindahan begitu menakjubkan yang ditampilkan dari tiap sisi yang dimiliki oleh Goa Lalay ini.

Lokasi: Desa Sukadana, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

24. Air Terjun Sempong

Air Terjun Sempong
Image Credit: Citratrans.com

Air terjun sempong menyuguhkan suasana dan pemandangan yang masih cukup asri sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tempat wisata yang berada di Majalengka ini menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin liburan dengan suasana dan pemandangan yang masih alami. Indahnya aliran Air Terjun Sempong ini mampu membuat siapapun yang datang melihatnya akan terpesona.

Lokasi: Desa Sidamukti, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

25. Gunung Sanghyang Dora

Gunung Sanghyang Dora
Image Credit: Instagram.com @Deni_Kumbala

Meski tak setinggi Gunung Ciremai, Gunung Sanghyang Dora ini juga menjadi salah satu wisata pendakian yang cukup diminati oleh para wisatawan. Perjalanan untuk sampai puncak gunung ini juga membutuhkan tenaga yang ekstra, namun begitu sampai puncak Anda akan disuguhkan oleh pemandangan gunung yang sangat indah dengan latar belakangnya Gunung Ciremai yang menjulang.

Lokasi: Mirat, Kec. Leuwimunding, Kab. Majalengka.

Itulah deretan tempat wisata di Kabupaten Majalengka yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif liburan. Beragam wisata tersebut memiliki pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. Tak hanya wisata yang disebutkan diatas, Majalengka juga memiliki berbagai wisata lainnya yang tak kalah menariknya untuk mengisi waktu luang Anda bersama keluarga dan sahabat.