Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Kuningan, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Populer dan Paling Hits yang Bisa Anda Pilih Buat Liburan.

Provinsi Jawa Barat terkenal dengan tempat wisata alamnya yang masih asri dan indah. Tak terkecuali di daerah Kuningan. Kuningan merupakan sebuah kabupaten dimana terdapat banyak objek wisata yang menarik dikunjungi, baik wisata alam maupun wisata buatan yang akan mengisi waktu liburan.

Daerah ini terkenal dengan kehangatan dan keramahan warga asli beserta budaya Sundanya yang masih kental. Berikut deretan tempat wisata di Kuningan yang sayang untuk Anda lewatkan jika berkunjung.

1. Wisata Bukit Indah Panembongan

Wisata Bukit Indah Panembongan
Image Credit: Tribunnews.com

Bagi Anda yang mencari destinasi wisata dengan spot panorama alam yang indah, maka Bukit Panembongan jawabannya. Tak hanya pemandangan yang masih asri dan alami, Anda juga akan disuguhkan berbagai macam fasilitas seperti arena camping, outbond, hingga sesi pemotretan. Hamparan perkebunan teh membuat pemandangan wisata alam ini semakin sempurna. Anda berminat? cukup keluarkan biaya ekonomis sekitar 5 ribuan saja.

Lokasi: Tembong, Kec. Garawangi, Kab. Kuningan.

2. Taman Kuning Kebun Raya

Taman Kuning Kebun Raya
Image Credit: Pergingtrip.blogspot.com

Berlokasi di Padabeunghar, Kecamatan Sindangwangi, objek wisata Taman Kuning Kebun Raya memiliki konsep unik. Pengunjung akan mendapat kesempatan merasakan jalanan alami berbatu di beberapa area untuk menuju wisata ini. Taman Kuning Kebun Raya juga menyuguhkan pemandangan berupa taman gunung Ciremai, patung kuda, air mancur, dan Taman Kuning. Bila Anda berminat mengunjunginya, hanya perlu merogoh kocek 10 ribuan saja.

Lokasi: Padabeunghar, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

3. Taman Rekreasi Salsabila

Taman Rekreasi Salsabila
Image Credit: Tempatwisata.pro

Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dijadikan tempat berwisata bersama keluarga. Di sana, Anda difasilitasi dengan kolam renang beserta waterpark yang bisa dimainkan oleh semua wisatawan. Hal unik yang menjadikan wisata ini berbeda dari taman bermain lainnya adalah adanya bungalow bergaya Eropa yang menarik minat pengunjung. Bila Anda ingin mengunjunginya, silahkan menuju rute Kecamatan Cigandamekar, dengan tiket masuk sekitar 9 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Panawuan Indrapatra, Panawuan, Kec. Cigandamekar, Kab. Kuningan.

4. Curug Putri Palutungan

Curug Putri Palutungan
Image Credit: Google Maps (Tonny Hidayat P)

Curug merupakan salah satu tempat wisata yang bisa ditemukan di berbagai wilayah Jawa Barat. Tak terkecuali Curug Putri Palutungan ini. Berlokasi di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, wisata alam ini menyuguhkan kesan asri nan sejuk serta pemandangannya yang masih alami. Untuk biaya tiket masuk pun sangat ekonomis, Anda hanya perlu membayar tarif masuk sekitar 7 ribuan saja. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa menikmati alam segar.

Lokasi: Cisantana RT.07/RW.03, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

5. Pemandian Cibulan

Pemandian Cibulan
Image Credit: Google Maps (Edi Kurniadi)

Masih wisata alam asri, Pemandian Cibulan menawarkan kolam renang pemandian bersama ikan. Konon katanya, ikan dalam kolam tersebut memiliki kekuatan gaib yang bisa menyembuhkan penyakit. Kolam pemandian ini berasal dari sumber mata air asli, sehingga memiliki air yang bersih dan jernih. Bagi Anda yang memiliki hobi berenang, tidak ada salahnya mengunjungi Pemandian Cibulan ini.

Lokasi: Maniskidul, Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan.

6. Taman Purbakala Cipari

Taman Purbakala Cipari
Image Credit: Minumkopi.com

Sesuai namanya, destinasi wisata yang satu ini menyimpan berbagai benda peninggalan jaman sejarah. Di objek wisata sejarah ini, Anda bisa menjumpai berbagai benda peninggalan jaman megalithikum, jaman kerajaan klasik, jaman kolonial Belanda, dan jaman kerajaan Hindu – Budha. Mengunjungi tempat bersejarah dapat menambah wawasan mengenai kronologis atau budaya peninggalan jaman dahulu.

Bila Anda ingin berwisata ke destinasi sejarah, bisa mengunjungi Taman Purbakala Cipari. Tempat wisata ini memiliki jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 15.00. Mengunjungi wisata bersejarah ini akan semakin membuat waktu liburan Anda berfaedah dan ekonomis. Pasalnya untuk dapat masuk wisata sejarah ini, Anda tidak akan dikenai biaya tiket masuk alias gratis.

Lokasi: Jl. Museum Purbakala, Cipari, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

7. Wisata Linggarjati

Wisata Linggarjati
Image Credit: Kuningandistrict.blogspot.com

Wisata Linggarjati adalah salah satu tempat tujuan berlibur bersama keluarga yang sayang jika Anda lewatkan ketika berkunjung ke kota Kuningan. Tempat wisata ini juga merupakan gerbang awal bagi para pencinta pendaki yang akan melakukan pendakian ke gunung Ceremai. Terletak di kaki gunung Ciremai, membuat wisata ini tidak hanya diselimuti keindahan namun juga memiliki fasilitas dan wahana seru yang bisa dinaiki, seperti perahu.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Alam di Majalengka yang Populer Buat Liburan

Lokasi: Linggarjati, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan.

8. Telaga Remis

Telaga Remis
Image Credit: Indonesiakaya.com

Telaga Remis memiliki keindahan alami yang membuat setiap pengunjung betah berlama lama di tempat ini. Suasana yang tenang dan nyaman disertai dengan udara sejuk pegunungan yang khas dapat menjadi sarana Anda untuk berimajinasi menikmati keindahan tempat tersebut. Bila Anda mengunjungi wisata alam ini, usahakan membawa pakaian hangat. Karena semakin sore, suhu di Telaga Remis akan semakin dingin.

Lokasi: Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

9. Waduk Darma

Waduk Darma
Image Credit: Manifestasipedia.blogspot.com

Waduk Darma merupakan destinasi wisata buatan yang memiliki nilai sejarah kental. Waduk ini dibangun pada masa penjajahan Bangsa Belanda. Menurut penuturan sejarawan, terdapat setidaknya 9 desa yang ditenggelamkan guna dapat membangun waduk yang luas dengan ukuran mencapai 450 hektar. Saat ini Waduk Darma sudah dimanfaatkan dan dikelola sebagai objek wisata fovaorit.

Sebenarnya tempat wisata ini memiliki fungsi untuk mengairi sawah oleh penduduk sekitar. Namun, karena keindahannya, warung ini juga di multifungsikan menjadi destinasi wisata. Di tempat ini juga tersedia beberapa fasilitas lengkap yang bisa menunjang kenyamanan pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut seperti area dan perlengkapan kemah, perlengkapan berenang, memancing dan masih banyak lagi.

Lokasi: Desa Jagara, Kec. Darma, Kab. Kuningan.

10. Pemandian Air Panas Sangkanurip

Pemandian Air Panas Sangkanurip
Image Credit: Panasbuminews.com

Sangkanurip menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk menghabiskan waktu di kala liburan. Pemandian Air Panas Sangkanurip ini juga berlokasi di daerah Kuningan Tengah. Memiliki suhu di bawah kurang dari 40 derajat, menjadikan tempat wisata ini berhawa sejuk nan segar. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati waktu liburan dengan berendam di air yang sejuk untuk melepas penat.

Lokasi: Panawuan, Kec. Cigandamekar, Kab. Kuningan.

11. Situ Cicerem

Situ Cicerem
Image Credit: Dakatour.com

Objek wisata alam di Kuningan yang satu ini berupa danau indah yang menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi. Danau ini memiliki kedalaman kurang lebih 5 meter yang menawarkan keindahan bawah air yang jarang ditemui di tempat lain. Di sekitar tempat wisata ini juga terdapat banyak tumbuhan asri yang mengitari. Suasananya yang tenang membuat objek wisata alam yang satu ini sangat cocok menjadi tujuan wisata ketika Anda lelah

Situ Cicerem juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas atau wahana yang sangat seru. Salah satunya adalah ayunan yang digantung dengan tinggi di atas pohon. Setiap pengunjung dapat memainkan fasilitas ayunan tersebut dengan menghadap ke telaga biru. Di bawah ayunan, Anda juga akan disuguhkan beberapa ikan emas warna warni yang memanjakan mata. Untuk keamanan ayunan ini Anda tak perlu khawatir, kekuatan tali sudah teruji matang.

Lokasi: Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

12. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan
Image Credit: Travelspromo.com

Salah satu destinasi wisata di Kuningan yang bisa Anda kunjungi ketika menginginkan suasana yang tenang dan nyaman adalah Kebun Raya Kuningan. Kebun yang memiliki suasana yang nyaman dan masih asri ini menyuguhkan pemandangan alami dengan udara yang masih segar. Dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang lengkap, wisata ini dapat menjadikan waktu libur Anda nyaman dan tenang.

Lokasi: Padabeunghar, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

13. Sukageuri View

Sukageuri View Kuningan
Image Credit: Facebook.com @emil.tirtawidjaja.7

Destinasi wisata di Kuningan berikutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Sukageuri View. Tempat wisata ini berupa bukit dengan menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan. Menghabiskan waktu dengan berdiam diri di Sukageuri mungkin cara yang tepat bagi Anda yang ingin melepaskan penat akibat hiruk pikuk perkotaan. Wisata ini juga sering kali dijadikan tempat untuk mengabadikan momen bersama orang orang tercinta

Bagi Anda yang melakukan perjalanan ke Kuningan jangan sampai melewatkan tempat wisata yang satu ini. Tidak rugi jika Anda memilih tempat ini sebagai tujuan liburan dan tempat menghabiskan waktu bersama keluarga. Jika Anda mengunjungi wisata ini, mungkin akan menemukan jalanan berkelok dengan bebatuan yang masih banyak. Namun, pemerintah setempat sedang memperbaiki akses jalan agar memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Lokasi: Jl. Palutungan, Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

14. The Mountain Recreation Park

The Mountain Recreation Park
Image Credit: Hargatiket.net

Destinasi wisata di Kuningan yang juga sayang jika tidak dikunjungi adalah The Mountain Recreation Park. Objek wisata ini menawarkan beberapa wahana bermain air seru seperti, waterboom, kolam renang, dan sebagainya. Tak hanya wahana yang seru, tempat bermain ini memiliki pemandangan indah dan menakjubkan. Sangat cocok bila dijadikan destinasi wisata liburan bersama keluarga dan anak anak.

Lokasi: Jl. Raya Cirendang, Perumahan Pesona Alam Kuningan, Cipari, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

15. Sangkan Resort Aqua Park

Sangkan Resort Aqua Park
Image Credit: Wisataoke.com

Apabila Anda merasa bingung menentukan destinasi wisata untuk keluarga, Anda bisa memilih tempat wisata Sangkan Resort Aqua Park. Banyak sekali wahana dan fasilitas yang ditawarkan untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Taman bermain ini memiliki ukuran yang sangat luas, sehingga cocok jika digunakan sebagai destinasi wisata bersama keluarga. Tentunya, anak anak akan lupa sejenak dengan aktivitas sekolah yang membuat mereka kelelahan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sentul Bogor Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Jl. Raya Bandorasa No.KM. 12, Bandorasa Wetan, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan.

16. Balong Dalem Jalaksana

Balong Dalem Jalaksana
Image Credit: Ihategreenjello.com

Objek wisata yang satu ini masih tergolong wisata alam. Di tempat wisata ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas khususnya outbond. Balong Dlem Jalaksana merupakan sebuah tempat konservasi yang juga menyediakan aneka hiburan dan wahana bersifat alam. Balong Dalem Jalaksana juga memiliki sumber mata air alami dengan kualitas airnya yang jernih, sehingga akan sangat memungkinkan bagi Anda jika ingin berendam di kolam yang tersedia.

Lokasi: Jl. Babakan Mulya, Babakanmulya, Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan.

17. Curug Sidomba

Curug Sidomba
Image Credit: Disporapar.kuningankab.go.id

Salah satu wisata alam yang juga sangat sayang bila tidak dikunjungi adalah Curug Sidomba. Terbilang unik, sumber mata air ini terjun ke tanah dimana hanya memiliki ketinggian kurang dari 5 meter saja. Suasana yang masih segar dan asri tentunya akan membuat Anda betah berlama lama di tempat ini. Dilengkapi dengan fasilitas yang terbilang lengkap, menjadikan objek wisata ini layak untuk dikunjungi.

Lokasi: Peusing, Jalaksana, Kec. Kuningan, Kab. Kuningan.

18. Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati
Image Credit: Bhinnekashuttle.com

Tempat wisata alam di Kuningan yang tak kalah menarik yakni, Taman Wisata Linggarjati. Terletak di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, tempat wisata yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menawan. Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, wisata alam ini memiliki area kolam pemancingan dengan berbagai jenis ikan di dalamnya. Bagi Anda yang berminat mengunjungi wisata alam ini, Anda perlu merogoh kocek sekitar 10 ribuan saja.

Lokasi: Linggasana, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan.

19. Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang
Image Credit: Youtube.com (Damar Dewanto)

Berlokasi di Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Kuningan, wisata alam ini menyuguhkan pemandangan hutan yang masih asri. Anda juga akan berkesempatan bertemu Elang Jawa yang sudah dikategorikan hewan langka Indonesia. Tak hanya itu, Anda akan menemukan air terjun kecil atau curug yang memiliki air panas alami. Curug tersebut bernama Curug Sawer dan Curug Saber. Cobalah berendam di salah satu curug air panas tersebut dan rasakan kehangatannya.

Lokasi: Pajambon, Kec. Kramatmulya, Kab. Kuningan.

20. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai
Image Credit: Ihategreenjello.com

Obyek wisata alam Gunung Ciremai memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Gunung Ciremai merupakan gunung yang paling tinggi di Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 3.078 mdpl. Pesona keindahan puncak luar biasa menarik minat semua kalangan guna mengagumi dan merasakan keindahannya. Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki gunung, Anda wajib mencoba menaklukkan gunung tertinggi di Jawa Barat yakni Ciremai.

Gunung yang sudah dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat ini sering dijadikan sasaran bagi para pencinta alam. Suasananya yang sejuk akan membuat Anda betah berlama lama di sana. Untuk mengunjungi wisata alam ini, Anda bisa memilih empat jalur yang bisa ditempuh. Sebelum berangkat, pastikan kondisi badan fit terlebih dahulu agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Lokasi: Kab. Kuningan, Kab. Majalengka.

21. Situ Wulukut

Situ Wulukut
Image Credit: Wisatatempatku.com

Daya pikat yang paling utama dari Situ Wulukut ini adalah danau yang dikatakan mirip dengan Ranu Kumbolo. Ke depannya, danau ini akan ditambahkan berbagai spot berswafoto seperti halnya sepeda air, perahu selfie, flying fox, , jembatan, dan lain-lain. Ditambah lagi dengan fasilitas lengkap seperti gazebo, toilet, area parkir dan lain-lain. Bila Anda berminat untuk mengunjungi wisata alam ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 2 ribuan saja. Sangat ekonomis!

Lokasi: Kertayuga, Kec. Nusaherang, Kab. Kuningan.

22. Talaga Surian

Talaga Surian
Image Credit: Mounture.com

Talaga Surian merupakan salah satu destinasi wisata alam yang baru dibuka di Kota Kuningan. Di Talaga Surian ini, Anda bisa melihat dan menikmati pemandangan Kota Cirebon dan Kabupaten Kuningan di atas ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan dan mengabadikannya di gazebo, ayunan gantung, rumah pohon, dan kursi kursi duduk di bawah pepohonan pinus yang asri dan indah.

Bila Anda berminat mengunjungi Talaga Surian ini, bisa menempuh perjalanan melewati Kawasan Wisata Desa Cisantana. Di sana, Anda akan menemukan penanda yang biasanya terpampang di bahu jalan. Umumnya tanda tersebut akan memberitahu Anda bahwa lokasi Talaga Surian sudah semakin dekat. Suasana wisata alam yang tenang dan asri juga sangat cocok bagi Anda yang datang bersama orang terkasih seperti keluarga.

Lokasi: Jl. Palutungan, Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

23. Desa Wisata Cibuntu

Desa Wisata Cibuntu
Image Credit: Kompasiana.com

Perlu diketahui, Desa Wisata Cibuntu Kabupaten Kuningan pernah meraih urutan ke lima di tingkat ASEAN sebagai daerah terbersih. Desa pariwisata ini meraih penghargaan tersebut pada tahun 2016 silam. Di tahun berikutnya yakni 2017, Desa Wisata Cibuntu juga meraih penghargaan kedua kalinya dalam CBT (Community Based Tourism) dari Kementerian Pariwisata Indonesia. Di desa wisata ini, Anda akan disuguhkan pemandangan segar dan asri.

Lokasi: Jl. Jeruk Bonteng, Desa Cibuntu, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Dekat Grafika Cikole Lembang Terhits Buat Liburan

24. Curug Ki Maung

Curug Ki Maung
Image Credit: Knginfo.com

Keindahan Curug Ki Maung di Kabupaten Kuningan ini tidak bisa di lewatkan dan harus di nikmati keunikannya satu persatu. Salah satu curug yang bisa di jadikan destinasi wisata terbaik di Kuningan adalah Curug Ki Maung. Di curug ini Anda akan disuguhi air terjun dengan nuansa asri nan asri berkat banyaknya bebatuan kali besar yang dijatuhi oleh air terjun. Suasana di Curug Ki Maung ini terjamin ke asrian dan ke sejukannya.

Lokasi: Cisantana RT.07 / RW.03, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

25. Warujimun Citangtu

Warujimun Citangtu
Image Credit: Koran-jakarta.com

Bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrem, tempat wisata di Kuningan ini akan menjadi pilihan yang tepat. Di Warujimun Citangtu Anda bisa menikmati wahana yang memacu adrenalin dengan menaiki paralayang. Sembari menaiki paralayang, Anda akan disuguhkan pemandangan hijau nan asri. Pegunungan yang diselimuti rimbunnya pohon semakin menambah daya tarik pengunjung.

Lokasi: Jl. Cileuweung, Citangtu, Kec. Kuningan, Kab. Kuningan.

26. Hutan Kota Mayasih

Hutan Kota Mayasih
Image Credit: Pikiran-rakyat.com

Wisata alam yang satu ini menyuguhkan pemandangan hutan yang asri dengan sedikit penataan yang telah diupayakan pemerintah Jawa Barat. Sebelumnya, kawasan wisata ini disebut dengan gunung batu, karena sebelum dilakukan penataan ruang hijau, wisata ini dipenuhi dengan tumpukan bebatuan. Untuk menambah kenyamanan pengunjung, wisata alam ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap, diantaranya gazebo.

Saung saung kecil tersebut disediakan untuk pengunjung agar bisa beristirahat sejenak sembari menikmati pemandangan dan hembusan angin yang segar. Hutan Kota Mayasih dibuka setiap hari selama 24 jam nonstop. Bila Anda berminat, silahkan memilih rute dari Kota Kuningan ke Kecamatan Cigugur kemudian ke Jalan Lumbu. Untuk tarif yang dibebankan hanyalah sekitar 5 ribuan saja. Sangat terjangkau!

Lokasi: Jl. Lumbu, Kec. Cigugur, Kab. kuningan.

26. Wisata Alam Cadas Gantung

Wisata Alam Cadas Gantung
Image Credit: Tribuncirebon.com (Eki Yulianto)

Tempat wisata alam ini merupakan salah satu surga tersembunyi di Kuningan. Terletak di bagian timur Kabupaten Kuningan, Wisata Alam Cadas Gantung menyajikan banyak panorama indah yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda akan disambut oleh jalanan menanjak yang curam dan berkelok untuk menuju ke tempat ini. Anda juga akan disuguhi hamparan dataran seperti padang rumput yang dikelilingi oleh perbukitan dengan hutan yang lebat.

Lokasi: Jl. Nanggeleng, RT.08/RW.024, Citundun, Kec. Ciwaru, Kab. Kuningan.

27. Wisata Batu Luhur

Wisata Batu Luhur
Image Credit: Facebook.com @Farohitravel

Tempat wisata di Kuningan satu ini menyuguhkan pemandangan alam dari ketinggian dengan fasilitas tempat duduk yang nyaman dan keren untuk diabadikan. Anda bisa berfoto dan menjadikan pemandangan di Batu Luhur sebagai latar belakang yang indah. Batu Luhur terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Di sini juga disediakan wahana flying fox yang seru sekali untuk Anda coba.

Lokasi: Padabeunghar, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

28. Hutan Kota Bungkirit

Hutan Kota Bungkirit
Image Credit: Youtube.com (Kartasoewarto Studio)

Hutan Kota Bungkirit merupakan wisata alam berupa sebidang tanah hutan yang terletak di Kelurahan Purwawinangun, Kuningan. Fasilitas utama di hutan kota ini adalah jaringan jalan setapak yang bisa memberikan pengunjung akses untuk mengelilingi bagian atas area persawahan. Kebanyakan pengunjung wisata ini adalah sekumpulan keluarga besar atau pelajar dari acara sekolah yang memanfaatkan lahan terbuka ini untuk berolahraga.

Lokasi: Jl. Raya Cigugur, Kec. Kuningan, Kab. Kuningan.

29. Taman Cirendang

Taman Cirendang
Image Credit: Ihategreenjello.com

Obyek Wisata Taman Cirendang merupakan obyek wisata berupa taman kota yang ada di pusat kota Kuningan Jawa barat. Di wisata ini banyak sekali pepohonan dan juga tanaman bunga, sehingga membuat suasana di Obyek Wisata Taman kota Cirendang ini berasa lebih sejuk dan memiliki udara yang segar. Destinasi wisata ini ramai dikunjungi oleh pengunjung khususnya menjelang hari libur.

Taman Cirendang ini memiliki beberapa fasilitas lengkap yang dapat menunjang kenyamanan para wisatawan. Fasilitas dan pelayanan yang ditawarkannya antara lain, area parkir yang luas, mushola, kamar mandi bersih, bahkan penginapan. Bila Anda berminat menghabiskan waktu di tempat wisata ini, Anda tidak perlu memikirkan biaya tiketnya. Pasalnya tempat ini terbuka untuk umum dan tidak memerlukan tiket masuk alias gratis.

Lokasi: Jl. Raya Cirendang, Cirendang, Kec. Kuningan, Kab. Kuningan.

30. Bukit Lambosir Setianegara

Bukit Lambosir Setianegara
Image Credit: Facebook.com @lambosir

Bukit Lambosir memiliki ketinggian kurang lebih 700 meter di atas permukaan laut. Beberapa hal yang menjadi daya tarik wisata alam Bukit Lambosir adalah lingkungannya yang sangat khas berada di kawasan hutan. Untuk mencapai lokasi cukup mudah, bisa ditempuh melalui Linggarjati kemudian ke Desa Setianegara dan terus menyusuri jalan aspal desa sampai naik ke gunung.

Lokasi: Setianegara, Randobawagirang, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan.

Dari sekian banyak wisata tersebut bisa dijadikan sebagai referensi tujuan untuk mengisi waktu liburan. Di samping itu, masih banyak wisata lain di Kota Kuningan baik itu wisata alam maupun wisata buatan kekininan. Bila Anda berkunjung ke kota ini, ada baiknya mengunjungi tempat wisata tersebut. Sembari menjelajahi wisata, Anda juga bisa merasakan ragam kuliner yang menggugah selera.