Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Karawang, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer dan Terhits Dikunjungi oleh Wisatawan Saat Musim Liburan.

Masa liburan menjadi waktu yang paling dinantikan oleh sebagian besar orang, karena pada masa seperti itu banyak orang yang memanfaatkannya untuk berkumpul ataupun merehatkan pikiran dari segala aktivitas dengan pergi ke tempat rekreasi. Salah satu tempat yang memiliki segudang panorama dan pesona alam yang menakjubkan adalah Karawang, Jawa Barat.

Kabupaten Subang menyuguhkan destinasi wisata alam dan sejarah yang sungguh menawan dan saying jika Anda lewatkan. Berikut ulasan daftar tempat wisata populer di Karawang yang bisa menjadi referensi terbaik Anda.

1. Danau Resinda

Danau Resinda
Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Destinasi pertama ini sebenarnya merupakan danau buatan yang diciptakan oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu biasanya masyarakat menggunakan danau tersebut sebagai tempat memancing. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang hanya untuk memancing sambil menikmati suasana yang sungguh menenangkan. Pemandangan yang disuguhkan juga sangat indah dengan adanya pepohonan yang mengelilinginya.

Para pengunjung juga dapat menyewa perahu kecil untuk mengitari Danau Resinda ini dengan harga yang cukup terjangkau. Penduduk yang tinggal di sekitar danau ini mengatakan bahwa di objek wisata ini terdapat banyak ikan, terutama jenis ikan gabus. Oleh sebab itulah tempat ini terkenal di kalangan para mancing mania. Menariknya lagi, untuk bisa menikmati suasana memancing di danau buatan ini Anda tak dipungut biaya sepeserpun.

Lokasi: Purwadana, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang.

2. Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru
Image Credit: Google Maps (Indra Pradana)

Pantai Tanjung Baru ini merupakan salah satu wisata bahari terkenal dan populer di Karawang. Destinasi ini memiliki pasir berwarna coklat muda yang menjadi daya tarik sendiri. Pantai yang berjarak 45 kilometer dari kota ini juga memiliki pemandangan yang indah dan menawan, sehingga mampu menghipnotis pengunjung.

Meski akses menuju ke pantai ini masih kurang memadai, tetapi tiap kali liburan tiba Pantai Tanjung Baru tak pernah sepi akan pengunjung.

Lokasi: Desa Pasir Jaya, Kec. Cilamaya Kulon. Kab. Karawang.

3. Bendungan Walahar

Bendungan Walahar
Image Credit: Wisatalengkap.com

Dulunya bendungan ini memiliki nama Bendungan Parisdo, yang telah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda. Dengan begitu pengunjung yang datang ke bendungan ini akan merasakan nuansa bangunan yang unik dengan desain jaman kolonial.

Tak heran jika banyak orang yang berdatangan hanya sekedar melihat bagaimana arsitektur pada zaman tersebut. Serta mengetahui sejarah yang terdapat di bendungan ini.

Lokasi: Kutapohaci, Kec. Ciampel, Kab. Karawang.

4. Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru
Image Credit: Info-wisata-karawang.blogspot.com

Pantai Samudera Baru merupakan wisata bahari andalan yang dimiliki oleh Karawang setelah Tanjung Baru dan Tanjung Pakis. Tak heran jika masa liburan tiba, destinasi wisata ini selalu ramai akan pengunjung.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Alam di Sukabumi yang Populer Buat Liburan

Pantai Samudera Baru juga memiliki pasir pantai yang berwarna coklat kehitaman. Wisata bahari satu ini juga memiliki ombak yang tak terlalu besar, sehingga bisa dimanfaatkan untuk para pengunjung berenang ataupun bermain air sepuasnya.

Lokasi: Sungai Buntu, Kec. Pedes, Kab. Karawang.

5. Curug Bandung

Curug Bandung
Image Credit: Instagram.com @yulfali_rusmana

Sudah tak dapat diragukan lagi, jika Jawa Barat terkenal dengan beragam macam curug atau air terjun yang ada di dalamnya. Curug Bandung berada di kaki Gunung Sanggabuana yang sangat populer di masyarakat Karawang.

Menariknya lagi di curug ini terdapat tujuh aliran sungai kecil yang menurun membentuk satu air terjun. Di destinasi ini juga terdapat deretan warung yang menjual beragam makanan dan sebagainya untuk menemani pengunjung dalam menghabiskan masa liburannya.

Lokasi: Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.

6. Curug Cigentis Loji

Curug Cigentis Loji
Image Credit: Google Maps (Kasidi Kasidi)

Terletak tak jauh dari Curug Bandung, Curug Cigentis Loji ini juga berada di kaki Gunung Sanggabuana atau yang sering disebut dengan nama Gunung Logi. Para pengunjung yang datang ke tempat wisata ini bisa menikmati pemandangan serta suasana yang disuguhkan oleh Curug Cigentis Loji.

Tak hanya itu, daerah sekitar curug ini juga terdapat perkampungan wisata keluarga yang tersedia beragam wahana bermain yang bisa dinikmati oleh pengunjung yang datang.

Lokasi: Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.

7. Danau Cipule dan Pulau Cinta

Danau Cipule dan Pulau Cinta
Image Credit: Yukpiknik.com

Apabila Sumatera terkenal dengan Danau Toba, maka di Karawang memiliki destinasi wisata bernama Danau Cipule yang merupakan sebuah danau dengan pulau kecil sebagai penghiasnya. Agar bisa mencapai pulau tersebut, pengunjung bisa menyewa perahu yang akan dikemudikan oleh pengelola wisata.

Pesonanya yang sungguh indah dengan beragam keunikannya tersebut, mampu membuat para wisatawan datang silih berganti ke danau Cipule.

Lokasi: Jl. Demang, Mulyasari, Kec. Ciampel, Kab. Karawang.

8. Goa Dayeuh

Goa Dayeuh
Image Credit: Pepelingkarawang.org

Selain wisata bahari, Karawang juga memiliki destinasi goa yang terkenal dan populer bernama Goa Dayeuh. Hal yang menarik pada destinasi wisata ini ialah memiliki bentuk yang menyerupai benteng pertahanan.

Di sekitar area wisata ini terdapat sungai dari mata air alami yakni mata air Citaman, dimana aliran airnya masih sangat jernih dan alami. Pemandangan yang disuguhkan di sekitar goa patut diacungi jempol, karena suasana pedesaannya masih asri dan tentunya sangat sejuk.

Lokasi: Tamansari, Kec. Pangkalan, Kab. Karawang.

9. Vihara Sian Djin Ku Poh

Vihara Sian Djin Ku Poh
Image Credit: Tripadvisor.com

Objek wisata ini merupakan klenteng tertua yang ada di Jawa Barat, karena dibangun sejak tahun 1770. Bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini bisa melihat sejarah dan peninggalan para pendiri vihara.

Leluhur dari Sian Djin Ku Poh ini sendiri merupakan keturunan Tiongkok yang memiliki derajat tinggi, tak heran jika pemerintah daerah setempat menjadikan tempat ini sebagai salah satu peninggalan sejarah yang ada di Karawang.

Lokasi: Jl. Muhamad Toha No.9, Tanjungmekar, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang.

10. Candi Jiwa Batujaya

Candi Jiwa Batujaya
Image Credit: Jalajahnusae.com

Candi yang terletak di tengah tengah areal persawahan penduduk ini, menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di Karawang. Lokasinya yang berada di tengah persawahan juga menambahkan daya tarik unik tersendiri, serta mampu menambah kesan asri dan alami.

Pengunjung yang datang kesini bisa melihat keindahan yang diciptakan pada destinasi ini terutama saat memasuki matahari terbenam.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Pangandaran Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Segaran, Kec. Batujaya, Kab. Karawang.

11. Monumen Kebulatan Tekad Rengas Dengklok

Monumen Kebulatan Tekad Rengas Dengklok
Image Credit: Instagram.com @ketut.wijaya

Tak berhenti begitu saja, Karawang masih menyimpan sejuta wisata sejarah yang patut Anda kunjungi salah satunya adalah Monumen Kebulatan Tekad Rengas Dengklok. Monumen satu ini merupakan bekas markas PETA (Pembelah Tana Air).

Di sekitar monumen terdapat taman kota yang sejuk dan rindang, sehingga sangat cocok dinikmati oleh para pengunjung saat masa liburan tiba. Tak hanya itu pengunjung juga bisa melihat rumah almarhum babah Djiaw Kie Siong dari monumen ini.

Lokasi: Jl. Raya R.Dengklok, Kec. Rengas Dengklok, Kab. Karawang.

12. Pemancingan Keluarga Tirta Mulya

Pemancingan Keluarga Tirta Mulya
Image Credit: Ihategreenjello.com

Berbeda dengan pemancingan pada umumnya, Pemancingan Keluarga Tirta Mulya ini tak hanya menyediakan areal pemancingan saja melainkan tersedia taman bermain anak anak, wahana outbond, hingga kolam renang.

Kolam pemancingan yang terdapat pada tempat ini terbagi menjadi beberapa pilihan sesuai dengan jenis ikan di dalamnya. Tidak mengherankan, jika banyak pengunjung bersama keluarganya datang ke tempat ini untuk menghabiskan masa liburannya.

Lokasi: Jl. Raya Parakan Wadas, RT.1/RW.1, Parakan, Kec. Tirtamulya, Kab. Karawang.

13. Situ Kamojing

Situ Kamojing
Image Credit: Jdlines.com

Terletak diantara perbatasan Karawang dan Purwakarta, Situ Kamojing ini merupakan danau yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan Danau Cipule. Apabila musim hujan tiba, danau ini akan meluap dengan debit air yang hampir penuh.

Sementara musim kemarau, danau ini akan mengering sehingga banyak orang yang memanfaatkannya untuk memancing. Yang menjadi hal menarik di destinasi ini ialah pemandangan matahari tenggelam yang mampu menghipnotis pengunjung.

Lokasi: Desa Kamojing, Kec. Cikampek, Kab. Karawang.

14. Wonderland Adventure Waterpark

Wonderland Adventure Waterpark
Image Credit: Traveloka.com

Selain wisata alam, ternyata Karawang juga memiliki wisata modern yang kekinian yaitu Wonderland Adventure Waterpark. Di destinasi ini terdapat beragam macam wahana air yang mampu memanjakan pengunjung yang datang.

Wahan menarik tersebut diantaranya Gorilla Slide, Splash Fun, Tomorrow Land, Flying Fox, Kolam Arus, dan masih banyak lagi lainnya. Objek wisata ini juga merupakan wahana permainan air terbesar di daerah Karawang.

Lokasi: Telukjambe, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang.

15. Curug Cikoleangkak

Curug Cikoleangkak
Image Credit: Pepelingkarawang.org

Menjadi salah wisata alam khas Karawang, Curug Cikoleangkak ini juga berhubungan dengan Curug Bandung sebelumnya. Air terjun ini dikenal memiliki ukuran yang paling tinggi yakni kurang lebih 30 meter. Di bawah wisata ini masih terdapat curug lainnya yaitu Curug Cikarapyak dan Curug Cipanundaan.

Berlokasikan di bawah kaki Gunung Singgabuana, air terjun ini memiliki pemandangan yang sungguh menawan sehingga mampu membuat takjub bagi para pengunjung yang datang.

Lokasi: Cintalaksana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.

16. Karawang Green Canyon

Karawang Green Canyon
Image Credit: Wisatabagus.net

Disebut sebagai Green Canyon-nya Karawang, karena tempat ini berbentuk sebuah ngarai dengan aliran sungai yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu menembus bebatuan gua. Air sungai yang terdapat di Green Canyon satu ini sangatlah jernih dan berwarna hijau kebiruan, tak kalah dengan Green Canyon aslinya.

Para pengunjung bisa menikmati kesegaran airnya dengan berenang atau menikmati keindahan serta kesejukan yang ditimbulkan oleh tempat wisata ini.

Lokasi: Desa Medal Sari, Kec. Pangkalan, Kab. Karawang.

17. Tugu Rawa Gede

Tugu Rawa Gede
Image Credit: Summareconkarawang.com

Tugu Rawa Gede ini menyimpan banyak sejarah pilu dari para rakyat pribumi Indonesia karena mereka dibantai oleh tentara kolonial Belanda. Monumen bersejarah ini memiliki 17 anak tangga untuk menuju lantai pertama yang berisikan relief simbol perjuangan warga Karawag dalam mempertahankan kemerdekaannya.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Majalengka Terbaru & Terhits Buat Liburan

Tak hanya bisa melihat sejarah perjuangan, pengunjung juga bisa berkunjung untuk ziarah ke beberapa makam yang berada di wisata ini.

Lokasi: Desa Balongsari, Kec. Rawamerta, Kab. Karawang.

18. Danau Kalimati

Danau Kalimati
Image Credit: Tempatwisatakarawang.home.blog

Danau ini tercipta dari aliran sungai Citarum yang sudah mati dan membentuk bendungan dengan pemandangan pepohonan sekitar yang masih asri dan sejuk. Ketika menjelang sore, banyak sekali pengunjung yang datang karena memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat menawan.

Semakin sore, akan banyak pengunjung yang datang untuk menikmati suasana danau dengan menikmati sajian kuliner khas Jawa Barat yang dijajakan oleh warung sekitar ini.

Lokasi: Area Sawah, Adiraja, Kec. Adipala, Kab. Cilacap.

19. Wisata Air Restoran Alam Sari

Wisata Air Restoran Alam Sari
Image Credit: Alamsaridanaukbi.blogspot.com

Terletak dekat dengan Situ Kamojing, wisata air ini juga terkenal dengan restorannya yang bernama Alam Sari. Tak hanya menyediakan beragam makanan khas Jawa Barat saja, tetapi disini juga tersedia makanan khas Indonesia lainnya.

Sembari melahap makanan, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan wisata yang sangat indah dan menawan. Restoran ini pula menyediakan beragam wahana air seperti perahu air, becak air, dan taman bermain anak.

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani No.18, Cikampek Selatan, Kec. Cikampek, Kab. Karawang.

20. Kampung Wisata Curug Cigentis

Kampung Wisata Curug Cigentis
Image Credit: Google Maps (Moch Taufik)

Destinasi ini merupakan sebuah kampung wisata yang dekat dengan Curug Cigeuntis dan lebih dikenal dengan nama Desa Mekar Buana. Tidak hanya menyajikan pemandangan yang masih asri, kampung wisata ini juga terdapat beragam wahana seperti outbond, wisata air, pemancingan, dan masih banyak lainnya.

Dengan begitu pengunjung dapat menghabiskan masa liburannya bersama orang tersayang berkat banyaknya wahana seru untuk dimainkan.

Lokasi: Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.

21. Taruma Leisure Waterpark

Taruma Leisure Waterpark
Image Credit: Youtube.com (Motivastic Videography)

Satu lagi tempat wisata modern di Karawang yang menyajikan wahana air seru dan menarik yaitu Taruma Leisure Waterpark. Kolam renang dalam arena ini terbagi menjadi empat bagian untuk anak anak dan orang dewasa yaitu Kiddy Pool, Wave Pool, Leisure Pool, dan Lazy River.

Tak kalah menariknya dengan Wonderland Adventure Waterpark, wisata air ini juga selalu ramai akan pengunjung untuk menghabiskan masa liburannya dengan bermain air.

Lokasi: Jl. Raya Tol, Sukamakmur, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang.

22. Situ Cibayat

Situ Cibayat
Image Credit: Youtube.com (Reza Fauzi zarkasih)

Objek wisata ini tidak kalah menarik dengan wisata lainnya yang ada di Karawang. Situ Cibayat juga menyimpan panorama dan pesona yang masih asri dan alami, masyarakat setempat juga banyak menggunakannya untuk berbagai keperluan sehari hari.

Pengunjung yang datang ke destinasi ini bisa menikmati suasana yang asri tersebut, serta untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan atau untuk memancing di tempat wisata ini.

Lokasi: Kampung Cibayat, Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.

Beragam tempat wisata yang ada di Karawang tersebut, bisa menjadi salah satu referensi ketika masa liburan telah tiba. Anda juga tak perlu khawatir mengenai tiket masuknya, karena harganya sangat terjangkau dan tentunya bersahabat dikantong Anda. Ketika berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya dan kelestariannya. Tak ingin melewatkannya, bukan? Yuk segera kunjungi sejuta wisata yang ditawarkan oleh Karawang ini.