Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Indramayu, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Dieksplor Ketika Berencana Liburan ke Indramayu.

Jawa Barat yang sangat luas terdiri dari sejumlah bagian daerah kabupaten yang memiliki keunikannya sendiri. Sebut saja Indramayu, kota yang dijuluki sebagai kota mangga karena produksi mangga Cengkir yang melimpah ruah. Namun ternyata, daerah yang ada di sisi utara Jawa Barat ini juga dipenuhi destinasi wisata yang tidak bisa dilewatkan. Mulai dari wisata alam hingga buatan dapat Anda temukan.

Jika berkunjung ke Indramayu, berikut daftar tempat wisata yang bisa buat Anda betah dengan pesona alam yang dimilikinya.

1. Pantai Dadap

Pantai Dadap
Image Credit: Indramayutradisi.com

Berkunjung ke Indramayu tak akan lengkap tanpa menelusuri deretan pantai yang indah. Salah satu lokasi yang pastinya akan buat terlena adalah Pantai Dadap di desa Juntinyuat. Saat menjejakkan kaki di lokasi ini, keindahan pantai dengan ombak yang kalem dan tebing menjulang akan berikan visual yang menenangkan hati. Jika berkunjung ke pantai ini, Anda hanya perlu bayar biaya masuk sebesar 2 ribu untuk menikmati keindahan alamnya yang natural.

Lokasi: Desa Dadap, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

2. Pantai Glayem

Pantai Glayem
Image Credit: Pasundan.id 

Salah satu pantai yang tidak akan pernah sepi pengunjung adalah pantai Glayem. Pantai dengan pemandangan fantastis ini memiliki lokasi yang strategis, sehingga membuat banyak wisatawan memilih untuk mengunjunginya. Layaknya pantai lain yang berbatasan dengan laut jawa, ombak yang muncul tidak terlalu besar dan pasir pantainya cenderung berwarna gelap kecoklatan. Dengan begitu, anak bisa bermain air pantai dengan aman.

Selain itu, pantai Glayem yang berada di desa Juntinyuat ini juga memiliki deretan rumah Perdut. Rumah tersebut adalah rangkaian rumah makan di tepi pantai yang kerap tawarkan berbagai menu seafood seperti ikan bakar, cumi, dll. Jadi setelah puas bermain air, berswafoto di pinggiran pantai, atau menikmati hembusan angin segar dari pantai, Anda bisa mampir untuk mengisi perut dengan menu yang tidak akan buat kantong bolong.

Lokasi: Juntinyuat, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

3. Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya
Image Credit: Radarcirebon.com

Kalau Anda ingin berenang di Pantai terkenal dan aman, maka harus datangi pantai Tirtamaya di desa Juntekodokan. Di pantai ternama ini, Anda juga bisa lakukan snorkeling dan bermain air dengan segala fasilitas wahana yang menarik. Bahkan tidak jarang ada konser musik dan juga Nadran, pesta laut tahunan yang menarik banyak pengunjung untuk datang. Untuk berkunjung ke pantai ini, harga tiketnya cukup ekonomis, yakni sekitar 10 ribuan saja.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Cianjur Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Desa Juntikedokan, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

4. Pantai Tebing Patrol

Pantai Tebing Patrol
Image Credit: Oknusantara.com

Seperti namanya, wisata pantai ini didominasi dengan tebing landai yang menggantikan pasir hitam. Tentu saja Anda bisa turun tebing dan menikmati alunan ombak aman, namun duduk di pinggiran tebing seraya menikmati keindahan laut juga bisa jadi penghilang penat. Bagi Anda pencinta fotografi pun akan dimanjakan dengan berbagai spot menarik untuk diabadikan. Jika Anda ingin berkunjung, pantai ini ada di desa Patrol lor sekitar 1,5 jam dari kota Indramayu.

Lokasi: Desa Patrol Lor, Kec. Patrol, Kab. Indramayu.

5. Pantai Cibugel

Pantai Cibugel
Image Credit: Iklantravel.com

Terletak di Desa Sukohaji, pantai Cibugel adalah salah satu destinasi wisata alam yang tidak pernah sepi pengunjung. Letaknya yang strategis dan mudah diakses oleh segala kendaraan menjadikannya tujuan pasti selama masa liburan. Pantai ini menyuguhkan pesona laut yang tenang di atas hamparan bibir pantai hitam yang luas. Biasanya, Anda bisa berenang di sini tanpa khawatir ombak besar atau bahkan berjalan santai menikmati keindahan pantainya.

Lokasi: Sukahaji, Kec. Patrol, Kab. Indramayu.

6. Masjid Agung Indramayu

Masjid Agung Indramayu
Image Credit: Promoliburan.com

Berlibur ke suatu daerah pastinya tidak akan luput dari wisata religi. Di kota Indramayu ini terdapat masjid agung Indramayu yang terletak 2 Km barat laut dari kota Indramayu. Yang menjadi daya tarik utama dari objek wisata ini adalah keindahan bangunan yang sangat megah dan indah. Selain itu, masjid ini juga terbuka untuk umum. Sehingga Anda bisa beristirahat sejenak dan juga beribadah di sela liburan di kota Mangga ini.

Lokasi: Margadadi, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

7. Science Center Mutiara Bangsa

Science Center Mutiara Bangsa
Image Credit: Radarcirebon.com

Salah satu ikon dan tujuan wisata terkenal di kota ini adalah Science Center Mutiara Bangsa. Destinasi dengan atap berbentuk dome kuning dan corak geometrisnya ini didesain khusus untuk wisata edukasi. Meski begitu, ternyata lokasi Science Center Mutiara bangsa adalah taman bermain yang cukup menyenangkan. Bahkan, terdapat 48 wahana yang berkaitan dengan IPTEK. Jadi jika tertarik, Anda bisa datangi lokasi ini di kompleks Waduk Bojong sari.

Lokasi: Komplek Waduk Bojongsari Sindang, Bojongsari, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

8. Alun Alun Indramayu

Alun Alun Indramayu
Image Credit: Serbaindramayu.blogspot.com

Hampir setiap kota pastinya dipenuhi dengan alun – alun, demikian juga dengan Indramayu. Berletak di JL. Mayjen Sutoyo, destinasi wisata ini dikenal karena sangat ramah anak, mudah dijangkau dan diakses. Jika Anda berkunjung, maka Anda akan menemukan banyak fasilitas bermain anak, fasilitas olahraga, atau sarana untuk bersantai menghilangkan penat. Karena itu, sebagian besar warga kerap berkunjung di Minggu pagi untuk berolahraga.

Lokasi: Jl. Mayjen Sutoyo, Margadadi, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

9. Taman Tjimanoek

Taman Tjimanoek
Image Credit: Youtube.com (Top Layer)

Taman Tjimanoek semakin hari semakin menarik perhatian karena suasananya yang tenang. Di sini pula Anda bisa bebas mengekspresikan diri dengan berfoto di spot menarik yang sudah tersedia. Namun bagi Anda yang ingin menghilangkan penat, bersantai dan duduk di pinggiran sungai kalemnya pasti membuat betah. Taman ini juga memiliki area hijau terbuka yang memberi kesan sejuk dan tenang. Berlokasi di Penaganjang, taman buatan tersebut dikelilingi dengan pohon rindang.

BACA JUGA:  10 Tempat Romantis di Bandung Buat Liburan Bersama Pasangan

Lokasi: Jl. Cimanuk, Margadadi, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

10. Tugu Perjuangan

Tugu Perjuangan
Image Credit: Indramayu.top

Berfoto di suatu lokasi ikonik pasti akan berikan kesan tidak terlupakan. Di Kota ini, Anda bisa kunjungi Tugu perjuangan di Pekadangan yang merupakan ikon kota Indraayu. Anda bisa abadikan momen di dekat patung yang menggambarkan aksi pejuang kemerdekaan dengan memegang tombak. Selain patung tersebut, Anda juga bisa menikmati keindahan taman terbuka yang dikelilingi dengan pepohonan hijau yang masih asri.

Lokasi: Margadadi, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

11. Jembatan Terusan Indramayu

Jembatan Terusan Indramayu
Image Credit: Ka-tron.com

Jika Anda adalah penggemar fotografi, jangan lupa untuk kunjungi jembatan yang ada di jalur Lohbener – Cirebon, Terusan, Sindang. Jembatan sederhana yang memiliki 153 meter tersebut adalah ikon terbaru dari Kota Mangga. Yang menjadikannya menarik adalah tampilan jembatan yang berwarna kuning cerah. Selain itu, lokasinya yang masih dikelilingi pohon hijau berikan kesan asri yang juga menjadi objek foto favorit warga.

Lokasi: Jembatan Terusan, Kec. Sindang, Kab. Indramayu.

12. Wisata Pohon Randu Gede

Wisata Pohon Randu Gede
Image Credit: Jalanwisata.id

Satu lagi lokasi yang sangat terkenal untuk lokasi photoshot adalah Wisata Pohon Randu Gede di Jl. Letnan Sutejo. Yang menjadi daya tarik adalah adanya pohon randu besar yang mencapai tinggi 100 meter. Bahkan diameter batangnya mencapai 20 meter. Meski dikenal mistis, banyak warga yang berdatangan untuk berswafoto di lokasi. Baik berfoto di tanah hijau yang lapang, di dekat pohon randu, atau bahkan di bangunan gudang tua sekitarnya.

Lokasi: Jl. Letnan Sutejo, Margadadi, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

13. Situs Buyut Banjar

Situs Buyut Banjar
Image Credit: Radarcirebon.com 

Di Indramayu juga terdapat lokasi terkenal bernama Situs Buyut Banjar. Destinasi wisata sejarah edukatif berbentuk situs tersebut merupakan lokasi untuk berziarah pada para buyut Banjar. Uniknya, Situs ini juga dipenuhi oleh banyak monyet yang dipercaya warga sebagai jelmaan prajurit kerajaan yang terkutuk. Jika ingin berkunjung ke situs yang berada di desa Bulak Kidul ini, pastikan untuk jaga kebersihan dan juga amankan barang berharga.

Lokasi: Jl. Raya Jatibarang – Karangampel, Bulak, Kec. Jatibarang, Kab. Indramayu.

14. Kolam Pemancingan Wanguk

Kolam Pemancingan Wanguk
Image Credit: Google Maps (Hermawan Al-Faruq)

Apa yang menarik dari kolam pemancingan ini? Jika dibandingkan dengan lokasi lain, lokasi wisata yang berada di JL. jenderal Sudirman satu memang memiliki fungsi yang sama. Tapi, yang membuatnya lebih menarik adalah lokasinya yang masih asri dan indah. Di saat bersantai sejenak sambil menunggu kail berhasil menggaet ikan, Anda bisa menikmati kesegaran udara di sekitar waduk ini.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Wanguk, Kec. Anjatan, Kab. Indramayu.

15. Agung Fantasy Waterpark

Image Credit: Ihategreenjello.com

Di Jl. Bangkaloa Ilir Widasari, terdapat salah satu taman bermain air yang cukup terkenal bernama Agung fantasy waterpark. Di rana wisata air tersebut, Anda bisa menikmati berbagai permainan anak dan berenang di kolam yang disediakan. Tidak hanya itu, terdapat sejumlah macam jenis seluncuran berbagai ukuran dan desain. Mulai dari yang biasa, hingga seluncuran yang sangat tinggi layaknya waterboom.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Alam di Sukabumi yang Populer Buat Liburan

Lokasi: Jl. Bangkaloa Ilir – Widasari No.58, Kec. Widasari, Kab. Indramayu.

16. Taman Rusa Bumi Patra

Taman Rusa Bumi Patra
Image Credit: Twitter.com @Pertamina

Ingin ajak keluarga dan anak berinteraksi langsung dengan hewan liar yang jinak? Anda bisa kunjungi Komplek Perumahan Pertamina Bumi Patra yang dikenal karena adanya taman untuk penangkaran rusa. Lokasi tersebut berjalan di bawah naungan Pertamina. Di taman ini, Anda bisa melihat langsung beberapa Rusa yang dianggap sebagai satwa endemic yang rentan langka. Wisata ini gratis, namun pastikan tidak beri makanan dan jaga keselamatan diri.

Lokasi: Jl. Bumi Patra Raya, Pekandangan, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

17. Hutan Mangrove Karangsong

Hutan Mangrove Karangsong
Image Credit: Desakumasadepan.blogspot.com

Menghilangkan rasa jenuh dan penat juga bisa dilakukan dengan mendatangi Hutan Mangrove Karangsong. Lokasi bakau yang berderet hingga mencapai luas 25 hektar ini bisa jadi objek bidikan kamera yang indah. Anda bisa berjalan menikmati keindahan dan saksikan fauna yang hidup di hutan bakau dengan berjalan melalaui jembatan yang tersedia, atau pergi mengelilingi hutan dengan menyewa perahu dari fasilitas setempat.

Lokasi: Karangsong, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

18. Waduk Cipancuh

Waduk Cipancuh
Image Credit: Youtube.com (DEDDY DOANK)

Tidak hanya kaya akan wisata pantai, ternyata indramayu juga punya waduk yang tidak kalah memukau. Waduk Cipancuh ini memiliki luas mencapai 70 hektar. Saat berdiri di tengah wadukan atau platfrom yang menjorok ke tengah waduk, Anda akan mendapati pemandangan indah berupa hamparan air dan tepian waduk berupa persawahan. Pesona itu juga dilengkapi dengan latar pegunungan Tangkuban Perahu dan Gunung Tampomas.

Lokasi: Situraja, Kec. Gantar, Kab. Indramayu.

19. Situ Bolang

Situ Bolang
Image Credit: Indramayu.top

Berada 20 Km dari pusat kabupaten Indramayu, tepatnya di desa Jatisura, sebuah situ dengan luas 74 hektar menjadi sebuah lokasi wisata favorit warga sekitar. Danau yang dikelilingi oleh hamparan sawah ini memiliki pemandangan asri dan juga atmosfer yang tenang. Lokasi wisata ini menjadi salah satu destinasi yang tepat bagi Anda yang ingin wisata santai dan sejuk untuk hilangkan penat setelah bekerja.

Lokasi: Jatisura, Kec. Cikedung, Kab.Indramayu.

20. Pulau Biawak

Pulau Biawak
Image Credit: Infocirebon.com

Jika ingin mencari spot liburan menarik dan juga sedikit menantang, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke pulau Biawak. Meski berkesan mengerikan, pulau ini justru dikenal karena keindahan pantai, pesona alam, dan sejarah yang ada. Anda bisa snorkeling atau diving di pantainya yang tenang, atau mendatangi menara mercusuar yang semakin terkenal sebagai lokasi foto kekinian. Yang jelas, Anda bisa nikmati waktu santai bersama keluarga di pulau ini.

Lokasi: Lemah Abang, Kec. Eretan, Kab. Indramayu.

Sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan laut Jawa, tidak heran jika Indramayu dipenuhi dengan tempat wisata pantai yang memukau. Bahkan sebenarnya, masih banyak lokasi lain yang pastinya akan membuat liburan Anda di Jawa Barat tidak terlupakan. Anda bisa nikmati keindahan alam, belajar di situs dan lokasi edukatif, mengenal sejarah Indramayu, hingga seru seruan bersama keluarga di theme park Indramayu.